home -> Lainnya -> 10 Cara Untuk Mencegah Pemanasan Global
24 September 2020 09:38

10 Cara Untuk Mencegah Pemanasan Global

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 24, 2020

Global warming atau yang dalam bahasa Indonesia berarti pemanasan global, adalah suatu proses meningkatnya suhu atmosfer Bumi. Bisa itu suhu di udara, laut, dan juga daratan. Hal ini menjadi salah satu hal yang menjadi permasalahan penting karena bisa memberikan dampak buruk bagi umat manusia di seluruh dunia. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut pun terbilang sangat mudah. Apa saja?

10. Cek Kondisi Kendaraan Secara Berkala

car maintenance

Bagaimana cara manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain? Pastinya menggunakan kendaraan. Dan kendaraan sendiri ada banyak macam, mobil, motor, kereta, pesawat, kapal, dan lain sebagainya. Semakin banyak kendaraan, maka semakin meningkat pula gas buang yang dapat membuat polusi udara dan juga global warming.

Maka dari itu penting untuk mengecek kondisi kendaraan secara rutin. Kalian yang memiliki mobil atau motor harus mulai perduli dengan kondisi kendaraan kalian. Lakukan service sesuai dengan yang dianjurkan dan lakukan uji emisi. Kendaraan kalian dalam kondisi sehat juga kalian juga yang menikmati dampaknya.

9. Hemat Air

save water

Sedari sekolah kita selalu diajarkan untuk jangan buang-buang air. Alasan simpelnya adalah agar lebih hemat dan juga perduli dengan kondisi orang yang sedang kesulitan air. Tapi nyatanya, ada manfaat lain yang juga bisa didapat. Menggunakan air secara bijak juga dapat membantu mengurangi resiko pemanasan global.

Perlu diingat bahwa kita tidak lagi tinggal di zaman dulu yang dimana air harus kita ambil dari sumur dan saring secara manual. Semua sekarang serba listrik, pompa air menggunakan listrik. Proses filter air juga menggunakan listrik. Semakin boros penggunaan air akan berdampak pada penggunaan tenaga listrik yang lebih besar untuk menyedot air dari dalam tanah. Tambah boros energi lagu kalau kalian mandinya menggunakan pemanas air.

8. Kurangi Mandi Dengan Air Panas

water heater

Ayo kalian cek, seberapa banyak rumah sekarang ini yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pemanas air atau water heater? Apa kalian juga salah satu yang rumahnya dilengkapi dengan fasilitas tersebut? Ada fasilitas water heater tidak apa-apa, asal jangan kalian gunakan secara berlebihan. Kecuali kalau memang ada masalah kesehatan khusus yang mengharuskan mandi dengan air hangat.

Mandi menggunakan pemanasan air itu butuh tenaga listrik yang besar. Semakin panas, maka semakin besar juga listrik dan lama waktu yang diperlukan untuk membuat air menjadi panas. Tingkat karbon dioksida yang dihasilkan juga akan semakin meningkat. Solusinya bisa atur temperatur air ke level sedang atau hangat ketimbang sangat panas dan dikombinasikan dengan air dingin.

7. Beralih Ke Transportasi Listrik

electric car

Zaman sekarang apa-apa serba listrik, contohnya kendaraan listrik. Beberapa perusahaan otomotif ternama dunia mulai adu balap untuk mengembangkan dan menjual kendaraan dengan tenaga listrik. Mungkin bagi sebagian orang menganggap kendaraan listrik hanyalah untuk gaya-gayaan, namun di sisi lain, kendaraan listrik adalah salah satu cara untuk mencegah global warming.

Asap kendaraan yang mengandung karbon monoksida yang tidak hanya membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia tapi juga mendorong lebih cepat terjadinya pemanasan suhu Bumi. Maka dari itu sebaiknya kita mulai beralih dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas ke kendaraan listrik. Manfaatnya bukan cuma bisa mencegah pemanasan global tapi juga menjaga pasokan minyak Bumi dan bisa mengalokasikannya ke hal yang lain.

6. Matikan Lampu Bila Tidak Dipakai

turn off light

Penggunaan listrik secara berlebihan juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat suhu di Bumi meningkat. Maka dari itu kita sebagai manusia harus berbenah diri dengan belajar bagaimana menggunakan listrik dengan lebih efektif. Lagipula, selain mencegah pemanasan global, menghemat listrik juga bisa membuat tagihan listrik tidak membengkak.

Cara melakukannya adalah dengan mematikan lampu apabila tidak digunakan. Kebiasaan kita adalah membiarkan lampu ruangan menyala meski ruangan tersebut tidak dipakai. Atau juga ketika sedang meninggalkan rumah. Inilah contoh momen dimana lampu yang tidak dipakai sebaiknya dimatikan saja. Barang-barang elektronik yang juga tidak digunakan alangkah baiknya dimatikan juga. Kalau kalian tidak mau melakukan untuk Bumi, setidaknya lakukan demi dompet Anda.

5. Beralih Ke Barang Yang Ramah Energi

eco friendly

Satu lagi hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah pemanasan global adalah dengan beralih ke barang-barang yang ramah energi. Beruntung teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu, sekarang banyak barang elektronik yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan label "Eco Friendly". Label ini sangat berguna, bukan hanya trik pemasaran agar cepat terjual.

Barang elektronik yang dilengkapi dengan label "Eco Friendly" dibuat sedemikian rupa agar konsumsi listriknya tidak sebanyak biasanya. Sebut saja televisi, lampu, lemari pendingin, dan pendingin ruangan sekarang sudah banyak yang sudah "Eco Friendly" atau ramah lingkungan. Tidak hanya Bumi saja yang kalian selamatkan, tapi juga uang Anda juga selamat dari tagihan listrik yang membengkak.

4. 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

3R

3R terdiri dari reduce, reuse, dan recycle. Diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi mengurangi, menggunakan kembali, dan daur ulang. Merupakan sebuah konsep dimana bisa mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya pemanasan global. Rasa-rasanya kita sudah diajarkan ini sejak dulu tapi penerapannya yang masih kurang.

Pertama, kurangi menggunakan barang-barang yang tidak diperlukan. Jadi disini kita harus selektif dan bijak dalam membeli dan memakai barang. Kalaupun butuh, usahakan beli barang yang "Eco Friendly" atau ramah lingkungan. Kedua, gunakan barang-barang yang memang bisa digunakan secara berkali-kali seperti botol minum plastik, tempat makan plastik, dan lain sebagainya. Terakhir adalah daur ulang. Jangan lupa untuk mendaur ulang sampah atau barang-barang yang tidak digunakan lagi. Ini dilakukan agar jumlah sampah yang menumpuk di Bumi tidak bertambah.

3. Hentikan Penggunaan Kantong Plastik

plastic bag

Masih berkaitan dengan 3R, sebisa mungkin kita mengurangi atau bahkan menghentikan penggunaan kantong plastik atau hal-hal yang terbuat dari plastik. Barang-barang yang terbuat dari plastik ini sulit untuk didaur ulang. Jadi apabila selesai menggunakan kantong plastik lalu dibuang, akan membuat sampah semakin menumpuk.

Solusinya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa digunakan kembali atau didaur ulang. Sekarang sudah banyak barang plastik yang kalau dibuang, bisa didaur ulang. Botol minum plastik, piring plastik, dan lain sebagainya yang bisa dipakai dalam waktu yang lama kalau dibuang masih bisa didaur ulang. Kantong plastik bisa diganti dengan tas atau alat lain yang bisa digunakan untuk menyimpan barang belanja sementara.

2. Tanam Pohon

tanam pohon

Pohon ternyata tidak hanya berguna untuk membuat udara menjadi segar, tapi juga bisa membantu mendinginkan suhu Bumi apabila sedang panas-panasnya. Coba saja kalau saat siang dan matahari sedang terik-teriknya. Pasti banyak orang yang memilih untuk berlindung di bawah bayangan pohon bukan? Sayang, pohon-pohon besar sekarang lebih banyak ditebang untuk alasan estetika.

Untuk menyelematkan Bumi dan isinya, penting untuk mengembalikan populasi pohon hijau. Membuat area hijau yang terbuka untuk umum bisa menjadi solusi. Selain bisa menjadi sarana rekreasi, bisa juga untuk mencegah pemanasan global terjadi. Sayangnya orang zaman sekarang lebih suka dengan mall ketimbang taman.

1. Serukan dan Lakukan Bersama

campaign

Hanya satu orang yang perduli tentang pemanasan global tidak akan berpengaruh banyak pada nasib Bumi. Karena anggapannya dari 10 orang tapi hanya 1 orang yang tidak buang sampah sembarangan, lingkungan akan tetap kotor. Maka dari itu penting bagi mereka-mereka yang perduli dengan masalah global warming untuk bersatu dan menyampaikan pesan tentang global warming dan bagaimana cara mencegahnya ke banyak orang.

Kampanye, itulah kata yang tepat untuk membuat orang-orang mulai perduli tentang masalah ini. Tidak hanya untuk politik, tapi kampanye juga bisa digunakan untuk memberitahu orang-orang bahwa kita perlu melakukan sesuatu untuk Bumi agar suhunya tidak terus meninggi. Semakin banyak orang yang perduli dan melakukan beberapa hal yang bisa mencegah pemanasan global terjadi, maka pasti usia Bumi beserta isinya akan bisa bertahan lebih lama. Contohnya seperti kampanye Earth Hour yang mematikan listrik sementara. Iti adalah salah satu contoh kampanye positif yang bisa dilakukan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas