home -> Unik -> 10 Tradisi Natal Unik Dari Berbagai Negara Di Duni...
28 Maret 2020 21:39

10 Tradisi Natal Unik Dari Berbagai Negara Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada December 17, 2019

Hari raya Natal tinggal menghitung beberapa hari lagi. Sudahkah kalian mempersiapkan hal-hal yang berbau Natal? Misalnya seperti pohon natal. Selain menghias rumah dengan nuansa Natal, adakah tradisi khusus yang kalian lakukan untuk memeriahkan hari kelahiran Yesus Kristrus? Di sejumlah negara di dunia, memeriahkan Natal tidak hanya sekedar memajang hiasan Natal di rumah, tapi juga melakukan sejumlah tradisi unik yang dilakukan setahun sekali. Tradisi unik seperti apa dan negara mana yang melakukannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

10. Cavalcade of Lights, Toronto

cavalcade of lights

Musim dingin bukan menjadi satu-satunya alasan untuk berlibur ke Kanada. Selain untuk liburan musim dingin, banyak orang dari luar Kanada yang datang untuk menikmati liburan Natal di negara tersebut. Terkhusus di kota Toronto, kota satu ini selain seru untuk menikmati salju, juga patut dinanti festival cahaya spesial yang selalu diselenggarakan pada saat Natal.

Cavalcade of lights adalah festival cahaya yang diselenggarakan tahunan setiap Natal. Festival ini sekaligus menjadi penanda mulainya musim liburan di Kanada. Tepat di City Hall dan Nathan Phillips Square, ribuan lampu LED dipasang untuk menghiasi malam Natal. Boros listrik? Tentu tidak, lampu LED yang digunakan ini adalah lampu yang hemat energi. Lampu ini biasanya akan dinyalakan sampai Tahun Baru. Selain lampu, turut dimeriahkan pula dengan rentetan kembang api dan ice skating.

9. Festive Sauna, Finlandia

Festive Sauna

Salah satu negara Skandinavia yakni Finlandia juga memiliki tradisi yang cukup unik ketika Natal tiba. Di pagi hari, tiap keluarga merayakan Natal dengan sarapan bubur yang terbuat dari nasi dan susu lalu diberi topping cinnamon, susu, keju, dan almond. Tradisi ini wajib dilakukan bersama dengan keluarga.

Jika di pagi hari orang Finlandia melakukan sarapan dengan bubur spesial Natal, maka di sore atau malamnya wajib untuk sauna. Bukan sauna sendiri tapi sauna beramai-ramai. Mengingat orang Finlandia biasanya memiliki ruangan sauna di tiap rumahnya. Peraturan sauna di Finlandia sama dengan di Jepang yakni semua pakaian harus dilepas sebelum masuk ke ruang sauna.

8. Cobweb Christmas, Ukraina

Cobweb Christmas,

Orang Ukraina memiliki cara yang unik dalam merayakan Natal. Dari tanggal Natalnya saja mereka sudah berbeda sendiri dari negara lain. Orang-orang Ukraina justru merayakan Natal pada tanggal 7 Januari. Di hari Natal ini, mereka orang Ukraina mengenakan pakaian tradisional Ukraina dan berjalan mengelilingi kota sembari menyanyikan lagu Natal. Ditambah dengan membuat dan makan makanan spesial Natal yang dinamakan kutya. Kutya ini dibuat dari gandum yang sudah dicampur dengan madu, poppy ssed, dan kacang.

Selain itu, menghias rumah dengan pohon cemara juga menjadi hal yang esensial di Ukraina. Perbedaannya, jika orang biasa menghias pohon cemara dengan hiasan Natal, orang Ukraina justru menghiasnya dengan ornamen sarang laba-laba. Adapun cerita di balik sarang laba-laba itu, dahulu kala ada seorang wanita dan anaknya yang hidup sangat miskin. Mereka ingin menghias pohon cemara tapi tidak memiliki uang. Di malam Natal, pohon tersebut dipenuhi dengan jaring laba-laba. Ajaibnya, di keesokan pagi, jaring laba-laba tersebut berubah menjadi perak dan emas.

7. Christmas Witch, Italia

Christmas Witch

Semua negara sudah kenal dengan sosok Santa Klaus. Sosok pria gemuk berjenggot putih, selalu mengenakan pakaian tebal berwarna merah dan rajin memberikan hadiah pada anak-anak di hari Natal. Di Italia, sosok pemberi hadiah di hari Natal bukanlah Santa Klaus melainkan seorang penyihir perempuan tua.

Pekerjaan dari penyihir tua ini kurang lebih sama seperti Santa Klaus. Penyihir ini akan datang ke tiap rumah dan memberikan hadiah pada anak. Hanya anak yang berkelakuan baik yang akan mendapatkan hadiah dari sang penyihir. Sementara itu, anak yang nakal tidak akan mendapatkan apa-apa melainkan batu bara.

6. Fried Caterpillars, Afrika Selatan

fried caterpillars

Tradisi Natal di Afrika Selatan ada banyak. Tiap suku memiliki tradisi yang berbeda satu dengan yang lain. Salah satu tradisi yang menarik adalah "Braaing". Braaing adalah sebuah tradisi dimana sebuah keluarga memasak hidangan khusus Natal. Marinated steak dihidangkan bersama dengan sosis sebagai menu utama. Diikuti dengan dessert yang berupa puding dengan custard.

Itu tradisi yang versi normal. Di suku atau wilayah yang lain, makanan yang dihidangkan tidak seenak itu. Makanan yang dihidangkan adalah makanan yang dibuat dari salah satu hewan yang dibenci dan ditakuti oleh banyak orang yaitu ulat. Ulat ini dimasak dengan cara digoreng. Rasanya layaknya makanan yang digoreng pada umumnya. Krispi dan juga lezat. Tertarik mencoba?

5. Tio De Nadal, Spanyol

Tio De Nadal

Sepakbola bukanlah satu-satunya hal yang membuat orang Catalan antusias. Menjelang Natal, penduduk kota Catalan juga sangat antusias untuk merayakan perayaan lahirnya Yesus Kristus ke dunia. Tidak percaya? Coba saja kalian liburan Desember ini mengunjungi kota Catalan, kalian akan menemukan banyak sekali kayu yang dibentuk dan dihias selucu mungkin untuk merayakan Natal.

Event menghias batang kayu ini dinamakan dengan Tio de Nadal oleh warga Catalan. Dan kayu ini wajib ada di tiap rumah selama musim Natal. Bagian dalam kayu ini sengaja dibuat kosong supaya bisa diisi dengan berbagai macam permen dan cokelat. Lalu kayu tersebut akan digantung dan anak-anak diperbolehkan untuk memukul kayu tersebut dengan tongkat sembari bernyanyi. Nantinya permen dan cokelat akan keluar dari batang kayu tersebut.

4. Yule Goat, Swedia

yule goat

Setiap negara pasti memiliki tradisi unik, apalagi menjelang Natal ini. Akan ada banyak negara melakukan tradisinya tersebut untuk menyambut Natal. Salah satu tradisi unik berikut ini berasal dari Swedia. Swedia memiliki tradisi unik yang sudah dilakukan dari tahun 1966 yakni membakar kambing raksasa yang dibuat dari bahan jerami.

Yule goat, begitulah tradisi Natal khas negara di Skandinavia tersebut. Tradisi yang tidak pernah lupa untuk dilakukan tersebut selalu dilakukan tepat pada tanggal 1 Desember. Yule goat sendiri adalah simbol orang Skandinavia yang aslinya berasal dari kepercayaan Pagan. Simbol ini kurang lebih mirip dengan simbol Santa Klaus.

3. Kentucky for Christmas, Jepang

Kentucky for Christmas

Apa yang membuat kalian menganggap bahwa Jepang tidak melakukan apa-apa ketika hari raya Natal tiba? Perlu diingat bahwa Jepang ini adalah negara yang sangat unik. Ada banyak sekali tradisi unik yang ada di Jepang. Termasuk salah satunya adalah ketika Natal tiba. Dan tradisi Natal orang Jepang ini memiliki kaitan dengan KFC.

Orang-orang Jepang yang biasanya terkenal makan makanan yang menyehatkan, untuk Natal ini mereka memberikan sedikit kelonggaran. Festival pesta makan ayam di KFC ini dinamakan dengan Kurisumasu ni wa kentakkii atau Kentucky for Christmas. Dilakukan sejak tahun 1974, festival ini membuat KFC di Jepang selalu dijejali oleh banyak manusia. Antriannya bisa mengular selama 2 jam lebih untuk bisa menikmati ayam gorengnya.

2. Giant Lantern Festival, Filipina

Giant Lantern Festival

Amerika biasanya menjadi negara di dunia yang paling niat dalam memeriahkan Natal. Setiap sudut tempat dan jalan dihiasi dengan ornamen Natal dan lampu warna-warni yang terang. Tapi ternyata, bukan cuma Amerika yang menghabiskan waktu dan uang banyak untuk menghias jalan dengan lampu terang warna-warni. Filipina juga tidak mau kalah dengan Amerika dalam hal ini.

Setiap Natal, tepatnya satu hari sebelum hari H, warga Filipina menghias kotanya dengan banyak lampu. Giant Lantern Festival atau orang sana lebih sering menyebutnya dengan Ligligan Parul Sampernandu. Festival lampu ini biasa dirayakan di hari Sabtu sebelum malam Natal. Festival lampui ini bukan cuma mengundang minat warga lokal tapi juga warga dari luar Filipina.

1. Bad Santa, Austria

Bad Santa

Natal biasanya identik dengan Santa Klaus. Santa Klaus dengan kostum merah-putih, naik kereta yang ditarik oleh rusa kutub, datang dan membagikan hadiah untuk anak-anak. Biasanya anak-anak yang berkelakuan baik yang akan mendapatkan hadiah dari Santa Klaus. Namun ada satu negara yang ingin tampil beda. Bukannya menampilkan sosok Santa Klaus, yang ditampilkan adalah sosok seram menyerupai iblis yang disebut dengan Krampus.

Krampus adalah sosok iblis yang diambil dari kepercayaan orang Austria. Tidak seperti Santa Klaus yang baik hati dan suka memberikan hadiah pada anak baik, Krampus justru sebaliknya. Krampus akan datang dan menghukum anak-anak yang berkelakukan nakal. Biasanya para pria di Austria akan mengenakan kostum menyeramkan menyerupai Krampus dan menakuti anak nakal di minggu pertama di bulan Desember.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas