home -> Lifestyle -> 10 Hal Sederhana Yang Ternyata Berbahaya Untuk Kes...
28 September 2020 18:53

10 Hal Sederhana Yang Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 14, 2020

Begitu banyak hal atau benda yang sebenarnya sering kita gunakan ternyata menyimpan bahaya. Bahaya yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita. Karena terlalu sering, sepele, dan jarang kasus kecelakaan terjadi karena hal sepele ini, orang jadi santai-santai saja. Di kesempatan kali ini, TahuPedia ingin memberikan informasi untuk betapa pentingnya berhati-hati terhadap hal sepele ini agar kesehatan dan keselamatan kita tidak terganggu. Inilah dia 10 hal sepele yang ternyata bisa membahayakan diri kita.

10. Menahan Kentut

fart

Kentut adalah salah satu mekanisme yang dilakukan oleh tubuh untuk membuang gas yang tidak dibutuhkan dan berlebih di perut. Beberapa orang yang kentut ada yang bisa bersuara, ada juga yang sunyi senyap. Dan biasanya, kentut ini memiliki aroma yang tak sedap bagi mereka yang menciumnya. Semakin berantakan makanan yang dikonsumsi bisa membuat aroma kentut menjadi lebih buruk.

Namun yang berbahaya bukanlah aroma kentut tersebut. Justru kebiasaan orang yang suka menahan kentut. Kentut dianggap sebagai hal konyol yang sebisa mungkin harus dihindari. Caranya adalah dengan menahannya dan itu adalah salah. Sangat penting bagi tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih dalam tubuh. Karena jika ditahan akan menyebabkan perut tidak nyaman dan kembung. Solusi agar tidak mengganggu orang sekitar adalah menyingkir dan mencari tempat yang agak sepi untuk buang angin.

9. Menggigit Kuku

biting nail

Bila berada di suatu tempat dan waktu yang tidak tepat bisa membuat seseorang menjadi gugup. Dan bila sudah gugup, biasanya orang akan melakukan sejumlah hal yang bisa untuk menghilangkan rasa gugup tersebut. Salah satunya bisa dengan melakukan menggigit kuku. Bila dilakukan secara terus menerus, ini bisa menjadi kebiasaan dan bisa mengganggu kesehatan.

Sudah banyak orang yang mengatakan bahwa kebiasaan menggigit kuku adalah kebiasaan yang tidak bagus dan tidak sehat. Di bawah kuku terdapat banyak sekali bakteri jahat seperti salmonella, E. coli, dan common cold. Apabila kamu menggigit kuku yang terdapat bakteri ini, jangan heran apabila suatu saat nanti kalian akan sakit.

8. Panci Teflon

panci teflon

Para ibu rumah tangga dan mereka yang hobi memasak pasti setuju bahwa menggoreng dengan panci berbahan teflon lebih menguntungkan daripada menggunakan panci biasa. Panci teflon memiliki keuntungan anti lengket. Jadi, memasak makanan apapun di pancai teflon, kecil kemungkinan akan ada makanan yang menempel dan membuatnya lebih mudah untuk dicuci.

Meski terlihat menguntungkan, ternyata ada bahaya tersembunyi dari panci berbahan teflon. Apabila panci teflon sering digunakan terutama di temperatur yang sangat panas, pancti teflon bisa mengeluarkan gas beracun yang dimana bisa membahayakan kesehatan, terutama kesehatan reproduksi. Ini disebabkan oleh bahan polytetrafluoroethylene yang bisa melepas gas beracun apabila terkena panas yang tinggi.

7. Mandi Terlalu Sering

showering

Kondisi Indonesia yang beriklim panas ditambah dengan debu membuat tubuh menjadi mudah sekali berkeringat. Dan keringat tersebut dibarengi dengan rasa lengket yang tidak menyenangkan. Makanya tak sedikit orang yang sering mandi untuk menyingkirkan keringat dan debu yang menempel pada tubuh.

Meski bagus dan sepele, terlalu sering mandi bukan cuma bisa menyingkirkan bakteri, keringat, dan debu yang menempel pada tubuh, tapi juga membuat minyak alami pada tubuh ikut tersapu bersih bersama air. Minyak alami ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Apabila minyak ini menghilang, maka kulit akan menjadi kering dan mudah iritasi.

6. Wadah Plastik

plastic container

Simpel, mudah dibawa kemana-mana, anti pecah, mudah dibersihkan, dan kalau hilang tidak akan menjadi masalah membuat orang lebih memilih menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan ketimbang wadah yang terbuat dari beling atau kaca. Padahal kalau dilihat dari segi kesehatan, lebih baik menggunakan wadah berbahan beling atau kaca ketimbang plastik.

Perlu kalian ketahui bahwa kebanyakan wadah plastik dibuat dari bahan kimia yang disebut dengan phthalates. Bahan ini merupakan bahan yang sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa mengganggu sistem hormon tubuh. Akibatnya, perkembangan menjadi terhambat, gangguan hormon reproduksi, dan saraf. Belum lagi ditambah dengan plastik daur ulang yang bisa melepaskan senyawa kimia yang lebih berbahaya lagi ke makanan.

5. Konsumsi Protein Berlebih

protein foods

Memang benar bahwa untuk mencapai berat badan yang ideal diperlukan makanan yang seimbang. Salah satu gizi penting yang dibutuhkan untuk membantu diet tersebut adalah protein. Kebanyakan orang menganggap karena protein adalah nutrisi penting untuk diet, maka mereka mengkonsumsi protein dalam jumlah yang besar untuk bisa semakin cepat mencapai target. Itu tidak baik.

Perlu diingat bahwa tubuh kita punya mekanisme untuk membuang nutrisi berlebih yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Demikian pula dengan protein, apabila dikonsumsi berlebih akan terbuang sia-sia. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat. Ini bisa berujung dengan sering haus, buang air kecil sedikit, dan ginjal rusak.

4. Menahan Bersin

sneezing

Tidak jauh berbeda dengan buang angin atau kentut tadi, bersin juga merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan hal yang mengganggu di pernapasan, terutama di bagian hidung. Terkadang, bersin dibarengi dengan lendir atau ingus dari hidung dan juga ludah dari mulut. Itu yang membuat orang melihatnya jijik. Namun bukan hal yang bijak untuk menahan bersin.

Apa kalian tahu bahwa bersin kita bisa mencapai kecepatan 160 km/jam? Jadi, menahan bersin adalah hal terburuk yang tidak ingin kalian lakukan. Beberapa resiko fatal yang bisa terjadi karena menahan bersin seperti patah tulang di tulang rawan hidung, hidung berdarah, bahkan retina terpisah. Dan solusinya pun sama seperti kentut tadi, pergi menyingkir dari keramaian sembari menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan atau tisu.

3. Menggunakan Earphone

earphone

Tak ada yang lebih menyenangkan daripada sendirian sembari mendengarkan lagu kesukaan. Mendengarkan lagu paling seru dan private adalah dengan menggunakan earphone. Dengan menggunakan earphone, lagu terdengar lebih jelas dan keras. Suara dari luar jadi tidak bisa terdengar. Namun ternyata mendengarkan melalui earphone terus menerus bukanlah hal yang bagus.

Menggunakan earphone berarti membuat sumber bunyi menjadi lebih dekat dengan telinga. Di telinga terdapat selaput tipis bernama gendang telinga. Gendang telinga ini memiliki batasan tentang seberapa keras suara yang bisa diterima. Mungkin sekarang kamu masih bisa mendengar dengan baik, tapi lama kelamaan, gendang telinga menjadi kebal dan kamu akan mengalami kesulitan mendengar suara yang lebih kecil karena terbiasa mendengar suara dengan volume yang kencang.

2. Parfum

perfume

Orang yang memiliki masalah dengan bau badan tentunya akan membutuhkan yang namanya parfume. Sekarang ini, parfum bukan hanya digunakan untuk menyamarkan bau badan tapi bisa juga untuk gaya dan memikat lawan jenis. Parfum memang bagus, tapi bahan pembuat parfum perlu kalian ketahui agar kesehatan kalian tetap terjaga.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Enviromental Protection Agency menemukan bahwa ada senyawa dalam pembuat parfum yang ternyata bisa membuat kesehatan terganggu. Senyawa itu adalah benzaldehyde, camphor, ethyl acetate, benzyl acetate, linalool, acetone, dan methylene chloride. Apabila senyawa ini sampai terhirup, bisa membuat seseorang menjadi pusing, mabuk, memunculkan rasa tak enak di tenggorokan, mata, kulit, paru-paru, dan bahkan kerusakan ginjal.

1. Tidak Menutup Toilet Saat Flushing

toilet flush

Sekarang ini toilet sudah semakin enak. Kita tidak perlu mengambil air menggunakan ember atau gayung dan menyiramkannya ke toilet setiap kali buang air besar atau kecil. Sekarang cukup menarik tuas atau menekan tombol flush, maka toilet akan menyiramkan dengan air yang sudah ditampung di tempat penampungan.

Selama ini kita selalu ingat untuk melakukan flushing toilet untuk membersihkan sisa-sisa pembuangan, tapi apakah kalian ingat untuk menutupnya saat flushing? Ternyata, menyiram toilet tanpa menutupnya adalah hal yang berbahaya. Jutaan partikel kotoran bisa terpental kemana-mana selama pembilasan. Maka dari itu jangan lupa untuk menutup toilet selama melakukan flushing.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas