home -> Lifestyle -> 10 Tanda Kamu Butuh Liburan Sekarang Juga
02 Juni 2020 15:53

10 Tanda Kamu Butuh Liburan Sekarang Juga

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada January 06, 2020

Sabtu dan Minggi sering dimanfaatkan orang untuk beristirahat. Memulihkan fisik dan pikiran dari segala masalah untuk bisa menghadapi masalah lagi di hari Seninnya. Pernahkah kalian merasa bahwa 2 hari off itu kurang cukup? Di kala Senin tiba masih ada perasaan stres, kesal, marah, capek, bosan, dan segala perasaan negatif lain yang masih membuat mood menjadi jelek, itu tandanya istirahat kalian kurang. Mungkin bukan hanya 2 hari tapi kalian butuh waktu lebih lama untuk bisa benar-benar tersegarkan. Nah, itulah salah satu tanda untuk segera ambil cuti dan liburan. Bagaimana dengan tanda lainnya?

10. Selalu Berpikir Tentang Pekerjaan

job

Bekerja memang harus dilakukan oleh semua orang. Karena dengan bekerja kita dapat memperoleh uang yang nantinya bisa kita tabung untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika sudah bekerja dalam waktu yang lama, tidak salah jika sekali atau dua kali kita membayangkan tentang liburan. Kalian pernah membayangkannya bukan?

Melakukan liburan adalah hal yang wajar dipikirkan oleh seorang karyawan. Apabila tidak pernah terbersit liburan di pikirannya, ini adalah suatu masalah. Terlalu sering memikirkan pekerjaan justru bisa membuat stres. Jika sudah demikian, pekerjaan yang dilakukan tidak bisa maksimal. Bekerja boleh-boleh saja, tapi tubuh dan pikiran juga perlu liburan untuk refreshing.

9. Sering Membuat Kesalahan

mistakes

Manusia tidak ada yang sempurna. Pasti pernah di antara manusia ini melakukan kesalahan. Bukan hanya satu tapi bisa banyak. Kesalahan tersebut bukan hanya di satu bidang saja, tapi mungkin juga saat bekerja di suatu perusahaan. Membuat atasan marah atau mungkin membuat perusahaan mengalami kerugian.

Melakukan satu atau dua kali kesalahan saat bekerja mungkin tidak sengaja atau biasa, tapi akan menjadi masalah besar apabila kesalahan yang terjadi cukup sering. Apabila sering melakukan kesalahan ketika bekerja, bisa jadi ini menjadi tanda bahwa pikiran kalian sedang tidak fokus dan butuh istirahat panjang.

8. Kebiasaan Berubah Menjadi Buruk

bad habits

Fokus bekerja seringkali membuat orang bisa berubah. Merubah kebiasaan baik menjadi buruk. Contohnya saja lembur, seorang karyawan pasti pernah mendapatkan tugas lembur sekali atau dua kali dari atasan. Yang namanya karyawan pastinya tidak bisa menolak tugas tersebut. Alhasil, yang semestinya tubuh istirahat jadi harus bekerja hingga larut malam.

Tidak hanya itu, kebiasaan baik seperti bangun pagi, makan tepat waktu, dan olahraga juga bisa berubah drastis. Bangun siang, malas olahraga karena terlalu cepat, serta makan jadi telat sehingga menyebabkan masalah maag. Jika ini sudah mulai terjadi, segeralah ajukan permohonan cuti. Tidak hanya untuk mengistirahatkan pikiran, tapi juga mengembalikan jam normal dan kebiasaan sehat.

7. Hubungan Asmara Memburuk

bad relationship

Hayo coba introspeksi diri, siapa di antara kalian yang pernah moodnya jelek di kantor lalu terbawa sampai ke rumah lalu mood jelek tersebut mempengaruhi hubungan keluarga atau asmara? Pasti ada yang pernah mengalaminya bukan? Memang masalah yang kita alami di kantor sedikit banyak bisa memberikan pengaruh buruk dalam hubungan keluarga atau asmara. Meski hanya terjadi sekali, tapi itu tidak bisa dihindari.

Bagi yang sudah pernah mengalami ataupun yang belum pernah, apabila mood jelek di kantor terbawa sampai ke rumah dan orang lain sampai terkena dampaknya, jelas itu adalah suatu hal yang buruk. Anggaplah kita berhasil menyelesaikan kesalahpahaman tersebut, tapi tak menutup kemungkinan hal tersebut bisa terulang kembali. Sebelum terjadi, mungkin sudah saatnya kalian berpikir untuk segera ambil cuti liburan dari kantor.

6. Sulit Tidur

hard to sleep

Sulit tidur adalah sebuah masalah umum yang sering terjadi. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, pria, wanita, tua, dan muda. Ada banyak hal yang bisa membuat susah tidur. Kalau kalian pernah mendapatkan masalah susah tidur lalu sudah coba berbagai cara untuk memecahkan masalah tersebut tapi masih gagal, mungkin sumber masalah utama kalian ada pada masalah di kantor.

Boleh percaya atau tidak, masalah di kantor bisa membuat seseorang menjadi sulit untuk istirahat. Dikejar deadline, harus meeting dengan klien, masalah dengan atasan, dan lain sebaginya bisa membuat pikiran menjadi penat. Mungkin ada baiknya kalian rehat sejenak dari kantor untuk melakukan refreshing. Sedikit jalan-jalan ke luar kota bisa menjadi solusi.

5. Malas Beraktivitas

lazy

Malas, siapa juga orang di dunia ini yang tidak pernah malas-malasan? Bahkan orang yang paling rajin sekalipun ada saatnya malas untuk melakukan sesuatu. Malas yang terjadi disini bukan karena hobi atau kebiasaan, tapi karena memang mood yang sedang tidak ingin melakukan apa-apa. Jadi, ada satu atau dua hari kita malas untuk melakukan sesuatu, tapi setelah itu lanjut bekerja lagi.

Rasa malas yang hanya terjadi secara singkat sih tidak begitu masalah. Tapi kalau malasnya berlangsung dalam jangka waktu yang lama, apalagi sampai mempengaruhi pekerjaan di kantor, itu sudah berbahaya. Agar masalah tidak membesar, tidak ada salahnya untuk meminta izin atasan untuk mengambil cuti dan liburan ke suatu tempat yang menyenangkan dan menenangkan diri disana.

4. Kehilangan Rasa Humor

humourless

Seseorang yang awalnya suka melucu lalu tiba-tiba berubah menjadi murung, itu tandanya ada sesuatu yang salah terjadi padanya. Ada banyak hal yang bisa membuat orang humoris berubah menjadi murung. Salah satu penyebabnya bisa berasal dari di kantor. Mungkin padatnya pekerjaan dan konflik di kantor membuat seseorang bisa jadi stres.

Stres ini tidak bisa dibiarkan karena bisa membesar dan membuat masalah semakin runyam. Ditambah dampaknya bisa melebar ke teman atau keluarga yang sebenarnya tidak tahu apa-apa. Jika dirasa kalian atau teman kalian ada yang mengalami penurunan rasa humor, mungkin sudah saatnya untuk liburan sejenak.

3. Masalah Kecil Selalu Jadi Besar

problems

Masalah itu pasti selalu ada. Kapanpun dan dimanapun, masalah bisa menimpa siapa saja tak pandang bulu. Maka dari itu penting untuk kita selalu tenang dan belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Jangan masalah besar dibuat semakin besar dan masalah kecil dibuat jadi besar.

Kemungkinan masalah kecil dibuat jadi besar bisa jadi pertanda bahwa ada yang salah dengan diri kita. Mungkin pikiran kita sudah penuh dengan masalah sehingga sulit untuk mencari jawaban dari masalah yang kecil. Maka dari itu coba untuk pergi ke suatu tempat untuk menenangkan diri. Seminggu atau dua minggu kalau itu dirasa cukup untuk mengurangi sedikit beban yang ada di kepala.

2. Bangun Pagi Tak Bersemangat

wake up

Apa yang harus dilakukan saat bangun pagi? Berdoa, bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk hidup, atau langsung berangkat beraktivitas layaknya normal? Apapun itu, yang terpenting adalah masih ada semangat untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Yang sekolah ya sekolah, yang kerja ya berangkat kerja. Tapi apa yang terjadi jika tiba-tiba merasa sangat malas setelah bangun pagi?

Tak bisa dianggap remeh, ini mungkin suatu pertanda bahwa kalian tengah bosan melakukan aktivitas yang itu-itu saja. Perlu ada waktu untuk menyegarkan fisik serta pikiran sebelum melakukan rutinitas seperti biasa. Apalagi sudah kita semua tahu bahwa pekerjaan di kantor itu bisa membuat seseorang jadi stres, malas, mood berantakan, dan lain sebagainya.

1. Penuh Rasa Negatif Setiap Hari

negativity

Pernahkah kalian merasakan bosan, malas untuk melakukan sesuatu, pesimis, dan mood swing? Tidak hanya sehari atau dua hari, tapi perasaan buruk ini terus mengganjal dalam jangka waktu yang lama, bisa itu seminggu atau sebulan. Kalian tahu bahwa perasaan ini harus disingkirkan tapi entah kenapa sangat sulit untuk dilakukan sehingga mempengaruhi segala sisi kehidupan. Keluarga, asmara, serta pekerjaan di kantor.

Ketika perasaan atau hal-hal negatif ini terjadi sedemikian rupa hingga mengganggu hidup, ini adalah tanda jelas bahwa kalian perlu istirahat sejenak. Tak perlu tunggu waktu ini itu, segeralah istirahat. Karena apabila terus menerus ditahan, perasaan negatif ini akan dengan cepat menghancurkan diri kalian serta orang di sekitar kalian juga bisa terkena efeknya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas