home -> Lifestyle -> 10 Makanan Penambah Imunitas Tubuh
03 Desember 2020 10:17

10 Makanan Penambah Imunitas Tubuh

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 11, 2020

Heboh virus corona meraja lela hampir di seluruh negara membuat orang menjadi panik. Bagaimana cara agar bisa terhindar dari ancaman virus tersebut. Kuncinya ada 3 yaitu jaga kebersihan, hindari kontak dengan orang yang terlihat sedang sakit, dan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Nah, cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini bisa dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Ada 10 makanan yang sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Apa saja?

10. Kacang-Kacangan

nuts

Menghadapi musim hujan, ada begitu banyak masalah kesehatan yang siap menyerang. Apabila daya tahan tubuh tidak siap, maka bisa dipastikan kita bisa tumbang. Apalagi ditambah dengan masalah virus corona yang sedang menyerang sejumlah negara di dunia. Salah satu kunci untuk terhindar adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menambah daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan makan makanan yang bergizi. Tidak perlu bingung karena sebenarnya ada satu makanan yang sudah sangat familiar dan cukup sering kita makan. Makanan tersebut adalah kacang. Jenis kacang sendiri ada banyak, ada almond, kedelai, hijau, tanah, merah, dan lain sebagainya. Kacang-kacangan ini mengandung vitamin E, vitamin C, dan lemak sehat yang bagus untuk kesehatan.

9. Acai Berry

acai berry

Acai berry sempat menggemparkan publik karena ditengarai sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Ya meski harus ditambah dengan rajin berolahraga untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal, tapi setidaknya kita jadi tahu bahwa ada buah yang bermanfaat bernama acai berry. Dan sekarang acai berry bisa muncul lagi karena khasiatnya yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Asal dari acai berry adalah dari pohon acai yang banyak ditemukan di Brazil, Trinidad, dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Antosianin adalah salah satu kandungan yang terdapat pada acai berry. Antosianin inipula yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal jahat yang ada di sekitar kita. Selain bisa menangkal radikal jahat, bisa juga menurunkan tingkat peradangan.

8. Kunyit

turmeric

Selama bertahun-tahun negeri kita Indonesia ini dijajah oleh negara asing untuk diambil rempah-rempahnya. Selain memang sangat menguntungkan, rempah-rempah yang kita miliki itu sangat berguna untuk kesehatan. Sebut saja kunyit sebagai salah satu contohnya. Kunyit ini bila dikonsumsi bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Dimana sistem imun tubuh sangat penting bagi kita. Karena bila tubuh kita fit, maka akan sulit bagi penyakit untuk menyerang. Sehingga kita bisa beraktivitas dengan normal. Hal ini dikarenakan di dalam kunyit mengandung zat yang dinamakan curcumin. Curcumin ini yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Tak hanya sebagai obat, kunyit juga bisa digunakan sebagai bumbu masak.

7. Yogurt

yoghurt

Popularitas yogurt saat ini sedang tinggi-tingginya. Mengira hanya untuk gaya-gayaan, ternyata yogurt bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan bagi mereka yang rajin mengkonsumsi yogurt. Mencari yogurt pun sekarang juga sudah semakin mudah. Di mall sudah banyak cafe dan restoran yang menyajikan yogurt. Di supermarket pun juga banyak yang menjual.

Yogurt ini merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Vitamin D ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Membuat tubuh lebih kuat dalam menahan serangan berbagai penyakit. Batuk, pilek, demam, dan segala macam penyakit yang biasa mampir di musim hujan, bisa ditangkal.

6. Teh Hijau

green tea

Kalau kalian mengira bahwa teh hijau hanya bagus untuk membantu menurunkan berat badan, maka kalian salah. Manfaat dari teh hijau lebih banyak dari sekedar membantu menurunkan berat badan. Rajin meminum teh hijau bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, meningkatkan kekebalan, mengurangi resiko serangan jantung, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Bagi kalian yang merupakan pecinta kopi tapi ingin beralih dari kopi, teh hijau bisa menjadi solusi. Teh hijau ternyata mengandung kafein meski tidak sebanyak kopi. Jadi, kalian tetap bisa menikmati teh hijau layaknya kopi. Jika tubuh kalian bisa menahan virus flu, kemungkinan besar tubuh kalian bisa menghadapi kondisi yang lebih ekstrim lagi karena imunitas tubuh kalian tinggi.

5. Bawang Putih

garlic

Kalau di film-film horror, bawang putih dimanfaatkan sebagai senjata pamungkas untuk melawan drakula atau vampir. Tapi kalau di kehidupan nyata, bawang putih berguna tidak hanya sebagai salah satu bumbu dapur tapi juga makanan penambah kekebalan tubuh. Dan, bawang putih ini juga termasuk dalam salah satu rempah-rempah.

Perlu kalian ketahui bahwa di dalam bawang putih terkandung satu zat yang disebut dengan allicin. Allicin ini adalah zat penting yang bisa mencegah seseorang terkena flu. Kalian tahu kan kalau virus corona ini merupakan varian dari jenis flu yang ciri-ciri penderitanya mengalami batuk dan pilek. Kalau kalian ini tubuh bisa menahan serangan virus ini, maka rajin-rajinlah mengkonsumsi bawang putih.

4. Bayam

spinach

Kalian boleh saja membenci sayuran hijau, tapi di masa seperti sekarang lebih baik kalian pikir ulang apabila enggan makan sayur. Apa kalian lebih mementingkan ego atau kesehatan? Mengkonsumsi sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi bayam yang sudah diketahui banyak mengandung gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebut saja flavonoid. carotenoid, vitamin C, dan vitamin E. Semuanya menjadikan bayam sebagai antioksidan atau penangkal racun yang baik. Vitamin C dan E disini memiliki peran untuk meningkatkan sistem imun. Flavonoid bisa membantu orang agar terhindar dari flu. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi sayuran.

3. Brokoli

Bayam bukanlah satu-satunya sayuran hijau yang bagus untuk tubuh. Masih ada banyak sayuran lain yang juga wajib kalian konsumsi. Salah satunya adalah brokoli. Fungsinya pun kurang lebih masih sama seperti bayam. Brokoli berfungsi sebagai penangkal racun sehingga tubuh terhindar dari serangan penyakit dan virus.

Kaya akan serat, vitamin C, dan sulforaphane, akan ada banyak manfaat yang bisa didapat. Rajin mengkonsumsi brokoli bisa membantu menurunkan berat badan, penangkal racun, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengolahnya pun sangat beragam, mau direbus, panggang, atau stim, terserah kalian.

2. Minyak Ikan

fish oil

Kalau kalian ingin mencari makanan yang mengandung lemak omega 3, maka makanan yang menjadi sumber terbaik untuk mendapatkan nutrisi tersebut bisa didapat dari minyak ikan. Minyak ikan inilah yang menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi dengan virus corona yang sedang heboh saat ini.

Beruntung juga minyak ikan saat ini dijual dengan banyak bentuk. Ada yang berbentuk minyak dan ada juga yang dijual berbentuk pil. Bentuk pil ini sangat membantu orang-orang yang tidak tahan dengan minyak ikan atau terlalu repot mengkonsumsinya. Jadi mereka bisa meminumnya kapan saja dan dimana saja.

1. Jahe

ginger

Dan rempah-rempah selanjutnya yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita adalah jahe. Jahe sudah sering digunakan sebagai salah satu bumbu masak dan juga obat alternatif. Memang rempah-rempah satu ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Maka tidak heran banyak orang mengkonsumsinya.

Sebagai bumbu masakan, bisa sebagai makanan penutup, teh, dan bahkan di jamu juga ada jahenya. Jahe ini menjadi makanan antioksidan dan anti inflamasi. Karena manfaatnya yang bagus ini, jahe yang diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bagus juga untuk mencegah virus berbahaya untuk menyerang kita.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas