home -> Unik -> 10 Hewan Tercepat Di Bumi
21 September 2020 10:35

10 Hewan Tercepat Di Bumi

Oleh serba_tahu dalam Unik pada January 14, 2020

Beberapa hewan ada yang diciptakan dengan kelebihan dapat berenang, berlari atau terbang dengan cepat. Kecepatan ini ada untuk membantu mereka memangsa atau melepaskan diri dari kejaran predator. Baik itu di awan, darat, maupun laut, ada yang dianggap paling cepat. Dan yang tercepat dari masing-masing tempat tersebut akan dirangkum oleh TahuPedia melalui daftar berikut ini. Inilah dia sederet hewan tercepat yang ada di muka Bumi.

10. Grey-Headed Albatross, 127 kmh

grey-headed albatross

Sayang sekali saudara-saudara, jika kalian kira bahwa kecepatan cheetah termasuk yang tercepat di dunia, kalian salah. Cheetah memang binatang tercepat di darat. Tapi jika dibandingkan dengan seluruh hewan yang ada di dunia, baik itu darat, udara, dan air, kecepatan cheetah tidak cukup cepat untuk bisa masuk dalam daftar ini.

Di urutan buncit, posisi ini diisi oleh Grey-headed albatross. Salah satu jenis burung albatros yang ada di dunia. Sebagai informasi, albatros adalah jenis burung laut yang berukuran besar. Catatan rekor mencatat bahwa burung albatros jenis ini pernah terbang dengan kecepatan 127 km/jam. Burung ini biasa membuat sarangnya di pulau yang terpencil, jauh dari jangkauan manusia. Meski begitu, tetap saja jumlahnya kini sangat mengkhawatirkan.

9. Black Marlin, 129 kmh

black marlin

Tidak hanya di udara, ada pula si cepat yang hidup di lautan. Hewan tersebut adalah ikan Marlin. Ikan ini begitu terkenal dengan bentuk hidungnya yang sangat panjang dan runcing. Jenisnya sendiri ada 10 dan yang terbesar adalah Blue Marlin yang bisa mencapai ukuran 5 meter dengan berat 820kg. Yang satu ini yakni Black Marlin memang tidak sebesar saudaranya tersebut, tapi dia memiliki kecepatan renang yang tercepat.

Dibandingkan dengan ikan Marlin lainnya, jenis Black Marlin adalah yang paling cepat. Ikan jenis ini dapat berenang dengan kecepan 129 km per jam. Dengan kecepatan segitu, dia mengalahkan ikan-ikan lain di lautan. Tidak heran kenapa para nelayan bisa kesulitan ketika ingin menangkap ikan Marlin, terutama jenis ini.

8. Spur-Winged Goose, 142 kmh

spur-winged goose

Kalian tahu angsa? Burung besar yang tidak hanya bisa terbang di angkasa tapi kadang juga terlihat di darat atau terlihat sedang berenang di perairan. Angsa ini dianggap sebagai salah satu unggas cantik dan elegan serta lambang dari cinta. Jenisnya pun cukup beragam, dan yang paling besar adalah Spur-Winged Goose.

Spur-Winged Goose berukuran sekitar 75-115 cm dengan berat yang bisa mencapai 4-7 kg. Memiliki tubuh sebesar itu ternyata tidak menghambat Spur-Winged Goose untuk terbang. Secara mengagumkan, Spur-Winged Goose dapat terbang dengan kecepatan tinggi 142 km/jam. Sayang, perburuan yang dilakukan oleh manusia membuat populasi Spur-Winged Goose semakin merosot.

7. Rock Dove Pigeon, 149 kmh

rock dove pigeon

Kalian tidak salah lihat, hewan tercepat satu ini memang merupakan seekor merpati. Namun perlu kalian ketahui bahwa merpati ini bukanlah merpati biasa yang dipelihara oleh orang-orang. Mari kami perkenalkan, inilah dia Rock dove pigeion. Sepintas mirip dengan merpati biasa, namun ini adalah merpati versi liar yang tinggal di alam terbuka seperti di tebing tinggi. Banyak ditemukan di Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat.

Merpati sanggup terbang dengan kecepatan 149 km per jam. Kecepatan terbang merpati ini sangat mengejutkan apabila melihat bentuk tubuhnya yang agak gemuk dan sifatnya yang pemalas. Yang lebih mengejutkan lagi, Rock dove pigeon tidak hanya sanggup terbang dengan cepat tapi juga memiliki stamina yang luar biasa. Mereka sanggup terbang dalam waktu yang lama.

6. Frigate Bird, 153 kmh

frigate bird

Burung yang memiliki bentuk agak aneh ini disebut dengan Frigate Bird. Dinamakan demikian karena burung ini biasa terbang di wilayah yang beriklim tropis dan sub tropis. Burung jenis ini memiliki ciri-ciri tubuh besar, berbulu hitam, ekor panjang yang bercabang, dan paruh tajam yang sedikit melengkung di bagian ujung. Dan sebagai tambahan, menu makanan dari Frigate Bird adalah ikan.

Kecepatan terbang dari burung Frigate adalah 153 km per jam. Hal yang membuat burung ini bisa terbang begitu cepat adalah sayapnya yang besar. Dibandingkan dengan burung lain, burung Frigate memiliki rasio sayap dan berat yang besar dibandingkan dengan burung jenis lain. Kemampuan menakjubkan lainnya adalah, burung Frigate mampu terbang tinggi selama kurang lebih satu minggu.

5. Brazilian Free-Tailed Bats, 160 kmh

brazilian free-tailed bats

Ketika menyebut nama hewan kelelawar, yang terpikirkan di pikiran orang mungkin adalah superhero dari DC Comics yaitu Batman. Atau juga hewan terbang mengerikan yang hobi menghisap darah. Pasti tidak ada yang mengira kalau ternyata hewan terbang satu ini merupakan salah satu hewan tercepat di dunia.

Bukan sembarang kelelawar, melainkan kelelawar dari Brazil yaitu Brazilian free-tailed bat yang kecepatan terbangnya di atas kelelawar pada umumnya. Kelelawar jenis ini dapat terbang hingga kecepatan 160 km per jam. Ini sudah seperti kita mengendarai mobil atau motor dengan kecepatan tinggi di jalan tol.

4. Eurasian Hobby, 160 kmh

eurasian hobby

Eurasian hobby memang masih tergolong dalam genus falcon. Hanya saja mereka memiliki ukuran yang lebih kecil dan langsing. Eurasian hobby dewasa biasanya hanya berukuran 29 sampai 36 cm. Dengan panjang sayap 74-84 cm dan berat 175-285 gram. Tubuhnya boleh kecil, tapi kalau soal kecepatan, burung ini masuk dalam posisi 4 hewan tercepat di dunia.

Kecepatan terbang dari Eurasian hobby tidak bisa dianggap remeh, kalian manusia tidak akan bisa lari dari kejarannya. Eurasian hobby dapat terbang hingga kecepatan 160 km per jam. Kecepatan ini sangat membantu mereka untuk memburu hewan seperti serangga, kelelawar, dan burung yang ukurannya lebih kecil lebih kecil.

3. White Throated Needletail, 171 kmh

White Throated Needletail

Kecepatan terbang dari burung White Throated Needletail tercatat mencapai 171 km/jam. Kecepatan ini dianggap sangat luar biasa mengingat dia bukanlah burung pemangsa. Menu diet dari White Throated Needletai kebanyakan adalah serangga seperti lebah, ngengat, kumbang, dan lain semacamnya. Tapi dia mampu terbang dengan kecepatan yang sangat tinggi layaknya burung predator.

Burung yang memiliki nama lain Spine Tailed Swift ini termasuk dalam keluarga burung layang-layang. Burung jenis ini hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya mereka membangun sarang di puncak pohon atau celah batuan tebing. White Throated Needletail banyak ditemukan di Asia Tengah, Siberia, Asia Tenggara, Australia, dan anak benua India. Jarang sekali ditemukan di Eropa Barat.

2. Golden Eagle, 320 kmh

Golden Eagle

Bukan suatu hal yang baru apabila burung-burung predator seperti elang dapat terbang tinggi dan cepat. Kemampuan inilah yang membuat elang menjadi salah satu predator mengerikan di udara. Dari beberapa jenis elang yang ada di dunia, elang spesies Golden eagle yang memiliki kecepatan terbang di luar akal sehat kita.

Golden eagle diketahui dapat terbang hingga kecepatan 320 km/jam. Dapat terbang tinggi dan cepat serta dipersenjatai dengan cakar dan paruh yang tajam, tidak ada satu hewan pun yang bisa lepas dari cengkraman maut sang elang. Namun sayang, ternyata dengan kecepatan segini, Golden eagle masih kalah cepat dari Peregrine falcon.

1. Peregrine Falcon, 389 kmh

Peregrine Falcon

Raja kecepatan dari semua hewan ternyata ada di udara. Dan hewan itu adalah burung Peregrine Falcon. Burung ini termasuk burung predator seperti elang, ciri-cirinya memiliki tubuh sebesar elang, berwarna biru-abu-abu, dan kepala hitam. Penyebaran burung Peregrine Falcon tersebar hampir di seluruh dunia. Untuk di Afrika, setidaknya ada 4 sub spesies.

Sebagai pemburu cepat, burung Peregrine Falcon dapat terbang dengan kecepatan 389 km/jam. Ini membuatnya dapat dengan sangat mudah mengejar mangsanya, baik itu darat maupun di angkasa. Kalian yang penggemar otomotif, terkhususnya motor, pasti tahu bahwa burung inilah yang menjadi sumber inspirasi terciptanya motor Suzuki GSX1300R atau yang biasa disebut dengan Hayabusa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas