home -> Lainnya -> 10 Ras Kucing Termahal Dunia
09 Juli 2020 08:11

10 Ras Kucing Termahal Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 05, 2020

Kucing, siapa juga orang yang tidak suka dengan hewan kecil berbulu ini? Dengan kelakukan aneh dan cenderung menyebalkan, kucing justru sangat disukai oleh banyak orang. Di dunia ini, entah sudah ada berapa banyak ras atau jenis kucing yang sudah dikembangkan. Ras ini dikembangkan secara khusus untuk memenuhi keinginan konsumen. Jelas bahwa semakin sulit pengembangan suatu ras maka akan berpengaruh pada karakteristrik dan harga si kucing tersebut. Ada 10 ras kucing yang disebut-sebut memiliki nilai sangat mahal. Apa saja?

10. British Shorthair - 1.500 USD

British Short Hair

Daftar kucing ras termahal dimulai dari British Shorthair. Meski berada di urutan terakhir, harga dari British Shorthair dinilai cukup bisa membuat kantong jebol. Satu ekor British Shorthair bisa mencapai 1.500 USD. Bisa lebih apabila jenis yang diambil adalah jenis unggul. Sesuai dari namanya, kucing ini memiliki asal dari Inggris.

Kalau kalian cukup aktif berselancar di dunia maya, terutama di forum-forum kucing, kalian akan sering melihat banyak gambar dan video lucu tentang kucing British Shorthair. Kucing British Shorthair memiliki ciri-ciri fisik badan yang berisi dan wajahnya yang bulat besar. Melirik sejarah, British Shorthair diperkirakan dibawa oleh orang Romawi di Eropa sebelum mulai dikawin silangkan dengan beberapa jenis kucing lain yang ada di Eropa. Evolusi tersebut masih terus berjalan hingga yang bisa terlihat sekarang ini.

9. Scottish Fold - 3.000 USD

scottish fold

Kucing bisa memiliki harga yang mahal apabila memiliki keunikan. Apapun keunikan tersebut termasuk juga sebuah kelainan yang dimiliki oleh kucing Scottish Fold. Kalian yang melihat kucing Scottish Fold mungkin akan sadar bahwa telinga kucing ini sangat berbeda dengan kucing lain. Dimana kucing lain memiliki telinga yang tegak, Scottish Fold malah seperti menutup.

Ini adalah salah satu kelainan dari tulang rawan yang dimiliki oleh Scottish Fold. Dan kelainan inilah yang membuatnya unik dan harganya menjadi mahal. Sekitar 3.000 USD uang yang harus dikeluarkan apabila ingin memelihara Scottish Fold. Karena telinganya yang unik, beberapa breeder ada yang mencoba menyilangkannya dengan jenis lain seperti British dan American Shorthair.

8. Sphynx - 3.000 USD

sphynx cat

Orang yang memiliki kucing Sphynx tentunya bukan orang biasa. Selain sulit untuk mencari kucing Sphynx, kucing ini juga ditaksir harganya sangat mahal. Bisa mencapai 3.000 USD untuk satu ekornya. Beberapa selebriti Indonesia diketahui ada yang pernah memiliki kucing jenis ini. Sebut saja dia adalah Raditya Dika.

Kucing Sphynx sangat mudah dikenal karena kucing ini memiliki bulu yang sangat sedikit dan banyak kerutan di tubuhnya. Kucing ini sudah populer sejak tahun 1960an. Untuk bisa menghasilkan kucing Sphynx diperlukan proses breeding yang rumit. Sifatnya agak mirip dengan anjing dimana Sphynx bisa sangat akrab dengan pemiliknya dan sangat mudah berteman dengan orang asing.

7. Russian Blue - 3.000 USD

russian blue cat

Satu dari sekian banyak jenis kecing yang sangat populer dan juga bernilai mahal adalah kucing jenis Russian Blue. Kalian perlu merogoh saku kalian dalam-dalam untuk bisa memiliki kucing jenis ini. Russian Blue memiliki harga hingga 3.000 USD. Tapi dengan harga mahal, kalian bisa mendapatkan kucing dengan bulu yang sangat cantik dan memiliki ikatan yang sangat kuat dengan pemiliknya.

Russian Blue diyakini berasal dari Arkhangelsk Russia dan memiliki nama lain Archangel Blues. Dibawa dari Archangel Isles dan Eropa Utara pada tahun 1860an. Russian Blue telah dikembangkan dalam jangka waktu begitu lama karena saat itu Rusia sangat kekurangan kucing jenis Russian Blue. Ada sedikit gen Siam bila kalian telusuri lebih jauh kucing jenis ini.

6. Peterbald - 5.000 USD

peterbald

Melihat gambarnya mengingatkan kita dengan kucing Sphynx. Sphynx begitu terkenal karena bentuknya yang unik seperti tidak punya bulu dan penuh keriput. Kucing satu ini bukanlah Sphynx melainkan Peterbald, sebuah ras kucing yang merupakan hasil kembangan lebih jauh dari Sphynx. Harganya ditaksir mencapai 5.000 USD.

Peterbald diketahui berasal dari Rusia dan sangat mirip dengan kucing jenis Oriental Shorthair. Peterbald sendiri ada dibagi dari beberapa jenis lagi. Ada yang berbulu luru dan ada yang tak berbulu. Kucing ini terbilang pintar dan jinak, jadi sangat cocok apabila dijadikan peliharaan bagi anak-anak.

5. Persian - 5.500 USD

Persian

Nama Persian atau Persia bukanlah yang asing lagi di telinga orang. Bahkan orang yang tidak tahu kucing pun bisa langsung tahu bahwa ini adalah salah satu jenis kucing populer yang harganya bisa sangat mahal. Kucing Persian atau Persia bisa memiliki harga sekitar 5.500 USD, tergantung siapa breeder yang mengembangkan kucing ini.

Kucing Persian memiliki karakteristik berbulu panjang berwarna abu-abu gelap, mata bulat berwarna hijau, dan hidungnya yang pesek. Menurut para pecinta kucing, semakin pesek hidungnya maka harganya bisa semakin mahal. Kalau berbicara soal sifat, kucing Persian memiliki sifat yang cukup ramah, apalagi terhadap anak kecil. Minusnya adalah kalian harus sering-sering menyisir dan membersihkan bulu-bulunya yang halus.

4. Bengal - 25.000 USD

Bengal

Ada satu jenis kucing yang memiiki ciri-ciri corak dan warna tubuh yang menyerupai kucing besar yang tinggal di alam liar. Kucing ini dinamakan dengan Bengal. Terlihat memang kucing Bengal seperti kucing besar namun dalam bentuk yang lebih mini. Kucing jenis ini menjadi populer belakangan ini karena motif dan sifatnya yang unik.

Berbeda dari kucing jenis lainnya, kucing Bengal memiliki sifat yang sangat aktif. Apabila sang pemilik tak terbiasa dengan sifatnya yang aktif, kucing Bengal bisa menjadi sangat merepotkan untuk dipelihara. Sangat dianjurkan untuk sering-sering bermain dengan kucing Bengal agar energinya tersalurkan ke arah yang positif, bukan jadi merusak barang-barang di rumah.

3. Savannah - 50.000 USD

Savannah

Kucing berikut ini diperoleh dengan cara persilangan antara kucing African Serval dan Persian Domestic Housecat. Kalian bisa tebak jenis kucing tersebut? Jawabannya adalah Savannah. Jika Bengal adalah salah satu kucing yang cukup sulit dipelihara karena sifatnya yang aktif, Savannah juga memiliki tingkat kesulitan yang sama.

Savannah termasuk salah satu kucing yang sangat aktif. Mereka punya energi yang berlebih sehingga pemiliknya harus rajin mengajaknya bermain dan beraktivitas. Sifatnya kurang lebih sama seperti anjing. Kucing Savannah sangat jago melompat, setia, dan pintar. Untuk satu ekor kucing Savannah, harganya bisa mencapai 50.000 USD.

2. Allerca Hypoallergenic - 50.000 USD

Allerca Hypoallergenic

Memang kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan sangat direkomendasi. Tapi tidak semua orang bisa memelihara kucing. Satu alasan kuat kenapa ada orang yang tidak bisa memelihara kucing adalah alergi. Kucing memiliki bulu halus yang bisa membuat reaksi alergi pada orang yang sensitif. Reaksi alergi ini bisa berbeda tiap orang tergantung seberapa alergi mereka terhadap kucing.

Untuk itulah dikembangkan satu ras khusus yang dimana ras kucing ini aman dipelihara bagi mereka yang menderita alergi. Kucing jenis ini dinamakan Allerca Hypoallergenic. Para ilmuwan bekerja keras untuk bisa mengembangkan jenis kucing ini. Meski Allerca Hypoallergenic diyakini aman bagi mereka yang alergi kucing, masih ada kasus minor dimana ada orang yang masih merasakan efek alergi terhadap kucing.

1. Ashera - 1 Juta USD

Ashera

Dengan harga 1 juta USD, kalian baru bisa memiliki ras kucing bernama Ashera. Harga yang sangat mahal untuk seekor kucing ini mengingat proses penyilangan sejumlah ras untuk bisa menghasilkan ras Ashera. Tapi dengan harga demikian, kalian bisa lihat sendiri betapa cantiknya kucing jenis Ashera. Jelas saja, kucing ini merupakan hasil persilangan antara African Serval, Asian Leopard Cat, dan Domestic Housecat.

Persilangannya tidak bisa dibilang mudah. Perlu indukan top dari masing-masing ras yang nantinya akan disilangkan untuk menjadi Ashera. Dan itu pun perlu diseleksi lagi mana Ashera yang benar-benar unggul. Karena gabungan dari African Serval, Asian Leopard, dan Domestic housecat, Ashera memiliki karakteristik yang sangat penuh rasa kasih sayang, setia, dan tentunya pintar. Ada satu perusahaan kucing di Los Angeles yang diketahui menjual kucing jenis Ashera. Dan itu pun jumlahnya sangat sedikit, hanya 5 ekor per tahun.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas