home -> Lifestyle -> 10 Tanda Umum Seseorang Menderita Diabetes
29 Mei 2020 08:51

10 Tanda Umum Seseorang Menderita Diabetes

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 23, 2020

Berbicara soal penyakit diabetes, penyakit ini seharusnya sudah tidak asing lagi di telinga. Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Bila terus dibiarkan, maka akan muncul komplikasi yang bisa membahayakan nyawa penderita. Tidak ada obat untuk diabetes untuk sekarang ini, jadi tergantung dari kita sendiri untuk mengontrol apa yang kita makan dan rajin berolahraga. Layaknya penyakit lain, diabetes pun ada ciri-cirinya. Jika kalian penasaran, berikut adalah ciri-ciri umum orang yang menderita diabetes.

10. Selalu Haus

drinking water

Minum air memang sebuah keharusan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Banyak orang yang mengatakan bahwa minimal air yang harus diminum adalah sekian. Namun yang pasti adalah, tetap minum satu atau dua gelas air tiap 30 atau 60 menit. Atau minum meski kita tidak merasa haus sekalipun. Apalagi kalau kalian yang berada di ruangan ber-AC atau panas.

Mereka orang-orang yang memiliki masalah dengan gula darah tinggi atau diabetes memiliki kecenderungan minum air putih lebih banyak dan lebih sering. Ini disebabkan oleh mulut mereka yang terlalu kering. Bahkan ketika mereka sudah minum banyak air sekalipun, mulut dan tenggorokan mereka tetap terasa kering.

9. Susah Ereksi

erection problems

Hubungan bersama dengan istri bisa menjadi runyam apabila seks terganggu. Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pria adalah sulit ereksi. Selain sulit untuk ereksi, sekalinya bisa ereksi juga waktunya tidak bisa lama. Hal ini membuat hubungan intim jadi terganggu. Ujung-ujungnya bisa membuat mood jadi ikutan memburuk.

Sialnya, ternyata masalah sulit ereksi bisa menjadi pertanda bahwa seorang pria memiliki masalah kesehatan lain yang lebih kronis yaitu diabetes. Tingginya kadar gula dalam darah juga bisa membuat masalah disfungsi seksual pada pria. Aliran darah yang jadi tidak sehat menuju kelamin membuat pria jadi memiliki masalah disfungsi ereksi.

8. Berat Badan Berubah Drastis

lose weight fast

Untuk bisa menaikan atau menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga, makan teratur, dan istirahat. Setelah itu kalian tinggal menunggu waktu hingga berat badan yang diinginkan tercapai. Ketika seseorang gula darahnya sedang tinggi, berat badan mereka juga bisa berubah sewaktu-waktu secara drastis.

Mereka yang mengalami perubahan berat badan yang tiba-tiba naik atau turun secara mendadak adalah ciri-ciri orang yang mengalami diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 adalah masalah kesehatan ketika tubuh kurang atau tidak dapat menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin inilah yang memiliki fungsi untuk menjaga kadar gula darah dalam angka yang normal. Hormon insulin terganggu, produksi insulin pun juga terganggu. Membuat tubuh kesulitan mengendalikan gula darah.

7. Sering Kesemutan Di Tangan atau Kaki

tingling in hands

Diabetes memang menjadi penyakit yang mengerikan, namun banyak orang seakan masih cuek dan tetap saja mengikuti gaya hidup sebebas-bebasnya. Ditambah lagi dengan tidak perduli dengan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh yang menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi. Misalnya kesemutan atau nyeri.

Kesemutan atau nyeri yang terjadi pada tangan atau kaki disebabkan karena adanya saraf yang bermasalah. Saraf mengalami masalah karena kandungan gula yang sangat tinggi di dalam darah yang terus menerus dibiarkan. Semakin diabaikan, rasa kesemutan ini lama kelamaan bisa bertambah parah dan menyakitkan.

6. Luka Lama Sembuh

scars

Ketika seseorang terjatuh atau bagian tubuhnya ada yang teriris benda tajam, maka akan muncul luka. Luka adalah mekanisme yang dilakukan tubuh untuk menutup bagian yang terbuka. Proses penyembuhan luka ini bisa semakin cepat tergantung dari kondisi tubuh. Jika sedang mengalami masalah, proses penyembuhan luka bisa memakan waktu lama.

Diabetes diyakini bisa membuat proses penyembuhan luka menjadi semakin lama. Penyebabnya jelas karena tingkat gula yang berlebih di dalam aliran darah. Luka dan rasa pegal setelah beraktivitas akan butuh waktu lebih lama untuk pulih. Kalau kalian ada merasa bahwa luka kalian lama sembuh, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

5. Mudah Capek

tired

Ketika seseorang terlalu keras belajar atau bekerja, hasilnya adalah kelelahan. Untuk mengusir kelelahan ini kuncinya adalah makan dan juga istirahat. Namun hal ini tidak bisa dilakukan oleh mereka yang menderita diabetes. Meski mereka sudah makan makanan bergizi dan juga istirahat, tubuh tetap saja merasa lelah.

Apabila kalian sudah mengalami rasa lelah yang tidak bisa hilang meski sudah melakukan tidur dan juga relaksasi, ada baiknya untuk segera berkonsultasi pada dokter. Mudah capek masih merupakan gejala ringan dan awal dari diabetes. Apabila bisa langsung dideteksi, masih ada kesempatan bagi kalian untuk bisa terhindar dari penyakit tersebut.

4. Bau Mulut

awful breath

Bau mulut bukan cuma disebabkan karena adanya gigi berlubang, jarang sikat gigi, dan makan makanan yang berbau tajam. Tapi bisa juga dikarenakan masalah diabetes. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa diabetes bisa membuat mulut terasa kering. Mulut yang kering ini juga memunculkan bau yang tidak enak.

Mulut kering menandakan bahwa produksi air liur berkurang. Air liur ini salah satu fungsinya adalah untuk membersihkan bakteri yang ada di mulut dan menjaga pH tetap seimbang. Ketosis yang muncul dikarenakan diabetes akan merilis bahan kimia yang dinamakan ketones. Ketones ini yang bisa membuat aroma tak sedap pada mulut.

3. Kulit Gatal

itchy skin

Mungkin karena berpikir bahwa diabetes merupakan masalah di dalam tubuh, banyak orang yang mengabaikan kesehatan kulitnya. Padahal, beberapa masalah yang muncul pada kulit juga bisa menjadi tanda bahwa kita mengalami diabetes. Salah satu masalah kulit yang muncul dikarenakan diabetes adalah gatal.

Orang yang mengalami diabetes juga dibarengi dengan masalah kulit. Kulit akan lebih kering dan muncul rasa gatal yang ingin digaruk. Apabila digaruk, gatal tersebut akan tetap terus ada. Bukannya hilang malah yang ada kulit menjadi rusak. Belum lagi ditambah dengan beberapa bercak hitam di beberapa bagian yang juga bisa menjadi penanda seseorang terkena diabetes.

2. Penglihatan Kabur

blurry eyes

Orang beranggapan bahwa penglihatan kabur adalah tanda-tanda harus pergi ke dokter mata dan membeli kacamata. Tapi ternyata tidak sesimpel itu. Ada beberapa masalah kesehatan kronis yang ternyata bisa berpengaruh pada jelas atau tidaknya penglihatan. Dan masalah kesehatan itu tidak lain adalah diabetes.

Bagi mereka yang terserang diabetes, penglihatan bisa dibuat menjadi kabur atau tidak jelas. Ini terjadi karena ada perubahan cairan di dalam mata yang menyebabkan lensa menjadi bengkak. Alhasil, mata jadi tidak bisa fokus seperti biasanya. Meski sudah menggonta-ganti kacamata pun penglihatan masih tetap buram.

1. Sering Buang Air Kecil

pee

Wajar apabila seseorang melakukan ritual rutin buang air kecil di toilet atau WC. Akan menjadi tidak wajar apabila ritual ini dilakukan lebih banyak dan lebih lama. Jikalau kalian tiba-tiba jadi lebih sering buang air kecil, mungkin kalian sudah boleh untuk waspada. Mungkin saja kalian terindikasi terserang penyakit diabetes.

Paling mudah mendeteksi orang yang terkena diabetes adalah dengan melihat frekuensi dia buang air kecil. Rata-rata orang normal buang air kecil sehari adalah 4 sampai 7. Mereka yang melewati angka tersebut sudah boleh untuk waspada. Selain membuang racun, buang air kecil juga menjadi tanda bahwa tubuh berusaha untuk membuang kelebihan gula yang ada di dalam tubuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas