home -> Entertainment -> 10 Film Yang Diadaptasi Dari Novel Seram Stephen K...
13 November 2019 19:56

10 Film Yang Diadaptasi Dari Novel Seram Stephen King

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada October 30, 2019

Kalian tidak bisa dianggap penggemar film horror bila tidak mengenal sosok Stephen King. Stephen King adalah seorang penulis novel horror terkenal di dunia. Beberapa karya tulisnya ada yang diangkat ke layar lebar dan sukses masuk box office. Sebutlah film IT, The Shining, Carrie, tiga film tersebut adalah sebagian kecil dari sekian banyak novel Stephen King yang diangkat menjadi film. Berikutnya, TahuPedia akan membahas film-film mana saja yang diadaptasi dari novel seram Stephen King.

10. Creepshow 1982

Creepshow

Hebatnya Stephen King, ia bukan hanya jago bermain dengan rasa takut manusia tapi juga menggabungkannya dengan sedikit unsur komedi. King menerbitkan komik Creepshow pada tahun 1982. Dan di tahun yang sama pula, film Creepshow tayang. Film tersebut bekerja sama antara sang novelis, Stephen King dan sutradara George A. Romero.

Di dalam film Creepshow terdiri dari 5 cerita pendek namun mengerikan yang terkandung dalam satu fitur panjang. Ceritanya diambil dari cerita hantu tradisional dan malapetaka. Di salah satu cerita mengisahkan seekor monster yang kabur dari penjaranya. Cerita lainnya adalah seorang suami yang berusaha kembali pada istrinya yang selingkuh. Cerita ketiga berkisah tentang seorang pria dan temannya dari luar angkasa. Dan cerita seorang pemilik rumah yang memiliki masalah dengan serangga dan minuman keras.

9. Cujo 1983

Cujo

Apa yang terjadi jika kalian yang masih anak-anak, terjebak dalam sebuah mobil yang di luarnya diteror oleh anjing besar yang galak. Mau kabur menggunakan mobil tidak bisa karena mobilnya rusak, mau keluar dari mobil akan digigit oleh si anjing. Inilah tema cerita dari film Cujo yang juga diambil dari versi buku Stephen King.

Cujo adalah anjing jenis St. Bernard yang sebenarnya sangat lucu. Namun ketika ada seekor kelelawar menggigit si anjing, anjing tersebut perangainya berubah dari yang manis menjadi brutal. Inilah yang terjadi dengan anjing jenis St. Bernard bernama Cujo. Cujo yang berubah menjadi ganas kemudian meneror siapapun yang ia temui.

8. Pet Sematary 1989

pet sematary

Ada begitu banyak novel horror yang tercipta dari Stephen King. Banyak juga yang diantaranya sangat menarik hingga pas untuk dibuat versi filmnya. Salah satunya adalah Pet Sematary. Stephen King menulis buku Pet Sematary dan menerbitkannya di tahun 1983. Karena ceritanya yang menarik, Pet Sematary berhasil masuk nominasi World Fantasy Award untuk kategori best novel di tahun 1986.

Kegemilangan buku Pet Sematary ini yang kemudian dicoba divisualisasikan dalam bentuk film di tahun 1989 dan 2019. Pet Sematary menceritakan sebuah area tanah yang memiliki kekuatan untuk membangkitkan mereka yang telah mati. Namun, orang yang bangkit bukanlah orang yang sama seperti yang sebelumnya kita kenal. Yang bangkit justru adalah sosok monster pembunuh haus darah yang dibalut dengan tubuh orang yang kita kenal yang kita kuburkan di tanah tersebut.

7. It 1990

It

Rajanya horror, itulah julukan yang diberikan orang-orang untuk Stephen King. Semua novel buatan King selalu dapat membawa mimpi buruk bagi anak-anak. Salah satunya adalah novel dengan judul IT. Novel ini sukses membuat anak kecil hingga dewasa begitu takut dengan badut. Padahal, siapa sih orang yang bisa dengan sosok lucu penuh dan warna seperti badut. Dengan imjanisasi King dan tangannya, ia berhasil mengubah sosok badut yang lucu menjadi sosok yang menyeramkan.

Di tahun 1986, Stephen King menerbitkan novelnya yang berjudul IT. IT sendiri merupakan sosok yang dipercaya dari luar angkasa yang turun ke Bumi dan suka memangsa anak kecil. Ia sanggup berubah wujud menjadi bentuk apa saja tergantung dari ketakutan seseorang. IT dibuat menjadi serial dan film layar lebar di tahun 1990. Sukses IT inilah yang membuatnya diremake kembali pada tahun 2017 dan kelanjutannya pada tahun 2019.

6. The Shawshank Redemption 1994

The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption yang tayang di tahun 1994 adalah film yang diadaptasi dari buku karya Stephen King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption. Buku tersebut rilis lebih dulu di tahun 1982. King sendiri mengatakan bahwa cerita ini mengambil dari cerita pendek karya Leo Tolstoy yang berjudul God Sees the Truth, But Waits.

Dari buku tersebut, dibuatlah film dengan judul The Shawshank Redemption. Ceritanya tentang seorang pria yang dijatuhi hukuman penjara atas kasus pembunuhan istrinya. Padahal nyatanya bukan dia pembunuhnya, tapi tidak ada saksi lain yang bisa membela. Selama dipenjara, pria tersebut berteman dengan seorang tahanan. Di penjara, ia harus beradaptasi dengan kehidupan penjara yang sangat keras.

5. The Dead Zone 1983

The Dead Zone

Tahun 1979 merupakan tahun dimana rilisnya novel Stephen King dengan judul The Dead Zone. Cerita dari novel ini mendapatkan apresiasi tinggi oleh para pembaca dan membuat sejumlah pihak ingin membuatnya menjadi sebuah film. Alhasil, film The Dead Zone berhasil dibuat dan tayang di bioksop pada tahun 1983.

Seperti film-film lainnya, film The Dead Zone ceritanya diambil persis dari novel. Ceritanya adalah tentang seorang pria yang terbangun dari koma setelah mengalami kecelakaan. Setelah bangun dari koma, ia sadar bahwa dirinya memiliki kekuatan psikis. Dari sinilah masalah baru terus bermunculan dan sang pria harus menemukan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut atau nyawanya terancam.

4. Misery 1990

Misery

Lanjut ke film dengan judul Misery. Film yang tayang pada tahun 1990 ini juga merupakan film yang ceritanya diambil dari novel misteri karya Stephen King yang terbit di tahun 1987 dengan judul yang sama. Dengan cerita seram dari buku Stephen King dan pemilihan artis yang tepat, film Misery sukses membuat penonton gemetar sepanjang film diputar.

Film Misery diperankan oleh 2 artis bernama Kathy Bates dan James Caan. Kedua artis ini secara mengejutkan dapat memerankan karakter mereka dengan sangat baik. Terkhusus untuk Kathy Bates, ia sampai memenangkan Academy Award atas perannya sebagai Annie Wilkes. Misery menceritakan kisah seorang novelis Paul Sheldon (James Caan) yang mengalami kecelakaan mobil dan dirawat oleh mantan suster Annie Wilkes (Kathy Bates). Wilkes berubah dari perawat baik menjadi sadis begitu tahu bahwa karakter favoritnya dalam novel ciptaan Sheldon akan dibuat mati. Ia pun melakukan tindakan sadis pada Sheldon akibat ketidaksukaannya tersebut.

3. The Mist 2007

the mist

Berbicara tentang novel Stephen King tidak akan pernah lepas dari sosok mengerikan yang entah darimana asalnya. Di tahun 1980, Stephen berkreasi dengan monster mengerikan yang bisa menakuti manusia dan menuangkannya ke dalam sebuah novel yang diberi judul The Mist. Dari novel inilah yang kemudian dibuatkan filmnya pada tahun 2007.

The Mist menceritakan bagaimana sekelompok orang yang tengah berada di sebuah kota, kemudian terpaksa terjebak di dalam sebuah mini market karena sebuah kabut tebal yang menyelimuti kota. Di balik kabut tebal tersebut menyembunyikan banyak sekali sosok monster mengerikan yang menyerang manusia. Film The Mist ini dipenuhi dengan adegan mengagetkan disertai cerita mengerikan yang dicampur dengan supernatural dan ketakutan manusia.

2. Carrie 1976

Carrie

Bullying adalah suatu tindakan yang tidak boleh dilakukan. Efek buruk bisa diperoleh bagi korban bully. Stres, trauma, dendam, dan lain sebagainya bisa muncul. Inilah yang coba diaplikasikan Stephen King ke dalam novel dengan judul Carrie. Bagaimana sebuah tindakan bullying pada orang yang salah, bisa menyebabkan masalah besar contohnya kematian, kematian pada semua orang pelaku bullying.

Dari novel dengan judul Carrie mengisahkan seorang remaja perempuan bernama Carrie yang mendapatkan siksaan selama hidupnya oleh sang ibu. Di rumah disiksa oleh ibu, di sekolah pun ia dibully oleh teman-temannya. Hingga sampai suatu ketika di acara prom, Carrie mencapai titik kesabarannya. Disiram darah babi oleh teman sekelasnya membuat kekuatan tersembunyi dari dalam diri Carrie keluar. Ia pun balik membunuh teman-teman yang pernah membullynya. Dari novel tersebut kemudian diangkat ke versi layar lebarnya pada tahun 1976.

1. The Shining 1980

the shining

Kalau berbicara tentang film seram, sudah pasti The Shining harus masuk. Diyakini oleh banyak orang bahwa The Shining adalah film horror paling seram yang diangkat dari novel karya Stephen King. Dengan arahan sutradara Stanley Kubrick dan aktor sekelas Jack Nicholson, The Shining menjadi film horror legendaris yang bahkan sampai sekarang masih banyak orang yang membicarakannya.

Untuk novelnya sendiri, Stephen King merilis novel The Shining pada tahun 1977. Selang 3 tahun kemudian, novel tersebut dibuatkan versi filmnya dengan arahan sutradara Stanley Kubrick. The Shining bercerita tentang seorang penulis yang mengalami kebuntuan dan memutuskan untuk melakukan liburan bersama istri dan seorang anak. Liburan yang diharapkan menjadi penyegar malah berubah mencekam dimana sang penulis berubah menjadi seorang yang sadis dan meneror istri serta anaknya sendiri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas