home -> Unik -> 10 Gaya Busana Yang Sudah Seharusnya Ditinggalkan
28 Mei 2020 19:04

10 Gaya Busana Yang Sudah Seharusnya Ditinggalkan

Oleh serba_tahu dalam Unik pada December 13, 2019

Kita tahu bahwa setiap orang ingin tampil dengan busana yang baru dan berbeda sendiri. Mix n match ini dan itu tak jarang dilakukan untuk bisa mendapatkan gaya busana yang diinginkan. Meski begitu, ada sejumlah gaya busana yang sudah kuno atau usang yang sudah seharusnya ditinggalkan. Cukup mengherankan dan terlihat aneh apabila masih ada orang yang mengikuti fashion tersebut. Seperti gaya berbusana di bawah ini, sudah seharusnya fashion ini ditinggalkan.

10. Crocs

crocs

Menolak lupa, sepatu crocs sempat menjadi tren fashion di sejumlah negara setelah kemunculannya pertama kali pada tahun 2002. Oleh penciptanya, crocs sengaja dibuat dengan tujuan untuk kegiatan di luar rumah. Sepatu crocs hanya bisa bertahan sebentar saja karena mereka kemudian memutuskan untuk tutup pada tahun 2018.

Patut diakui bahwa desain dari sepatu crocs sangatlah buruk. Dibuat dari bahan elastis dengan lubang untuk sirkulasi udara dan penahan di bagian belakang agar tidak mudah lepas, sekarang pengguna crocs memang masih ada beberapa, mungkin karena sepatu crocs sangat simple untuk digunakan dan dilepas. Tapi kalau dilihat dari segi fashion, crocs sangatlah buruk.

9. Overalls

overalls

Masih ingat rasanya di tahun 90an ada orang tua yang mendandani anaknya dengan mengenakan pakaian overalls. Ciri pakaian overalls ini adalah pakaian yang menjadi semacam pelindung pakaian dari celana sampai baju. Lalu agar tidak lepas, ada 2 tali yang menggantung di masing-masing bahu. Pakaian overalls ini tergolong pakaian unisex atau bisa dikenakan oleh pria dan perempuan.

Sebenarnya, pakaian overalls ini lebih diperuntukan untuk mereka para petani. Tujuannya jelas untuk melindungi pakaian dan tubuh dari kotoran saat bertani. Entah bagaimana, gaya pakaian ini diterapkan untuk anak-anak generasi 90an. Di acara fashion show sekarang, overalls kadang muncul dan dikenakan oleh para model. Oleh para model, overalls mungkin masih terlihat keren, tapi jika yang memakai orang biasa, jangan harap kalian juga akan sekeren para model.

8. Spandex

spandex

Pakaian ketat namun memiliki elastisitas yang tinggi, begitulah keunggulan yang ingin ditunjukan oleh spandex. Apakah pakaian ini terlihat keren? Mungkin iya jika yang menggunakannya aktor dan aktris luar negeri, tapi tidak dengan orang biasa. Bahkan pakaian spandex sempat menjadi bahan ejekan dalam salah satu film Marvel yakni X-Men.

Tahun 70an adalah masa dimana orang-orang menggunakan pakaian spandex. Era dimana disko dan glamrock masih meraja lela. Kalau sekarang, sangat sulit menemukan orang yang masih mau mengenakan pakaian super ketat dan tidak nyaman tersebut. Meski begitu, sejumlah film superhero masih ada yang memanfaatkan pakaian berbahan spandex.

7. Klip Rambut Kupu-Kupu

butterfly hair clips

Tahun 90an memang tahun yang mengasyikan. Anak-anak bisa bermain bebas dan menikmati masa itu meski teknologi tidak semaju sekarang. Fashion zaman itu juga bisa dibilang cukup unik dan menjadi tren. Meski begitu, apa yang ada di masa lalu, biarlah menjadi masa lalu. Tidak semua gaya busana yang ada di masa 90an bisa dipakai di masa sekarang.

Salah satunya adalah jepit rambut warna-warni dengan bentuk kupu-kupu. Tentu tidak asap apabila tidak ada api, fashion style seperti ini jelas ada yang mempopulerkan. Dan sepertinya orang yang mempopulerkan gaya busana ini adalah artis Hollywood Sarah Michelle Gellar. Tujuan dari jepit rambut ini adalah untuk dipakai pada saat di pesta dengan harapan bisa menambah kesan feminim pada si pemakai.

6. Rambut Mullet

mullet hair

Anak-anak zaman sekarang pastinya akan tertawa apabila melihat seperti apa gaya rambut yang pernah populer di zaman dulu. Dari sekian banyak gaya, ada satu gaya rambut sangat populer yakni gaya rambut yang disebut dengan mullet hair. Mullet hair atau gaya rambut muller itu memiliki ciri-ciri potongan rambut yang pendek di depan dan di bagian belakang dibiarkan memanjang.

Potongan rambut seperti ini begitu populer di era 80an. Sejumlah penyanyi rock pernah menganut gaya rambut mullet. Mereka adalah legenda David Bowie, Sting, Bono, dan Duran Duran. Meski sempat populer, gaya rambut mullet amat sangat tidak direkomendasikan untuk diaplikasikan di rambut pada zaman sekarang. Akan terlihat sangat aneh apabila masih ada yang memotong rambutnya dengan gaya seperti itu.

5. Topi Bucket

bucket hats

Ada banyak jenis topi yang beredar di pasaran. Masing-masing jenis topi memiliki bentuk yang berbeda dan bisa digunakan untuk kegiatan yang berbeda. Yang biasanya kita temukan setiap hari adalah topi jenis baseball cap. Topi jenis ini memiliki bentuk paling normal namun cukup keren. Bisa digunakan untuk segala macam kegiatan. Namun ada satu jenis topi yang musti dipertimbangkan lagi apabila mau dipakai. Topi itu adalah bucket hat.

Bila di Indonesia, topi ini biasa disebut dengan topi nelayan. Mereka para nelayan biasa menggunakan topi ini untuk mencari ikan. Keren memang, tapi jika dikenakan pada eranya. Sekarang ini jarang ada orang yang mau mengenakan topi bucket. Biasa mereka lebih memilih menggunakan baseball cap atau beanie.

4. Tracksuit

tracksuit

Pakaian biasa tidak bisa digunakan untuk olahraga. Bisa, tapi ada sejumlah fungsi yang tidak bisa didapat dengan mengenakan pakaian biasa. Oleh karena itulah muncul sebuah pakaian khusus yang digunakan untuk olahraga. Tracksuit, begitulah nama pakaian tersebut. Dibuat sedemikian rupa dengan fungsi lebih agar bisa mendukung performa dalam berolahraga.

Sekarang ini penggunaan tracksuit hampir tidak terlihat lagi. Hanya sejumlah orang saja yang masih menggunakannya. Biasanya adalah mereka para orang tua yang tidak mengikuti perkembangan dunia fashion. Pengganti tracksuit sudah ada, banyak, dan lebih keren. Karena sekarang olahraga bukan hanya mengincar sehat saja tapi juga gaya.

3. Tas Pinggang

fanny pack

Tas pinggang sempat naik turun trennya di tiap tahunnya. Bisa dibilang ini adalah salah satu fashion yang paling tua karena sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Tentu bentuknya tidak seperti yang kebanyakan dijual sekarang ini. Sempat hilang dari peredaran, tas pinggang sempat menjadi tren di tahun 1990an lalu menghilang lagi.

Sekarang, tas pinggang kembali muncul dan biasa digunakan oleh beberapa biker atau pengendara sepeda motor. Dengan bentuk kecil namun tetap stylish, tas pinggang sangat berfungsi untuk menyimpan benda penting seperti handphone dan dompet. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula barang yang musti dibawa dan tas pinggang tidak lagi sanggup menampung semua barang tersebut. Jadi, barang satu ini sudah bisa dilupakan.

2. Celana Harem

harem pants

Kilas balik sejarah, celana harem adalah busana yang diperkenalkan oleh seorang penyanyi rap asal Amerika yaitu MC Hammer. Celana ini menjadi bahan pembicaraan di masa itu karena keunikannya. MC Hammer menggunakan celana harem dalam musik videonya yang baru berjudul U Can't Touch This di tahun 1990.

Celana harem ini memiliki bentuk membesar di bagian alat vital dan bagian ankle yang mengecil. Sebagai orang yang mempopulerkan busana ini, MC Hammer tampak bangga. Tahun demi tahun berlalu, gaya busana yang seharusnya sudah dilupakan ini malah justru muncul kembali. Adalah Kanye West dan Justin Bieber yang mengenakan celana aneh ini di hadapan publik.

1. Sagging Pants

sagging pants

Entah kenapa gaya fashion celana di bawah pinggang ini bisa menjadi tren. Dilihat saja ini sudah cukup tidak enak dipandang. Bisa dibilang ini adalah gaya berbusana yang aneh ketimbang unik. Gaya busana seperti ini mengingatkan orang dengan rapper luar negeri yang berusaha menciptakan image baru dalam musiknya.

Aslinya, gaya busana dengan celana jauh di bawah pinggang ini berasal dari era 70an dimana para digunakan oleh para tahanan. Gaya busana ini merupakan kode dimana tahanan bersedia untuk melakukan hubungan seks dengan tahanan lain. Oleh para remaja, gaya busana konyol ini malah menjadi tren di sekitar tahun 2000an.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas