home -> Lainnya -> Ketahui Apa Saja yang Ada Di Dalam Air Keran Anda
17 Oktober 2018 21:58

Ketahui Apa Saja yang Ada Di Dalam Air Keran Anda

Oleh admin dalam Lainnya pada July 17, 2013

Air adalah kebutuhan utama sehari-hari kita, dimulai dari memasak, mandi, mencuci hingga minum, dan kebanyakan air yang digunakan adalah air keran atau dikenal juga dengan air ledeng. Tapi pernahkah Anda membayangkan apa saja yang ada di dalam air keran tersebut? Mengapa di negara-negara maju, orang-orang boleh langsung meminum air keran tersebut?

AIR KERAN (AIR LEDENG), BAGAIMANA DAN DARIMANA

air keran atau air ledeng

Sebelum kita membicarakan apa saja yang ada di dalam air keran kita, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu darimana dan bagaimana air keran kita berasal. Air keran sebenarnya datang dari 2 sumber, sumber pertama adalah dari air alami seperti waduk, danau, atau sungai (paling umum), dan sumber lainnya dapat berasal dari air tanah seperti sumur.

Sebelum air-air ini mencapai keran kita, semua air ini akan melalui proses penyaringan 4 tahap, yakni koagulasi, pengendapan, penyaringan dan terakhir adalah disinfeksi (penjelasannya dapat dilihat di sini). Inti dari keempat tahap ini adalah mengeliminasi atau menghancurkan senyawa-senyawa bakteri dan parasit berbahaya yang ada di dalamnya.

APA SAJA YANG ADA DI DALAM AIR KERAN KITA

apa saja yang ada dalam air keran

Walaupun begitu, proses ini tidak secara penuh membuat air tersebut menjadi benar-benar bersih. Masih ada kemungkinan akan adanya hal-hal lain yang dapat masih berada di air tersebut. Berikut hal-hal yang dapat ada di dalam air keran kita walaupun sudah melalui keempat tahap penyaringan di atas.

  • Bakteri

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, keempat tahap penyaringan di atas tidak akan membersihkan air secara menyeluruh. Ada kemungkinan bahwa bakteri-bakteri berbahaya yang mungkin membawa penyakit masih berada di air tersebut. Bakteri ini dapat saja berasal dari kotoran hewan ataupun manusia (walaupun sudah melalui penyaringan).

  • Timbal dan Tembaga

Air ledeng atau air keran tentu melalui pipa-pipa saluran air yang dapat terbuat dari timbal dan tembaga. Porsi kecil akan timbal dan tembaga yang tidak terlihat oleh mata telanjang kita, dapat saja berada di dalam air keran kita selagi air itu melalui pipa saluran air tersebut.

  • Berbagai kimia berbahaya

Dalam keadaan yang paling buruk, ada kemungkinan bahwa air tersebut dapat berisikan bahan-bahan kimia yang buruk untuk kesehatan, seperti pupuk, pestisida, arsenik (limbah pembuangan, erosi dan seterusnya) atau bahkan bahan bakar roket juga dapat berada di dalam air keran tersebut.

  • By-Product

By-Product adalah produk yang didapatkan sebagai hasil dari reaksi atau proses kimia sebagai produk sampingan yang terbentuk tanpa sengaja dalam proses pembuatan produk utamanya. By-Product ini dapat berada di dalam air keran kita sebagai hasil dari penyaringan 4 tahap di atas.

  • Kaporit

Dalam melakukan proses disinfeksi air, Kaporit digunakan sebagai senyawa kimia yang ditujukan sebagai zat disinfektan air. Kaporit ini sendiri tidak dapat dikatakan aman, karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kulit dan rambut kering, bahkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit ginjal. Kadar Kaporit yang tinggi tidak disarankan untuk diminum.

Menakutkan? Tapi Anda bisa tenang karena semua air yang didistribusikan ini akan kembali dipantau untuk mengetahui seberapa besar tingkat kontaminasi elemen-elemen ini, dan jika melewati batas tertentu maka air tersebut tidak layak didistribusikan. Walaupun kita tidak tahu secara jelas mungkin pada saat dicek di sana air memang bersih, tapi bagaimana setelah melalui pipa saluran air? Hmm..

MENGAPA DI NEGARA MAJU AIR KERAN BISA LANGSUNG DIMINUM

air minum keran

Jika Anda melihat di film-film atau bahkan pergi ke negara-negara yang sudah maju, maka air keran ini dapat langsung diminum sebagai air minum tanpa perlu dimasak lagi. Hal ini disebabkan karena proses penyaringan mereka yang sudah terbukti lebih maju dibandingkan negara-negara lainnya. Jika kadar kontaminasi sangat rendah maka air tersebut layak untuk langsung dibuat menjadi air minum

Di Indonesia, hal ini sudah coba dipraktikkan sejak lama, dan yang paling baru didengar adalah di Unair (Danau Konservasi Surabaya). Walaupun mungkin hal ini benar-benar dapat dipraktikkan, mungkin ada beberapa kendala yang harus dilewati sebelum orang-orang Indonesia benar-benar menerima bahwa air keran dapat langsung menjadi air minum. Salah satu kendala tersebut pastinya adalah karena cara berpikir sejak lama bahwa air keran berbahaya jika langsung diminum.

TIPS MEMBUAT AIR LEBIH BERSIH

air bersih

Kualitas air di setiap rumah tentu berbeda, tapi ada beberapa cara untuk membuat kualitas air lebih baik. Berikut tips-tips sederhana untuk membuat air lebih bersih.

  • Nyalakan keran

Pada saat keran air sudah tidak digunakan selama 6 jam atau lebih, Anda dapat "membersihkan" (flush) dengan cara menyalakan keran air hingga air yang dikeluarkan mencapai titik terdinginnya. Air yang hangat dapat memiliki kontaminasi lebih tinggi.

  • Masak

Cara tradisional namun sudah sering terbukti adalah memasak air tersebut. Jika Anda memang ingin menggunakan air tersebut untuk minuman atau memasak, masaklah air tersebut untuk mengurangi tingkat kontaminasi. Ini adalah cara paling efektif.

  • Ganti saringan keran (kepala keran)

Secara rutin dan berkala mengganti kepala keran (saringan keran), merupakan sebuah praktik yang baik. Karena kepala keran yang telah lama dapat berisikan partikel-partikel kecil yang berbahaya akan besi, tembaga dan hal-hal lainnya.

  • Cium baunya

JIka bau dari air terasa seperti bau telur busuk, zat kimia atau bau besi maka langsung bicarakan hal ini ke PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) ataupun sumber lain yang mendistribusikan air Anda.

  • Gunakan penyaringan lebih

Gunakan penyaringan lagi, jika Anda mencari produk-produk penyaringan air keran, Anda dapat menemukan banyak sekali jenisnya. Carilah produk yang memang sudah terpercaya dapat menyaring air.

  • Air minum botol

Jika Anda malas melakukan semua hal di atas, Anda dapat menggunakan air minum botol untuk kegiatan sehari-hari Anda, seperti memasak ataupun minum. Tapi Anda juga perlu mengetahui bahwa beberapa produk air minum botol, hanyalah air minum yang disaring atau bahkan tidak disaring sama sekali. Ketahui terlebih dahulu mengenai produk tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas