home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Interview Kerj...
15 Desember 2019 02:09

10 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Interview Kerja

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada November 18, 2019

Interview atau wawancara kerja menjadi momen penting dimana perusahaan akan menilai apakah seseorang pantas bekerja di perusahaan atau tidak. Selama wawancara, pihak perusahaan yang biasanya HRD akan memberikan sejumlah pertanyaan penting pada calon karyawannya. Mereka juga tidak hanya menilai jawaban, tapi juga sikap kita selama wawancara apakah baik atau tidak. Nah, banyak calon karyawan yang gagal dalam tahap ini karena kurangnya persiapan. Apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti wawancara kerja?

10. Salam

greetings

Salam, menjadi salah satu hal krusial namun banyak sekali orang lupa mengucapkan salam pada saat hendak wawancara. Dimana pun, kita selalu diajarkan untuk mengucapkan salam oleh orang tua dan guru. Hal tersebut seharusnya tidak dilupakan sampai kita dewasa, apalagi saat menghadapi momen penting seperti ini.

Perlu diingat bahwa momen kita masuk ke dalam ruangan interview, semua tindak-tanduk kita langsung dinilai oleh para staff perusahaan. Apakah orang ini sopan atau tidak, ramah atau tidak. Maka dari itu jangan lupa untuk memberi senyum, mengulurkan tangan, dan mengucapkan salam. Selamat pagi, siang, atau sore, tergantung jam berapa kalian masuk ruangan.

9. Mempersiapkan Jawaban

answer

Yang namanya wawancara, para staff perusahaan terutama HRD akan menghujani para calon karyawannya dengan sejumlah pertanyaan. Meski para pewawancara memberikan pertanyaan dengan raut muka yang santai dan penuh senyum, ini dilakukan agar para calon karyawan tidak merasa tegang sama sekali. Namun bukan berarti ini bisa membuat kalian lengah.

Para calon karyawan yang menjalani interview kerja wajib untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh para pewawancara. Usahakan jawab pertanyaan yang diberikan dengan suara jelas, cepat, dan tepat. Ini bisa menentukan seberapa pantaskah kalian untuk bekerja di perusahaan. Untuk yang masih awam, jangan malu untuk bertanya pada mereka yang sudah sering melakukan interview kerja. Pertanyaan apa yang seringkali diberikan dan jawaban seperti apa yang harus diberikan.

8. Visi dan Misi

visi misi

Sebagai calon karyawan yang hendak menghadapi wawancara kerja, kita tidak bisa santai-santai. Terlalu santai bisa membuat kita melewatkan kesempatan untuk bekerja di suatu perusahaan. Penting bagi kita untuk mempersiapkan segala hal sebelum wawancara. Seperti salah satunya adalah visi misi.

Visi misi yang disiapkan bukan hanya dari kita saja, tapi juga visi misi perusahaan. Kita perlu menyiapkan visi misi yang nanti apabila ditanya, kita bisa menjawabnya dengan cepat. Visi misi perusahaan perlu dicari tahu juga untuk bisa disesuaikan apakah cocok dengan visi misi kita. Apabila dari visi misi kalian saja tidak cocok, akan sangat sulit kalian bisa diterima. Pilihannya antara kalian mengubah visi misi agar sesuai dengan perusahaan tempat kalian melamar atau mencari perusahaan lain.

7. Makan

eat

Tidak ada interview yang dilakukan secara dadakan. Pasti pihak perusahaan akan merencanakan interview pekerjaan beberapa hari setelah kontak terakhir dilakukan. Hal ini bisa dipersiapkan untuk para calon karyawan untuk beristirahat, latihan, dan mencari informasi seputar perusahaan tempat ingin melamar kerja.

Di hari H interview, setelah cukup istirahat jangan lupa untuk mengisi perut. Mengisi perut dengan makanan penting untuk sumber tenaga. Lagipula, ketika kita sampai di perusahaan, belum tentu juga kita akan langsung dipanggil. Bila ada calon karyawan lain yang hendak di interview, ada kemungkinan kita untuk menunggu giliran. Kalau tidak makan dan harus menunggu lama, bisa-bisa pas wawancara nanti kita akan lapar, lemas, dan sulit konsentrasi.

6. Istirahat Cukup

sleep

Tidak ada hal lain yang bisa mengalahkan pentingnya istirahat. Istirahat bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh dari segala kelelahan yang telah kalian dapat setelah seharian beraktivitas. Tidak hanya, istirahatkan juga bisa melepaskan sejumlah stres yang menumpuk di kepala. Jadi, ketika bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan.

Interview itu cukup menguras tenaga dan pikiran. Wajar jika kalian merasa tegang sehari sebelum interview. Sedikit mempelajari informasi dari perusahaan dan latihan berbicara kerap kali dilakukan sampai tengah malam. Tapi jangan lupa, sekeras apapun kalian belajar dan latihan, tanpa disertai istirahat yang cukup akan percuma. Tubuh akan lelah, tak bertenaga, mata sayup, dan pikiran jadi sulit fokus apabila kurang beristirahat.

5. Tepat Waktu

ontime

Entah kenapa selalu sulit untuk menerapkan hal-hal yang berbau positif di Indonesia. Kita ambil saja salah satunya adalah tepat waktu. Coba kalian hitung, di antara teman kalian, berapa banyak yang kalau janjian di suatu tempat selalu datang tepat waktu. Pastinya ada saja satu atau dua orang yang datangnya ngaret. Alasannya selalu ada saja.

Mungkin kalau antar teman, ngaret adalah hal yang biasa. Tapi jangan pernah kalian ngaret saat hendak melakukan interview. Semua aspek akan dinilai oleh para pewawancara. Kalau kalian sudah datang terlambat, kalian sudah membuat impresi yang buruk di awal. Akan sangat sulit bagi kalian untuk terpilih apabila dari awal saja sudah meragukan.

4. Pakaian

clothes

Setiap acara memerlukan fashion atau busana yang pas. Tidak mungkin kalian melayat dengan menggunakan pakaian pesta bukan? Sama halnya seperti kalian yang hendak melakukan wawancara kerja. Tidak bisa kalian mengenakan pakaian casual seperti sehari-hari. Bisa-bisa baru sampai depan kantor, kalian sudah disuruh pulang oleh security.

Makanya, di malam harinya pastikan kalian sudah memilah-milih pakaian mana yang sebaiknya dipakai untuk interview. Wajib aturannya untuk mengenakan pakaian formal yang sopan. Kemeja, celana panjang, sepatu bagi pria. Untuk wanita mengenakan blouse, rok, dan sepatu flat/heels. Pakaian yang rapi juga menentukan nilai kamu di mata para interviewer.

3. Pengetahuan Tentang Perusahaan

reading

Interview pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Yang sudah mempersiapkan diri saja terkadang masih sering merasa tegang dan kesulitan menghadapi para pewawancara. Para calon karyawan yang melamar pekerjaan, sudah seharusnya mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum diwawancara. Termasuk salah satunya adalah banyak belajar.

Apa sih yang perlu dipelajari? Semua perusahaan pasti punya sejarah, visi, dan misi, hal inilah yang perlu kalian pelajari. Tidak sedikit calon karyawan yang gagal di tahap wawancara karena tidak tahu sejarah dari perusahaan tersebut serta visi dan misinya. Luangkan waktu sehari atau dua hari untuk mencari tahu via online atau karyawan yang bekerja di perusahaan yang terkait.

2. Pertanyaan Untuk HRD

ask questions

Tidak selalu HRD dan petinggi perusahaan yang terus menerus menghujani pertanyaan pada calon karyawannya. Pada saat wawancara kerja, ada juga saat dimana calon karyawan diberi kesempatan bertanya pada pihak perusahaan. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mencari informasi seputar perusahaan tempat kalian ingin kerja.

Beberapa pertanyaan yang mungkin bisa kalian pertanyakan seperti gaji, sistem kerja kantor, dan juga apa saja yang dilarang/boleh dilakukan ketika di kantor. Dengan melontarkan sejumlah pertanyaan pada pewawancara, ini menandakan bahwa kalian ini memiliki minat dan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap perusahaan.

1. CV/Resume

resume

Sebelum interview kerja dilakukan, tentunya setiap calon karyawan akan mengirimkan CV/resume pada pihak perusahaan. Bila CV/resume kita dinilai menarik, barulah pihak perusahaan akan mengontak kita untuk menentukan jadwal interview. Meski sudah mengirimkan CV/resume, bukan berarti kalian bebas begitu saja melenggang ke perusahaan dan melakukan interview.

Wajib hukumnya bagi calon karyawan untuk menyertakan kopi atau salinan CV/resume. Hal ini dilakukan sebagai alat berjaga-jaga. Siapa tahu saja yang menginterview kembali meminta CV/resume untuk dibaca ulang. Atau bisa juga memang ada pewawancara yang ingin mengetes apa calon karyawannya sudah menyiapkan persiapan cadangan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas