home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bisa Memperburuk Flu
28 Mei 2020 20:13

10 Makanan Yang Bisa Memperburuk Flu

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 17, 2020

Kita tahu bahwa ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi bisa membuat penyakit seperti flu, pilek, dan batuk bisa menjadi lebih baik atau sembuh. Tapi ada juga makanan yang bisa membuat penyakit tersebut malah semakin parah. Makanan seperti itulah yang harus kita hindari apabila ingin sembuh dari pilek, batuk, atau flu. Apa sajakah makanan yang musti dihindari tersebut? Berikut daftarnya.

10. Es Krim

ice cream

Ingat ketika kita pilek dulu dan orang tua selalu mengatakan, "Makanya jangan makan es terus". Ternyata, omelan orang tua kali ini ada benarnya. Sangat tidak baik untuk makan es krim di saat musim dingin dan terlebih lagi di saat hidung sedang meler atau keluar ingus. Bisa membuat penyakit kalian semakin susah sembuh.

Perlu kalian ketahui bahwa bahan utama pembuat es krim adalah susu. Susu sendiri bisa membuat lendir semakin kental dan sulit dikeluarkan. Ditambah dengan pemanis seperti gula, malah bisa membuat pilek bertambah parah dan juga mengalami inflamasi. Sebaiknya kalian hindari makanan ini dan mengkonsumsi makanan bergizi untuk mengembalikan tingkat kekebalan tubuh untuk melawan penyakit yang sedang kalian alami.

9. Susu

milk

Kalian yang sehat bebas saja mengkonsumsi susu kapan pun yang kalian mau. Tapi bagi yang sedang dilanda pilek, tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu. Padahal kalau dipikir, susu adalah salah satu minuman yang menyehatkan dan juga cukup disukai oleh banyak orang. Rasanya yang bervariasi juga membuat susu semakin banyak peminat.

Pilek adalah masalah penyakit yang umum terjadi di musim hujan. Dan dalam kondisi pilek, susu sangat tidak disarankan untuk diminum. Biarpun itu susu hangat sekalipun. Alasannya, susu bisa membuat lendir yang terdapat pada hidung bisa semakin kental dan semakin sulit untuk dikeluarkan. Padahal lendir tersebut adalah mekanisme pertahanan tubuh dalam mengusir virus dan kuman.

8. Strawberry

strawberry

Buah, disarankan oleh para pakar kesehatan untuk rajin mengkonsumsi buah untuk menjaga kesehatan tubuh. Memang betul bahwa banyak buah memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Tapi ada pula sejumlah buah yang justru memiliki efek sebaliknya. Strawberry salah satu contohnya.

Bagi mereka yang sedang pilek, flu, hidung meler, dan sinus, strawberry adalah musuh besar kalian. Strawberry diketahui memiliki kandungan histamine yang tinggi. Kandungan ini bisa merangsang produksi lendir dalam hidung. Akibatnya, hidung kalian akan semakin tidak enak dan terus menerus mengeluarkan lendir.

7. Biskuit dan Makanan Keras

cookies

Tak sedikit orang yang ketika sedang tidak enak badan malah memiliki nafsu makan yang tinggi. Di saat makan nasi dianggap terlalu berat, maka pilihan yang akan dipilih adalah makanan ringan atau snack seperti biskuit dan makanan yang memiliki tekstur keras lainnya. Dan percayalah, makanan ini tidak seharisnya kalian konsumsi apabila sedang sakit.

Makanan kering dan keras seperti biskuit akan membuat tenggorokan semakin kering. Kalian yang tengah mengalami batuk akan membuat tenggorokan kalian semakin kering dan sakit. Kalau kalian ingin terhindar dari sakit yang lebih parah, hindari makanan yang memiliki tekstur keras dan beralih ke yang lebih lembut.

6. Kafein

caffeine

Tidak ada hal lain yang harus kalian hindari dikonsumsi selagi pilek selain kafein. Dan minuman yang banyak mengandung kafein adalah kopi. Kopi sendiri sudah seperti minuman wajib dikonsumsi setiap pagi. Bahkan mereka yang tengah lembur karena pekerjaan juga mengkonsumsi kopi untuk bisa tetap terjaga dari kantuk.

Kafein dalam kopi bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Apalagi jika kalian tengah mengalami kesehatan seperti flu. Kafein dalam kopi bisa membuat waktu penyembuhan semakin lama karena kita akan dibuat haus. Menambah gula ke dalam kopi juga hanya akan memperparah kondisi flu kalian. Beberapa minuman berkafein lain yang juga harus dihindari adalah teh dan soda.

5. Keju

cheese

Cukup sering kita menjumpai makanan yang menggunakan toping atau tambahan keju. Memang keju merupakan salah satu makanan yang cukup favorit bagi banyak orang. Namun momen untuk mengkonsumsi keju perlu diperhatikan. Tidak boleh mengkonsumsi keju apabila kalian tengah mengalami pilek, flu, atau batuk.

Keju memang memiliki rasa yang enak, tapi rasa enak tersebut tidak sebanding dengan akibat yang ditimbulkan bila mengkonsumsinya pada saat tubuh sedang tidak sehat. Keju yang merupakan salah satu olahan dari susu bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi turun. Kekebalan tubuh turun, semakin lama juga proses penyembuhan kalian.

4. Fast Food

fatty food

Kesibukan yang tidak bisa ditunda membuat orang banyak memilih untuk makan makanan cepat saji atau fast food. Tingginya kebutuhan manusia akan makanan yang cepat inilah yang kemudian direspon dengan semakin banyak pula restoran cepat saji yang menyajikan makanan cepat saji yang lezat dan siap disantap.

Tapi terus menerus mengkonsumsi makanan cepat saji juga tidak bagus untuk kesehatan. Selain bisa membuat kolesterol dan berat badan naik, kondisi kalian yang tengah mengalami penyakit seperti pilek dan batuk juga bisa semakin parah. Makanan cepat saji kebanyakan mengandung lemak yang tinggi. Makanan berlemak tidak sebaiknya dimakan karena bisa membuat tubuh semakin tidak enak.

3. Alkohol

alcohol

Di beberapa negara di dunia menganggap bahwa minum alkohol adalah hal yang biasa, bahkan sudah menjadi tradisi. Indonesia pun juga sama, banyak orang yang mengkonsumsi alkohol sudah seperti minum air putih. Meski begitu, perlu diperhatikan juga waktu dan berapa banyak alkohol yang akan diminum.

Seperti ketika seseorang sedang tidak enak badan, tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Efek alkohol kurang lebih sama seperti gula. Efeknya bisa menciptakan peradangan dalam tubuh. Juga, alkohol bisa menurunkan atau melemahkan sel darah putih yang seharusnya menjadi benteng pertahanan kita dalam melawan penyakit.

2. Karbohidrat Sederhana

simple carbohydrates

Nasi putih, roti, pasta, dan segala macam tepung serta olahannya adalah contoh dari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Nasi putih sendiri telah menjadi makanan pokok dari penduduk Indonesia sejak dahulu kala. Membuat kita semakin sulit untuk lepas dari nasi meski sudah ada banyak makanan pengganti nasi putih.

Ketika tubuh sedang tidak enak karena sakit, karbohidrat sederhana ini sebisa mungkin harus dihindari. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula tinggi bisa membuat badan semakin tidak enak dan radang. Gantilah karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks yang rendah gula. Gandum, oatmeal, nasi merah, dan lain sebagainya.

1. Makanan Manis

sweet

Cukup sulit untuk bisa menahan diri dari makanan yang mengandung gula. Memang makanan manis ini sangat terasa enak bila dimakan. Kue, permen, cokelat, dan makanan manis lain yang sangat banyak macamnya. Tapi, mau tidak mau kalian harus bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan ini apabila tengah flu.

Dijelaskan bahwa kandungan gula yang sangat tinggi justru bisa membuat imunitas tubuh menjadi turun. Padahal, kita sangat butuh imunitas untuk bisa mengusir virus yang menyerang tubuh kita. Dalam hal ini adalah flu. Selain itu, gula juga bisa meningkatkan cytokine yang bisa memperparah peradangan. Semakin membuat tubuh makin lama untuk sembuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas