home -> Entertainment -> 10 Karakter Kartun Terkenal Dan Aktor Pengisi Suar...
01 Juni 2020 07:56

10 Karakter Kartun Terkenal Dan Aktor Pengisi Suaranya

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada December 23, 2019

Meski hanya tokoh kartun, karakter tersebut tetap butuh pengisi suara. Dibutuhkan seseorang yang memiliki suara yang berkarakter untuk bisa mengisi suara tokoh kartun tersebut. Tapi jangan kira jadi pengisi suara kartun itu pekerjaan yang mudah. Para aktor dan artis pengisi suara tetap harus bisa menyesuaikan suara dengan kondisi emosi dan keadaan agar terdengar pas. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah ya. Coba dengar suara dari karakter seperti Spongebob atau Scooby Doo, terdengar pas bukan? Tidak terbayang apabila karakter tersebut diisi oleh orang lain. Penasarankah kalian dengan pengisi suara dari karakter kartun favorit kalian? Inilah dia para pengisi suara tersebut.

10. Tom Kenny - Spongebob Squarepants

Tom Kenny

Berbentuk kotak, berwarna kuning, dan tinggal di bawah air di dalam rumah nanas. Siapakah itu? Itulah dia SpongeBob SquarePants. Karakter lucu ini menjadi tokoh utama dari serial kartun Amerika SpongeBob SquarePants. SpongeBob SquarePants mulai tayang di channel Nickelodeon pada tahun 1999. Hingga sekarang, total sudah 262 episode dari 12 season.

Merupakan salah satu tayangan dan tokoh kartun yang menghibur, SpongeBob SquarePants diciptakan oleh Stephen Hillenburg untuk Nickelodeon. Tentu karakter kartun seperti SpongeBob harus diisi oleh suara yang berkarakter. Maka dari itu dipilihlah Tom Kenny untuk menjadi pengisi suara dari SpongeBob. Tidak hanya serial kartun, Kenny juga mengisi suara untuk versi filmnya.

9. Kevin Conroy - Batman

Kevin Conroy

Para penggemar karakter Batman memiliki sosok idolanya sendiri yang dinilai pantas untuk berperan sebagai pahlawan kota Gotham tersebut. Dari sekian banyak aktor yang pernah mengisi dan berperan sebagai Batman, ada satu sosok yang suaranya dirasa paling sempurna untuk menjadi pengisi suara Bruce Wayne dan Batman.

Sosok tersebut adalah Kevin Conroy. Conroy sudah menjadi pengisi suara Batman sejak tahun 1990 dalam acara Batman: The Animated Series. Beberapa serial kartun yang menampilkan Batman, dia juga lah yang dipilih untuk menjadi pengisi suaranya. Dan ketika komik Batman: The Killing Joke ingin difilmkan. namanya menjadi yang paling pertama untuk mengisi suara Bruce Wayne dan Batman.

8. Mark Hamill - Joker

Mark Hamill

Sosok Joker merupakan sosok jahat yang sangat ikonik dalam komik DC Comics. Dialah musuh bebuyutan dari Batman. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa orang yang bertugas mengisi suara Bruce Wayne dan Batman di serial kartun Batman adalah Kevin Conroy. Tentu untuk Joker, diperlukan aktor yang memiliki suara pas untuk mengisi suara The Clown Prince of Crime tersebut.

Dan sosok yang terpilih adalah Mark Hamill. Untuk karakter Joker, Hamill sadar bahwa ia harus menciptakan suara yang pas untuk bisa membuat karakter Joker ini semakin kuat. Hasilnya, bisa kalian lihat sendiri di Batman: Animated Series, Batman: The Killing Joke, dan bahkan di video game, Hamill lah orang yang dipilih untuk menjadi pengisi suara Joker.

7. Robin Williams - Genie

Robin Williams

Cerita Aladdin merupakan satu dari sekian banyak cerita dongeng klasik dari Disney yang ada pada cerita One Thousand and One Nights. Mengisahkan cerita perjalanan Aladdin menemukan lampu ajaib yang di dalamnya menyimpan sosok jin biru yang bisa mengabulkan segala macam permintaan. Namun permintaan tersebut terbatas hanya 3.

Cerita menarik tersebut kemudian dibuatkan dalam versi kartunnya pada tahun 1992. Beberapa aktor dan artis dipilih untuk mengisi tiap karakter penting dalam kartun Aladdin, termasuk karakter Genie si jin. Untuk karakter Genie ini, jin biru tersebut suaranya diisi oleh seorang komedian terkenal legendaris yaitu Robin Williams.

6. Charles Martinet - Mario

Charles Martinet

Jangan bilang fans Nintendo bila tidak tahu dengan karakter Mario. Mario beserta Luigi adalah karakter utama dari video game Super Mario yang diciptakan oleh Nintendo. Tidak hanya itu, oleh Nintendo, Mario dan Luigi dijadikan maskot. Dari video game, Mario dan Luigi ini kemudian dibuatkan animasinya untuk menghibur lebih banyak orang.

Suara khas dari Mario adalah suara dari Charles Martinet. Orang itulah yang bertanggung jawab dalam mengisi suara Mario dan Luigi. Bukan hanya di game tapi juga di animasi, ia sudah mengisi suara kedua karakter ikonik tersebut sejak pertama. Di beberapa event game dan Comic Con, tak jarang Martinet datang dan meramaikan acara tersebut.

5. Wayne Allwin - Micky Mouse

Wayne Allwine

Kalau berbicara tentang tokoh kartun terkenal, sudah pasti harus menyertakan karakter Micky Mouse. Karakter tikus hitam bercelana merah ini adalah maskot dari Walt Disney, sebuah perusahaan animasi besar yang ada di dunia. Orang yang menciptakan karakter ini adalah Walt Disney sendiri dan Ub Iweks.

Micky Mouse diciptakan oleh mereka berdua pada tahun 1928 dan hingga sekarang, karakter tersebut terus menghibur orang. Mau itu tua, muda, wanita, dan pria, Micky Mouse merupakan tontonan segala umur dan gender. Orang yang menjadi pengisi suara Micky Mouse Wayne Allwin. Setelah Allwin meninggal dunia pada 2009, tugas mengisi suara diberikan pada Bret Iwan.

4. Melvin Jerome Blank - Bugs Bunny

Melvin Jerome Blanc

"What's up, doc?", ingatkah kalian dengan kalimat tersebut? Kalimat tersebut adalah kalimat yang sering sekali diucapkan oleh Bugs Bunny. Bugs Bunny adalah tokoh kartun berbentuk kelinci yang sangat jahil dan cerdas. Ia sering sekali menjahili teman sekitarnya dan mengerjai orang yang ingin menangkapnya.

Diciptakan oleh Ben Hardaway, Chuck Jones, Tex Avery, Bob Clampett, Robert McKimson, dan Bob Givens, Bugs Bunny lahir di akhir tahun 1930an. Di tahun 1988, acara kartun Bugs Bunny sangat populer, dan pengisi suaranya saat itu adalah Mel Blanc. Blanc tidak hanya mengisi suara Bugs Bunny, tapi juga Tweety, Daffy Duck, Porky Pig, dan masih banyak lagi.

3. Jack Mercer - Popeye

Jack Mercer

Saat kecil, seringkali orang tua mengajarkan kita untuk jangan takut dan malas mengkonsumsi sayuran hijau. Alasannya, karena rajin makan sayuran hijau bisa membuat tubuh kuat sekuat Popeye. Ya meski alasan itu kurang tepat, tapi tokoh Popeye ini sukses menjadi inspirasi anak-anak untuk menjadi kuat dengan memakan sayuran.

Popeye adalah karakter kartun yang diciptakan oleh Elzie Crisler Segar. Popeye pertama kali muncul di layar kaca pada tahun 1929. Terbayang kan betapa tuanya usia kartun satu ini. Di tahun 1935, orang yang pertama kali menjadi pengisi suara Popeye adalah Jack Mercer. Setelah Mercer, beberapa aktor juga sempat menjadi pengisi suara Popeye seperti William Costello dan almarhum Robin Williams.

2. Scott Innes - Scooby Doo&Scrappy Doo

Scott Innes

Film bertemakan horror sukses membuat banyak orang takut dengan sosok mengerikan seperti hantu, monster, dan lain sebagainya. Tapi ada satu tayangan kartun yang malah memotivasi orang untuk berani menghadapi makhluk mengerikan. Tayangan kartun tersebut berjudul Scooby Doo. Menceritakan sebuah grup berisikan 4 orang dan 1 anjing yang memecahkan kasus misteri.

Seekor anjing bernama Scooby Doo ini yang cukup menarik. Dia bisa berbicara layaknya manusia dan penakut. Ajaibnya, justru dari dia dan temannya Shaggy yang menjadi kunci dalam memecahkan kasus misteri. Pengisi suara dari Scooby Doo pertama kali adalah Don Messick. Lalu tugas tersebut dilanjutkan oleh Scott Innes. Tidak hanya Scooby Doo, Scott Innes juga menjadi pengisi suara dari Scrappy Doo, keponakan dari Scooby yang justru pemberani.

1. Dan Castellaneta - Homer Simpsons

Dan Castellaneta

Homer Simpsons adalah salah satu tokoh utama yang ada pada serial kartun The Simpsons. Serial kartun ini ditayangkan rutin di Fox dan berisikan gambaran satir tentang kehidupan masyarakat Amerika biasa. Dan salah satu masyarakat biasa itu adalah keluarga Simpsons yang berisikan Homer, Marge, Bart Lisa, dan Maggie.

Pencipta seluruh karakter The Simpsons adalah Matt Groening. Tapi, Matt Groening bukanlah sosok dibalik suara karakter Homer. Justru pengisi suara Homer adalah Dan Castellaneta. Dari awal episode The Simpsons yang tayang pada tahun 1989 sampai sekarang, Dan Castellaneta tetap setia menjadi pengisi suara sosok kuning menyebalkan tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas