home -> Lainnya -> 10 Penyebab Munculnya Rambut Putih
15 Desember 2019 02:09

10 Penyebab Munculnya Rambut Putih

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 28, 2019

Rambut putih itu pasti akan dialami oleh semua orang. Tapi dengan catatan, mereka yang memang sudah memasuki usia tua yang wajar mengalami problema itu. Yang menjadi masalah sekarang, rambut putih atau uban ini bukan cuma dialami oleh mereka yang sudah tua tapi sudah menyerang mereka-mereka yang masih muda seperti generasi milenial sekarang. Bukan tanpa sebab anak muda zaman sekarang sudah mulai beruban. Apa saja penyebabnya?

10. Cat Rambut

hair coloring

Buat apa mengikuti gaya fashion terkini apabila harus mengorbankan kesehatan diri sendiri. Mewarnai rambut contohnya. Orang ikut-ikutan fashion sekarang dengan merubah warna rambut menjadi yang mereka suka. Kalau bosan, ganti lagi dengan yang lain. Ini menjadi salah satu penyebab kenapa rambut menjadi rusak dan berubah warnanya.

Harus diketahui bahwa pewarna rambut itu mengandung zat kimia. Mau dijamin aman atau tidak, tidak ada yang tahu. Sudah tidak tahu aman atau tidaknya suatu produk pewarna rambut, ditambah dengan ketidaktahuan tentang kesehatan rambut, sembarangan dan rutin menggunakan pewarna rambut justru bisa membuat warna hitam rambut menjadi berubah putih.

9. Kondisi Medis

medis

Selain gaya hidup yang salah, ternyata munculnya rambut putih juga bisa disebabkan karena kondisi medis. Ada beberapa kondisi medis yang memang ditengarai menjadi penyebab munculnya rambut putih. Tidak perduli usia, orang yang mengalami kondisi medis ini dipastikan bisa memiliki rambut putih dan juga rambut mudah rontok.

Kondisi medis yang dimaksud tersebut adalah alopecia areata. Alopecia areata bisa juga dibilang salah satu penyakit auto imun. Orang yang mengalami kondisi ini maka rambutnya akan mudah dan cepat sekali rontok. Sekalipun rambut berhasil tumbuh, maka warnanya akan berubah menjadi putih. Penyebabnya adalah kekurangan melanin.

8. Fast Food

fast food

Siapa disini yang suka mengkonsumsi makanan cepat saji alias fast food? Meski seseorang sedang sibuk-sibuknya, makan tetaplah wajib dilakukan. Bila memesan makanan dari restoran biasa terlalu lama dan memasak sendiri tidak ada waktu, maka pilihan terakhir adalah membeli makanan dari restoran cepat saji. Makanya pertumbuhan restoran cepat saji kini sangat cepat.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, cepat atau lambat bisa membuat berat badan seseorang meroket tajam. Ini disebabkan karena kalori dari makanan cepat saji yang sangat tinggi. Selain itu, makanan cepat saji memiliki sifat racun. Zat racun dari makanan cepat saji ini mempengaruhi warna rambut seseorang.

7. Kurang Vitamin

vitamin for hair

Penyebab munculnya uban yang berikutnya adalah kurangnya vitamin. Beruntung sekarang teknologi sudah semakin maju. Bila orang malas mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dengan alasan tidak ada waktu dan malas, kini sudah dijual vitamin dalam bentuk tablet. Seharusnya tidak ada lagi alasan malas dan tidak ada waktu.

Ada sejumlah vitamin penting bagi kesehatan rambut seperti D3, B12, dan tembaga. Kekurangan vitamin ini bisa membuat kesehatan rambut menurun dan merubah warnanya yang semula hitam menjadi putih. Hal ini pun sudah terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dimana banyak anak remaja yang beruban ternyata memang malas mengkonsumsi vitamin.

6. Hair Dryer dan Catok

hair dryer

Keberadaan hair dryer saat ini sangat menguntungkan. Mengeringkan rambut basah dengan handuk kurang begitu efektif bagi mereka yang memiliki rambut panjang. Makanya mereka sering menggunakan hair dryer untuk membantu mempercepat proses pengeringan rambut. Dengan begitu, mereka bisa segera melakukan aktivitas.

Sayang seribu sayang, saking tergantungnya orang dengan hair dryer bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut. Terlalu sering menggunakan hair dryer justru bisa membuat rambut menjadi lemah. Selain bisa membuat rambut cepat rontok, panas dari rambut bisa memproduksi melanin dalam rambut yang bisa mengakibatkan munculnya uban.

5. Menopause

menopause

Momen penurunan kinerja sistem tubuh pada perempuan adalah ketika mereka masuk masa menopause. Menopause adalah gejala turun atau berhentinya menstruasi. Menstruasi biasanya terjadi pada wanita yang sudah berusia lanjut, makanya tidak heran banyak wanita lanjut usia yang rambutnya sudah mulai berubah menjadi putih.

Di saat memasuki masa menopause, maka akan terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan hormon yang terjadi ini menimbulkan ketidakseimbangan. Ada banyak dampak yang diakibatkan dari perubahan hormon ini. Salah satunya adalah menurunnya produksi. Jika melanin sudah turun, tidak menutup kemungkinan uban akan tumbuh.

4. Diet

diet

Orang hanya mengetahui bahwa diet itu hanya berdampak pada berat badan saja. Mau menaikkan atau menurunkan berat badan, bisa dilakukan dengan diet dan olahraga. Apalagi sekarang ini sudah banyak macam jenis diet. Mau pilih yang mana, itu terserah orang. Diet A belum tentu pas dengan sejumlah orang.

Sedikit orang yang tahu bahwa diet juga bisa berpengaruh pada warna rambut. Melakukan diet asal-asalan dan ekstrim bisa membuat warna rambut berubah. Apalagi di usia dini dimana orang-orang sangat terobsesi dengan bentuk tubuh ideal. Asal pilih diet yang penting tubuh menjadi ideal, tapi lupa kalau salah pilih diet juga bisa membuat uban tumbuh lebih cepat.

3. Psikologis

psychology

Beban hidup yang semakin berat sekarang ini membuat orang mudah sekali mengalami stres. Stres yang masih bisa ditahan paling hanya akan berdampak pada fisik. Tapi lama kelamaan bila tidak diatasi akan berpengaruh pada mental seseorang. Kemungkinan terburuk dari stres yang tidak diatasi adalah bunuh diri.

Kalian pasti pernah dengar orang mengatakan bahwa rambut putih atau uban disebabkan oleh stres. Ternyata anggapan itu ada benarnya. Stres, takut, khawatir, sedih, gelisah, semua perasaan itu bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Hal ini bisa membuat berkurangnya sel melanin yang berujung bisa membuat rambut putih muncul.

2. Rokok

smoking

Sudah jelas ada peringatan di bungkusnya bahwa rokok dapat menyebabkan banyak masalah. Pernapasan, jantung, paru-paru, dan lain sebagainya. Namun sayang, orang masih tidak percaya dan tidak perduli. Satu hal lagi masalah yang bisa dimunculkan dari rokok tapi tidak ditulis di bungkusnya yakni rambut memutih.

Ada banyak kandungan zat berbahaya dalam satu rokok. Zat berbahaya ini yang apabila dihisap akan masuk ke dalam dan meracuni tubuh. Racun-racun ini bisa menurunkan produksi melanin yang bisa berujung dengan menambah jumlah rambut putih di kepala. Kalau kalian pikir hanya perokok aktif yang mendapatkan masalah rambut putih, kalian salah. Perokok pasif pun juga bisa terkena dampaknya.

1. Genetik

gen

Penyebab paling utama munculnya rambut putih atau ubah adalah karena masalah genetik. Kalau sudah menyangkut genetik, akan sangat sulit mengatasi uban. Tidak hanya bisa muncul di usia tua, tapi bisa saja uban muncul ketika seseorang masih remaja. Kalau sudah muncul di usia remaja, pastinya akan membuat seseorang malu.

Perihal masalah genetik ini, perlu kalian telusuri jejak kesehatan dari orang tua kalian. Mungkin dari ayah, ibu, kakek, atau nenek yang menurunkan genetik uban. Dengan mencari tahu sejak dini, setidaknya bisa dilakukan tindakan pencegahan agar rambut putih tidak muncul di usia dini. Konsultasi ke dokter bisa menjadi solusinya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas