home -> Entertainment -> 10 Stand Up Komedian Terkenal Dunia
15 Desember 2019 02:28

10 Stand Up Komedian Terkenal Dunia

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada November 22, 2019

Dunia stand up komedi itu sangat luas. Tidak hanya di Indonesia, di Amerika pun juga ada. Malah bisa dibilang Amerika lah negara yang mempopulerkan stand up komedi. Tidak mungkin stand up komedi terkenal tanpa komediannya. Ada banyak sekali stand up komedian terkenal yang ada di negeri Paman Sam tersebut. Dalam artikel berikut ini, TahuPedia akan membahas 10 stand up komedian yang namanya begitu tersohor. Siapa sajakah mereka?

10. Bill Burr

Bill Burr

Bukan  penggemar stand up komedi bila kalian tidak kenal dengan yang namanya Bill Burr. Di Amerika, nama Bill Burr dikenal sebagai salah satu stand up komedian terbaik dan terlucu. Lupakan sejenak dari stand up komedi, Bill Burr juga memiliki pekerjaan lain yakni sebagai aktor dan juga seorang podcaster.

Di platform yang tengah naik daun tersebut, Burr membawakan acara podcast yang berjudul Monday Morning Podcast. Sebagai stand up komedia, Burr juga telah membawakan sejumlah stand up komedi spesial dirinya. Ia pun dikenal sebagai pendiri dari All Things Comedy network. Di televisi, Burr bermain dalam drama serial Breaking Bad dan F Is for Family.

9. Bill Cosby

bill cosby

Lanjut dengan Bill Cosby. Nama Bill Cosby belakangan seringkali dibicarakan oleh publik dikarenakan dirinya terlibat kasus pelecehan seksual. Kasus ini telah membeli Cosby dari tahun 2018. Alhasil, publik memboikot Cosby dan semua acaranya. Sontak saja Cosby tidak mendapat kesempatan tampil dimana-mana. Baik itu sebagai aktor maupun stand up komedian.

Ya, terlepas dari skandal yang terjadi, Bill Cosby adalah seorang stand up komedian terkenal Amerika. Selain sebagai stand up komedia, Cosby juga dikenal sebagai seorang aktor, musisi, dan juga penulis. Sayang, karirnya harus berakhir dengan cepat karena ulahnya sendiri. Cosby sendiri sudah memulai karirnya sebagai stand up komedian pada tahun 1960an di kota San Francisco.

8. Dave Chappelle

Dave Chappelle

David Khari Webber Chappelle atau yang lebih dikenal dengan nama Dave Chappelle. Pria satu ini memiliki banyak profesi mulai dari komedian, penulis, aktor, dan juga produser. Chappelle sendiri mengawali karir di dunia film pada tahun 1993. Di dunia komedi, Chappelle memulai sebagai stand up komedian pada tahun 2003.

Di tahun 2003, Chappelle melalukan sketsa komedinya yang pertama di Comedy Central. Acara yang ia bawakan adalah Chappelle's Show. Menuai sukses, ia pun melanjutkan karirnya di dunia stand up komedi. Chappelle paling dikenal dengan komedi satir yang menyindir suatu keadaan atau seseorang. Sukses di dunia komedi, dirinya juga sukses di dunia film. Buktinya ia berhasil memenangkan Emmy Award dan Grammy Award.

7. Eddie Murphy

eddie murphy

Mungkin anak-anak generasi 80 dan 90an mulai bertanya-tanya kemanakah sosok Eddie Murphy sekarang? Padahal dulu kita seringkali dihibur oleh Murphy dengan akting lucunya melalui sejumlah filmnya seperti Beverly Hills Cop, Life, The Nutty Professor, dan tentu saja Doctor Dolittle. Eddie Murphy sebenarnya masih bermain dalam sejumlah film meski sedikit. Sisanya ia lebih sering tampil sebagai stand up komedian.

Kemampuan melucu Murphy ternyata bukan hanya di layar kaca saja. Ia membuktikan bahwa dirinya bisa melucu dengan menambahkan stand up komedi dalam buku kemampuannya. Nama Murphy telah menjadi komedian yang tampil secara reguler di acara Saturday Night Live mulai tahun 1980 sampai 1984.

6. George Carlin

george carlin

Penggemar stand up komedi terutama mereka yang suka dengan black comedy pastinya sudah tidak asing dengan nama George Carlin. George Carlin adalah stand up komedian asal Amerika yang sangat vokal terhadap masalah politik, agama, dan hal-hal taboo yang ada di Amerika. Ia mencampurkan isu politik dengan gaya black comedy dan berhasil membuat penonton tertawa.

Carlin dan Seven Dirty Words komedinya menjadi pembicaraan hangat karena membahas kasus yang penting saat itu tentang F.C.C vs Pacifica Foundation di tahun 1978. Sayang teramat sayang, dunia stand up komedi harus merelakan ia pergi. George Carlin meninggal dunia pada 22 Juni 2008 dikarenakan serangan jantung.

5. Jerry Seinfeld

jerry seinfeld

Pada tahun 1989 mulai tayang sebuah sinetron komedi berjudul Seinfeld. Sinetron yang tayang kurang lebih selama 9 tahun tersebut total sudah meiliki 180 episode. Orang yang menjadi aktor utama dalam sinetron tersebut tidak lain tidak bukan adalah Jerome Allen Seinfeld atau yang biasa orang kenal dengan nama Jerry Seinfeld.

Seinfeld sendiri bukan cuma berprofesi sebagai aktor, namun juga penulis, produser, dan tentu saja stand up komedian. Kelucuannya bisa dilihat dari sinetron komedi Seinfeld dimana ia berperan sebagai dirinya sendiri dan sejumlah stand up komedi yang pernah ia tampil. Di tahun 2005, Seinfeld dianugrahi sebagai salah satu stand up komedian terbaik oleh Comedy Central.

4. Louis C.K.

Louis C.K.

Berbicara soal hubungan antara Amerika dengan Meksiko memang tidak akan ada habisnya. Masing-masing negara mengklaim negara sana sangat rasis, sementara yang lain tidak dan begitu seterusnya. Terlepas dari pertikaian politik dan negara, orang-orang berdarah Amerika, Meksiko, atau juga yang campuran tidak begitu terpengaruh. Kenapa tiba-tiba membahas Meksiko? Ini dikarenakan stand up komedian berikutnya adalah orang yang memiliki darah campuran Amerika-Meksiko yakni Louis C.K.

Melawak bukanlah satu-satunya kemampuan yang dimiliki oleh Louis C.K. Pria dengan nama asli Louis Szekely ini juga jago dalam hal akting, menulis, dan juga pembuat film. Sepanjang karirnya, Louis C.K. berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan seperti Peabody Award, Primetime Emmy Awards, dan Grammy Award.

3. Lenny Bruce

Lenny Bruce

Di negara manapun di dunia, orang yang dengan terang-terangan mengkritik pemerintah, hukum, serta membicarakan hal-hal yang sensitif bisa disingkirkan, Amerika pun demikian. Salah satu cara untuk bisa mengakali agar tetap bisa mengkritik tanpa harus terkena masalah adalah dengan menggabungkan kritik dengan komedi.

Di tahun 50an, ada komedian bernama Lenny Bruce yang dengan lantangnya membahas topik-topik panas di Amerika. Meski sudah menggunakan komedi untuk komedi, terkadang Bruce masih tetap mendapatkan masalah dari orang-orang yang kontra terhadapnya. Meski begitu, di dunia komedi, Bruce dianggap sebagai salah seorang stand up komedian yang lucu, cerdas, dan berani. ia pun menjadi panutan sejumlah stand up komedian muda di Amerika.

2. Richard Pryor

richard pryor

Meski sosoknya sudah tidak ada, bukan berarti pengaruh dan prestasi yang sudah dilakukan bisa hilang dan dilupakan begitu saja. Richard Pryor, begitulah nama dari sosok stand up komedian Amerika yang harus pergi meninggalkan dunia hiburan Amerika pada tahun 2005. Ia meninggal dunia secara mendadak karena serangan jantung.

Jika saja Pryor masih hidup, mungkin ia masih tetap bisa menghibur para penonton dengan lawakan yang ia miliki. Pria dengan nama panjang Richard Franklin Lennox Thomas Pryor, sangat perduli dengan isu-isu rasis dan masalah topikal. Dengan meluapkannya dengan komedi, Pryor bisa menghibur sekaligus mengedukasi penontonnya agar bisa perduli dengan keresahan yang ia rasakan.

1. Robin Williams

robin williams

Dunia cukup digemparkan dengan berita meninggalnya Robin Williams. Padahal pria yang dikenal sebagai aktor dan komedian ini selalu tampil senyum dan aktif menghibur para penonton. Siapa sangka dibalik senyumnya itu tersembunyi rasa stres yang teramat sangat sehingga membuat Williams memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Robin Williams bunuh diri di rumahnya di Paradise cay pada 11 Agustus 2014.

Sebagai stand up komedian, Williams memulai karir sebagai komedian pada tahun 1970an di Los Angeles. Ia pun mulai tampil di sejumlah film dan sinetron komedi seperti Mork & Mindy dan Good Will Hunting. Publik pun sudah mengakui kemampuan akting dan melawak yang dimiliki oleh Williams. Dunia pun sempat sedih begitu mendengar berita mengejutkan tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas