home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bagus Untuk Menambah Tinggi Badan
12 Juli 2020 13:12

10 Makanan Yang Bagus Untuk Menambah Tinggi Badan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 22, 2020

Memiliki tinggi tubuh yang menjulang mungkin menjadi mimpi dari banyak orang. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa diberi berkah tubuh tinggi. Faktor gen bisa menjadi salah satu penyebab orang memiliki tubuh yang pendek. Namun apa mungkin kalian mau menyerah begitu saja dengan kondisi tersebut? Ada banyak cara untuk bisa mendorong pertumbuhan tinggi badan yang proporsional. Salah satunya adalah dengan makan makanan yang bergizi. Makanan apa saja yang sekiranya bisa membantu pertumbuhan tinggi dengan maksimal? Berikut daftarnya.

10. Oatmeal

oatmeal

Untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang namanya oatmeal. Oatmeal ini bisa dikonsumsi kapan saja, bisa dimakan sebagai sarapan atau juga makan malam. Kalorinya kecil tapi bisa menciptakan rasa kenyang yang lebih lama ketimbang makan nasi. Dan lagi, kandungan gula yang rendah membuat oatmeal aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sebagai pengganti nasi, oatmeal mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium adalah salah satu nutrisi yang terkandung di oatmeal. Nutrisi ini adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan tulang. Tidak hanya tumbuh tinggi, tulang juga jadi lebih kuat karena kepadatannya bertambah.

9. Pisang

banana

Rajin mengkonsumsi makanan sehat, jangan sampai kalian lupa dengan melengkapinya dengan buah. Buah-buahan memiliki kandungan vitamin tinggi yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan tubuh dan juga meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Apalagi dalam masa anak-anak, mengkonsumsi buah-buahan adalah suatu keharusan.

Bagi kalian para orang tua yang ingin anaknya cepat tumbuh tinggi, ada satu buah yang cocok dikonsumsi. Buah itu adalah pisang. Pisang sangat tinggi akan potasium. Potasium ini yang nantinya bisa membantu menguatkan sel-sel dalam tulang sehingga tulang tidak mudah retak atau patah. Vitamin K dalam pisang juga dapat membantu perkembangan tubuh anak.

8. Sapi

beef

Sumber protein favorit pertama yakni daging sapi. Yang kita pelajari dari hidup ini adalah, apapun yang bagus pasti harganya tidak murah. Begitulah yang terjadi dengan daging sapi. Karena kandungan proteinnya yang tinggi dan merawat sapi yang sulit membuat harga daging sapi melambung tinggi. Yang terkenal adalah daging sapi yang berasal dari Kobe, Jepang.

Protein yang tinggi dalam daging sapi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pertumbuhan. Biasanya, daging sapi yang berwarna merah sapi menjadi pilihan utama. Alasannya karena rendahnya tingkat lemak pada daging tersebut. Makanya para binaragawan mengincar daging sapi untuk meningkatkan massa ototnya.

7. Salmon

salmon

Bahkan oleh para ahli kesehatan, kita dianjurkan untuk rajin mengkoumsi daging ikan. Yang biasa orang tahu adalah daging ikan, terutama ikan salmon dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, membuat kulit terbebas dari jerawat, dan awet muda. Padahal, manfaat dari mengkonsumsi ikan salmon lebih dari itu.

Apabila kalian ingin memiliki tinggi tubuh yang menjulang, ikan salmon harus dimasukan ke dalam menu makanan kalian. Daging salmon sangat kaya akan lemak omega 3. Lemak omega 3 ini juga termasuk dalam nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Juga, anak-anak yang memiliki masalah susah tidur, bisa terbantu dengan lemak omega 3 dari salmon.

6. Sayuran Hijau

vegetables

Orang tua zaman dulu dan sekarang mungkin mengalami dilema yang sama saat memberikan makan pada anak-anaknya. Sudah bukan hal aneh lagi apabila anak-anak zaman dulu dan sekarang itu membenci yang namanya sayuran. Warnanya yang hijau, bentuknya yang tidak menarik, serta rasanya yang tidak enak. Padahal, sayuran sangat bagus untuk membantu tumbuh kembang anak.

Beberapa contoh sayuran yang sering kita jumpai adalah bayam, kangkung, kailan, brokoli, dan kol adalah sayuran hijau yang kaya akan nutrisi. Sebut saja vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium ada terkandung dalam semua sayuran hijau. Dan satu lagi ada vitamin K yang sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan tinggi badan.

5. Kacang-Kacangan

beans

Apabila kalian merasa bahwa mencari protein adalah dengan mengkonsumsi daging ayam atau sapi, maka kalian salah. Ada banyak makanan lain selain daging ayam dan sapi yang mengandung protein tinggi. Dan makanan yang dimaksud adalah kacang-kacangan. Dan kita juga tahu bahwa jenis kacang-kacangan itu ada banyak sekali.

Jenis kacang yang sangat familiar dan mudah ditemukan adalah kacang polong, almond, mete, tanah, dan kedelai. Protein yang terkandung dalam kacang sangat bagus untuk mendorong produksi hormon pertumbuhan. Tak heran banyak orang tua yang menyodorkan kacang-kacangan pada anak mereka yang masih kecil. Tujuannya adalah mempercepat pertumbuhan mereka.

4. Yogurt

yoghurt

Ada sejumlah orang yang memiliki masalah sakit perut ketika mengkonsumsi susu. Hal ini disebabkan karena adanya masalah dengan laktosa. Akibatnya, orang dengan masalah laktosa ini tidak bisa merasakan manfaat dari minum susu. Padahal susu adalah minuman kaya nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan tinggi.

Untuk mengakalinya, kalian bisa makan yang namanya yogurt. Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang aman dikonsumsi oleh siapa saja. Selain bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan minum susu, rajin makan yogurt juga dapat membantu membunuh bakteri jahat yang mengganggu kesehatan.

3. Ayam

chicken meat

Sumber protein favorit banyak orang kalau tidak daging sapi ya daging ayam. Memang harus diakui bahwa daging sapi memang enak, namun harganya mahal. Sebagai solusi pengganti daging sapi, pilihannya adalah daging ayam. Orang yang sedang ingin menurunkan berat badan atau ingin menaikan massa otot, mengkonsumsi daging ayam adalah suatu keharusan.

Selain menjadi menu utama diet, kalau kalian ingin menambah tinggi badan dengan maksimal, wajib memasukan daging ayam ke dalam menu makanan kalian setiap hari. Dalam 85 gram daging ayam terkandung 20 gram protein yang dimana itu adalah cukup tinggi. Selain protein, ada pula kandungan lain seperti vitamin B12, taurine, amino acid. niacin, selenium, phosphorus, dan vitamin B6.

2. Telur

eggs

Makanan yang kaya akan protein lainnya adalah telur. Tentu sangat mudah bagi kita untuk menemukan telur karena selain di supermarket, telur juga bisa dijumpai di pasar tradisional. Harganya juga terbilang murah bila dibandingkan dengan makanan lain yang kaya protein seperti ayam dan sapi.

Protein memang diakui sebagai salah satu nutrisi penunjang tinggi badan yang bagus. Vitamin D yang terkandung dalam telur dapat membantu penyerapan kalsium lebih cepat. Kalsium ini berguna untuk menguatkan tulang. Dari hasil penelitian, anak-anak yang rutin mengkonsumsi telur memiliki pertumbuhan yang lebih cepat ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi telur.

1. Susu

milk

Ingatkah kalian dengan pelajaran kesehatan selama sekolah dimana guru memberitahu kita konsep makanan 4 sehat 5 sempurna. Salah satu minuman yang termasuk dalam konsep makanan sehat seimbang 4 sehat 5 sempurna, tidak lain adalah susu. Dan susu bukan hal baru untuk pertumbuhan tulang anak-anak.

Susu yang sering masuk ke dalam menu diet, adalah minuman sehat yang paling dibutuhkan oleh tulang. Kalsium, phosphorus, dan magnesium yang tinggi, ada dalam segelas susu. Dalam satu kali penyajian susu, 244 ml susu terdapat 8 gram protein. Bila kalian takut gemuk, ada yang namanya susu low fat high calcium yang bisa menjadi opsi lain.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas