home -> Lainnya -> 10 Negara Selain Indonesia Yang Pernah Dijajah Bel...
13 November 2019 18:57

10 Negara Selain Indonesia Yang Pernah Dijajah Belanda

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 31, 2019

Perdebatan mengenai berapa lama Belanda menjajah Indonesia tidak akan pernah usai. Ada yang bilang kita dijajah Belanda selama 3,5 abad, ada juga yang mengatakan bahwa kita dijajah selama 17 tahun. Mana yang benar, kalau menurut segi hukum dan sejarah kolonial, maka yang benar adalah 17 tahun. Tapi kita tidak akan memperdebatkan hal tersebut. Yang akan dibahas berikut ini adalah sejumlah negara yang juga pernah dijajah oleh Belanda, kecuali Indonesia. Mana sajakah negara tersebut?

10. Hirado

hirado

Siapa sangka bahwa Jepang juga pernah menjadi negara jajahan Belanda. Namun, pemerintah Jepang juga pintar, mereka tidak mau wilayah penting Jepang dikuasai oleh Belanda. Jadi, Jepang hanya mengizinkan Belanda untuk menguasai Pulau Hirado (Nagasaki). Di Hirado, Belanda menguasai kota Dejima.

Tentu ada alasan kenapa Belanda mau saja diberikan kuasa untuk menguasai Dejima. Dejima adalah salah satu kota yang sangat ramai oleh para pedagang. Belanda menguasai kota Dejima dari tahun 1641 sampai 1853. Selama itu, hanya Belanda saja yang menjadi orang Eropa yang berhak masuk ke wilayah Jepang. Dejima ini menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari Cina dan Korea.

9. India

india

Vasco Da Gama memang menjadi orang pertama dari Portugis yang berhasil menginjakan kaki di India pada tahun 1497. Namun negara yang menjajah India bukanlah Portugis melainkan Belanda. Belanda mulai menguasai India mulai tahun 1605 sampai 1825. Di selang waktu tersebut, Belanda sempat melebarkan kekuasaannya sampai ke wilayah Ceylon (Sri Lanka).

Di India, Belanda menguasai 2 kota penting yang dijadikan kota perdagangan yaitu Suratte dan Bengal. Kedua kota tersebut dikuasai Belanda pada tahun 1616 dan 1627. Selain memonopoli perdagangan di India, Belanda juga membangun sebuah pabrik di Masaulipatam di Andhra Pradesh pada tahun pertama dimana Belanda mulai menjajah India.

8. Vietnam

vietnam

Di zaman dulu, Vietnam merupakan negara yang terkenal sebagai produsen kain sutra. Hal ini masih berlangsung hingga sekarang ini. Inilah yang menjadi alasan Belanda ingin menguasai Vietnam dan memonopoli dagang di Vietnam. Adalah kota Hanoi yang dimanfaatkan sebagai kota pusat dagang. Banyak pedagang dari Asia dan Eropa yang bertemu di kota ini.

Belanda membawa persekutuan dagangnya, Dutch East India Company ke Vietnam. Tahun 1636 sampai 1699 menjadi masa suram dari Vietnam dijajah oleh Belanda. Untuk mengawasi kegiatan monopoli ini, Belanda menugaskan seorang pengawas untuk mengontrol semua kegiatan. Ini dilakukan agar Belanda mendapatkan profit yang penuh.

7. Brazil

brazil

Sebelum Belanda, Portugis telah lebih dahulu menguasai Brazil. Salah satu kota di Brazil yakni Salvador menjadi pusat perdagangan Portugis. Semua berjalan lancar hingga di tahun 1624, bangsa Belanda berhasil menangkap dan menahan kota Salvador. Setelah setahun menahan Salvador, Portugis pun menyerah pada Belanda.

Setelah berhasil mengusir Portugis, Belanda membawa persekutuan dagangnya yaitu Dutch West Indies Company. Persekutuan dagang inilah yang menguasai sejumlah wilayah strategis di Brazil. Mulai dari Sergipe sampai Maranhao yang nanti diganti nama jadi New Holland. Belanda menguasai Brazil dari tahun 1630 sampai 1654.

6. Cape of Good Hope

cape of good hope

Cape of Good Hope adalah sebuah wilayah berbatu yang ada di pantai Atlantik di Afrika Selatan. Bagi orang lain, wilayah ini mungkin dianggap sebagai wilayah yang tidak berguna, makanya tidak ada yang mau mendudukinya. Namun Belanda memiliki pemikiran lain. Oleh mereka, Cape of Good Hope dijadikan sebagai tempat untuk mengisi bahan bakar.

Tahun 1652, Dutch East India Company mendirikan tempat pengisian bahan bakar di Cape of Good Hope. Orang yang bertanggung jawab kala itu adalah Jan van Roebeeck yang berkuasa dari 1619 sampai 1677. Karena pasti kapal butuh bahan bakar, bila dibangun stasiun pengisian bahan bakar, area yang tadinya sepi bisa menjadi ramai dan membuka peluang untuk terjadi perdagangan. Namun daerah tersebut dikuasai oleh bangsa Inggris di tahun 1797.

5. Dutch Guaiana (Guianas)

Dutch Guiana

Mereka yang tergabung dalam Guianas adalah Venezuela, Guyana, Suriname, French Guyana, dan Amapa. Kelima wilayah ini berhasil dikuasai sepenuhnya oleh Belanda. Tahun 1600an, banyak orang Eropa berduyun-duyun menginvasi Amerika Selatan. Namun Belanda lah yang tercepat berhasil mengklaim Guianas.

Belanda memanfaatkan Guinas untuk dijadikan area perdagangan. Ini disebabkan karena wilayah mereka yang sangat strategis, banyak kapal dagang berhenti disana untuk melakukan jual beli. Selain Guianas, Belanda masih berusaha menguasai daerah lain seperti Essequibo, Berbice, dan Demerara. Era penjajahan Belanda usai setelah bangsa Inggris masuk ke Guianas di akhir abad 18. Belanda melepas Guianas pada bangsa Inggris pada tahun 1814.

4. Malacca

malacca

Malaka atau Melaka juga tak luput dari penjajahan Belanda. Alasan Belanda menjajah Melaka sama seperti Indonesia. Melaka juga wilayah yang sangat kaya akan rempah-rempah. Awalnya Belanda datang pada tahun 1602 dengan tujuan baik yakni mencari rempah-rempah. Lama-lama kelamaan, muncul niat jahat Belanda untuk memonopoli.

Resminya, Belanda mulai menjajah Melaka pada tahun 1641. Di tahun 1826 era penjajahan Belanda digantikan oleh Inggris. Selama dijajah Belanda, beberapa area penting berhasil dikuasai seperti Johor, Selangor, Perak, Trengganu, dan Pahang. Begitu Inggris berhasil mengalahkan Belanda, semua markas Belanda diratakan dengan tanah.

3. Formosa (Taiwan)

formosa

Belanda tidak perduli seberapa besar atau kecil suatu wilayah. Selama wilayah itu menghasilkan sesuatu yang menguntungkan, Belanda pasti akan berusaha untuk menguasainya. Taiwan adalah salah negara yang sempat menjadi korban penjajahan Belanda. Tapi dulu Taiwan tidak dikenal dengan nama yang sekarang melainkan Formosa.

Di Formosa, Belanda sempat membangun sebuah markas yang dinamakan Fort Zeelandia. Markas tersebut bertahan dari tahun 1624 sampai 1662. Alasan Belanda mau menjajah Formosa karena negara tersebut menjadi negara penghasil tebu dan kulit rusa. Formosa juga dijadikan negara tempat perdagangan antara Belanda dengan Cina.

2. Ceylon (Sri Lanka)

Ceylon

Sebelum bernama Sri Lanka, dulunya negara ini bernama Ceylon. Sri Lanka atau Ceylon menjadi negara ke sekian yang berhasil diduduki oleh Belanda. Namun Belanda tidak serta merta datang dan langsung menjajah Sri Lanka. Sebelum kedatangan Belanda, Sri Lanka sudah lebih dulu berada di bawah kekuasaan bangsa Portugis.

Belanda pertama kali tiba di Sri Lanka pada tahun 1602. Di antara tahun 1636 sampai 1658, Belanda berperang melawan Portugis dan berhasil mengusir Portugis dari Sri Lanka. Ketika Belanda menguasai Sri Lanka, Belanda menguasai negara ini untuk dijadikan sebagai tempat berdagang. Belanda tidak tertarik sama sekali dengan penyebaran agama di Sri Lanka. Di tahun 1976, era penjajahan Belanda usai setelah Inggris datang dan menguasai Sri Lanka.

1. New Amsterdam (New York)

new york

Lain sekarang, lain dulu. Sekarang Amerika boleh menjadi negara adi kuasa nomor satu di dunia. Tapi dulu Amerika pernah menjadi salah satu negara jajahan Belanda. Bermula dari perdagangan yang terjadi antara Belanda dengan beberapa pedagang luar pada tahun 1615. Perdagangan terjadi di Fort Nassau, Bahama. Disana, pedagang Belanda lebih sering melakukan perdagangan bulu binatang dengan orang asli Amerika.

Tidak hanya berdagang, sejumlah orang Belanda juga membuat koloni baru di Amerika dan menyebutnya dengan New Netherland. Koloni baru ini merupakan para pedagang Belanda yang pergi dari Belanda karena masalah pajak. Pajak yang sangat tinggi Belanda membuat para pedagang enggan tinggal di negara mereka sendiri dan memutuskan untuk tinggal di Amerika.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas