home -> Lifestyle -> 10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
04 Juni 2020 04:23

10 Hal Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada April 08, 2020

Meski berada di rumah bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa. Justru ada banyak kegiatan atau aktivitas menarik yang bisa kita lakukan. Baik itu dilakukan sendiri ataupun bersama dengan keluarga. Anggaplah ini saatnya untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau family time. Sejumlah kegiatan menarik tetap bisa kita lakukan, apalagi di masa sekarang yang sedang heboh virus corona dan pemerintah menyarankan untuk bekerja di rumah masing-masing. Berikut sejumlah hal yang bisa kita lakukan di rumah agar tidak bosan.

10. Olahraga

home workout

Cukup merepotkan memang apabila tidak bisa keluar rumah. Mau melakukan aktivitas seperti biasa jadi sulit. Misalnya seperti berolahraga. Yang biasa olahraga di tempat fitness, futsal, basket, renang, dan olahraga lain sebagainya jadi tidak bisa berolahraga akan mengalami perasaan yang aneh. Tapi bukan berarti di rumah tidak bisa berolahraga.

Sekarang ini sudah banyak video dari para model fitness dan bina raga yang membagikan video tentang olahraga di rumah. Tidak perlu memakai peralatan yang berat dan ribet, kalian bisa berolahraga dan mendapatkan tubuh yang sehat. Kalian tinggal ikuti gerakan yang ditunjukkan saja dari layar televisi atau smartphone kalian.

9. Mendengarkan Musik

listening to music

Semua orang pasti suka mendengarkan musik, hanya jenis musiknya saja yang berbeda-beda. Mendengarkan musik sudah pasti bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mau itu di kantor, kampus, kendaraan, dan juga rumah. Dan pada kali ini, kita lebih bisa bebas mendengarkan musik yang kita mau ketika di rumah.

Sambungkan smartphone ke layar televisi dan putar lagu mana yang kamu mau. Atau kalian juga bisa memutarnya melalui loud speaker. Kalau ingin lebih private, gunakan earphone dan setel ke volume yang sesuai agar tidak merusak telinga. Menurut riset, orang yang mendengarkan musik memiliki mood yang lebih baik daripada yang tidak mendengarkan.

8. Bermain Komputer

playing computer

Rasa-raasnya semua orang sudah memiliki komputer di rumah. Awalnya komputer digunakan untuk mengerjakan tugas, namun sekarang sudah beralih fungsi sebagai salah satu hiburan. Bagi anak-anak, komputer bisa menjadi salah satu alat yang bisa membuat mereka betah duduk berjam-jam di kursi. Bahkan bisa membuat mereka lupa makan dan mandi.

Bermain komputer bisa menjadi solusi pengusir bosan ketika seharian di rumah. Selain bisa mengasah kemampuan anak untuk memecahkan masalah, bermain game juga bisa menambah teman. Tidak sedikit pula anak-anak zaman sekarang yang berhasil sukses menjadi kaya dengan bermain game. Jadi tidak ada salahnya membiarkan anak bermain komputer apabila sudah menyelesaikan semua tugas-tugasnya.

7. Nonton Televisi

watching tv

Dari sekian banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah, menonton televisi adalah salah satunya. Meski banyak karyawan yang diminta untuk bekerja di rumah, mustahil televisi bisa sepi acara. Pasti akan tetap ada acara yang tetap ditayangkan. Apalagi televisi menjadi salah satu media untuk menyampaikan informasi.

Namun tidak selalu kita menonton berita karena akan membuat kita stres juga. Ada banyak acara menarik lain yang bisa menghibur. Sinetron misalnya. Kalau kalian yang berlangganan siaran yang berbayar seperti Netflix, Netflix memiliki segudang film dan serial menarik yang bisa kalian pilih mau nonton yang mana secara 24 jam full. Jadi tidak ada alasan mati kutu di rumah.

6. Masak

cooking

Tidak sepenuhnya tinggal di rumah itu membosankan. Meski di rumah, bukan berarti tak ada kegiatan yang tak bisa kalian lakukan. Ambil contoh saja memasak. Mungkin bagi sebagian orang memasak adalah suatu kewajiban. Kalau tidak memasak berarti tidak ada makanan. Tidak ada makanan berarti tidak makan.

Jangan anggap memasak adalah suatu kewajiban. Anggap saja ini adalah suatu kegiatan yang menyenangkan, jadi kita melakukannya tanpa ada rasa beban. Dan lagi, apa salahnya dengan memasak? Kita bisa coba bereksperimen dengan bahan makanan yang ada di dapur dan lemari es dan menciptakan suatu makanan baru yang bisa kita nikmati bersama dengan anggota keluarga yang lain.

5. Bermain Bersama Keluarga

playing

Tak sedikit orang-orang yang saking sibuknya hal, membuat mereka tidak memiliki waktu untuk berkumpul dan meluangkan waktu bersama dengan keluarga tercinta. Meski waktunya tidak tepat karena sekarang sedang terjadi pandemi virus corona di seluruh negara yang menyebabkan orang-orang disarankan untuk bekerja di rumah, inilah waktu yang tepat untuk bisa berkumpul lagi bersama dengan orang-orang tercinta.

Ayah, ibu, kakak, adik, semua bisa berkumpul bersama di satu waktu dan melakukan quality time bersama. Sebagai keluarga utuh yang sekarang harus melakukan apapun di rumah, kalian bisa juga melakukan berbagai macam permainan seru. Board game, berbagai macam permainan board game seru dan menarik bisa dimainkan bersama-sama. Sebutlah monopoli, ular tangga, backgammon, dan lainnya bisa dimainkan bersama.

4. Belajar

study

Demi kesehatan semua orang, maka sekolah pun meliburkan aktivitasnya. Mereka menyuruh para muridnya untuk belajar di rumah. Hal ini dilakukan agar penyebaran virus corona bisa ditekan. Perlu diingat bahwa liburan ini dimanfaatkan untuk belajar di rumah. Bukan digunakan untuk liburan ke luar kota seperti puncak atau mana pun itu.

Perlu bantuan para orang tua untuk memastikan anaknya tidak melakukan aktivitas di luar rumah apabila tidak begitu penting. Tugas anak adalah tetap belajar. Beruntung sekarang sudah ada internet, jadi belajar tetap bisa dilakukan meski anak-anak tidak berada di kelas. Tetap belajar sampai kondisi normal dan jaga kesehatan.

3. Mengerjakan Pekerjaan Kantor

work from home

Tidak hanya sekolah saja yang diliburkan untuk menghindari penyebaran virus corona, para karyawan yang bekerja di kantor juga sudah disuruh untuk bekerja di rumah. Apakah ini kegiatan yang membosankan? Tentu tidak. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila bekerja di rumah ketimbang di kantor.

Kalau bekerja di kantor, pastinya kita akan ada perasaan tertekan karena akan dilihat oleh rekan sekerja dan mungkin atasan kita. Membuat perasaan tidak nyaman karena tidak bisa bersantai-santai. Bekerja di rumah jauh lebih menyenangkan dan tenang. Tidak ada atasan yang akan mengmentari apabila kita tengah melakukan peregangan tubuh atau tidur-tiduran di kasur. Tapi tetap pekerjaan yang sudah terjadwal harus tetap diselesaikan.

2. Membersihkan Rumah

cleaning house

Karena sekarang sedang heboh virus corona, banyak orang-orang yang mendadak jadi perduli tentang kebersihan. Kemana-mana sudah membawa hand sanitizer, menggunakan masker, dan lain sebagainya yang bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus tersebut. Perlu diketahui juga bahwa bukan hanya kebersihan tubuh yang harus diperhatikan, rumah juga.

Karena sekarang banyak orang yang dianjurkan untuk belajar dan bekerja di rumah, ada banyak waktu luang yang bisa dilakukan di rumah. Waktu luang tersebut bisa dimanfaatkan dengan membersihkan rumah. Perlu diperhatikan juga bahwa rumah kita perlu dibersihkan dari segala macam kotoran dan debu. Mengingat rumah telah melindungi kita dari panasnya matahari dan hujan, kini saatnya giliran kita untuk merawat rumah yang telah menjaga kita.

1. Tidur

sleeping

Dan setelah semua kegiatan di atas dilakukan, hal paling seru yang bisa dilakukan tentu saja adalah tidur. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa tidur adalah hal paling dan pasti dilakukan oleh semua orang. Selesai menyelesaikan pekerjaan kantor dan sekolah, belajar, bermain, memasak, waktunya untuk mengistirahatkan tubuh.

Perlu diingat bahwa virus corona sulit menyerang orang yang memiliki imun tubuh yang kuat. Imun tubuh yang kuat bisa dicapai dengan melakukan olahraga, makan makanan bergizi, dan juga istirahat. Jika sudah waktunya malam, maka istirahatlah. Minimal butuh 7 sampai 8 jam tidur malam agar energi tubuh bisa kembali.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas