home -> Lainnya -> 10 Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Umat Man...
05 Desember 2020 05:57

10 Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Umat Manusia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 16, 2020

Baik atau buruk tindakan seseorang, bisa memberikan pengaruh atau dampak bagi orang di sekitarnya. Apabila orang tersebut terkenal, memiliki banyak pengikut, maka setiap tindakannya pasti akan memberikan dampak yang lebih besar daripada orang biasa. Di sejarah kehidupan manusia, ada sejumlah tokoh terkenal yang keberadaannya memberikan efek besar dalam kelangsungan hidup manusia. Efek tersebut ada yang positif, ada pula yang negatif. Dan TahuPedia telah merangkum sejumlah nama dari tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Siapa saja mereka?

10. Christopher Columbus

Christopher Columbus

Apabila ditanya siapakah orang pertama yang menemukan Benua Amerika, pasti kebanyakan orang akan menjawab Christopher Columbus. Faktanya, bukan Christopher Columbus yang menemukan Benua Amerika. Namun, dia menjadi orang Italia pertama yang menemukan dan menginjakkan kaki di Amerika. Sebelum Columbus, sudah ada orang lain yang berhasil menemukan Amerika.

Columbus sendiri adalah seorang penjelajah asal Italia yang terkenal. Dia menjadi salah satu orang yang percaya dengan anggapan Bumi itu berbentuk bulat. Columbus menjadi orang yang memulai koloni Eropa di Dunia Baru. Selama menjelajah dunia, Columbus sedikit banyak menyebarkan ajaran Kristiani. Salah satunya, Columbus menyebarkan ajaran Kristiani ke suku asli Amerika.

9. Cài Lún

Cài Lún

Mungkin kalian sempat bertanya-tanya, siapakah orang yang menemukan kertas. Kertas menjadi alas atau tempat menulis yang diciptakan oleh seorang pria bernama Cai Lun. Jadi tanpa Cai Lun, mungkin kita tidak akan pernah tahu apa itu kertas. Kita mungkin juga tidak mengenal apa itu namanya buku, novel, majalah, komik, koran, dan lain sebagainya.

Cai Lun sendiri adalah seorang penemu dan politikus dari zaman Dinasti Han. Di China, Cai Lun lebih dikenal dengan nama Jingzhong. Sebelum Cai Lun, orang-orang memang sudah mengenal apa itu kertas. Para pembuat kertas saat itu menggunakan bahan yang disebut dengan papyrus. Oleh Cai Lun, ia membuat peningkatan dan standarisasi pembuatan kertas menjadi kertas yang seperti kita gunakan sekarang.

8. Isaac Newton

Isaac Newton

Meski kalian benci dengan pelajaran matematika dan fisika semasa sekolah, pasti kalian pernah mendengar yang namanya Hukum Newton. Ya, Hukum Newton adalah sebuah hukum atau aturan yang diciptakan oleh orang yang bernama Isaac Newton. Sir Isaac Newton PRS adalah seorang ahli matematika, fisika, astronomi, teologi, dan penulis asal Inggris.

Sebagai seorang yang ahli dalam bidang matematika dan fisika, Newton berhasil menemukan banyak penemuan. Dari teori-teori yang ia ciptakan, Newton menginfluence para ilmuwan lain, termasuk salah satunya adalah Albert Einstein. Newton membuat buku berjudul Mathematical Principles of Natural Philosophy yang kemudian dijadikan landasan matematika.

7. Julius Caesar

julius caesar

Politik sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dalam sejarah Romawi, ada satu sosok politikus yang sangat berpengaruh bernama Julius Caesar. Oleh orang Roma, ia dianggap sebagai sosok pemimpin yang kharismatik. Julius Caesar juga ahli dalam strategi. Dialah orang yang mengganti sistem pemerintahan Republik Romawi menjadi Kekaisaran Romawi.

Julius Caesar merupakan salah satu orang aristokrat pada masa itu atau yang lebih sering disebut dengan bangsawan. Image orang bangsawan biasanya kaya, sombong, dan sering menindas kaum miskin. Julius Caesar tidaklah demikian. Meski ia memiliki darah bangsawan, ia justru membela kaum kecil yang tertindas. Inilah salah satu sebab kenapa dirinya dibunuh.

6. Alexander the Great

alexander the great

Adalah sosok Alexander the Great atau Alexander Agung yang dikenal sebagai salah satu raja paling dihormati di Yunani. Masa waktu berkuasanya Alexander Agung antara tahun 336 sampai 323 Sebelum Masehi. Dan di masa itu, ia sukses membawa kerajaannya menjadi kerajaan paling besar yang pernah ada dalam sejarah.

Selama masa menjabat, Alexander Agung belum pernah sekalipun terkalahkan. Sebagaimana seorang raja, Alexander Agung merupakan raja yang baik. Kekasairannya terbentang dari Macedonia sampai Mesir dan Yunani sampai India. Dialah sosok yang berpengaruh dalam menyebarkan budaya dan peradaban Yunani.

5. Albert Einstein

albert einstein

Isaac Newton bukanlah satu-satunya ilmuwan terkenal dunia. Mungkin bisa dianggap bahwa teori dan hukum yang diciptakan oleh Newton menjadi pelopor munculnya para ilmuwan baru dunia. Dan salah satu ilmuwan yang muncul setelah era Isaac Newton adalah Albert Einstein. Dialah orang yang paling berpengaruh dalam terciptanya Hukum Relativitas.

Lahir di Jerman pada 14 Maret 1879, Einstein dianggap bukanlah anak yang pintar di sekolahnya karena perhitungannya di matematika berbeda dengan anak pada umumnya. Namun dengan sering belajar, Einstein malah menjadi semakin pintar dan kepintarannya melewati orang-orang di dekatnya. Bahkan Einstein dianggap sebagai orang paling jenius di dunia. IQ Einstein diketahui mencapai 160.

4. Aristoteles

aristoteles

Akan sangat konyol apabila ada orang yang tidak mengenal dengan sosok Aristoteles. Ia merupakan filsuf terkenal dari Yunani yang sekaligus guru dari Alexander the Great. Dia jugalah yang telah menulis sejumlah tulisan penting yang kita pelajari dan pakai sekarang. Beberapa tulisan tersebut seperti fisika, puisi, logika, politik, biologi, etnis, zoologi, dan masih banyak lagi lainnya.

Aristoteles berasal dari kota Stagirus, sebuah kota yang berada di Utara Yunani. Namanya disejajarkan dengan beberapa filsuf terkenal dunia lainnya seperti Sokrates dan Plato. Ajarannya menyebar ke seluruh negara di luar Yunani. Sosok seperti Alexander the Great pun sampai menaruh rasa hormat yang tinggi pada Aristoteles akan cara berpikir dan pandangannya.

3. Siddhartha Gautama

siddhartha gautama

Tiap agama pastinya memiliki sosok penting yang sangat dihormati. Oleh mereka yang menganut kepercayaan Buddha, sosok penting dan paling dihormati adalah Siddhartha Gautama. Siddhartha Gautama diyakini lahir pada tahun 800 Sebelum Masehi di sebuah kota bernama Lumbini. Ia kemudian menjadi Sang Buddha karena dianggap telah mencapai Penerangan yang Sempurna.

Siddhartha Gautama adalah sosok sentral dalam penyebaran agama Buddha. Semua hal yang pernah ia katakan dan tindakan yang ia lakukan, menjadi patokan para penganut agama Buddha. Bahkan ketika Siddhartha Gautama wafat, ajarannya yang mengajarkan tentang kebaikan tetap dilakukan oleh umat-umatnya. Dan seperti agama pada umum yang memiliki kitab suci, penganut kepercayaan Buddha memiliki kitab sucinya tersendiri yang dinamakan Tripitaka.

2. Yesus Kristus

jesus christ

Apabila Siddharta Gautama adalah sosok yang penting bagi umat Buddha, maka bagi umat Kristiani, sosok yang paling penting adalah Yesus Kristus. Berdasarkan cerita Alkitab, Yesus lahir dari pasangan orang tua yang miskin asal Nazareth yakni Yusuf dan Maria. Yesus sendiri lahir di kota Betlehem, di sebuah kandang kuda.

Semasa hidup, Yesus mengajarkan ajaran cinta kasih, saling memaafkan, menolong sesama, dan keyakinan pada Allah. Selama penyebaran kebaikannya tersebut, ia dibantu oleh 12 orang muridnya. Namun salah satu murid Yesus yang bernama Yudas Iskariot, mengkhianatinya sehingga membuat Yesus harus menjalani hukuman mati di atas kayu salib.

1. Muhammad

muhammad

Tadi sudah disebut dan dijelaskan bahwa umat Buddha memiliki sosok Siddhartha Gautama, umat Kristiani memiliki sosok Yesus Kristus, maka umat Islam memiliki sosok yang sangat dihormati yakni Nabi Muhammad. Bagi umat Islam, Muhammad adalah sosok yang sangat penting dalam penyebaran agama Islam sehingga diberi sebutan Nabi.

Sebagai seorang Nabi, Muhammad melakukan apa yang seharusnya seorang Nabi lakukan. Ia menyebarkan ajaran Islam ke semua orang yang ia temui. Muhammad pula yang mempersatukan Arab menjadi satu kesatuan dengan kepercayaan yang dianut adalah Islam. Ajaran-ajaran dari Nabi Muhammad diturunkan ke murid dan orang-orang tidak hanya melalui lisan tapi juga tulisan yang ditulis dalam kitab suci agama Islam yang disebut dengan Al-Quran.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas