home -> Lainnya -> Sedikit Stres Ternyata Baik Bagi Kesehatan Anda
23 November 2014 06:28

Sedikit Stres Ternyata Baik Bagi Kesehatan Anda

Oleh admin dalam Lainnya pada July 25, 2013

Kita tahu bahwa stres itu tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika terlalu banyak. Tapi ternyata, terlalu sedikit juga bukanlah sesuatu yang ideal. Riset mengatakan bahwa sedikit mengalami stres baik bagi kesehatan Anda dan tidak selalu buruk. Hal ini disebut dengan "good stress" atau "stres yang baik."

STRES YANG BAIK DAN STRES YANG BURUK

Pada dasarnya stres dapat dibagi menjadi dua, yaitu "good stress" (stres yang baik) dan "bad stress" (stres yang negatif atau buruk). 

good and bad stress

Stres yang buruk ini adalah stres yang kita kenal selama ini sebagai suatu masalah kesehatan yang harus kita hindari, yaitu stres kronis. Stres ini tidaklah terkontrol, hal ini dapat saja terjadi karena adanya tekanan berlebih kejiwaan seseorang, seperti kehidupan keluarga yang buruk, beban pikiran yang belebih dan seterusnya.

Tetapi ada stres yang berdampak baik bagi kesehatan, hal ini dikenal dengan nama "good stress" yaitu sebuah stres jangka pendek yang hilang dengan cepat dan tidak terlalu membebani pikiran seseorang. Seperti saat Anda terjebak macet, gelisah karena presentasi dan sejenisnya.

PENELITIAN YANG DILAKUKAN

Di sini kita akan membicarakan mengenai penelitian atau riset yang dilakukan yang membuktikan bahwa stres dapat berdampak positif bagi Anda. Jika Anda tidak tertarik mengenai hal ini, Anda dapat langsung membaca bagian berikutnya di bawah, yaitu dampak-dampak positif apa saja yang dapat diberikan stres bagi kita.

stress mouse

Penelitian dilakukan ke sekelompok tikus yang sudah cukup tua, dimana tikus-tikus ini dibebani stres dengan cara dikurung dalam kandang selama berjam-jam. Hal ini membuat stres pada tikus-tikus tersebut naik mencapai titik tertentu, dan ternyata membuat pertumbuhan sel baru pada otak mereka.

Dua hari sesudah perlakuan ini, para peneliti menguji memori atau ingatan dari tikus-tikus ini, pada awalnya mereka tidak menemukan adanya perubahan yang signifikan. Tetapi 2 minggu kemudian, memori atau ingatan dari tikus-tikus ini meningkat pesat. Para peneliti kemudian menemukan bahwa sel-sel baru yang bertumbuh tadi ternyata merupakan sel-sel yang terkait atas kemampuan pembelajaran.

Tetapi Anda juga perlu mengetahui bahwa penelitian ini dilakukan ke sekelompok tikus dan bukan manusia. Jadi tidak ada yang tahu secara benar apakah hal ini benar-benar dapat diimplementasikan kepada manusia.

DAMPAK POSITIF DARI SEDIKIT STRES

Walaupun tidak diketahui secara jelas apakah penelitian di atas benar-benar dapat diterapkan ke manusia, banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa sedikit stres dapat memberikan dampak-dampak yang positif. Berikut 5 dampak positif dari sedikit stres bagi diri Anda:

1. Dapat membantu Anda menjadi lebih kreatif

creative stress

Anda mungkin pernah mengalami saat-saat dimana Anda kehabisan ide kreatif dan Anda terus memikirkannya dalam waktu yang cukup lama, hingga tiba-tiba ada sebuah ide cemerlang yang terlintas di benak Anda. Hal itu juga sering terjadi ke para seniman atau penulis buku ternama.

Hal ini disebabkan karena jika pikiran kita selalu tenang dan santai, maka pikiran kita tidak akan pernah melihat suatu hal dalam sudut pandang yang berbeda. Berbeda halnya saat kita mengalami stres karena berusaha menemukan pemikiran kreatif, pikiran kita akan berusaha melihat semua alternatif yang ada dalam sudut pandang yang berbeda-beda dari pemikiran kita biasanya.

2. Baik untuk sistem ketahanan tubuh Anda

stress help immune system

Penelitian lain membuktikan bahwa stres jangka pendek dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Pada saat kita mengalami stres, tubuh kita akan merilis sebuah hormon yang dikenal dengan nama cortisol (hormon stres), hormon ini akan meningkatkan ketahanan tubuh kita.

Di sisi lain, jika kita terlalu sering mengalami stres dan tekanannya sangat tinggi (stres kronis), hal ini akan berdampak sebaliknya. Anda akan mengalami kelebihan hormon cortisol yang akan mengarah ke penyakit seperti obesitas dan diabetes.

3. Membuat Anda lebih Sehat

good stress: exercise

Tahukah Anda bahwa olahraga sebenarnya merupakan salah satu bentuk memberikan stres jangka pendek (good stress) ke tubuh Anda? Mengangkat beban, berlari, bersepeda dan olahraga lainnya merupakan bentuk nyata "good stress." yang jika dilakukan secara berkala pada akhirnya akan mengurangi tingkat stres dan meningkatkan hormon endhorphin yang akan membuat Anda merasakan sensasi 'rasa enak (segar)' pada tubuh Anda.

4. Menjaga orang-orang terkasih seperti anak Anda

stress protect children

Berdasarkan beberapa ahli, ibu yang mengalami stres dalam menjaga agar anak mereka selalu aman akan benar-benar secara praktikal meningkatkan tingkat keamanan anak mereka. Hal ini juga membuktikan kepedulian dari seorang ibu akan anaknya dimana jika Anda tidak mempedulikan apapun Anda tidak akan memikirkannya.

Tetapi Anda harus berhati-hati terhadap stres berlebih atau kewaspadaan berlebih yang malah mengarah ke ketakutan dan reaksi berlebihan. 

5. Membuat Anda lebih termotivasi

help focus and motivation

Tingkat stres yang optimal dan tepat dapat membuat Anda lebih bersemangat, terfokus dan termotivasi. Tanpa adanya stres yang cukup, Anda tidak akan memberikan upaya sepenuhnya dan akan sering melakukan kesalahan. Jika Anda terlalu santai, itu berarti Anda tidak berusaha mendorong diri Anda keluar dari zona aman dan mengambil resiko untuk meningkatkan karir Anda.

Berhasil menangani stres adalah cara nomor satu untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam kerja dan lingkup kehidupan lainnya.

MENGHADAPI STRES BERLEBIH

menangani stres berlebih

Sebelumnya, kita pernah membahas mengenai cara menghadapi stres dalam 10 tips mengatasi rasa stres, dimana salah satunya adalah dengan menerima apa adanya, menantang diri sendiri, dan mengeluarkan perasaan. Untuk daftar dan penjelasan lengkapnya, dapat langsung dilihat di artikel tersebut.

--

Melalui hal ini kita dapat melihat bahwa pada artikel ini selalu difokuskan untuk hindari stres berlebih dalam kapasitas yang tidak dapat kita tangani karena stres tersebut hanya akan memperburuk diri Anda, hadapi stres yang memang dapat Anda tangani.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas