home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
28 Februari 2020 07:19

10 Makanan Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 14, 2020

Penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Selain untuk dirinya sendiri, makanan bergizi ini juga bisa berguna untuk kesehatan janin yang ada di dalam rahim sang ibu. Tentu tak lupa selain makanan bergizi, ibu hamil juga perlu istirahat cukup, tidak boleh terlalu capek, dan perhatian dari suami. Sekiranya, makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar kesehatan sang ibu dan janinnya sehat? Inilah dia penjelasannya.

10. Oatmeal

oatmeal

Tidak hanya bagus untuk diet, oatmeal juga sangat berperan penting dalam tumbuh kembang janin dan kesehatan sang bunda. Sekarang ini, banyak orang-orang yang sudah perduli akan kesehatan dan mengganti roti dengan oatmeal sebagai sarapan. Selain lebih sehat, oatmeal juga bisa dikombinasikan dengan berbagai macam makanan lain.

Bagi yang baru pertama kali mencoba oatmeal, mungkin sebaiknya kalian mencoba mencampurnya dengan makanan lain yang kalian suka. Misal seperti putih telur, buah-buahan, susu, kismis, atau makanan lain. Ini dilakukan agar tidak terlalu hambar atau mual saat makan oatmeal untuk pertama kali. Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam oatmeal bisa membantu kalian untuk menjaga perut agar kenyang lebih lama.

9. Kacang-Kacangan

lentils

Segala macam jenis kacang itu bagus untuk kesehatan. Kalau kalian yang vegetarian, pastinya tidak akan kesulitan mencuri makanan sumber protein karena tidak bisa mengkonsumsi daging. Nah, sumber makanan lain yang bisa menjadi pengganti daging adalah kacang. Jenis kacang pun ada banyak macam. Almond, kacang hitam, kacang hijau, kacang polong, dan lain sebagainya.

Kacang-kacangan ini bukan cuma bisa menjadi opsi pengganti daging karena mengandung protein. Dalam kacang juga mengandung unsur nutrisi lain seperti zat besi, folic acid, potasium, magnesium, dan lemak. Tentu lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah lemak baik. Tinggal bagaimana cara kalian mengolahnya saja.

8. Air Putih

water

Di saat mengandung, konsumsi air putih bisa meningkat jauh ketimbang dalam kondisi biasa. Di saat volume darah meningkat, wajib bagi sang ibu untuk tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Mungkin kalian sudah mencukupi nutrisi penting bagi janin, tapi air putih ini seringkali terlupa karena mengira janin sudah dapat segalanya.

Tanda seorang ibu kekurangan air putih adalah kepala mulai sakit, tidak tenang, capek, dan mood menjadi jelek. Jika sinyal ini mulai muncul, segeralah minum air putih yang banyak. Minum air putih yang cukup juga bisa mencegah konstipasi dan mengurangi resiko infeksi saluran kemih dimana 2 hal tersebut cukup sering terjadi saat hamil.

7. Alpukat

avocado

Banyak orang langsung takut mendengar lemak. Sudah terbentuk stereotip bahwa lemak itu buruk dan bisa membuat berat badan naik. Padahal ada yang namanya lemak baik dan lemak baik inilah yang harusnya dikonsumsi. Rasa takut orang akan berat badan naik langsung menghindar makanan yang mengandung lemak baik. Dan salah satunya adalah alpukat.

Alpukat adalah buah yang sangat populer karena mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan cuma membantu untuk menurunkan berat badan, alpukat juga bagus untuk ibu hamil. Alpukat kaya akan serat, vitamin B, folare, vitamin K, potasium, vitamin E, dan vitamin C. Nutrisi inilah yang bisa membantu perkembangan kulit dan otak dari janin.

6. Yogurt

yoghurt

Beruntung sekarang yogurt semakin populer. Karena jika belum populer, akan sulit bagi para wanita hamil untuk membeli dan mengkonsumsi yogurt. Apa hubungan ibu hamil dengan yogurt? Perlu diketahui bahwa ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi yogurt karena makanan satu ini sangat bagus untuk tubuh si ibu dan bayi dalam perutnya.

Faktanya, satu cup yogurt itu bisa mencukupi 30% kebutuhan kalsium dalam satu hari yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi solusi pengganti susu bagi mereka yang tidak bisa meminum susu. Dalam yogurt juga terdapat bakteri baik yang bisa membantu mengurangi resiko sang bayi nanti mengalami alergi. Sebagai saran, pilihlah yogurt yang polos dengan toping buah, kayu manis, atau jahe.

5. Daging Segar

red meat

Berbicara soal protein, salah satu makanan yang menjadi sumber protein paling favorit adalah daging. Tidak ada kriteris khusus daging hewan mana karena semua daging hewan mengandung protein. Namun beberapa yang paling sering menjadi pilihan adalah daging sapi, ayam, kambing, dan juga babi.

Untuk daging sapi dan babi, mereka kaya akan zat besi, choline, dan vitamin B. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan janin. Zat besi sangat penting karena digunakan untuk sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin. Di saat berbadan dua, wanita membutuhkan zat besi yang jauh lebih tinggi karena sirkulasi darah meningkat jauh. Kalau kekurangan zat besi bisa mengakibatkan anemia, meningkatkan resiko kelahiran prematur.

4. Salmon

salmon

Tidak ada alasan untuk tidak memasukan salmon dalam daftar ini. Daging ikan salmon memang terkenal mahal. Namun, makanan yang mahal pastinya ada kualitas. Salmon adalah salah satu sumber makanan yang mengandung omega 3. Lemak omega 3 ini sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung bayi.

Saat masih dalam janin, bayi ini masih dalam proses pertumbuhan. Omega 3 yang terkandung dalam daging salmon bisa membantu otak dan mata bayi untuk berkembang. Ketakutan akan kandungan merkuri pada ikan sempat membuat ibu-ibu hamil enggan untuk mengkonsumsi daging ikan. Tapi, kalaupun takut dengan ikan, kalian masih bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang mengandung lemak omega 3.

3. Sayuran

green vegetables

Apa kalian termasuk orang yang membenci sayuran? Terkhusus kalian para wanita yang sedang mengandung, sepertinya kalian harus singkirkan rasa benci kalian terhadap sayuran. Karena ternyata, mengkonsumsi sayuran hijau adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan apabila ingin bayi yang dikandung terlahir sehat.

Harus diakui meski terlihat tidak menarik dan rasanya tidak enak, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sayuran lainnya, memiiki kandungan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folate, dan potasium. Apa kalian ingin melewatkan nutrisi penting tersebut dan mengorbankan kesehatan kalian serta calon bayi?

2. Telur

egg

Telur tergolong makanan yang disebut dengan super food. Super food ini adalah makanan yang memiliki segudang manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsi. Dan pada kesempatan kali ini, mengkonsumsi telur adalah hal yang wajib dilakukan oleh ibu-ibu hamil karena bisa berdampak positif baik itu untuk kesehatan sang ibu dan janinnya.

Jika dibedah, telur itu memiliki kandungan vitamin, protein, dan mineral yang tinggi. Protein ini bisa membantu pertumbuhan janin serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Di dalam telur itu juga ada yang namanya choline. Choline ini adalah nutrisi penting yang bisa membantu pekerkembangan otak dan saraf si calon bayi.

1. Susu

milk

Siapa bilang bahwa susu hanya untuk anak kecil saja? Anggapan ini jelas salah. Susu adalah minuman bermanfaat yang universal, alias bisa diminum oleh siapa saja. Kecuali kalau kamu memiliki masalah di pencernaan yang dimana bisa sakit perut apabila minum susu. Ibu hamil pun juga butuh yang namanya minum susu.

Susu adalah minuman yang kaya akan kalsium. Di saat seorang perempuan sedang berbadan dua, tubuh mereka membutuhkan kalsium dalam jumlah yang banyak. Dan di masa ini, tubuh mereka akan lebih cepat menyerap kalsium ketimbang saat tidak hamil. Dan susu yang sebaiknya diminum adalah susu non fat atau susu rendah lemak namun tinggi kalsium.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas