home -> Entertainment -> 10 Adegan Dalam Film Yang Ternyata Tidak Direncana...
13 November 2019 18:57

10 Adegan Dalam Film Yang Ternyata Tidak Direncanakan

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada October 29, 2019

Sebelum syuting, aktor dan aktris terlebih dahulu diberikan naskah yang berisikan apa saja yang harus dilakukan dalam satu adegan. Apa yang harus dibicarakan, seperti apa bahasa tubuh, ekspresi, timing, dan lain sebagainya. Naskah film disini bisa jadi sebagai patokan atau aturan yang harus diikuti. Kalau sampai salah melakukan, sutradara akan menghentikan adegan tersebut dan aktor serta artis yang terlibat harus mengulang adegan kembali. Namun, ternyata ada momen dimana artis melakukan satu-dua improvisasi agar adegan tersebut bisa lebih hidup. Hasilnya ternyata memuaskan. Inilah beberapa momen dimana para aktris dan aktor melakukan improvisasi di luar naskah film.

10. Tom Felton, Harry Potter and the Chamber of Secrets

Harry Potter and the Chamber of Secrets

Memang sudah seharusnya seorang aktor atau aktris mengatakan apa yang sudah ditulis dalam teks. Namun ada momen dimana mereka lupa, dan bila tak sanggup melanjutkan maka akan dicut oleh sutradara dan adegan diulang kembali. Namun yang terjadi dengan Tom Felton berbeda. Meski ia lupa dialog, ia bisa dengan cepat memikirkan kata lain dan karena dianggap lucu, sutradara tidak memotong adegan tersebut.

Adegan tersebut terjadi ketika Tom Felton bermain dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets. Tom yang berperan sebagai Draco Malfor lupa dialog yang harus ia katakan. Tanpa berpikir lama, ia langsung spontan mengucapkan kalimat lain yang ada di luar naskah. Ternyata sutradara menganggap bahwa kalimat yang dilontarkan Tom lebih bagus daripada yang ada di dialog.

9. Heath Ledger, The Dark Knight

The Dark Knight

Mendiang Heath Ledger adalah aktor yang luar biasa. Dirinya berhasil mendapatkan penghargaan Oscar atas perannya yang mengesankan dalam memerankan karakter Joker di film The Dark Knight. Bahkan sutradara The Dark Knight, Christopher Nolan beserta kru dan artis lainnya turut memberikan pujian pada Ledger.

Dalam mendalami perannya, Ledger benar-benar totalitas. Di beberapa adegan, Ledger sampai melakukan tindakan spontan yang dimana tidak ada dalam skip dialog. Salah satu yang populer adalah adegan dimana Joker meledakan rumah sakit. Bom seharusnya langsung meledak ketika Joker menekan tombol pemicu. Adanya kesalahan membuat bom meledak sedikit telat. Ledger secara spontan berkreasi sendiri dengan gaya Jokernya dan membuat adegan gagal tersebut menjadi luar biasa.

8. Ludacris, Fast & Furious 6

Fast & Furious 6

Franchise Fast Furious sangat laris, ini terbukti dengan dirilisnya Fast Furious pertama pada tahun 2001, hingga sekarang total sudah ada 11 film Fast Furious. Dan rencananya film tersebut akan masih terus dilanjut sampai beberapa tahun mendatang. Namun yang akan dibahas kali ini adalah Fast & Furious 6 yang tayang di tahun 2013.

Di adegan akhir film, ada acara makan bersama di rumah Dominic Toretto. Disini ada adegan lucu dimana Ludacris dan Tyrese Gibson mengejek Dwayne Johnson. Tyrese memulainya lelucon terlebih dahulu yang kemudian dibalas oleh Dwayne. Karena lelucon yang terlalu lucu membuat Ludacris yang sedang minum langsung tersedak dan menyembur air. Adegan Ludacris tersedak dan menyembur tersebut benar-benar murni spontanitas.

7. Jack Nicholson, The Shining

The Shining

Novel karya Stephen King memang bisa membuat orang mendapatkan mimpi buruk. Tak heran banyak novelnya yang kemudian diangkat ke versi layar lebarnya. Adalah The Shining novel seram karya Stephen King yang diangkat ke versi filmnya. Film tersebut tayang pada tahun 1980 dan menjadi film horror psikologi sukses pada tahun itu.

Jack Nicholson adalah aktor yang mendapatkan kehormatan menjadi pemeran utama bernama Jack Torrance. Nicholson memang sudah dikenal akan kreatifitasnya dan totalitasnya dalam bermain peran. Dan kali ini ia kembali menunjukan kapabilitasnya sebagai aktor Hollywood. Di suatu adegan dimana Nicholson mendobrak pintu dengan kapak, ia menyelipkan wajahnya sembari memasang wajah mengerikan di sela-sela lubang. Tanpa diduga, Nicholson menambah kalimatnya sendiri disertai tawa mengerikan yang sama sekali tidak ada dalam naskah.

6. Hugh Jackman, X-Men: First Class

X-Men: First Class

X-Men menjadi salah satu komik superhero Marvel yang hak menciptakan filmnya berada di tangan Fox. Namun pada tahun 2017, Disney secara mengejutkan mengakusisi 20th Century Fox dan film-film yang berada dalam Fox, berpindah ke Disney. Namun pada tahun 2011, X-Men masih berada dalam naungan Fox.

Di X-Men: First Class, ada adegan dimana Profesor X yang diperankan oleh James McAvoy dan Michael Fassbender yang berperan sebagai Magneto, bertemu dengan Wolverine (Hugh Jackman) di sebuah bar. Profesor X dan Magneto berusaha membujuk Wolverine untuk ikut bergabung dengan X-Men namun ditolak mentah-mentah oleh Wolverine. Di film, Wolverine menolak ajakan tersebut dengan mencucapkan kalimat "go fuck yourself". Sementara yang sebenarnya tertulis di dialog adalah "fuck off".

5. Gene Wilder, Willy Wonka & the Chocolate Factory

Willy Wonka & the Chocolate Factory

Ada 2 versi film Willy Wonka & the Chocolate Factory. Pertama adalah versi Gene Wilder yang rilis di tahun 1971 dan satunya adalah versi Johnny Depp di tahun 2005 dengan judul Charlie and the Chocolate Factory. Depp memainkan karakter Willy Wonka dengan sangat baik, begitu juga dengan Gene Wilder. Wilder sampai melakukan adegan dimana tidak ada sama sekali dalam rencana sutradara.

Di filmnya, tidak ada orang yang pernah melihat sosok Willy Wonka selama beberapa tahun. Lalu, Willy Wonka yang diperankan oleh Gene Wilder memutuskan untuk keluar dari pabrik. Wilder berpikir, jika keluar seperti biasa akan terasa datar. Maka ia memutuskan untuk berpura-pura jatuh, berguling ke depan, lalu melompat.

4. Anthony Hopkins, The Silence of The Lambs

The Silence of The Lambs

Ada banyak aktor Hollywood berbakat yang punya caranya sendiri dalam memainkan karakter dan berkreasi dengan caranya sendiri. Anthony Hopkins adalah satu dari sekian banyak aktor tersebut. Keahliannya dalam masuk ke dalam sebuah karakter dan bereksperimen dengan karakter tersebut sesuai gayanya, diwujudkan ketika bermain dalam film The Silence of The Lambs sebagai Hannibal Leceter, sosok psikopat dan juga kanibal.

Baik Anthony Hopkins dan filmnya, berhasil membuat penonton berdecak kagum. Ada sebuah adegan dimana Hopkins melakukan hal yang tidak ada dalam teks. Dalam sebuah adegan makan malam, Hopkins diarahkan untuk makan dan mengucapkan kalimat "fava beans, and a nice chianti". Dirasa kurang meyakinkan, Hopkins menambahkan sedikit suara creepy ketika ia mengunyah makanan. Sutradara pun menganggap bahwa ini adalah adegan yang bagus dan tidak jadi di-cut.

3. Robert Downey Jr., The Incredible Hulk

The Incredible Hulk

Ciri khas film Marvel adalah selalu diselipkannya adter credit scene setelah semua artis dan nama kru film ditampilkan di akhir film. After credit scene muncul di salah satu film Marvel yakni The Incredible Hulk. Film yang tayang di tahun 2008 tersebut bercerita tentang Bruce Banner yang harus bertarung melawan Abomination.

Di after credit scene, muncul adegan Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark dan William Hurt sebagai General Ross. Di naskah ditulis bahwa tak ada dialog antara kedua karakter tersebut ketika bertemu di sebuah bar. Namun baik Hurt dan Downey menciptakan dialog sendiri. Dialog ini hasil improvisasi dari kedua aktor hebat tersebut.

2. Tom Holland, Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War sukses membuat para fans berat Marvel menitikan air mata. Alasannya karena di film ini banyak karakter superhero yang berubah menjadi debu akibat jentikan jari Thanos menggunakan Infinity Stones yang lengkap terpasang di Infinity Gauntlet. Momen paling mengharukan adalah ketika Peter Parker alias Spiderman harus berpisah dengan Tony Stark.

Sutradara Avengers yakni Joe Russo memberikan arahan pada Tom Holland yang berperan sebagai Peter Parker untuk berakting seolah-olah tidak mau pergi (mati) dan berpisah dari Tony Stark. Joe Russo tidak memberikan spesifikasi kata-kata apa yang harus diucapkan, namun Holland berhasil melakukannya dengan spontanitas tanpa teks.

1. Jim Carrey dan Jeff Daniels, Dumb & Dumber

dumb and dumber

Dumb & Dumber menjadi salah satu film komedi sukses yang diperankan oleh Jim Carrey dan Jeff Daniels. Terkhusus untuk Jim Carrey, memang aktor satu ini spesialisnya dalam bermain film komedi. Ia sanggup membuat adegan biasa menjadi lucu. Dan di film Dumb & Dumber ini, ia bersama Jeff Daniels harus sekompak mungkin berperan lucu untuk membuat penonton tertawa.

Selama proses syuting film, Carrey dan Daniels sangat kompak dalam hal melempar dan menjawab lelucon. Sampai tiba suatu adegan dimana Carrey dan Daniels satu mobil dengan seorang pembunuh bayaran. Adegan bersama pembunuh bayaran tersebut benar-benar di luar skrip dimana kedua aktor saling mengeluarkan suara yang bisa membuat orang kesal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas