home -> Unik -> 10 Karakter DC Comics Terkuat
31 Maret 2020 08:00

10 Karakter DC Comics Terkuat

Oleh serba_tahu dalam Unik pada March 02, 2020

Ada ratusan karakter yang ada di dalam DC Comics. Masing-masing karakter memiliki kekuatannya masing-masing. Banyak orang yang hanya tahu bahwa Superman adalah karakter terkuat yang ada di DC Comics. Kalau dibilang karakter superhero terkuat memang benar, tapi kalau berbicara karakter secara keseluruhan, ada banyak karakter yang memiliki kekuatan jauh di atas Superman. Bahkan ada yang bisa menciptakan dan menghancurkan semesta dalam sekejap. Karakter apakah itu?

10. Decreator

Decreator

Dimana sang pencipta alam semesta disebut sebagai Tuhan, maka Decreator ini adalah bayangan dari Tuhan yang memiliki tugas sebaliknya yakni menghancukan. Jika Decreator sudah muncul, maka tak akan ada superhero dari DC Comics yang bisa mengalahkannya. Kalau sekedar memperlambat itu masih mungkin dilakukan.

Kehadiran Decreator ini pertama kali muncul dalam komik Doom Patrol #31. Di komik tersebut, Decreator dipanggil oleh The Cul of The Unwritter Book. Doom Patrol yang berhadapan dengan Decreator sama sekali tidak bisa berbuat banyak untuk mengalahkannya. Yang mereka lakukan hanya memperlambat Decreator. Decreator sendiri masih hidup dan menghancurkan apapun yang dijumpainya. Namun aksinya menjadi lambat.

9. Eclipso

eclipso

Ada satu karakter yang bersifat supervillain yang memiliki kekuatan luar biasa. Dia adalah Eclipso. Eclipso ini merupakan reinkarnasi pertama dari Wrath of God dan Angel of Vengeance. Ia pertama kali muncul dalam komik House of Secrets #61. Karena sifatnya yang jahat, Eclipso disegel dalam Heart of Darkness, sebuah berlian hitam yang kecil di Apokolips.

Entah bagaimana caranya, berlian hitam tersebut ditemukan oleh Dr. Bruce Gordon yang merupakan seorang ilmuwan. Eclipso kemudian menjadikan Gordon sebagai host yang kemudian berencana untuk menghancurkan Bumi. Berhasil menghasut sejumlah superhero, Eclipso kemudian berhasil dikalahkan oleh Starman.

8. Mr. Mxyzptlk

Mr.-Mxyzptlk

Tidak sedikit orang yang kesulitan dalam mengucapkan nama Mr. Mxyzptlk. Maklum saja, namanya terdiri dari konsonan atau huruf mati semua. Namun cara membacanya adalah "Mixyezpitelik". Karakter satu ini adalah salah satu karakter terkuat yang ada di DC Comics. Dirinya digambarkan seperti anak kecil yang sangat nakal.

Kekuatan yang dimiliki Mxyzptlk sangat banyak. Dia dapat melakukan teleportasi, memanipulasi suatu hal, sihir, merubah bentuk, dan terbang. Karakter satu ini sangat usil, dia memiliki musuh yakni Superman. Hanya ada 2 cara untuk menghentikannya. Yang pertama adalah memecahkan puzzle yang berikan. Yang kedua adalah menyebut namanya dari belakang untuk mengirimnya balik ke dimensinya.

7. Doctor Manhattan

doctor manhattan

Dikarenakan mengalami kecelakaan saat meneliti, mengubah nasib dari Jonathan Osterman untuk selamanya. Ketika sedang melakukan penelitian, Jon Osterman mengalami kecelakaan yang melibatkan nuklir. Kecelakaan ini membuat tubuh Jon hancur dan dinyatakan meninggal. Padahal yang terjadi adalah, Jon berpindah ke alam lain.

Setelah berhasil kembali ke Bumi, Jon berubah drastis. Dia memiliki kekuatan nyaris omnipotent, dirinya mampu mengontrol segala macam dalam level subatomic. Selain itu, dia juga bisa melihat masa lalu dan masa depan, melakukan telekinesis, dan bisa melakukan teleportasi hingga ke luar planet. Mr. Mxyzptlk pun sempat mengatakan bahwa kekuatan Doctor Manhattan sedikit lebih kuat daripada dirinya.

6. Superman Prime

superman prime

Kita semua tahu bahwa Superman adalah superhero terkuat DC Comics. Ia menyerap kekuatan dari matahari. Bayangkan jika Superman melakukan hibernasi selama 15.000 tahun, ia bisa menjadi sekuat apa? Superman Prime, itulah nama dari Superman di masa depan. Ia menjadi salah satu karakter terkuat DC Comics yang menyerap kekuatan dari matahari selama 15.000 tahun.

Setelah mendapatkan kekuatan penuh dari matahari, Superman Prime memiliki kemampuan untuk menciptakan kehidupan dan alam semesta. Awal mula cerita dimulai dari Superman yang kehilangan semua orang yang ia sayang. Tenggelam dalam rasa sedih, Superman pergi meninggalkan Bumi dan tugasnya dilanjut oleh Superman Secundus. Dari hasi lperjalanan itulah, Superman kemudian memperoleh kekuatan baru dari matahari.

5. Spectre

Spectre

Spectre hanyalah julukan dari malaikat yang bernama Aztar. Mendapat kekuatan omnipotent dari The Presence, Aztar bekerja sama dengan Samael dalam melakukan pemberontakan di Surga. Setelah kalah, Azter kemudian berubah menjadi baik, mengakui kesalahan, meminta ingatannya dihapus, dan kembali ke sisi The Presence.

Sebagai wakil dari The Presence, Spectre atau Aztar adalah sosok yang bertangguan jawab atas hancurnya kota Sodom dan Gomorrah. Selain itu, Aztar juga yang mengirimkan wabah ke Mesir, dan menghancurkan Tembok Jericho. Sempat dikirim ke tempat pengasingan, Spectre kembali ke Bumi setelah Yesus disalib untuk mencari pembalasan.

4. Elaine Belloc

elaine belloc

Michael Demiurgos ternyata memiliki anak perempuan yang dinamakan Elaine Belloc. Anak disini bukan berarti Michael menikah dengan manusia atau makhluk lain. Elaine justru merupakan malaikat buatan hasil eksperimen dari Sandalphon. Sandalphone melakukan eksperimen untuk menciptakan makhluk yang dapat melahirkan malaikat. Dan lahirlah Elaine.

Elaine mendapatkan kekuatan omnipotent dari sang ayah yakni Michael. Ceritanya, setelah melakukan banyak perang bersama dengan Lucifer, Michael terluka parah oleh Fenris the Wolf. Apabila Michael mati, maka kekuatannya tersebut akan lepas dan bisa memusnahkan semua manusia. Untuk mencegah itu, Michael kemudian memberikan kekuatannya pada Elaine. Setelah mendapatkan kekuatan Michael, Elaine menyatukan dunia semesta dan mengambil alih posisi The Presence.

3. Michael Demiurgos

michael demiurgos

Ada 3 karakter DC Comics yang diambil dari tokoh Alkitab. Mereka adalah Michael Demiurgos (Michael the Archangel), Luficer Morningstar (Lucifer), dan The Presence (God). Mari kita bahas Michael Demiurgos yang pertama. Karakter Michael tercipta jauh sebelum semua karakter di DC Multiverse. Ia diciptakan oleh The Presence, bersamaan dengan saudaranya yakni Samael yang nantinya berganti nama menjadi Lucifer.

Jika Samael dan Michael memiliki kekuatan omnipotent yang tidak berbeda jauh. Ketika Samael melakukan pemberontakan, Michael beserta malaikat lainnya bersatu untuk mengalahkan Samael. Ketika masih sama-sama menjadi malaikat Surga, kombinasi Michael dan Lucifer yang dapat menciptakan alam semesta. 

2. Lucifer Morningstar

lucifer morningstar

Setelah Michael Demiurgos, karakter selanjutnya yang juga diambil dari tokoh Alkitab adalah Lucifer Morningstar. Baik itu di Akitab dan DC Comics, Lucifer Morningstar ini adalah sosok malaikat yang membelot dari Surga kemudian dibuang ke Neraka. Di Neraka, Lucifer Morningstar membangun kerajaannya sendiri dan menjadi pemimpin dari semua makhluk di Neraka.

Baik itu Lucifer dan Michael, keduanya merupakan malaikat yang diciptakan oleh The Presence. Di Neraka sendiri, tugas dari Lucifer adalah menghukum para jiwa-jiwa yang berdosa. Lucifer menyatakan bahwa yang membuat manusia jatuh ke Neraka bukan karena dirinya, melainkan karena manusianya sendiri. Berbicara soal kekuatan, Lucifer memiliki kekuatan omnipotent layak saudaranya yaitu Michael. Namun masih kalah bila dibandingkan dengan The Presence.

1. The Presence

the presence

Satu lagi karakter yang terinpirasi dari tokoh di Alkitab yaitu Tuhan. Karakter ini namanya adalah The Presence. Sesuai dengan Tuhan pada kepercayaan orang Kristiani, The Presence disini memiliki kemampuan untuk menciptakan sekaligus melenyapkan sesuatu. Selain kuat, The Presence juga tahu segalanya.

Sebagai penggambaran dari sosok Yang Maha Kuasa, jelas tidak ada satupun karakter di DC Comics yang bisa menglahkan The Presence. The Presence inilah yang memberikan kekuatan pada Spectre. Pernah Justice Society mati, The Presence kemudian menghidupkannya kembali. Kalau kalian pernah menonton serial televisi berjudul Lucifer, The Presence sempat muncul sebentar dalam bentuk mortal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas