home -> Lainnya -> 10 Tips Menjalani Hubungan LDR
26 Oktober 2020 10:16

10 Tips Menjalani Hubungan LDR

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 04, 2020

Menjalani hubungan LDR atau long distance relationship bukanlah hal yang mudah. Yang namanya pacaran, pastinya harus ada waktu ketemu untuk melepas rindu, bercanda, tukar pikiran, dan segala macam hal yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan pacar. Tapi kalau pacar berada dalam jarak yang jauh atau bahkan sampai berbeda negara, pasti akan sulit untuk menjalin hubungan asmara. Lalu bagaimana caranya agar tetap menjaga hubungan tetap terjaga? Berikut tips berguna pada saat menjalani hubungan LDR.

10. Buat Peraturan

rules

Dengan adanya peraturan, manusia bisa hidup secara teratur. Meski terkesan seperti mengekang, tapi peraturan dalam hubungan asmara juga perlu dilakukan. Peraturan ini nantinya yang harus dihormati dan dilakukan oleh masing-masing pihak. Tentu kalau terjadi pelanggaran akan ada sanki yang harus diberikan.

Pacaran biasa saja ada aturan-aturan khusus yang terbentuk entah itu secara sendirinya atau memang sengaja dibuat atas kesepakatan bersama. Ketika melakukan hubungan pacaran jarak jauh pun juga harus demikian. Harus ada peraturan baru yang ditambahkan selama tidak bisa bertemu. Tujuannya jelas, selain untuk menjaga hubungan tetap baik dan juga menguji seberapa tinggi komitmen dari masing-masing pihak.

9. Jangan Memasang Ekspetasi Tinggi

high expetations

Long distance relationship memang dikenal sangat berat. Ada banyak masalah yang bisa dihadapi oleh para pasangan yang cintanya terpisah jarak yang jauh. Makanya ada yang mengatakan bahwa LDR hanya untuk orang-orang yang kuat dan setia saja. Kalau kalian kebetulan ada yang menjalani hubungan cinta jarak jauh, kunci untuk tetap awet adalah dengan tidak berekspetasi terlalu tinggi.

Salah satu penyebab terjadi kekecewaan adalah bukan karena pasangan yang melakukan kesalahan. Tapi bisa jadi karena kitanya yang terlalu memasang harapan tinggi. Ketika ekspetasi terlalu tinggi dan hal tersebut tidak tercapai, kita cenderung marah dan menyalahkan orang lain. Ketahui dan sabar saja, memang menjalani hubungan LDR itu ada masalah. Hanya karena satu masalah sepele jangan sampai marahnya sampai berlarut-larut.

8. Pegang Teguh Komitmen

komitmen

Tanpa adanya komitmen, suatu hubungan tidak akan pernah bisa berjalan. Simpelnya, ketika seseorang baru mulai pacaran, pasti akan terbentuk komitmen dimana kedua pihak harus saling setia. Kalau tidak setia, bagaimana mungkin kalian bisa pacaran. Ketika menjalani LDR pun juga harus ada komitmen, komitmen yang jauh lebih kuat dan menantang.

Terpisahnya dengan pasangan dalam jarak yang jauh dan apalagi dalam waktu yang cukup lama akan mendatangkan banyak tantangan. Tantangan ini harus dilewati untuk bisa mempertahankan hubungan cinta yang kalian bina. Kalau kalian sudah berjanji untuk saling setia, terlebih lagi yang sudah bertunangan atau menikah, pegang teguh komitmen yang sudah kalian buat. Jangan kecewakan pasangan kalian.

7. Jujur

honest

Bukan hal baru lagi apabila kejujuran adalah kunci langgengnya suatu hubungan. Mayoritas pasangan putus kalau bukan karena selingkuh, ya karena tidak jujur. Ketidakjujuran dalam hubungan cinta bisa menimbulkan rasa ragu dalam benak pasangan. Apakah pria atau wanita yang dipilih ini benar-benar setia atau pembohong.

Hal yang terjadi sekecil apapun, kalau bisa ceritakan sejujurnya pada pasangan. Sekali seseorang berbohong, pastinya orang tersebut akan terus berbohong. Karena untuk menutupi satu kebohongan, maka orang akan membuat satu kebohongan yang lain. Kalau ketahuan bohong bisa berakibat fatal, kenapa juga harus dilakukan. Lebih baik jujur dan terima resikonya.

6. Positive Thinking

positive thinking

Semua pasangan yang menjalani hubungan pacaran jarak jauh umumnya mengalami masalah yang sama. Kangen, keraguan akan kesetiaan pasangan, masalah kejujuran dan lain-lain. Banyaknya masalah ini yang membuat para pejuang LDR pikirannya dipenuhi dengan pikiran negatif. Terkadang, retaknya hubungan asmara bisa terjadi karena banyaknya pikiran negatif yang padahal belum tentu benar terjadi.

Makanya perlu dibangun pikiran positif untuk mencegah hal ini terjadi. Semua pasangan ingin hubungan cintanya adem-adem saja tanpa masalah, tapi itu juga tidak mungkin. Selalu usahakan positive thinking di segala hal. Bukan berarti tidak boleh curiga, silahkan curiga tapi jangan sampai membenani pikiran. Cukup simpan di dalam kepala dulu sampai memang benar-benar terbukti kecurigaan tersebut.

5. Beri Hadiah Kejutan

kejutan

Cinta terpisah jarak memang sangat menyebalkan. Mau melakukan apa bersama pasangan jadi tidak bisa. Tapi meski begitu, jangan biarkan jarak jauh menjadi penghalang. Jika ini terus dibiarkan, jangan heran apabila pasangan kalian akan mencari orang lain sebagai akibat kurangnya perhatian dan cinta dari pasangannya.

Sesekali cobalah untuk berikan kejutan. Kejutan di tanggal atau hari spesial akan sangat berarti. Momen ini bisa menjadi kesempatan untuk tetap menjaga hubungan asmara tetap nyambung. Kejutan yang diberikan juga bisa bermacam-macam. Contohnya kalung berisikan foto bersama bisa dijadikan contoh. Sesulit apapun hubungan, kalau ada niat semua bisa dilakukan.

4. Tetap Pantau Sosial Media Pasangan

sosial media

Ada yang bilang kalau memantau sosial media pasangan adalah hal yang buruk. Katanya, memantau sosial media pasangan adalah bentuk rasa ketidak percayaan terhadap pasangannya. Di zaman yang sudah maju seperti sekarang, justru perselingkuhan bisa dimulai dari percakapan di sosial media. Jadi, alangkah baiknya kita pantau sosial media pasangan kita.

Apalagi kalau sedang melakukan hubungan jarak jauh. Dimana jarang ketemuan dan komunikasi sulit, tentu hal yang bisa dilakukan adalah dengan berinteraksi di sosial media. Namun sosial media sendiri juga ada banyak godaannya. Akan ada banyak lawan jenis yang lebih menarik atau mungkin dekat dengan si dia yang membuat kesempatan selingkuh menjadi lebih besar. Untuk menghindarinya, perlulah memantau aktivitas sosial media milik pasangan. Jika ada yang dirasa mencurigakan, komunikasikan dengan baik-baik terlebih dahulu.

3. Menghampiri Satu Sama Lain

ketemu

Sering ada orang yang tidak bisa melakukan sesuatu dengan alasan sibuk. Ketahuilah bahwa sebenarnya tidak ada alasan sibuk. Yang jujur dan benar adalah kalian itu tidak termasuk dalam prioritasnya. Masing-masing orang memiliki prioritas yang berbeda. Hanya prioritas pertama yang pasti akan didahulukan. Sesibuk apapun, selama itu masih berada dalam prioritas pertama, pasti akan dilakukan.

Pertanyaan yang harus kalian jawab sendiri dengan sejujurnya adalah, ada di urutan prioritas berapa pasangan kalian? Kalau berada di prioritas pertama, pastinya kalian akan melakukan apa saja untuk bisa menyenangkan pasangan kalian. Jadi, kalau kalian memang sudah rindu, usahakan untuk bertemu tiap minggu atau tiap bulannya.

2. Stop Komunikasi Berlebihan

stop komunikasi

Salah satu kunci awetnya hubungan komunikasi dengan pacar yang berada nan jauh disana adalah dengan komunikasi. Yang namanya cinta dan rindu seringkali membuat orang tidak berpikir rasional. Komunikasi memang penting, tapi kalau komunikasi dilakukan secara berlebihan malah membuat hubungan kalian menjadi tidak sehat.

Tidak penting seberapa banyak komunikasi yang kalian lakukan, yang terpenting adalah kualitas. Kalian jarang melakukan komunikasi tapi setiap komunikasi yang dilakukan selalu berarti. Topik yang kalian bicarakan memang menarik untuk dibahas dan juga serius. Itu jauh lebih baik daripada melakukan komunikasi secara sering tapi yang dibicarakan adalah hal yang tidak penting.

1. Usahakan Tetap Komunikasi

komunikasi

Jarak jauh membuat acara bertemu dengan pasangan menjadi sulit. Kalau sudah tahu susah bertemu, jangan sampai kalian tidak berkomunikasi satu dengan yang lain. Komunikasi tetap harus dilakukan agar hubungan pacaran tetap berjalan dengan sehat. Tentukan saja kapan waktu dimana kalian bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa gangguan. Cocokan jam apabila kalian berbeda negara.

Dan satu lagi catatan yang perlu kalian perhatikan, usahakan yang dikomunikasikan memang penting dan bermakna. Kualitas di atas kuantitas, kira-kira seperti itulah ungkapannya. Jangan bicarakan hal-hal yang tidak penting, bicarakan yang memang ingin kalian bicarakan. Pikirkan terlebih dahulu apa sih yang ingin kalian bicarakan. Kalau tidak menarik, singkirkan topik tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas