home -> Unik -> 10 Brand Lokal Yang Sering Dikira Dari Luar Negeri
16 Desember 2019 17:24

10 Brand Lokal Yang Sering Dikira Dari Luar Negeri

Oleh serba_tahu dalam Unik pada October 24, 2019

Banyaknya merk atau brand luar negeri yang dijual di Indonesia seolah orang berpikir bahwa Indonesia tidak memiliki merk sendiri, semuanya serba dari luar negeri. Padahal sebenarnya ada banyak sekali merk yang ternyata asli buatan orang Indonesia. Memang namanya dibuat sekeren dan semenarik mungkin agar bisa bersaing dengan merk luar dan menarik hati para konsumen. Tidak cuma merk, kualitas produk yang diberikan juga tak kalah dengan produk luar yang sejenis. Percaya atau tidak, berikut adalah 10 brand atau merk lokal yang sering disangka dari luar negeri.

10. Excelso

excelso

TahuPedia akan mengawali brand lokal pertama dengan Excelso. Kalian suka nongkrong sembari minum kopi? Excelso adalah salah satu dari sekian banyak kafe yang bisa memberikan kalian kenikmatan kopi yang tidak ada duanya. Tempat nyaman, makanan ringan enak, serta kopi nikmat yang harum, orang sampai lupa kalau Excelso ini adalah kafe asal Indonesia.

Namanya saja yang bergaya Amerika, namun Excelso adalah kafe yang berada di bawah naungan perusahaan Kapal Api yang terkenal dengan produk kopinya. Pertama kali Excelso muncul di tahun 1991 di salah satu mall besar di bilangan Jakarta Pusat. Semenjak itu, Excelso terus berkembang dan menjadi salah satu merk kafe paling hits di Indonesia.

9. Silver Queen

Silver Queen

Sangat sedikit orang yang tidak suka dengan cokelat. Makanan manis satu ini merupakan salah satu makanan favorit banyak orang, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Ada banyak sekali merk cokelat yang dijual di pasaran. Banyak yang dari luar negeri, ada juga yang dari dalam negeri. Salah satunya adalah Silver Queen.

Kalian mungkin ada yang terkejut begitu mengetahui bahwa cokelat merk Silver Queen bukan berasal dari luar negeri, melainkan Indonesia. Silver Queen diproduksi oleh PT. Petra Foods, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh keluarga Chuang. Perusahaan ini bersaing ketat dengan M&M's, salah satu produsen cokelat nomor satu dari Amerika.

8. Hoka-Hoka Bento

hoka-hoka bento

Jangan menilai sesuatu dari luarnya saja, sama seperti kita menilai sebuah restoran. Meski nama, makanan yang disajikan, serta gayanya berbau-bau Jepang, bukan berarti Hoka-Hoka Bento adalah restoran asal Jepang. Kalian tentu sudah familiar dengan restoran Hoka-Hoka Bento yang sering menyajikan makanan khas Jepang bukan?

Perlu kalian ketahui bahwa Hoka-Hoka Bento atau Hokben bukanlah perusahaan dari Jepang. Pemiliknya juga bukan dari Jepang. Hokben didirikan oleh orang Indonesia bernama Hendra Arifin yang merupakan pemilik dari PT. Eka Bogainti. Dia mendirikan restoran Hokben pada 18 April 1985. Hingga sekarang, Hokben terus berkembang dan populer sebagai salah satu restoran cepat saji di Indonesia.

7. La Fonte

La Fonte

Berbicara pasta, orang langsung mengarahkan pikirannya ke Italia. Memang benar bahwa pasta adalah salah satu jenis makanan khas Italia yang populer di Indonesia. Jenis-jenis pasta pun ada banyak. Salah satu yang populer adalah spaghetti. Di mini market atau supermarket, dapat ditemukan berbagai macam jenis pasta dengan merk yang berbeda.

Salah satu merk yang menarik perhatian adalah La Fonte. Dari namanya yang berbau Italia, orang menebak bahwa La Fonte memang brand asal Negeri Pisa, padahal bukan. La Fonte adalah produk asli Indonesia keluaran PT. Bogasari. Spesialis menjual pasta jenis spaghetti, La Fonte sukses menjual produknya sampai ke luar negeri seperti Filipina, Korea, Hong Kong, Thailand, dan Malaysia.

6. Lea Jeans

Lea Jeans

Lea Jeans merupakan salah satu brand fashion ternama yang memproduksi celana jeans. Celana jeans yang diproduksi bukanlah versi murah, melainkan produk jeans yang sangat berkualitas. Ditambah dengan iklan yang bergaya khas Amerika, banyak orang mengira bahwa Lea Jeans adalah merk atau brand dari Amerika. Itu salah.

Lea Jeans adalah celana jeans asli produksi Indonesia. Yang mengelolanya adalah PT. Lea Sanent. Lea Jeans pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1976. Mereka memproduksi tidak hanya celana jeans tapi juga pakaian bergaya casual serta beberapa aksesoris pendukung. Desainnya memang kebanyakan mengambil ala Amerika, tapi tetap Lea Jeans adalah merk asli Indonesia

5. The Executive

the executive

Tidak mungkin jalan-jalan ke mall tapi tidak mampir ke toko fashion. Apalagi fashion dan manusia tidak bisa dipisahkan. Di dalam mall pastinya ada banyak toko pakaian dengan berbagai merk. Dan masing-masing merk biasanya memiliki gaya fashionnya tersendiri. Nah, kalau kalian gemar belanja fashion, pastinya sudah tidak asing dengan toko The Executive.

The Executive adalah merk fashion yang sangat terkenal berasal dari Indonesia. Orang yang mendirikannya adalah Johanes Farial dari PT. Delami Garment Industries. Berdirinya The Executive menjadi pemberi warna segar di dunia fashion Indonesia. Biasanya para pria yang ingin mencari produk celana yang terjangkau dan berkualitas, bisa cari di The Executive.

4. Eiger

eiger

Bertualang di alam bebas seperti mendaki gunung, berendam di pantai, dan lain sebagainya kini sudah menjadi gaya hidup baru. Tentu belum lengkap jika bertualang di alam tanpa melengkapi diri dengan perlengkapan yang layak. Brand Eiger menghadirkan sejumlah perlengkapan bagi mereka yang ingin jalan-jalan di alam.

Mulai dari perlengkapan dari ujung kaki sampai ujung kepala, Eiger menyediakan semuanya. Menjadi pilihan utama dari para pecinta alam, merk Eiger ternyata bukanlah merk dari luar negeri, melainkan Indonesia. Kualitasnya pun bisa dibandingkan dengan produk dari luar. Misalnya tas, tas-tas dari brand Eiger terkenal kuat dan tahan lama. Pemilik dari Eiger adalah Ronny Lukito.

3. California Fried Chicken (CFC)

cfc

Di saat restoran cepat saji dari Amerika merajai Indonesia, ada sebuah restoran lokal yang muncul sebagai pesaing. Restoran lokal yang dimaksud adalah California Fried Chicken atau yang biasa dikenal dengan singkatan CFC. Kalian terkejut? Ternyata meski ada embel-embel California, CFC adalah sebuah restoran asli dari Indonesia.

California Fried Chicken hadir sebagai restoran cepat saji yang bersaing dengan restoran-restoran dari luar negeri. Dikelola oleh PT. Pioneerindo Gourmet Tbk, CFC didirikan pertama kali pada tahun 1983. Tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan lain, CFC menawarkan produknya yang utama yakni ayam goreng krispi.

2. J.Co

jco

Jalan ke mall mana saja tentu tidak lupa mencari tempat tongkrongan asik. Kafe yang menyediakan makanan ringan, minuman seperti kopi, dan tentunya koneksi internet pastinya menjadi tempat favorit pilihan anak milenial. Dan salah satu tempat yang cukup digemari untuk nongkrong adalah J.co. Sebuah kafe modern yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Dari namanya, orang bakal mengira bahwa J.co adalah sebuah cabang kafe dari luar negeri. Kenyataannya, J.co ini adalah kafe buatan anak dalam negeri. J.Co Donuts & Coffee pertama kali didirikan pada tahun 2005 dan sekarang telah sukses membuka cabang hingga di luar negeri. Pemilik dari J.co adalah Johnny Andrean Group.

1. Equil Mineral Water

equil

Produk minuman mineral dalam botol merk Equil sempat menjadi bahan perbincangan di Indonesia. Banyak orang yang berdebat bahwa Equil adalah produk minuman mineral dalam kemasan yang berasal dari luar negeri. Padahal kenyataannya, Equil adalah produk asli ciptaan orang Indonesia. Memang dibuat sebagus mungkin untuk bisa bersaing dengan produk air mineral lainnya.

Perusahaan yang memproduksi air mineral Equil adalah PT. Equilindo Lestari. Equil mengemas air mineral dalam kemasan dari botol kaca yang membuatnya terkesan minuman elegan, mahal, dan berkelas. Produksi Equil dilakukan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Penjualannya bahkan sudah sampai ke Italia, Arab Saudi, dan negara besar lainnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas