home -> Lainnya -> 10 Tanda Seseorang Mau Bunuh Diri
04 Juni 2020 05:57

10 Tanda Seseorang Mau Bunuh Diri

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 08, 2020

Kondisi mental bisa mempengaruhi pikiran seseorang dalam menjalani hidupnya. Apabila kehidupannya menyedihkan dan mentalnya tidak sehat, bunuh diri adalah pilihan akhir yang biasanya dilakukan. Sialnya, stigma buruk selalu diberikan oleh masyakarat pada orang-orang yang pernah melakukan percobaan bunuh diri namun gagal dan mereka yang meninggal dunia akibat bunuh diri. Padahal yang semestinya dilakukan adalah kita berusaha sebisa mungkin untuk mencegah seseorang untuk melakukan bunuh diri. Ada sejumlah tanda yang muncul dari orang-orang yang ingin bunuh diri. Dan apabila kalian menemukan tanda-tanda tersebut, ada baiknya untuk tidak langsung menilai bahwa orang tersebut ingin melakukan bunuh diri. Cobalah untuk komunikasi dari hati ke hati untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Berikut adalah 10 tanda umum seseorang ingin mengakhiri hidupnya atau bunuh diri.

10. Mulai Menjauhi Teman/Menyendiri

menyendiri

Ada banyak kemungkinan apabila ada teman atau keluarga yang tiba-tiba mulai menjauh dari lingkungan pergaulannya atau seseorang. Mungkin karena dirinya sibuk, marah, atau bisa juga karena stres. Kalau stres ini terjadi berkepanjangan dan orang tersebut ada di titik dimana dirinya sudah tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengurangi stresnya, ada kemungkinan dia akan mencoba untuk bunuh diri.

Kalian perlu peka sebagai keluarga atau teman apabila ada melihat orang yang memperlihatkan tanda-tanda tersebut. Apalagi kalau yang semula orangnya ceria lalu tiba-tiba menjadi sering melamun dan mulai menarik diri dari pergaulan. Cobalah ajak bicara dari hati-hati untuk mengetahui apa yang terjadi. Setidaknya kalau memang dirinya ingin bunuh diri, kita bisa mencegahnya dari awal.

9. Semangat Hidup Turun

tidak semangat

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya naik turun dalam hidupnya. Ada masanya dia bahagia, ada pula masa dimana ia berada di titik terendah, Asalkan orang ini masih memiliki semangat tinggi, ada kemungkinan besar ia akan bisa bangkit kembali dari masa-masa terburuknya. Tapi tidak semua orang memiliki semangat yang sama bukan?

Ada pula orang yang awalnya semangat tapi karena terus menerus mengalami keterpurukan, akhirnya berubah menjadi orang yang tidak semangat dan pesimis. Di momen seperti ini, orang tersebut akan mudah mendapat pengaruh buruk dari siapapun. Bisa saja terlintas di pikirannya untuk mengakhiri hidupnya daripada hidup tanpa semangat seperti itu terus.

8. Mengkonsumsi Alkohol dan Narkoba

drugs and alcohol

Sekarang ini banyak selebriti terkenal yang terjebak dalam dunia obat-obatan terlarang dan juga alkohol. Bukan tanpa sebab mereka bisa terperosok dalam lubang kelam tersebut. Padahal mereka sebenarnya pasti sudah tahu bahwa menggunakan narkoba dan alkohol dalam jangka waktu panjang bisa merusak tubuh dan pastinya membuat mereka berurusan dengan polisi.

Orang-orang yang menggunakan alkohol dan narkoba biasanya mereka yang hidupnya sangat sibuk dan penuh dengan tekanan. Mudahnya akses ke narkoba dan alkohol membuat mereka menjadi pecandu. Ada yang menggunakan narkoba untuk melarikan diri dari masalah, dan ada pula yang menggunakan narkoba sebagai pendorong mereka untuk mengakhiri hidupnya.

7. Mood Berubah Drastis

mood

Tanda berikutnya yang menunjukan seseorang ingin bunuh diri adalah perubahaan mood yang drastis. Seperti misalnya ada orang yang selalu ceria lalu tiba-tiba berubah menjadi pemurung. Orang seperti ini pasti akan langsung terlihat perubahannya. Pasti ada suatu hal yang terjadi padanya dan mungkin saja orang ini butuh bantuan.

Namun akan sulit ditebak apabila perubahan mood terjadi pada orang yang memang memiliki kepribadian tertutup dan jarang bergaul. Meski begitu, orang yang tertutup sekalipun pastinya memiliki setidaknya minimal satu orang yang benar-benar dekat dan mengerti dirinya. Teman dekat inilah yang seharusnya tahu apabila mood temannya sedang mengalami drop.

6. Panik dan Sulit Tidur 

cant sleep

Orang ketika banyak pikiran dan terus dipendam tanpa bisa menemukan solusi, maka orang tersebut pasti akan mengalami yang namanya stres atau depresi. Jika tidak ditemukan jalan keluarnya, maka akan mengganggu banyak hal dari hidup orang tersebut. Mulai dari mood, pola makan, aktivitas, dan bahkan istirahat pun bisa terganggu.

Ketika seseorang mulai mengalami kesulitan tidur atau istirahat, ini adalah tanda awal bahwa ada suatu hal yang dipikirkan. Hal yang dipikirkan tersebut pastinya sangat penting hingga bisa membuat orang tetap terjaga. Apabila tak ditemukan jawaban dari apa yang membuatnya stres tersebut, istirahat semakin sulit, tubuh pun semakin tak berfungsi secara baik.

5. Memberikan Barang Berharga Ke Orang Lain

precious things

Setiap orang pastinya memiliki benda atau barang kesayangan. Barang kesayangan ini biasanya akan disimpan di tempat yang aman dimana sembarang orang tidak boleh menyentuh atau bahkan melihat sekalipun. Apabila teman kalian secara mendadak ada yang menghadiahi kalian benda kesayangannya, kalian musti curiga kenapa ia melakukannya.

Salah kecurigaan yang musti kalian waspadai adalah adanya kemungkinan orang yang memberikan kalian hadiah ini ingin bunuh diri. Tapi kenapa orang yang bunuh diri sampai memberikan benda berharganya ke orang lain? Ini karena orang yang bunuh diri biasanya ingin agar benda kesayangannya tersebut ada yang tetap merawat. Atau agar benda kesayangannya ini memiiki nilai berharga yang nantinya bisa dimanfaat untuk hal yang positif bagi orang yang menerimanya.

4. Merasa Kesepian

kesepian

Ada satu kalimat yang mengatakan bahwa kesepian yang paling menyedihkan adalah ketika kamu berada di keramaian. Di saat kalian dikelilingi oleh teman dan keluarga namun kalian masih merasa kesepian adalah sebuah tanda bahwa memang kalian saat itu mengalami kesepian yang begitu parah sehingga kalian tidak merasakan kehadiran dari sekitar kalian.

Ini mungkin disebabkan oleh kita tidak mendapat perhatian atau orang sekitar tidak perduli akan kehadiran kita. Kita dianggap sebagai manusia tapi kehadiran kita seolah tidak penting atau ada. Inilah yang bisa menjadi pendorong seseorang ingin bunuh diri. Manusia adalah makhluk sosial, bahkan orang introvert pun pasti akan bersosialisasi. Tapi ketika seseorang merasa kehadirannya tidak diakui, tidak ada keingingan dirinya untuk hidup di Bumi ini.

3. Berbicara Tentang Kematian

talking about death

Ketika seseorang mulai berbicara tentang kematian dan hal-hal yang berhubungan dengan kematian seperti Surga, Neraka, atau Tuhan, kalian musti ada perasaan heran. Apalagi kalau orang tersebut sebelumnya tidak pernah membahas akan hal itu. Pasti ada sesuatu yang terjadi padanya hingga ia bisa berpikir dan berbicara seperti itu.

Orang yang ingin bunuh diri tidak langsung akan bunuh diri di saat itu juga. Sebelum bunuh diri, akan muncul tanda tak biasa dari dalam dirinya. Seperti perubahan mood, mulai menyendiri, dan perubahan topik pembicaraan. Awalnya mungkin ia akan berbicara tentang kematian dan hal-hal yang berkaitan dengan kematian. Setelah itu akan lanjut dengan membuat rencana dan terakhir mengeksekusi rencana tersebut.

2. Melukai Diri Sendiri

melukai diri sendiri

Mulai melakui diri sendiri adalah salah satu tanda jelas bahwa seseorang mungkin akan melakukan bunuh diri. Jika tidak, mana mungkin ada orang yang melukai dirinya sendiri. Orang normal tidak akan mau melakukan hal yang bisa menyakiti atau merugikan diri sendiri. Namun orang yang ingin bunuh diri, tidak akan ragu untuk melukai dirinya sendiri karena ia sudah berpikir bahwa dirinya tidak berharga.

Beberapa contoh tindakan yang melukai diri sendiri seperti mengiris lengan dengan benda tajam, membakar diri, menampar diri sendiri, dan masih banyak lagi lainnya. Orang yang patah hati seringkali terlihat melukai dirinya sendiri. Namun banyak orang yang menganggap remeh dengan mengatakan orang tersebut bodoh yang dimana itu malah bisa membuat seseorang semakin merasa bahwa dirinya bodoh, tidak berguna, dan tidak berharga. Lalu tindakan terakhir yang mungkin dilakukan adalah bunuh diri.

1. Pernah Melakukan Percobaan Namun Gagal

bunuh diri

Perlu kalian ketahui bahwa orang yang sudah pernah melakukan uji coba bunuh diri namun gagal, pasti suatu saat akan mengulangi hal tersebut. Jadi, kalau kalian pernah melihat seseorang yang sudah pernah mencoba untuk bunuh diri tapi gagal, ada baiknya kalian dekati orang tersebut. Ada kemungkinan dia bisa mencobanya lagi.

Ini tentu tak bisa menjadi jaminan juga. Orang ingin bunuh diri pasti karena dirinya merasa kesepian dan stres. Apabila dia pernah mencoba untuk bunuh diri namun gagal tapi dia bisa move on dari kesedihannya itu, maka kecil kemungkinan dia akan bunuh diri. Tapi apabila di kesehariannya dia masih terlihat murung, tak semangat, kesepian, dan stres, akan ada kecenderungan dia mencoba untuk mengakhiri hidupnya lagi apabila ada kesempatan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas