home -> Lainnya -> 10 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
15 Desember 2019 20:59

10 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 19, 2019

Adakah di antara kalian yang memiliki rasa percaya diri rendah? Percaya diri rendah adalah salah satu masalah yang sangat krusial bagi seseorang. Apabila seseorang tidak memiliki rasa percaya diri, maka akan sulit bagi orang tersebut untuk menghadapi masalah, baik itu masalah dengan orang lain atau masalah dari dalam dirinya sendiri. Lama dibiarkan bisa membuat seseorang menjadi stres dan gila. Jangan biarkan rasa percaya diri rendah menguasai dirimu, lakukan sejumlah hal yang bisa membuat rasa percaya diri meningkat. Seperti cara di bawah ini.

10. Terima Kritik Tapi Jangan Terlalu Dimasukan Ke Hati

critique

Tidak banyak orang di dunia ini yang bisa menerima kritik. Kebanyakan dari mereka akan marah dan tersinggung begitu dikritik. Sebenarnya tidak perlu diambil ke hati bila mendapat kritik. Satu sisi kita boleh saja kesal karena dikritik, tapi di sisi lainnya kita jadi bisa introspeksi diri dan memperbaiki apa yang kurang dari diri kita. Itu yang banyak orang tidak lakukan.

Untuk bisa membangun percaya diri, kedepankan terlebih dahulu logika ketimbang hati. Tidak mungkin ada yang tibat-tiba mengkritik kita apabila kita tidak melakukan salah. Sebelum memasukan ke hati dan membenci ke orang yang mengkritik, coba dipikirkan lebih dahulu apakah kritik yang diberikannya benar atau tidak. Kalau ternyata kritiknya benar, ini bisa menjadi pemicu bagi kita untuk berubah menjadi lebih baik.

9. Olahraga

workout

Rasa percaya diri rendah bisa dialami oleh siapa saja. Mau itu anak kecil atau bahkan yang sudah dewasa juga masih bisa merasakan hal tersebut. Jika sudah merasa tidak sanggup, maka akan sulit bagi orang tersebut untuk melangkah maju. Salah satu cara untuk bisa menghilangkan rasa percaya diri yang rendah adalah dengan melakukan olahraga.

Kenapa olahraga? Bukankah olahraga hanya berguna untuk kesehatan fisik saja? Sebenarnya manfaat olahraga lebih banyak dari itu. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan retensi memori, meningkatkan fokus, mengurangi stres dan depresi. Tentu akan sulit untuk fokus dengan suatu masalah apabila pikiran dan fisik tidak dalam kondisi prima.

8. Cari Teman Yang Positif

positive friends

Percaya atau tidak, pergaulan kita akan menentukan seperti apa kita nanti jadinya. Dikelilingi oleh orang-orang yang negatif akan membuat kita juga akan menjadi negatif. Sebaliknya, dikelilingi oleh orang-orang yang positif akan membuat hidup kita menjadi positif. Makanya orang tua dan guru kita selalu mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dalam memilih teman.

Sudah tahu betapa besarnya pengaruh pergaulan terhadap diri kita, tentu kita harus pintar memilih harus bergaul dengan yang mana. Untuk bisa membuat percaya diri meningkat, kita harus bergaul dengan mereka-mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Minta nasehat dan tips bagaiman untuk bisa menjadi percaya diri seperti mereka. Perlahan namun pasti, kepercayaan diri kita pasti akan meningkat.

7. Stop Membanding-Bandingkan

stop comparing

Perlu kalian sadari bahwa setiap manusia yang lahir ke muka Bumi adalah unik. Setiap pribadi memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Sadari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan orang lain dengan kita dan stop untuk membandingkan diri dengan mereka. Kadang orang tua dan guru juga turut ambil bagian dengan sering membanding-bandingkan anak dengan anak yang lain.

Tidak semua orang mau dibandingkan-bandingkan. Ada yang menganggap perbandingan bisa menjadi pemecut untuk lebih semangat lagi berusaha, tapi ada juga yang tidak. Balik lagi ke poin sebelumnya bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan Einstein pun pernah mengatakan, "Jika kamu menilai ikan pada kemampuannya untuk memanjat pohon, makan ikan itu akan percaya bahwa dirinya adalah tidak berguna".

6. Rayakan Keberhasilan

celebrate

Banyak orang beranggapan bahwa jangan cepat puas bila berhasil melakukan sesuatu. Ungkapan ini tidak sepenuhnya benar, tidak juga salah. Memang benar jangan terlalu merayakan keberhasilan karena ini akan membuat orang jadi cepat puas. Tapi merayakan keberhasilan juga penting dilakukan untuk sebagai tanda bahwa kita memang sanggup menyelesaikan sesuatu.

Bagi orang yang awalnya memiliki krisis percaya diri, begitu mencoba melakukan sesuatu dan berhasil, tidak masalah untuk merayakan keberhasilan tersebut. Anda juga yang tahu bagaimana kerja keras yang kalian lakukan akhirnya dapat membuahkan hasil. Anda juga yang tahu batasannya dalam merayakan keberhasilan agar tidak terlalu berlebihan.

5. Hadapi Ketakutan

fear

Cara berikutnya untuk mengatasi krisis percaya diri bisa dibilang sangat ekstrim. Caranya adalah dengan menghadapi ketakutan diri. Cari tahu apa yang menjadi ketakutan terbesarmu dan coba hadapi itu secara langsung. Dengan menghadapi ketakutan sendiri secara terus menerus akan membuat kalian menjadi berani dan bisa melangkah lebih jauh ke depan.

Sedikit tips, jika berhadapan secara frontal terlalu cepat dan menakutkan, bisa lakukan secara bertahap. Ambil contoh kalian tidak bisa berenang, jangan langsung coba hadapi dengan melompat di kolam sedalam 10 meter. Hadapi secara perlahan dengan masuk ke kolam yang lebih dangkal. Setelah berhasil mengatasi ketakutan terhadap air, barulah naik tingkat ke kolam yang lebih dalam dan begitu seterusnya.

4. Cari Hal Yang Bisa Membuat Kamu Yakin Dengan Diri Sendiri

good things

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa setiap manusia itu unik. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ada yang mau berjuang untuk bisa menandingi orang lain itu terserah orangnya. Namun yang bagi yang sadar diri bahwa itu adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, lebih baik hentikan dan coba gali apa yang menjadi kelebihan diri sendiri.

Orang seringkali lupa dengan hal ini. Mereka lebih sering berusaha untuk bisa menyaingi kelebihan orang lain. Tidak salah memang, tapi perlu disadari juga bahwa di dalam diri sendiri pasti ada satu kelebihan tersembunyi yang perlu untuk digali. Dengan menggali kelebihan diri sendiri dan melakukannya, selain kalian bisa menjadi beda, kepercayaan diri kalian juga akan bisa bangkit.

3. Berdamai Dengan Kelemahan Diri

accept limitations

Tidak sedikit orang yang tidak percaya diri selalu menyalahkan diri atas kekurangan yang mereka miliki. Bagi kalian yang sudah berusaha keras untuk memperbaiki kekurangan diri tapi masih gagal, kalian sama sekali tidak berhak untuk melakukan hal tersebut. Terus menerus menyalahkan diri hanya akan membuat kalian semakin terperosok dalam lembah penyelasan.

Ada baiknya kalian mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri. Akui saja memang kalian lemah dalam suatu hal yang menyebabkan kalian mendapatkan hujan kritik. Kalau memang sudah berusaha keras untuk memperbaiki dan masih gagal, lebih baik lupakan kegagaln itu. Mulai saja hal yang baru dengan melakukan hal yang kalian mampu. Buktikan pada orang bahwa kalian itu memiliki kelebihan di bidang lain.

2. Cari Kelebihan Diri

kelebihan

Setiap orang yang lahir di dunia pasti memiliki kelebihan. Sadari hal tersebut dan coba gali apa yang menjadi kelebihan kita. Hal ini yang harus ditekankan dalam benak orang-orang yang memiliki percaya diri rendah. Jangan mau kalian terus menerus dikritik dan diremehkan oleh lingkungan sekitar. Segera cari kelebihan apa yang ada dalam diri kalian.

Daripada mengikuti arus dengan coba bersaing dengan orang lain dengan harapan bisa menyaingi atau bisa menandingi orang tersebut demi bisa mendapatkan pengakuan orang lain, lebih baik tampil beda. Mengutip dari apa yang pernah Pandji Pragiwaksono ucapkan bahwa, "Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik". Orang tidak akan melirik kalian apabila hanya sekedar sedikit lebih baik karena mereka akan terus menerus membandingkan. Lebih baik lakukan saja apa kelebihan kalian yang pastinya akan berbeda kelebihan kamu dengan orang lain. Toh orang akan mulai mengakui kalian.

1. Baik Pada Diri Sendiri

good to yourself

Rasa percaya diri rendah membuat orang menjadi membenci diri sendiri. Kenapa dirinya tidak bisa menjadi seperti orang itu yang jago dalam hal itu. Semakin dipikirkan dan dipendam malah akan memunculkan rasa stres. Kita tidak bisa mengontrol pikiran orang, mereka mau mengkritik siapa, dan membandingkan orang yang satu dengan yang lain. Itu bebas dilakukan.

Lupakan saja orang seperti, mulailah cintai diri sendiri. Tidak perlu memikirkan orang apa pikiran orang lain. Dengan catatan bahwa kalian memang telah berusaha keras untuk merubah apa yang menjadi kekurangan kalian. Karena ada orang yang tidak mau tahu dan tidak perduli dengan seberapa keras apa yang telah kita lakukan untuk bisa mengurangi kelemahan diri dan terus saja membandingkan dan mengkritik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas