home -> Lifestyle -> 10 Lokasi Dalam Anime Yang Benar-Benar Ada Di Jepa...
28 Februari 2020 07:12

10 Lokasi Dalam Anime Yang Benar-Benar Ada Di Jepang

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada January 07, 2020

Kepopuleran anime Jepang sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Ada begitu begitu banyak tayangan anime dengan berbagai macam cerita dan karakter yang keren-keren. Meski ada orang yang menganggap tayangan anime adalah tontonan anak kecil, tapi nyatanya ada orang dewasa yang suka nonton anime. Berbicara tentang anime, ada beberapa lokasi dalam film anime yang ternyata merepresentasikan atau benar-benar ada di kehidupan nyata dan tentunya lokasi tersebut masih di Jepang juga. Inilah sejumlah tempat yang muncul di anime namun ada di dunia nyata.

10. Asahikawa Shrine - Sailor Moon

Asahikawa Shrine

Di tahun 90an ada banyak sekali acara anime yang ditayangkan di televisi. Biasanya acara tersebut tayang pada Minggu pagi sampai siang. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menghibur anak-anak di masa itu. Dari sekian banyak anime yang tayang, salah satunya yang cukup terkenal adalah Sailor Moon. Berkisah tentang sekumpulan pahlawan perempuan yang memiliki misi memberantas kejahatan.

Perempuan dan mayoritasnya adalah anak SMA. Memang pada masa itu sangat jarang ada tayangan pahlawan yang tokoh utamanya adalah wanita. Dari sekian banyak tokoh di Sailor Moon, ada salah satunya yakni Sailor Mars yakni Rei Hino yang merupakan seorang penjaga kuil. Kuil yang dijaga oleh Rei Hino benar-benar ada di Jepang yaitu Asahikawa Shrine. Lokasinya ada di Asahikawa, Hokkaido.

9. Setagaya - One Punch Man

Setagaya

Sudah sangat lama karakter Son Goku dari anime Dragon Ball bertahan sebagai tokoh anime terkuat. Sampai akhirnya posisinya terganggu dengan kehadiran anime baru berjudul One Punch Man. One Punch Man merupakan anime yang diangkat dari manga dengan judul yang sama. Untuk manganya muncul di tahun 2009 dan animenya di tahun 2015.

Adalah tokoh Saitama yang kekuatannya dianggap setara atau melebihi Son Goku. Dirinya mampu menghajar musuh sekuat apapun hanya dengan satu pukulan. Layaknya superhero lain, Saitama pastinya membutuhkan tempat tinggal. Saitama ini memilih tinggal di sebuah apartemen yang berada di Kota Z, sebuah kota terbengkalai. Nah, gambaran dari apartemen ini sangat mirip dengan sebuah apartemen yang ada di Setagaya.

8. Suga Shrine Staircase - Your Name

Suga Shrine Staircase

Kimi no Na Wa sempat menjadi bahan perbincangan antara para penggemar anime. Tidak hanya di Jepang, tapi sampai ke Indonesia juga. Alasannya apalagi kalau bukan cerita dan grafisnya yang juga bagus. Kalau di Jepang bahasanya adalah Kimi no Na Wa, tapi kalau di bahasa Inggriskan menjadi Your Name.

Bagi yang sudah menonton filmnya pasti ingat dengan momen dimana Taki Tachibana berusaha mencari Mitsuha Miyamizu sampai akhirnya sampai di sebuah tangga yang cukup panjang. Ternyata, tangga panjang yang ditampilkan di anime tersebut, benar-benar ada di dunia nyata. Di Jepang, lokasi dari tangga tersebut ada di Suga Shrine Staircase. Berkat anime tersebut, lokasi ini langsung dibanjiri tidak hanya oleh penggemar anime di Jepang tapi juga dari luar Jepang.

7. Kamakurakokomae Station - Slam Dunk

Kamakura Kokomae Station

Basket merupakan salah satu olahraga yang sangat populer dunia selain sepakbola. Di Jepang pun, banyak sekali para penggemar olahraga satu ini. Dan berbicara tentang basket, ada satu anime yang sangat booming bertemakan basket yaitu Slam Dunk. Anime ini tayang sekitar tahun 1993 sampai 1996. Untuk manganya sendiri muncul lebih dulu pada tahun 1990.

Sebelum anime dimulai, biasanya akan ada pembukaan terlebih dahulu dengan lagu dan beberapa adegan yang ada dalam film tersebut. Di opening Slam Dunk, ada salah satu adegan dimana ada sebuah kereta dengan pemandangan pinggir pantai yang sangat indah. Bukan cuma sekedar anime, kereta dengan pemandangan tepi pantai itu ternyata benar-benar nyata dan diambil dari Kamakurakokomae Station.

6. Shibuya's Scramble Crossing - Tokyo Ghoul

Shibuya's Scramble Crossing

Tempat selanjutnya adalah Shibuya's Scramble Crossing. Sesuai dengan namanya, lokasi ini berada di Shibuya, Tokyo. Area ini sangat terkenal akan kesibukannya. Hampir tidak pernah tempat ini terlihat sepi, selalu saja ada orang yang berlalu lalang disana. Dan spot ini sudah sering menjadi tempat foto yang nantinya diupload di sosial media seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

Berbicara tentang Shibuya's Scramble Crossing, sebenarnya area ini sudah sering muncul di sejumlah anime. Sebut saja Tokyo Ghoul, Bakemono no Ko, Tokyo ESP, The Idolmaster Cinderella Girls, Blood C, dan masih banyak lagi anime lainnya yang menggunakan area ini. Penggambarannya pun sama persis, banyak orang lalu-lalang, bangunan bertingkat, lampu lalu lintas beserta markanya, dan suara langkah kaki.

5. Radio Kaikan - Steins: Gate

Radio Kaikan

Jangan pernah bermain-main dengan waktu, sekarang, dulu, dan masa depan atau suatu hal buruk akan terjadi. Hal buruk tersebut terjadi dan tidak dapat diprediksi. Bisa saja menggangu waktu lalu, sekarang atau di masa yang akan datang. Itulah konsep yang diceritakan dari serial anime berjudul Steins: Gate. Dimana sekelompok orang menciptakan sebuah mesin yang mampu mengirimkan pesan dengan menembus waktu. Akibatnya, kekacauan terjadi.

Bagi kamu-kamu yang sudah pernah menonton anime ini, pasti sadar dengan sebuah banguan dimana sebuah mesin waktu menabrak bangunan Radio Kaikan. Dan ternyata, bangunan yang ada di anime tersebut benar-benar dan bisa kalian jumpai di Akihabara. Akihabara ini merupakan surganya bagi para penggemar anime, otaku, dan juga wibu. Nah, Radio Kaikan sendiri merupakan sebuah gedung yang menjual banyak sekali merchandise dan memorabilia dari anime. Apa yang kalian cari, ada disini.

4. Toyosato Elementary School - K-On

Toyosato Elementary School

Kalau ada teman atau saudara kalian yang ingin mencoba nonton anime tapi tidak tahu harus mulai darimana, kalian sarankan saja untuk nonton K-On!. Anime ini tergolong anime ringan yang sangat lucu. Mengisahkan kehidupan SMA dari empat orang siswi yang bergabung dalam sebuah klub musik pop yang hampir bubar.

Karena menceritakan kisah anak SMA, sudah jelas lokasi yang paling sering ditampilkan dalam animenya adalah berlatar sekolah. Entah ada yang sudah sadar atau tidak, sekolah lokasi K-On! ini ternyata diambil dari sekolah nyata di Jepang yang ada di kota Toyosato. Sekolah tersebut adalah Toyosato Elementary School. Sudah tutup sejak 2004, tapi tetap terbuka bagi siapapun yang ingin melihat-lihat isi sekolah tersebut.

3. Ikebukuro - Durarara!!

Ikebukuro

Di mata orang biasa sebenarnya Ikebukuro hanyalah sebuah distrik biasa yang ada di Toshima, Tokyo. Area ini merupakan sebuah area komersial dan juga entertainment. Kalian bisa menemukan banyak toko, restoran, dan tempat perbelanjaan. Namun bagi penggemar anime, area ini memiliki makna yang lain.

Ikebukuro adalah lokasi nyata dari anime berjudul Durarara!!. Durarara!! adalah anime yang diangkat dari novel karangan Suzuhito Yasuda. Ceritanya tentang Mikado Ryugamine yang tinggal, hidup, dan bekerja di Ikebukuro. Bila penasaran seperti apa Ikebukuro di anime dengan yang aslinya, kalian bisa coba ke Toshima. Mungkin saja ada beberapa tempat di anime yang nantinya bisa kalian temukan disana.

2. Yakushima - Princess Mononoke

Yakushima

Seperti biasa, Indonesia selalu telat dalam menayangkan film bagus dari luar, terlebih lagi dari Jepang. Princess Momonoke adalah salah anime populer di Jepang yang rilis di Jepang pada tahun 1997. Namun Indonesia sendiri baru menayangkannya sekitar tahun 2017. Mengisahkan tentang ketidakharmonisan antara manusia, hewan, dan para dewa. Dan seorang pemimpin desa yang melakukan perjalanan untuk menghilangkan kutukan yang ia peroleh setelah mengalahkan iblis yang berbentuk babi.

Untuk animenya sendiri mengambil lokasi yang ternyata benar-benar ada di Jepang. Hutan dimana di dalamnya banyak sekali tumbuhan hijau dan batuan berlumut, ternyata gambaran tersebut diambil dari sebuah hutan luas yang ada di Pulau Yakushima. Hutan ini benar-benar persis seperti yang ada di anime, hanya saja akses untuk mengunjungi hutan tersebut agak rumit.

1. Dogo Onsen - Spirited Away

Dogo Onsen

Tahun 2001 menjadi tahun perdana tayangnya sebuah anime dengan judul Spirited Away. Anime ini mengisahkan seorang anak perempuan yang tersesat dan masuk ke dalam dunia lain. Di dunia lain tersebut, anak ini berjumpa dengan banyak makhluk dengan bentuk dan karakter yang berbeda. Seperti tayangan biasa, ternyata bila disimak dengan baik, Spirited Away memiliki nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pelajaran.

Ok, selain nilai positif, Spirited Away juga menampilkan sejumlah tempat menarik. Salah satunya adalah sebuah tempat pemandian yang dinamakan Dogo Onsen. Dogo Onsen ini ternyata meripakan tempat nyata yakni sebuah onsen yang berada di Pulau Shikoku, Selatan Jepang. Kalian bebas datang ke onsen ini bila berada di kota Matsuyama.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas