home -> Lifestyle -> 10 Tanaman Yang Cocok Ditanam Di Halaman
04 Juni 2020 04:20

10 Tanaman Yang Cocok Ditanam Di Halaman

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada May 18, 2020

Halaman rumah haruslah diisi dengan tanaman yang menarik. Tanaman ini bisa ditanam untuk menyejukan udara, diambil buahnya, atau bahkan sekedar hiasan. Apapun tujuannya, menghias halaman rumah adalah hal yang semestinya dilakukan karena ada manfaat positif. Permasalahannya mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu atau masih bingung mau menanam apa di pekarangan rumahnya. Berikut adalah 10 tanaman rekomendasi yang bisa ditanam di halaman rumah.

10. Coleus

coleus

Coleus memiliki nama tergantung dari mana kalian berasal seperti Miana, Iler, Sigresing, dan masih banyak lagi nama lainnya. Coleus bukan tanaman baru lagi, sudah banyak orang yang memilih tanaman satu ini untuk menghias rumahnya. Selain indah, perawatan Coleus juga tidak sulit. Mampu tumbuh hingga 1,5 meter.

Coleus bukan cuma bisa menjadi tanaman hias, tapi juga bisa menjadi tanaman obat. Daun Coleus bisa digunakan untuk obat wasir, bisul, demam, radang telinga, dan masalah haid. Memiliki bunga berbentuk tandan di bagian ujung batang. Buahnya sendiri berwarna hijau ketika muda dan akan berubah coklat apabila sudah matang.

9. Abutilon

abutilon plant

Di Indonesia, Abutilon lebih dikenal dengan nama Kembang Sore. Sama seperti Coleus, tanaman satu ini bukan cuma sekedar penghias, tapi juga bisa sebagai tanaman obat. Hanpir seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat. Masalah kesehatan yang bisa diatasi menggunakan tanaman ini seperti demam, reumatik, melancarkan buang air kecil, epilepsi, dan radang.

Abutilon memiliki buang yang indah berwarna kuning atau jingga. Tidak seperti tanaman lain yang membutuhkan air dan pupuk secara rutin, Abutilon cukup disiram dan diberi pupuk satu kali dalam seminggu. Ini dikarenakan karakteristik Abutilon yang biasa hidup di iklim tropis. Selain tidak perlu disiram terlalu sering, pastikan juga Abutilon jauh dari hama agar bisa tumbuh dengan baik.

8. Euphorbia

euphorbia

Berasal dari Madagaskar lalu meluas hingga ke benua Asia, Euphorbia kini menjadi salah satu tanaman hias yang direkomendasikan untuk ditanam atau diletakan di rumah. Beruntung Euphorbia ini bisa bertahan di iklim tropis, jadi kita tak perlu rutin menyiramnya dengan air. Euphorbia memiliki bunga berukuran kecil dab berwarna merah.

Kalian yang memiliki hewan peliharaan harus berhati-hati apabila ingin memelihara tanaman ini. Tanaman Euphorbia memiliki duri kecil yang tajam dan getah yang bisa melukai hewan peliharaan kalian. Jangan menyiramnya terlalu sering karena Euphorbia bisa mati. Cukup siram sebanyak sekali dalam satu minggu. Jika musim hujan tiba, tidak perlu kalian siram lagi dan usahakan jangan sampai tanaman ini tergenang air.

7. Petunia

petunia

Petunia seperti bukan nama yang asing di telinga. Selain merupakan dikenal sebagai salah satu tanaman hias, Petunia juga menjadi nama karakter dalam film Harry Potter and the Sorcerer's Stone yakni bibi dari Harry Potter. Di dunia flora, Petunia adalah tanaman hias yang memiliki bentuk bunga unik seperti terompet.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga setinggi 40 cm dan memiliki cabang yang banyak. Warnanya sangat bervariasi yakni kuning, hijau, punk, ungu, dan masih banyak lagi lainnya. Bebas saja kalian mau pilih warna apa. Perawatannya terbilang tidak terlalu sulit. Kalian cukup memberinya air dan pupuk secara rutin agar Petunia bisa berkembang dengan baik.

6. Pentas

Pentas plant

Kalian yang mau rumah kalian ada tanaman hias tapi tidak mau repot menanamnya, bisa memilih tanaman yang bernama Pentas ini. Tanaman satu ini sangat bersahabat dengan iklim kering dan panas. Dan lagi, Pentas memiliki bunga yang bisa berbunga kapan waktu tanpa mengenal musim. Warna yang umum adalah merah, putih, merah muda, dan ungu.

Tanaman satu ini bisa bertahan di iklim panas ternyata bukan tanpa alasan. Memang di tempat asalnya yakni di Afrika Selatan, Komoro, Madagaskar, dan Arab memang beriklim panas. Makanya kalian bisa memelihara tanaman ini dengan tenang. Perawatan mudah, warna bunga indah, rimbun, Pentas juga sangat disukai oleh kupu-kupu dan burung.

5. Fuchsia

fuchsia

Lanjut dengan tanaman Fuchsia. Tanaman satu ini sangat menyukai area yang agak dingin. Indonesia memiliki 2 iklim yakni panas dan hujan, jika ingin memelihara tanaman satu ini, pastikan kalian meletakannya di area yang tidak terlalu terpapar sinar matahari. Pastikan juga untuk rutin memberinya air.

Berbicara soal bentuk, Fuchsia memiliki bentuk yang unik serta warna yang indah. Karena bentuknya yang mirip dengan anting, orang Indonesia sering menyebutnya dengan kembang anting atau ada juga yang menyebutnya dengan bunga lampion. Tanaman ini bisa tumbuh kira-kira sampai 150cm dengan lebar 105 cm. Tanaman ini bisa berbunga dalam kurun waktu 12 minggu.

4. Verbena

verbena

Sedikit orang yang tahu mengenai bunga Verbena. Verbena ini adalah tanaman semi-kayu yang memiliki bunga. Sangat umum ditemukan di Amerika dan Asia. Ciri-ciri Verbena adalah, bunganya memiliki bulu halus, bunganya berukuran kecil dengan warna bervariasi antara biru, putih, pink, dan ungu. Menanam Verbena di halaman rumah memungkinkan datang kupu-kupu karena bunga ini menghasilkan nektar yang disukai oleh serangga cantik satu ini.

Tertarik menghias halaman rumah kalian dengan bunga Verbena, maka kalian harus memastikan bahwa bunga ini mendapatkan pencahayaan yang cukup miniman 8 jam setiap hari. Bunga Verbena sangat menyukai media yang lembab. Maka dari itu pastikan tanahnya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

3. Geranium

geranium

Tanaman Geranium tidak hanya berfungsi sebagai penyejuk mata saja, tapi ada manfaat lain yang sangat berguna untuk manusia yakni pengusir serangga. Kita tahu bahwa kemana pun kita pergi akan ada nyamuk. Dan kita tidak mau kan kalau di rumah sendiri ada nyamuk. Apalagi mengingat penyakit yang dibawa nyamuk yakni demam berdarah dan malaria.

Tanaman Geranium ini dikenal memiliki warna yang indah dan aroma khusus yang bisa mengusir serangga. Ada beberapa jenis Geranium yang bisa ditemukan di pasar yakni Citrosa Lady Diana, Cirtosa Mosquito Fighter, dan Citrosa Queen of Lemon. Kalian bisa meletakan Geranium di dalam pot kemudian digantung dimana saja. Meski bisa bertahan hidup di cuaca panas, jangan lupa untuk tetap memberikannya air yang cukup.

2. Croton

Croton

Tanaman berikut ini cukup sering dilihat terpajang dengan indah menghiasi pekarangan rumah seseorang namun mungkin tak semua orang tahu jenis tanaman apakah ini. Tanaman dengan warna cerah yang indah ini adalah Croton. Warnanya  yang indah dan tidak perawatannya tidak terlalu sulit ini menjadi pilihan yang bagus untuk tanaman hias.

Croton atau puring bisa memiliki bentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang cukup bervariasi. Ada warna hijaum kuning, jingga, merah, dan ungu. Masalah perawatan Croton sangat mudah. Cukup letakkan Croton di wilayah yang bisa terkena cahaya matahari dan jangan upa untuk rutin memberinya air. Mau ditaruh di luar atau dalam ruangan, terserah kalian.

1. Begonia

begonia

Sudah bukan hal baru lagi bahwa tanaman Begonia menjadi pilihan banyak orang sebagai tanaman hias di rumah. Begonia sendiri ada banyak lagi jenis dan warna, salah satu yang cukup populer adalah jenis rex begonia. Rex begonia memiliki bentuk, tekstur, dan warna yang sangat unik. Namun perlu perhatian lebih untuk merawatnya.

Tanaman Begonia tidak bisa tumbuh sembarangan. Tanaman ini hanya bisa tumbuh apabila berada di suhu yang lembab. Tanam saja Begonia di sebuah pot dengan berisikan kerikil, ini bisa membantu Begonia tumbuh dengan baik. Untuk air, tanaman Begonia perlu disiram setidaknya 2 kali dalam satu hari yakni pagi dan sore. Pastikan juga tanaman Begonia diletakan di area yang cukup mendapatkan cahaya matahari.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas