home -> Unik -> 10 Pekerjaan Paling Sibuk
31 Maret 2020 09:07

10 Pekerjaan Paling Sibuk

Oleh serba_tahu dalam Unik pada February 18, 2020

Mengeluh karena pekerjaan yang kalian lakukan itu melelahkan dan ingin pindah kerja yang lebih santai? Coba pikir ulang deh. Pekerjaan kalian itu tidak padat atau sibuk apabila dibandingkan dengan pekerjaan yang akan dibahas di bawah ini. Pekerjaan di bawah ini itu sangat, sangat sibuk, membuat orang atau pekerjanya itu sulit untuk istirahat. Jadi bisa dibilang, pekerjanya itu harus siap 24 jam, hari biasa dan juga hari libur. Pekerjaan apa sajakah itu?

10. Wartawan Berita

news reporter

Berita, semua orang butuh yang namanya berita. Dan kalau sudah berbicara soal berita, kita semua tahu bahwa setiap detik akan selalu saja ada berita terbaru. Berita terbaru inilah yang musti diberitakan ke media agar orang bisa selalu update dengan berita terbaru. Siapakah orang yang bertanggung jawab untuk mencari dan menyiarkan berita tersebut? Dia adalah wartawan berita.

Sudah menjadi tugas wartawan berita untuk mencari berita setiap saat. Setelah mendapatkan berita, dia masih harus melalui proses pengecekan sebelum dirilis ke publik. Karena berita baru pasti selalu muncul tiap detik dan kebutuhan orang akan berita baru, tugas seorang wartawan berita sangatlah berat. Mereka bisa dibilang jarang sekali bisa menikmati libur. Kalaupun dapat hari libur, namun mendadak ada berita menghampiri, mau tidak mau libur juga sembari bekerja.

9. Petugas Kebersihan

petugas kebersihan

Tanpa adanya orang yang buang sampah sembarangan saja, tugas dari petugas kebersihan sudah berat. Daun dan ranting yang berguguran dari pohon atau sampah alami lainnya masih tetap harus mereka bersihkan. Ini dilakukan agar lingkungan tempat tinggal tidak hanya bersih tapi juga enak dilihat. Sayangnya banyak orang yang tidak menghargai pekerjaan ini.

Petugas kebersihan bisa dibilang bekerja hampir setiap hari dan tidak kenal waktu. Pagi, siang, sore, dan malam, sudah biasa bagi mereka. Jika kalian tidak mau melakukan pekerjaan seperti mereka, setidaknya bantulah mereka dengan tidak buang sampah sembarangan. Jika tidak bisa membantu, setidaknya tidak membuat keadaan menjadi lebih kotor.

8. Dinas Pekerjaan Umum

dinas pekerjaan umum

Tahukah kalian bahwa Dinas Pekerjaan Umum atau DPU, memiliki berbagai divisi dengan tugas yang berbeda? Dari beberapa divisi bagian yang ada di DPU, ada beberapa yang mengharuskan pekerjanya untuk selalu siap setiap saat apabila diperlukan. Dan salah satu divisi tersebut adalah mereka yang berada di bagian perbaikan jalan dan jembatan.

Tugas mereka yang ada di bagian ini adalah melakukan perawatan terhadap jalan dan jembatan. Jadi, apabila ada jalan dan jembatan yang rusak, sudah menjadi tugas mereka untuk memperbaikinya. Jam perbaikan jalan itu tidak tentu. Bisa pagi, siang, sore, dan juga malam. Mereka baru bisa beristirahat apabila jalan atau jembatan sudah kembali berfungsi secara normal. Itupun kalau memang tidak ada jalan atau jembatan yang musti diperbaiki juga.

7. Pemadam Kebakaran

firefighter

Kita semua sepakat bahwa kebakaran termasuk dalam bencana dan tidak ada yang mau mengalami peristiwa mengerikan ini. Akan ada banyak kerugian yang bisa dialami oleh mereka yang menjadi korban kebakaran. Bisa materi, bisa juga nyawa. Untuk mengatasi kebakaran, maka yang akan kita hubungi tentu saja adalah pemadam kebakaran.

Tugas pemadam kebakaran selain memadamkan api agar tidak menyebar ke area sekitar, juga untuk menyelamatkan para korban yang terjebak dalam kobarakan api. Tidak ada yang bisa menebak kapan dan dimana akan terjadi kebakaran. Maka dari itu sulit bagi pemadam kebakaran untuk memastikan jam kerjanya. Jika ada panggilan, mau itu malam sekalipun, mereka harus datang.

6. Supir Taksi

taxi driver

Taksi menjadi salah satu opsi kendaraan yang cukup diminati belakangan ini. Mau itu taksi konvensional atau taksi online, banyak di antara kita yang butuh jasa mereka. Lagipula, kapan lagi bisa duduk santai dan tahu-tahu sampai di tempat tujuan. Tidak perlu memikirkan yang namanya bensin dan macet di ibukota.

Pekerjaan menjadi supir taksi juga menjadi salah satu pekerjaan yang sibuk di dunia. Sulit bagi mereka yang berprofesi sebagai supir taksi untuk bisa menikmati libur. Jangankan libur, bisa istirahat saja sudah bersyukur. Kalau malas, maka konsekuensinya tidak akan mendapat gaji. Yang rajin, maka semakin besar juga pendapatan yang bisa diterima dari perusahaan. Tapi, waktu musti jadi korban.

5. Detektif

detective

Ketika polisi kesulitan dalam menganalisa suatu tindakan kriminal, biasanya mereka akan bertanya atau berkonsultasi dengan detektif. Jadi bisa dikatakan detektif ini adalah pihak ketiga yang membantu polisi dalam memecahkan suatu tindakan kriminal dan berusaha mencari pelaku kriminal. Tapi tidak jarang juga ada orang biasa yang menggunakan jasa detektif untuk mencari tahu sesuatu. 

Intinya, pekerjaan sebagai detektif ini tidaklah mudah dan tidak santai. Selain perlu otak yang tajam untuk menganalisa suatu peristiwa, mereka juga harus aktif untuk memecahkan kasus. Semakin cepat kasus dipecahkan, maka semakin cepat seorang pelaku kejahatan tertangkap. Liburan? Kata tersebut tidak ada dalam kamus seorang detektif.

4. Koki

chef

Terlihat sebagai profesi yang keren, banyak orang yang mengimpikan bekerja sebagai koki. Tapi tahukah kalian bahwa bekerja sebagai koki, dituntut untuk selalu fokus dan siap bekerja setiap hari? Apalagi bagi kalian yang ingin menjadi koki kepala atau koki profesional yang bekerja di suatu restoran, hotel, atau membuka restoran sendiri. Kecil kemungkinan untuk bisa cuti dan liburan ke luar negeri.

Restoran dan hotel biasanya tidak ada libur. Setiap saat ada saja tamu yang datang untuk menginap atau makan di restoran. Di tanggal merah, hari libur, Sabtu, atau Minggu, hari-hari tersebut adalah hari dimana restoran sedang ramai-ramainya. Kalau kokinya libur, bagaimana hotel dan restoran bisa berjalan dengan baik?

3. Pilot

pilot

Siapa yang ketika masih kecil pernah bermimpi atau bercita-cita sebagai pilot? Mengendalikan pesawat dan bisa bepergian ke negara yang diinginkan, siapa juga yang tidak mau. Bukan cuma pendidikan menjadi pilot itu susah dan mahal, ketika sudah bekerja pun, sulit bagi pilot untuk bisa mendapatkan hari libur.

Bisa memang kalau pilotnya mengajukan cuti liburan, tapi itu tergantung dari pilotnya. Kalau pilotnya rajin, maka buat apa juga cuti liburan. Nah, jadwal pilot ini juga sulit ditebak. Kalau ada penerbangan malam, mereka pun harus siap bertugas. Memang ada giliran terbang, tapi ingat bahwa penerbangan bisa mengalami delay. Satu penerbangan mengalami delay, itu bisa berdampak ke penerbangan lainnya.

2. Dokter

doctor

Salah satu pekerjaan mulia ini juga sangat sulit untuk bisa menikmati liburan. Kalau kalian tidak percaya, coba saja tanya kenalan kalian yang bekerja sebagai dokter. Apa ada hari dimana mereka bebas tugas. Rasa-rasanya tidak ada yang seperti itu. Kalau rumah sakit ada pasien yang harus membutuhkan dokter, maka dokter harus siap sedia.

Sebenarnya tidak hanya dokter, tapi semua orang yang bekerja di bidang kesehatan biasanya jarang ada yang bisa liburan. Suster, supir ambulance, bahkan yang berada di administrasi saja akan sangat sulit untuk liburan. Setiap saat bisa saja terjadi sesuatu dimana ada orang yang harus dibawa ke rumah sakit dan mendapat perawatan. Kalau sampai tidak ada dokter, maka akan semakin gawat kondisinya.

1. Polisi

police

Dari semua profesi yang sudah disebutkan di atas, yang profesi atau pekerjaan yang membuat orang tidak bisa liburan adalah polisi. Sang pengayom masyarakat, pemberantas kejahatan, para polisi harus bekerja 24 jam untuk menjaga keamanan masyarakat dan menangkap para kriminal. Tayangan mengenai polisi bekerja setiap malam pun sudah ada banyak yang membagikannya di YouTube.

Selain sulit untuk bisa menikmati hari libur, polisi juga harus mempertaruhkan nyawa mereka untuk menjaga keamanan. Mereka para polisi seperti ini harus dihargai kerja kerasnya. Kalau sedang tidak dalam tugas, tidak menutup bagi seorang polisi untuk menindak lanjuti apabila terjadi kejahatan di sekitar mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas