home -> Teknologi -> 10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli ...
12 Juli 2020 14:20

10 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Smartphone Baru

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada February 24, 2020

Yang dulunya tidak menjadi prioritas, sekarang keberadaan smartphone sudah tidak bisa dipisahkan dari manusia. Bahkan muncul anggapan bahwa lebih baik ketinggalan dompet daripada handphone. Tidak mengherankan apabila mengingat ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui sebuah handphone. Maka dari itu, banyak orang sebisa mungkin memiliki satu handphone. Bagi kalian yang belum punya atau berencana menambah atau mengganti, ada beberapa hal yang musti kalian perhatikan sebelum membeli smartphone baru. Apa saja?

10. Service

service

Semua orang ingin barang yang dibeli dan dimilikinya itu bisa tahan lama. Tapi yang namanya barang elektronik, dalam hal ini adalah smartphone, tidak mungkin bisa awet 100%. Pasti ada waktu dimana smartphone akan mengalami masalah. Dan jika sudah demikian, mau tidak mau kita harus membawanya ke tempat service.

Sebelum kalian membeli suatu handphone, perlu dipastikan dulu daya tahan dari handphone tersebut. Ini bisa diketahui dari tanya-tanya ke penjual dan orang yang sudah memakainya. Jikalau rusak, kalian musti tahu dimana tempat service yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kalian. Kalau tidak ada atau jauh, lebih baik pertimbangkan untuk mencari smartphone tipe lain.

9. Sistem Operasi dan User Interface

user interface and os

Tidak seperti zaman dulu yang handphone hanyalah handphone. Kemampuannya hanya bisa menelpon dan mengirimkan sms. Sekarang ini kemampuan handphone sudah semakin bertambah mengingat banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan disana. Maka dari itu namanya bukan lagi handphone tapi smartphone.

Yang namanya smartphone, pasti di dalamnya dilengkapi dengan sistem operasi dan user interface. Sistem operasi ini yang nantinya menentukan user interfacenya seperti apa. Kalian musti menentukan, apakah kalian mengerti dengan user interfacenya atau tidak. Kalau suatu smartphone memiliki user interface yang mudah dan menarik, biasanya pembeli akan tertarik untuk membelinya.

8. Layar

layar

Semakin kesini, smartphone itu layarnya semakin besar dan canggih. Kualitas gambarnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain gambar yang sudah full HD, biasanya juga digunakan layar yang memang kuat atau anti gores. Ini membuat penggunanya tidak perlu takut layarnya akan mudah tergores.

Semakin besar dan bagus layar memang menarik. Gambar yang dilihat jadi lebih besar dan detail. Tapi perlu kalian sadari bahwa ada kelemahan dari layar yang besar. Semakin besar layar, maka akan sulit juga memasukkannya ke dalam saku. Jika dipaksakan masuk ke dalam kantong, ada kemungkinan layar tersebut akan melengkung atau bengkok. Jadi, besar dan kualitas layarnya perlu dipertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone.

7. Kamera

kamera

Lanjut dari layar adalah kamera. Dua hal ini memang tidak bisa dipisahkan, bagaikan sayur dan garam. Semakin bagus kamera atau besarnya megapiksel, maka gambar yang dihasilkan juga akan semakin besar dan detail. Nah, biasanya orang-orang tidak banyak tanya akan langsung memilih smartphone yang memiliki megapiksel yang besar.

Anggapan megapiksel semakin besar semakin bagus memang ada benarnya. Tapi apa kalian benar-benar membutuhkan hal tersebut? Kalau kalian tipe orang yang menggunakan smartphone untuk foto-foto memang memerlukan kualitas kamera yang bagus. Tapi kalau kalian hanya tipe orang yang menggunakan smartphone seperlunya saja atau hanya untuk main games, kamera dengan megapiksel yang besar akan sia-sia.

6. Kemampuan Penyimpanan Data

storage

Handphone zaman dulu itu simpel. Yang penting bisa melakukan panggilan ke luar dan mengirim pesan, sekarang sudah bisa digunakan untuk sosial media, bermain games, mendengarkan lagu, menonton video, dan lain semacamnya. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan, maka kalian juga harus memperhatikan yang namanya storage atau kemampuan penyimpanan data.

Biasanya smartphone itu memiliki 2 media penyimpanan data yaitu internal dan eksternal. Meski sudah dibekali dengan memori internal yang besar, ada masanya akan penuh. Makanya diperlukan tempat penyimpanan eksternal. Smartphone yang memiliki dua tempat penyimpanan data biasanya akan lebih difavoritkan daripada yang cuma satu. Kalau keperluan kalian banyak, lebih baik cari smartphone yang memiliki dua media penyimpanan data yang besar untuk menyimpan data yang kalian punya.

5. Memori

memori

Lanjut ke memori, bukan memori penyimpanan yang disebut dengan storage, tapi ini disebut dengan RAM. Kalau sebelumnya sudah dijelaskan bahwa storage ini berguna untuk menyimpan data, kalau RAM ini berguna untuk beberapa banyak aplikasi yang bisa dibuka oleh kalian. Semakin besar RAM, maka semakin bagus pula smartphone tersebut.

RAM yang besar ini bisa memungkinkan pemiliknya untuk menggunakan atau membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Kalau RAMnya kecil atau tidak kuat, maka kemungkinan terjadi hang atau crash akan semakin besar. Kalau kalian memang berniat menggunakan aplikasi yang banyak, ada baiknya kalian cari smartphone dengan kemampuan RAM yang besar.

4. Daya Tahan Baterai

battery

Sangat mengesalkan apabila sedang dipakai, smartphone kita tiba-tiba baterainya habis. Mau tidak mau kita harus mengecas baterai smartphone kita agar bisa menyala dan kita gunakan lagi. Agar tidak perlu sering mengecas handphone, maka kalian harus mencari handphone yang sanggup tahan dalam waktu yang lama.

Satuan ukur dari baterai adalah mAh. Semakin besar mAh, maka baterai itu bisa tahan semakin lama. Ada istilah yang namanya stand by time, orang seringkali salah mengartikan stand by time itu adalah waktu pemakaian handphone. Padahal, stand by time adalah waktu bertahan dari baterai dalam keadaan tidak digunakan. Apabila tertulis stand by time 600 jam, maka smartphone kalian akan bisa bertahan lama kurang lebih 600 jam dalam keadaan stand by atau tidak digunakan. Kalau kalian sering menggunakannya, berarti daya tahannya tidak akan sampai 600 jam.

3. Prosesor

prosesor

Sama seperti komputer, smartphone kita juga membutuhkan yang namanya otak. Otak inilah yang dinamakan dengan prosesor. Segala aktivitas yang digunakan atau dijalankan di smartphone, akan diatur oleh si prosesor ini. Makanya kalian musti mengerti tentang tipe-tipe prosesor antara smartphone yang satu dengan yang lainnya.

Prosesor ini juga berpengaruh dengan yang namanya sistem operasi, user interface, bloatware, dan lain sebagainya. Kalau kalian tipe pengguna yang memiliki aktivitas tinggi menggunakan smartphone, sudah jelas kalian membutuhkan prosesor yang mumpuni untuk memproses semua aplikasi yang dibuka. Yang Android biasanya menggunakan Snapdragon, sementara Apple menggunakan A11 atau versi lebih tinggi. Masing-masing prosesor dari tiap tipe smartphone tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

2. Brand

brand

Terima kasih karena berkembangnya teknologi, maka sekarang ini sudah banyak brand atau merk smartphone yang dijual di pasaran. Apabila banyaknya merk smartphone membuat jadi sulit memilih, hal tersebut adalah salah. Justru semakin banyaknya merk, maka akan memberikan banyak pilihan bagi konsumen untuk membeli mana yang disuka.

Masing merk memiliki produk yang diunggulkan. Kalau berbicara soal desain, smartphone sekarang biasanya memiliki desain yang mirip-mirip. Jadi yang bisa dipertimbangkan adalah fitur dari produk yang ditawarkan. Selain dari merk smartphone, jangan lupa juga untuk perhatikan tempat service dan spare part apabila smartphone kalian mengalami kerusakan.

1. Budget

budget

Dari semua hal yang sudah dijelaskan di atas, tak ada gunanya apabila tidak diimbangi dengan kemampuan finansial. Kalian sudah tahu spesifikasi smartphone yang diinginkan, prosesor, RAM, dan memori penyimpanannya, tapi kalian tidak memiliki uang yang cukup. Maka kalian tidak bisa membeli smartphone tersebut.

Untuk itu kalian perlu juga mempertimbangkan smartphone dengan budget yang kalian yang miliki. Kalau kalian punya budget yang terbatas, jangan memaksakan membeli smartphone yang terlalu mahal. Kecuali kalau kalian mau sabar dan menabung, Beberapa brand smartphone memang mematok harga yang selangit, tapi ada juga brand pesaingnya yang memberikan harga lebih miring dengan kemampuan yang tak kalah. Pilihan ada di tangan kalian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas