home -> Lainnya -> 10 Pemain Sepakbola Muslim Terkenal Dunia
13 Agustus 2020 14:56

10 Pemain Sepakbola Muslim Terkenal Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 15, 2020

Sepakbola adalah olahraga yang universal. Siapapun dengan latar belakang apapun bisa ikutan bermain. Tak terkecuali agama tak menjadi penghalasang seseorang untuk menjadi atlet sepakbola. Di dunia, ada banyak pemain sepakbola terkenal yang ternyata memeluk agama Islam atau bisa disebut dengan Muslim. Beberapa mungkin ada yang sudah kalian tahu seperti legenda Perancis Zinedine Zidane dan Mohamed Salah. Tapi bagaimana dengan pemain sepakbola lainnya? Berikut adalah daftar 10 pemain sepakbola Muslim terkenal di dunia.

10. Asmir Begovic

Asmir Begovic

Pemain sepakbola yang beragama Islam memang ada banyak, tapi cukup sulit mencari di posisi penjaga gawang atau kiper. Adalah Asmir Begovic yang diketahui memeluk agama Islam dan dirinya berada di posisi kiper. Dirinya berasal dari negara Bosnia and Herzegovina dan kini tengah bermain di tim AC Milan dengan status pinjaman dari AFC Bournemouth.

Berbicara soal pengalaman, Begovic sudah pernah mencicipi sejumlah liga seperti Premier League, Liga Belgia, Liga Azerbaijan, dan kini di Serie A. Soal prestasi, tidak ada prestasi yang cukup gemilang dari sosok kiper kelahiran 1987 ini. Meski begitu, kiper satu ini pernah masuk radar Manchester United ketika dirinya bermain di Stoke City.

9. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe

Jika ditanya siapa pemain muda calon bintang saat ini, sudah pasti nama Kylian Mbappe yang disebut. Dirinya memecahkan rekor sebagai pemain muda termahal dunia dengan nilai transfer 145 juta Euro. Klub kaya asal Perancis Paris Saint-Germain yang rela mengeluarkan uang sebesar itu untuk membawanya ke Le Parc des Princes dari AS Monaco.

Berbicara soal asal, Mbappe merupakan pemain muda yang berasal dari Perancis. Di Perancis sendiri, pemeluk agama Islam sendiri tidak begitu banyak, namun Mbappe termasuk dalam salah satunya. Mengingat performa dan usianya yang masih muda, kini Mbappe masuk incaran sejumlah klub besar dunia seperti Real Madrid, Liverpool, Barcelona, dan Newcastle yang kini sudah dibeli oleh pangeran asal Arab.

8. Franck Ribery

franck ribery

Tepat di awal musim 2019, Bayern Munich memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dari gelandang serang miliknya yakni Franck Ribery. Keputusan yang sangat sulit mengingat betapa lamanya Ribery bermain untuk Bayern Munich dan efeknya terhadap klub. Namun usia yang semakin tua tidak bisa diajak kompromi lagi.

Pemain berpaspor Perancis ini juga memeluk agama yang sama dengan rekan setimnya yakni Kylian Mbappe. Setelah kontraknya habis di Bayern Munich, Ribery yang berstatus free transfer lalu direkrut oleh Fiorentina dan mulai beraksi di Serie A. Sayang, pandemi Virus Corona ini membuatnya tidak bisa tampil penuh.

7. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez

Manchester City semenjak dibeli oleh Sheikh Mansour langsung menjelma menjadi klub kaya raya. Gelontoran uang dalam jumlah besar disiapkan untuk membeli pemain dan menyewa pelatih top. Dan akhirnya dapatlah City pelatih top dunia yakni Pep Guardiola. Untuk memenangkan gelar Premier League, Pep mengisi klubnya dengan sejumlah pemain berkualitas. Salah satunya adalah Riyad Mahrez.

Riyad Mahrez diposisikan pemain sayap kanan oleh Pep. Pep mendatangkan Mahrez dari Leicester pada tahun 2018 dan kini menjadi pemain inti dari klub berjuluk The Citizens. Berasal dari Perancis, Mahrez ternyata diketahui merupakan seorang Muslim yang cukup taat. Gaya hidupnya tidak pernah aneh-aneh meski dirinya bergaji tinggi.

6. N’Golo Kante

N’Golo Kante

Daftar pemain Muslim kali ini didominasi oleh mereka para atlet sepakbola dari negara Menara Eiffel, Perancis. Pemain sepakbola berikutnya yang beragama Islam adalah N'Golo Kante. Kante yang merupakan pemain andalan Chelsea ini sangat dikenal karena sifatnya yang pemalu dan senyumnya yang manis.

Setelah Leicester dengan ajaibnya menjuarai Premier League musim 2015-2016, sejumlah pemain intinya langsung dibeli oleh para klub pesaingnya, termasuk Kante ini. Chelsea membeli Kante dari Leicester dengan harga 32 juta Pounds. Harga yang termasuk murah bagi klub kaya seperti Chelsea. Di Chelsea, Kante dipercaya untuk mengisi lini tengah atau defensive midfielder.

5. Mesut Ozil

mesut ozil

Membahas tentang Mesut Ozil, sepertinya orang sudah banyak yang tahu bahwa pemain satu ini adalah pemain yang beragama Islam. Ketika masih bermain untuk Real Madrid, rekan satu timnya yakni Cristiano Ronaldo selalu mengingatkan Ozil untuk sholat. Dari sanalah diketahui bahwa Ozil merupakan seorang Muslim.

Kedatangan Luka Modric dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid menjadi alasan ketidakbetahan Ozil di Madrid. Ia pun memilih untuk pindah ke Premier League dan bergabung dengan Arsenal. Arsenal membeli Ozil dari Real Madrid dengan harga 42,5 juta Pounds. Pemain yang telah bermain untuk Arsenal dari tahun 2013 ini sekarang tengah mempertimbangkan masa depannya untuk bermain di klub lain.

4. Paul Pogba

paul pogba

Pemain Islam berikutnya masih berasal dari Perancis yakni Paul Pogba. Sang superstar milik Manchester United ini menjadi pemain dengan nilai transfer termahal bagi United. Manchester Unitedd membeli Poga dari Juventus dengan harga 89,3 juta Pounds. United membeli Pogba untuk mengisi pos lini tengah United yang kosong.

Namun, cidera panjang dan masalah dengan agen menjadi penyebab Pogba jarang tampil untuk Red Devils. Seringnya cidera, performa yang tak sesuai, dan agen yang bermasalah membuat Pogba diisukan akan pergi dari Manchester. Sejumlah klub tertarik untuk memboyong pemain asal Perancis tersebut. Sebut saja Real Madrid, PSG, dan juga Juventus.

3. Karim Benzema

karim benzema

Pindahnya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus membawa kabar buruk sekaligus kabar baik bagi Real Madrid. Kabar buruknya jelas bahwa kekuatan lini serang Madrid berkurang drastis mengingat Cristiano Ronaldo adalah mesin gol utamanya. Namun kabar baiknya adalah, Karim Benzema bisa menjadi lebih bebas dan lebih rajin dalam menyetak gol.

Karim Benzema menjadi pemain sepakbola kesekian yang memeluk agama Islam. Dirinya pindah dari Lyon ke Real Madrid dengan nilai transfer 35 juta Euro. Menjadi striker utama Madrid, dirinya kalah tajam dibanding Ronaldo. Namun setelah Ronaldo pergi, Benzema kini menjadi tiang tumpuan dalam lini serang Madrid.

2. Mohamed Salah

Mohamed Salah

Dari namanya saja sudah jelas ketebak apa agama yang dianut oleh Mohamed Salah. Salah menjadi striker utama dan andalan Jurgen Klopp di Liverpool. Performanya bersama Liverpool sudah tidak perlu diragukan lagi. Total gol yang sudah dicetak oleh Salah selama berlaga di Premier League sudah mencapai 72 goal dan 25 assist.

Tidak ada yang mengira bahwa Salah bisa menjadi striker mengerikan seperti sekarang. Sebelum bermain untuk Liverpool, Salah sempat bermain untuk Chelsea, Fiorentina, dan Roma. Klopp yang melihat bahwa Salah merupakan striker mematikan, langsung membelinya dari Roma dengan harga 35 juta Euro. Harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan performa Salah selama berkostum The Reds.

1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Pemain legendaris sekaligus kapten timnas Perancis, Zinedine Zidane juga diketahui menganut agama Islam. Momen paling tak terlupakan para pecinta sepakbola adalah ketika Zidane menanduk dada dari Marco Materazzi. Insiden itu terjadi pada ajang World Cup tahun 2006 ketika Perancis bertemu dengan Italia. Insiden tersebut langsung berbuah kartu merah untuk Zidane.

Setelah ajang World Cup tahun 2006, pemain dengan panggilan Zizou ini kemudian memutuskan untuk gantung sepatu. Namun meski begitu, bukan berarti Zidane benar-benar tidak terlibat dengan dunia sepakbola. Dirinya kini beralih profesi sebagai pelatih sepakbola. Tahun 2014 sampai 2016 dirinya melatih Real Madrid Castilla. Tahun 2016-2018 dirinya melatih Real Madrid. Sempat berhenti melatih setahun, Zidane kembali melatih Real Madrid di tahun 2019.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas