home -> Teknologi -> 10 Tanda Komputer Terserang Virus
14 Juli 2020 17:21

10 Tanda Komputer Terserang Virus

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada March 20, 2020

Ketika sebuah komputer terserang virus, secara drastis performanya pasti akan menurun dan muncul gejala-gejala aneh yang membuat kita heran dan yakin bahwa ada masalah terjadi dengan komputer kita. Tentu siapapun tak ingin komputernya terserang virus, maka dari itu dipasanglah program antivirus. Namun tak selamanya antivirus bisa mengamankan komputer kita dari ancaman virus, malware, dan sebagainya, pasti ada momen dimana komputer akan terkena. Dan bila sudah terkena virus, akan muncul tanda. Apa saja tandanya?

10. Crash

computer crash

Aplikasi menutup sendiri atau crash adalah hal biasa yang terjadi di komputer. Positif thingking, mungkin aplikasi yang sedang dibuka ada masalah atau komputer kalian sudah melakukan banyak proses yang membuat suatu aplikasi terpaksa crash. Negative thingkingnya, ada kemungkinan ini adalah perbuatan dari virus.

Biasa kalau aplikasi crash namun masih bisa dibuka lagi, orang tidak terlalu khawatir. Baru kalau windows yang crash sampai muncul layar biru atau blue screen, barulah orang mulai panik. Layar monitor mendadak berubah menjadi biru bisa menjadi pertanda jelas bahwa ada virus yang menyerang sistem dalam komputer kalian.

9. Antivirus Mati

disabled antivirus

Untuk melawan virus, kita harus menggunakan yang namanya antivirus. Karena virus ada banyak jenis dan terus berkembang, begitu juga dengan antivirus. Ada banyak sekali antivirus bertebaran di internet dengan segala macam kemampuan yang diklaim bisa mengatasi virus. Apa yang terjadi jika ternyata virus yang menyerang komputer lebih tangguh dari antivirus?

Pembuat virus sekarang ini sudah semakin pintar. Virus yang dibuat tidak hanya bisa lolos dari scan, tapi juga bisa mematikan antivirus kita. Apabila virus berhasil meng-disable antivirus kita, maka komputer kita akan rentan diserang oleh virus lain. Ini sama saja kalian memiliki rumah tapi tidak dilengkapi dengan pagar dan kunci.

8. Muncul File Dengan Nama Aneh

weird file names

Tanda berikut yang menandakan bahwa komputer kalian sudah dimasuki virus adalah munculnya file atau folder dengan nama yang aneh. Nama yang muncul seringkali random atau tidak jelas, intinya kita tahu bahwa file atau folder tersebut bukanlah kita yang buat. Masalahnya, orang yang awam dengan komputer mengira bahwa itu adalah file atau folder dari sistem komputer.

Beberapa ciri file atau folder bawaan sistem adalah mereka bisa disembunyikan supaya tak terlihat. Lalu, file atau folder di sistem komputer biasa menggunakan nama yang random seperti gabungan dari huruf, kata, serta kombinasi huruf besar dan kecil. Kalau mau amannya, lakukan pengecekan dengan aplikasi antivirus yang terbaru dan jangan asal hapus. Kalau ternyata itu adalah benar file dari sistem komputer dan kalian hapus, komputer kalian akan mengalami masalah.

7. Muncul Pesan Tidak Jelas

pop up weird messages

Akan sangat mengganggu apabila ketika sedang menggunakan komputer lalu muncul notifikasi aneh. Pesan muncul ini bisa beragam dan membuat orang berpikir mungkin ada aplikasi atau suatu masalah yang ada pada komputer. Jangan dianggap sepele, bisa jadi pesan yang muncul secara tiba-tiba tersebut disebabkan oleh virus.

Kalau kalian membiarkan hal tersebut, dari yang semula hanya muncul pesan tidak jelas, lama-kelamaan komputer kalian akan berjalan dengan lambat. Segera cari tahu apa yang terjadi dengan komputer kalian melalui internet. Apabila disarankan untuk mengeceknya dengan antivirus atau anti malware, lakukan saja. Tentu dengan download antivirus di website resmi supaya aman.

6. File Hilang/Rusak

missing file

Tujuan virus dibuat adalah untuk mengganggu proses kerja dari komputer dan mencuri data penting atau merusak data dari si pengguna komputer. Nah, banyak dari virus ini bekerja dengan merusak atau menghilangkan data yang ada di komputer. Data yang dihapus bisa itu berbentuk dokumen, gambar, musik, atau video.

Coba sesekali kalian cek file yang ada di komputer. Apakah ada file yang tiba-tiba tidak bisa dibuka atau bahkan menghilang padahal kalian tidak pernah melakukan hal aneh terhadap file tersebut? Bisa jadi komputer kalian saat itu sudah terserang oleh virus. Apabila virus tersebut tidak dihapus, virus tersebut bisa merusak atau menghilangkan file lain yang lebih banyak lagi.

5. Harddisk Penuh

hard disk full

Alasan kenapa orang mengincar harddisk dengan kapasitas penyimpanan yang besar adalah untuk menyimpan file-file berharga yang berukuran besar. Atau bisa juga untuk menyimpan film, lagu, serta game yang zaman sekarang ukuran filenya sudah semakin besar. Apa yang terjadi apabila harddisk kalian yang semula masih ada ruang penyimpanan banyak, tiba-tiba menjadi merah?

Jika terjadi hal demikian, kemungkinan besar komputer kalian sudah terkena virus. Ketika virus masuk ke dalam sistem komputer, kecenderungannya adalah virus tersebut menggandakan diri serta file yang ada di komputer. Proses penggandaan diri ini berlangsung sangat cepat dan tidak disadari di awal. Tahu-tahu harddisk kita sudah merah atau penuh.

4. Chrome Terbuka Sendiri

chrome

Sebuah pertanda aneh namun cukup jelas bahwa komputer sedang bermasalah akibat virus adalah browser yang tiba-tiba muncul sendiri. Bisa ketika sedang mengetik atau bermain game, semisal chrome mendadak terbuka padahal tidak diklik sama sekali. Ketika broswer muncul, biasanya diiringi dengan masuknya ke dalam suatu website.

Website yang terbuka biasanya website tidak jelas yang sebelumnya tidak pernah kita buka sama sekali. Tapi setelah dicari tahu, ternyata website tersebut adalah website yang biasanya terbuka karena arahan si virus ini. Sebaiknya langsung tutup website tersebut dan apabila ada iklan pop up, jangan diklik agar efeknya tidak bertambah parah.

3. Windows Muncul Tiba-Tiba

pop up windows

Masih sebelas-dua belas dengan poin sebelumnya dimana aplikasi chrome bisa terbuka sendiri dengan masuk di website aneh yang tidak pernah kita buka sebelumnya. Kali ini adalah giliran windows yang bisa terbuka sendiri tanpa kita tekan tombol apapun. Dan jika sudah demikian, sudah harus kalian waspadai adanya virus yang masuk ke dalam sistem komputer.

Jelas munculnya windows yang secara tiba-tiba akan sangat mengganggu, apalagi kalau kalian sedang bermain video game. Bukan cuma virus, ada kemungkinan yang lebih berbahaya yakni malware juga bisa saja menyerang. Ketika panel windows terbuka, ada baiknya untuk tidak mengeksplor lebih jauh dan mengklik iklan pop up yang ada muncul di layar.

2. Muncul Extension Aneh Di Browser

unknown extension chrome

Masih berhubungan dengan browser sejuta umat yakni chrome. Virus bila sudah masuk ke dalam komputer tidak hanya akan membuka chrome tanpa kita klik, tapi juga memunculkan extension ke dalam chrome. Padahal kalau mau menambahkan extension baru, kita harus mencari, download, dan menginstalnya.

Ketika komputer sudah disusupi virus, semua hal akan berubah menjadi kacau. Chrome pun bisa dibuat kacau oleh virus. Perlu kalian waspada bahwa ada sejumlah extension yang sangat berbahaya. Extension ini bisa mengumpulkan data pribadi serta mengirimkan daftar website apa saja yang pernah kita buka ke seseorang. Segera hapus extension tersebut dari chrome serta lakukan pengecekan menyeluruh terhadap komputer kalian.

1. Komputer Lambat

slow computer

Semua orang ingin memiliki atau membangun sendiri unit komputer yang bisa bekerja dengan cepat. Bekerja sembari browsing, mendengarkan lagu, nonton video, serta bermain game. Tidak ada yang mau dengan komputer lambat. Tapi komputer yang paling cepat pun bisa berubah menjadi sangat lambat tanpa kalian tahu kapan.

Apabila hal tersebut terjadi, komputer kalian tiba-tiba terasa lebih lambat dari sebelumnya, coba cek apakah ada aplikasi yang sedang berjalan atau tidak. Kalau tidak ada, kemungkinan komputer kalian terserang oleh virus. Salah satu cara kerja virus dalam mengganggu dan merusak komputer adalah dengan memperlambat sistem. Coba scan menggunakan antivirus untuk segera mengkarantina atau menghapus virus tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas