home -> Entertainment -> 10 Film Hollywood Bertemakan Virus
24 Oktober 2020 05:27

10 Film Hollywood Bertemakan Virus

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada April 01, 2020

Tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun terburuk yang pernah ada. Penyebabnya apalagi kalau bukan munculnya Virus Corona atau Covid-19. Virus ini berasal dari Wuhan, Cina dan memiliki gejala yang mirip dengan flu. Sekarang ini hampir di seluruh negara melaporkan ada kasus Virus Corona. Ada yang positif, ada juga yang meninggal karenanya. Masih berhubungan dengan virus, sudah ada banyak film Hollywood yang menunjukkan betapa mengerikan dan berbahayanya apabila virus menjadi pandemi dan mengancam populasi manusia di Bumi. Apa saja film bertemakan virus tersebut? Inilah dia daftarnya.

10. [REC] 2007

[rec]

Apabila kebanyakan film virus itu dibuat oleh Hollywood, kali ini berbeda. [Rec] adalah film dengan tema virus yang dibuat dan diarahkan oleh 2 sutradara asal Spanyol yakni Jaume Balaguero dan Paco Plaza. Tayang secara global pada 2007 dan berhasil meraih sukses. Inti cerita sama seperti kebanyakan film yakni ada sebuah virus yang dapat mengubah manusia menjadi zombie dan pemerintah harus mencari cara bagaimana menanggulanginya.

Bermula dari seorang reporter dan kameramen yang ingin coba masuk ke dalam sebuah apartemen, ditemani dengan pemadam kebakaran. Celakanya, beberapa penghuni apartemen tersebut berperilaku brutal dan menyerang mereka. Berubahnya perilaku orang tersebut disebabkan oleh sebuah virus yang menyerang seorang wanita tua dan memberikannya efek kekuatan luar biasa namun menghilangkan akal sehatnya.

9. 28 Days Later 2004

28 Days Later

Ketika sebuah virus tidak berhasil diatasi, hari demi hari bisa menjadi mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Sebuah pandemi terjadi di Inggris dimana sebuah virus yang misterius muncul dan mengubah orang menjadi zombie. Kekacauan pun tidak bisa dihindari. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah terus berlari dan bertahan hidup.

Itulah inti cerita dari film 28 Days Later. Film ini merupakan film arahan sutradara Danny Boyle. Tayang di Indonesia pada Februari 2004 dan bisa menjadi gambaran kasar apa yang mungkin terjadi pada umat manusia apabila terjadi sebuah pandemi mematikan yang menghabisi hampir semua umat manusia.

8. Outbreak 1995

Outbreak

Salah satu hal yang ditakuti dari hewan liar adalah mereka membawa virus di tubuhnya. Virus ini mungkin tidak berpengaruh apa-apa pada si hewan, tapi apabila menyerang manusia, akibatnya bisa sangat berbahaya. Nah, inilah cerita yang ditunjukan dari film Outbreak yang pernah tayang secara global pada tahun 1995.

Dibintangi oleh Morgan Freeman, Rene Russo, Dustin Hoffman, dan sederet bintang lain, Outbreak menceritakan sebuah virus mematikan yang dibawa oleh kera yang berasal dari hutan hujan di Afrika. Virus ini dengan cepat menyerang manusia dan menyebabkan hemoragik parah. Para ilmuwan di CDC Amerika berusaha keras untuk mencegah penyebarannya semakin meluas. Sementara itu, ada pihak yang ingin memanfaatkan virus tersebut sebagai senjata biologis.

7. 12 Monkeys 1995

12 Monkeys

Apa yang terjadi apabila konsep perjalanan waktu atau time travel digabungkan dengan virus? Hasilnya pasti sangat keren. Kalau kalian penasaran, di tahun 1995 sudah pernah dibuat film bertemakan time travel dan pandemi virus yang berjudul 12 Monkeys. Film ini dibintangi oleh Bruce Willis sebagai karakter utama, Brad Pitt, dan disutradarai oleh Terry Gilliam.

Konsep ceritanya adalah, Bruce Willis yang merupakan seorang terpidana, harus kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktu untuk mencegah penyebaran sebuah virus berbahaya. Di masa sekarang, umat manusia hampir punah akibat virus tersebut. Dan Bruce Willis harus kembali ke masa lalu untuk mencegah virus ini menyebar. Namun misi yang harus dilaluinya tidaklah mudah.

6. Train To Busan 2016

Train To Busan

Seperti tidak mau kalah dengan Hollywood, Korea Selatan juga membuat sebuah film menarik dengan tema zombie yang berjudul Train to Busan. Film ini disutradarai oleh Yeon Sang ho dan dibintangi oleh sejumlah bintang Korea kenamaan seperti Gong Yoo, Jung Yu Mi, Ma Dong Seok, dan masih banyak lainnya. Apakah sukses? Tentu saja iya. Rating tinggi diberikan oleh sejumlah website review film seperti IMDb dan Rotten Tomatoes.

Train to Busan menceritakan kisah Gong Yoo yang hendak pergi ke Busan menggunakan kereta api. Tidak sendiri, ia ditemani dengan anaknya. Tujuannya ke Busan adalah untuk menjenguk istrinya. Keadaan berubah menjadi tak terkendali ketika ada virus yang mengubah manusia menjadi zombie dan mulai penyerang seluruh penumpang kereta.

5. Dawn of the Dead 1978

Dawn of the Dead

Sudah dari kapan tahu, Hollywood sudah membuat film yang bertemakan virus. Pandemi virus yang terjadi mengancam keselamatan seluruh manusia yang ada di dunia. Dan kali ini adalah film berjudul Dawn of The Dead. Tayang pada awal tahun 1978, film bermodalkan 500.000 USD ini malah menjadi salah satu film yang sangat laku pada saat itu.

Seperti biasa, suatu ketika ada sebuah virus yang membuat manusia berubah menjadi mayat hidup atau zombie. Para zombie ini kemudian menyerang manusia dan manusia yang diserang akan berubah menjadi zombie. Sekelompok orang harus berusaha bertahan hidup dari ancaman para zombie tersebut. Kemana pun mereka pergi, tidak ada tempat yang 100% aman.

4. I Am Legend 2007

I Am Legend

Masih membekas di ingatan banyak orang mengenai film berjudul I am Legend. Film yang dibintangi oleh Will Smith ini pertama kali tayang untuk umum pada Desember 2017. Konsepnya kurang lebih mirip seperti apa yang terjadi sekarang. Dimana ada sebuah virus misterius yang bisa mengubah orang menjadi zombie.

Disini, Will Smith berperan sebagai seorang ilmuwan yang berhasil bertahan hidup dari virus tersebut dan menjadi satu-satunya manusia yang tersisa di muka Bumi. Bersama dengan anjingnya, Will Smith berusaha keras untuk mencari cara untuk bisa membalikan keadaan tersebut. Will Smith menggunakan darahnya sendiri untuk bisa menyembuhkan orang yang telah berubah menjadi zombie.

3. World War Z 2013

World War Z

Banyak film tentang virus misterius yang bisa mengubah manusia menjadi mayat hidup. Tapi tidak banyak yang berakhir bagus. Kebanyakan film tersebut hanya biasa saja. Namun ada satu film menarik tentang wabah virus yang tayang di tahun 2013. Film tersebut adalah film World War Z yang diarahkan oleh Marc Forster. Forster adalah sutradara yang mengarahkan film James Bond: Quantum of Solace.

Di film World War Z ini, Forster berhasil mengubah konsep dimana manusia yang sehat pasti akan selamat. Berawal dari sebuah virus misterius yang bisa mengubah manusia menjadi zombie, Brad Pitt dipaksa mencari akal untuk bisa menyelamatkan diri beserta keluarganya. Dibantu dengan tentara Amerika, Brad Pitt berhasil menemukan cara bahwa satu-satunya cara untuk selamat adalah dengan membuat dirinya sakit. Ini dikarenakan zombienya memiliki kemampuan untuk memilih korban manusianya. Yang sehat akan diincar oleh zombie, yang sakit akan dilewati begitu saja.

2. Resident Evil Series

Resident Evil

Tidak mungkin apabila tidak memasukan film Resident Evil ke dalam daftar kali ini. Meski bukan film tentang virus pertama yang dibuat, namun bisa dibilang bahwa Resident Evil menjadi film yang menjadi akar dari munculnya banyak film bertemakan zombie di tahun 2000an sampai sekarang. Tidak hanya film, gamenya pun laris manis di pasaran.

Film ini dibuat berdasarkan dari game rilisan Capcom yang menceritakan tentang sebuah virus yang bisa mengubah manusia menjadi zombie. Virus ini diciptakan oleh sebuah perusahaan yang dinamakan Umbrella Corps. Aktris utamanya adalah Mila Jovovich yang memiliki misi sulit untuk memberantas perusahaan tersebut sampai ke akar-akarnya. Total ada 6 seri Resident Evil yang sudah pernah tayang. Tahun 2002, 2004, 2007, 2010, 2012, dan terakhir di 2016.

1. Contagion 2011

Contagion

Sekarang ini dunia sedang menghadapi pandemi virus Corona. Penyebaran yang sangat cepat membuat orang menjadi panik. Siapapun memiliki resiko terkena, mau itu tua, muda, pria, dan wanita, tak ada yang bisa menghindar. Tak ada yang menyangka bahwa kondisi yang terjadi saat ini sangat mirip dengan film Contagion.

Film Contagion tayang sekitar tahun 2011 dan dibintangi oleh Gwyneth Paltrow dan Matt Damon. Ceritanya, muncul sebuah virus mematikan yang berasal dari hewan. Virus ini menyebar dengan cepat dan membuat orang yang terkena bisa meninggal dunia. Para ilmuwan berusaha keras mencari tahu asal muasal, cara penyebaran, dan vaksin untuk virus tersebut. Kondisinya kurang lebih menggambarkan apa yang terjadi di dunia sekarang ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas