home -> Lifestyle -> 10 Kesalahan Umum Ketika Melakukan Solo Traveling
04 Juni 2020 05:37

10 Kesalahan Umum Ketika Melakukan Solo Traveling

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 27, 2020

Terkadang melakukan solo traveling itu memberikan sensasi sendiri. Selain tidak terganggu oleh rekan liburan yang menyebalkan, kita jadi bisa belajar bagaimana caranya untuk bisa bertahan hidup dan enjoy setiap waktu yang kita inginkan. Hanya saja, kesulitan saat melakukan perjalanan liburan sendiri itu lebih besar ketimbang melakukan liburan ramai-ramai. Makanya tak sedikit dari mereka yang melakukan perjalanan solo traveling melakukan sejumlah kesalahan yang bisa berujung hancurnya rencana dan mood selama liburan. Agar kalian tidak mengalami hal tersebut, berikut adalah kesalahan umum yang harus dihindari ketika melakukan solo traveling.

10. Tidak Bersosialisasi

socialize

Solo traveling memang harus dilakukan meski hanya sekali. Momen liburan sendiri ini membuat kita jadi bebas bersenang-senang, lebih relaks, dan mandiri. Meski begitu, bukan berarti kita benar-benar harus apa-apa melakukan sendiri. Sebagai manusia, kita tetap harus melakukan sosialisasi. Dan selagi liburan, ada kesempatan dimana kita bertemu dengan orang baru.

Apabila kalian mendapatkan kesempatan bertemu dengan orang baru yang juga kebetulan liburan ke tempat yang sama, memiliki itinerary sama, tidak ada salahnya kita untuk sedikit berkenalan dan berbincang. Solo traveling bukan berarti membuat kita jadi anti sosial dan ogah berinteraksi dengan orang sekitar. Selain menambah pengalaman liburan sendiri, bisa juga menambah teman dari luar negeri.

9. Buat Jadwal Terlalu Padat

schedule

Karena kita bepergian ke suatu tempat tanpa ditemani oleh sahabat, maka satu hal yang perlu kita lakukan adalah membuat jadwal atau itinerary. Itinerary wajib dibuat agar jelas aktivitas yang ingin dilakukan setiap hari. Membuat itinerary ini juga tidak bisa disiapkan mendadak, harus dari jauh hari agar jadwal yang didapat benar-benar sesuai dengan waktu liburan.

Jangan pernah membuat jadwal terlalu padat. Kalian harus pertimbangkan dengan tenaga, waktu, lama waktu liburan, dan lokasi tempat menginap. Jangan membuat jadwal terlalu padat sehingga waktu kalian tidak cukup. Atau kalian malah jadi terburu-buru dan tidak sempat mengkesplor lebih jauh tempat yang kalian kunjungi.

8. Ekspetasi Terlalu Tinggi

high expetation

Bagi yang mereka yang baru pertama kali melakukan solo traveling, pasti sudah menyiapkan segala hal yang diperlukan. Di dalam kepala sudah terbayang kesenangan yang akan didapat selama liburan di suatu tempat. Semua jadwal kegiatan akan berjalan sesuai rencana tanpa halangan. Tapi sebisa mungkin jangan kalian terlalu senang dengan hal itu.

Kita liburan ke luar negeri dimana semua hal masih baru. Hal buruk yang bisa mengganggu jadwal liburan kalian bisa saja terjadi. Bahkan orang yang sudah berpengalaman solo traveling juga bisa mengalami kejadian tersebut. Jangan terlalu menaruh harapan yang terlalu tinggi terhadap suatu hal agar kalian tidak kecewa nantinya.

7. Malas Bertanya Pada Orang Sekitar

asking

Pasti kalian semua pernah mendengar pepatah lama yang mengatakan, "Malu bertanya maka akan sesat di jalan". Ketika melakukan perjalanan liburan sendirian, kita yang dulunya sering bergantung sama teman untuk kesana kemari ketika liburan. Ibaratnya kalau nyasar pun, kita akan nyasar bersama teman-teman. Tapi kalau solo traveling, kalian nyasar maka kalian akan nyasar sendirian.

Maka dari itu, kalau memang ada hal yang tidak diketahui atau lupa dicatat, tidak salahnya bertanya kepada warga lokal. Alamat restoran, tempat menarik, jalan, atau apapun kalian tanya saja apabila kalian tidak tahu. Kecuali kalau memang kalian orang yang suka petualangan. tantangan, dan memang mencari sensasi seperti apa tersesat di negara orang, silahkan saja. Tapi kalau tidak siap dengan itu, jangan malu untuk bertanya.

6. Menghabiskan Semua Di Hari Pertama

having fun

Senang karena waktu liburan tiba adalah hal yang wajar. Semua orang pasti akan merasakannya. Semua hal sudah disiapkan mulai dari pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan, gadget, dan itinerary pun sudah siap. Satu hal kesalahan yang umum dilakukan oleh mereka para solo traveler pemula adalah menghabiskan semua di hari pertama.

Bersenang-senang itu pasti, tapi jangan habiskan semua kesenangan kalian di hari pertama. Perlu dihitung juga berapa lama kalian liburan. Kalau semua hal menyenangkan dihabiskan di hari pertama, bagaimana dengan hari berikutnya? Apa kalian masih punya tenaga yang cukup untuk jalan-jalan? Ini akan kembali lagi ke poin sebelumnya dimana kalian harus membuat jadwal sebaik mungkin.

5. Tak Punya Rencana Cadangan

plan

Satu hal yang musti kita sepakat bersama adalah, tidak ada hal yang bisa berjalan lancar selama kita hidup di dunia. Kita berencana apa, ketika tiba waktunya mau mengeksekusi ternyata malah gagal. Kegagalan rencana ini pasti bisa membuat siapa saja kesal. Makanya jangan pernah bergantung dengan satu rencana.

Sebelum liburan dan saat menyusun acara perjalanan, harus yang diperhitungkan adalah plan B. Apabila plan A ternyata tidak bisa dilakukan, setidaknya kita masih punya plan B. Buat 2 atau 3 rencana dalam liburan agar tidak mati kutu dan bingung apabila rencana yang satu gagal dilakukan. Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di masa mendatang, tapi kita bisa menyusun rencana apabila hal buruk terjadi.

4. Akomodasi

acomodation

Selama liburan, pasti kita akan menginap di hotel. Menginap di hotel pun perlu direncanakan dengan baik. Bagi yang memiliki budget terbatas biasanya akan memilih hotel yang murah. Mau pilih hotel yang murah tak masalah, tapi pastikan juga hotel tersebut nyaman. Meski hanya sebagai tempat istirahat sejenak, kalau hotelnya tidak nyaman akan membuat fisik kita tidak pulih dan akan capek di esok harinya.

Selain itu, pertimbangkan juga lokasi hotel tersebut. Pastikan hotel tersebut tidak berjarak jauh dengan tempat-tempat yang kalian kunjungi. Akses tranportasi serta keamanan juga musti diperhatikan. Jangan sampai kalian mengincar yang murah tapi jauh dari tempat wisata, transportasi sulit, dan rawan kejahatan.

3. Tidak Minta Rekomendasi

recomendation

Jangan pernah merasa bahwa kita tahu segalanya. Kalian bukanlah mbah Google yang semua pengetahuan ada di otak. Kemampuan otak manusia dalam menyimpan memori sangatlah terbatas. Ketika hedan melakukan perjalanan liburan sendiri, jangan pernah segan bertanya pada mereka yang sudah berpengalaman.

Tanyakan hal menarik apa saja yang bisa dilakukan di suatu negara. Apa sih dos and don'ts yang boleh dilakukan di daerah tersebut. Tanyakan hal yang serupa juga ketika kalian sudah sampai di tempat tujuan. Apabila ada hal yang tidak dipahami, tanyakan pada pihak hotel atau warga lokal. Usahakan kalian itu punya rasa penasaran yang tinggi jadi akan ada banyak hal yang bisa kalian pertanyakan.

2. Kurang/Lebih Packing

ovepacking

Yang namanya liburan pasti harus menyiapkan segala keperluan untuk liburan. Pakaian, obat-obatan, gadget, dan hal penting lain harus disiapkan sebelum perjalanan. Agar perjalanan liburan bisa terasa nyaman, pastikan kalian membawa barang-barang yang sekiranya penting saja. Jangan bawa barang yang tidak diperlukan.

Sering kali orang packing banyak barang yang tidak sesuai kebutuhan. Kalian liburan tidak lama, jangan bawa barang seperti kalian mau pindahan rumah. Setelah memastikan barang apa saja yang mau dibawa, diimbangkan dengan ukuran koper. Jangan barang sedikit tapi kalian menggunakan koper yang besar. Akan kerepotan nanti kalian membawanya.

1. Salah Hitung Biaya

budget

Dan dari semua kesalahan yang sudah dijelaskan di atas, kesalahan paling umum dan fatal berikutnya adalah salah perhitungan biaya atau salah mengukur budget. Pastikan budget yang kalian buat itu sedikit dilebihkan, jangan bawah uang pas-pasan. Kalian liburan sendiri tanpa teman, kalau kesulitan uang kalian harus menyelesaikannya sendiri. Tidak bisa pinjam teman.

Sedikit beri kelonggaran dalam budget kalian. Ini agar kalian masih ada sisa uang yang bisa digunakan untuk keadaan darurat. Apabila kalau memang tetap kehabisan, kalian sebelumnya sudah harus tahu dimana letak atm terdekat. Kalian juga musti mencari tahu lokai penukaran mata uang yang dekat, aman, dan terpercaya. Karena kalian jalan ke luar negeri pasti akan membawa 2 mata uang. Pertama adalah mata uang dari negara asal dan kedua adalah mata uang negara tempat kalian berlibur.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas