home -> Lainnya -> 10 Universitas Terkenal Di Indonesia
13 November 2019 18:56

10 Universitas Terkenal Di Indonesia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada October 23, 2019

Universitas, adalah tangga pendidikan selanjutnya yang dipilih setelah seseorang lulus SMA. Di Indonesia ada banyak sekali universitas yang tersebar di berbagai tempat. Masing-masing universitas atau kampus memiliki keunggulan masing-masing yang membuat para universitas ini terkenal di mata orang. Terlepas dari image yang ada dari kampus itu sendiri, di sebuah universitas telah tersedia berbagai macam mata kuliah yang bisa dipilih oleh calon mahasiswanya. Terkadang ada calon mahasiswa yang sudah tahu harus mengambil mata kuliah apa sejak SMA, tapi masih bingung mau memilih universitas mana, berikut daftar 10 universitas terkenal yang ada di Indonesia. Mungkin bisa menjadi salah satu referensi kalian dalam memilih universitas.

10. Universitas Bina Nusantara

binus

Anak-anak remaja penggemar komputer tidak mungkin tidak kenal yang namanya Bina Nusantara atau yang biasa disingkat dengan Binus. Selama bertahun-tahun Universitas Bina Nusantara dikenal sebagai universitas yang sangat unggul di bidang komputer. Mau jago di bidang komputer, maka kalian musti kuliah di Binus. Begitu kira-kira anggapan orang.

Bina Nusantara pertama kali berdiri pada tahun 1981. Berawal dari satu gedung, kini Bina Nusantara telah dibangun di beberapa tempat, Jakarta dan Tangerang. Meski terkenal akan mata kuliah di bidang komputer, Universitas Bina Nusantara masih memiliki banyak bidang perkuliahan yang lain. Misalnya seperti ekonomi dan komunikasi, teknik, desain, bisnis dan manajemen, humaniora, dan masih banyak lagi lainnya.

9. Universitas Diponegoro

universitas diponegoro

Tepat di kota Semarang, Jawa Tengah, terdapat satu kampus yang menjadi andalan anak-anak Semarang dalam melanjutkan pendidikan dari tingkat SMA ke universitas. Universitas Diponegoro atau biasa disingkat Undip adalah sebuah universitas terkenal di Semarang dan Indonesia yang didirikan pada tahun 1956.

Di awal berdirinya Undip, Undip dijadikan sebagai perguruan tinggi swasta. Baru pada tahun 1961 berubah status menjadi perguruan tinggi negeri. Nama Diponegoro sendiri diambil dari salah satu nama pahlawan Indonesia zaman dulu yakni Pangeran Diponegoro. Diharapkan semangat dari Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah menular pada Universitas Diponegoro. Baik itu staf pengajar, karyawan, dan juga mahasiswanya.

8. Universitas Brawijaya

universitas brawijaya

Universitas terkenal berikutnya adalah Universitas Brawijaya. Universitas ini berlokasi di Malang, Jawa Timur. Di Indonesia, nama Universitas Brawijaya selalu mendapat tempat dalam daftar universitas terkenal di Indonesia. Selain karena sejarah, Universitas Brawijaya selalu menjamin lulusanya adalah mahasiswa-mahasiswi terbaik, tidak hanya dari nilai tapi juga perilaku.

Penggunaan nama Brawijaya bukanlah tanpa maksud. Adalah Presiden Soekarno yang memberikan nama tersebut. Harapannya supaya Universitas Brawijaya bisa sukses seperti Raden Wijaya yang merupakan pendiri Kerajaan Majapahit. Untuk menampung para mahasiswa yang ingin menimba ilmu lebih tinggi, Universitas Brawijaya menyiapkan beberapa gedung di luar kota Malang. Gedung tersebut berada di Dieng, Kediri, dan Jakarta.

7. Universitas Negeri Yogyakarta

universitas negeri yogyakarta

Sama dengan Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta juga berlokasi di kota yang sama yakni Yogyakarta. Hanya saja, universitas ini didirikan 15 tahun setelahnya yakni di tahun 1964. Pada awal mula berdiri, universitas ini menggunakan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta atau IKIP Yogyakarta.

IKIP Yogyakarta adalah fakultas pendidikan yang merupakan masih bentuk cabang dari Universitas Gadjah Mada. Yang awalnya hanya terdiri dari 6 fakultas, kini jumlah fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta sudah mencapai 30. Di tahun 1990 barulah kata universitas digunakan dan IKIP Yogyakarta berubah menjadi Universitas Negeri Yogyakarta.

6. Universitas Padjadjaran

universitas padjadjaran

Menjadi anak Bandung adalah hal yang sangat menyenangkan disini, kenapa? Karena kota Bandung memiliki 2 universitas yang dimana kedua universitas tersebut adalah universitas top di Bandung dan menjadi salah satu universitas yang terkenal di Indonesia. Pertama adalah Institut Teknologi Bandung, dan yang satunya lagi adalah Universitas Padjadjaran.

Universitas Padjadjaran telah ada di Bandung sejak tahun 1957. Layaknya universitas top lainnya, Unpad telah mendapatkan akreditasi tinggi oleh kementrian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi Indonesia. Level pendidikan apa yang kalian inginkan? S1, master, dan doktor, semua tersedia di Unpad. Fakultasnya sendiri terdapat 16 fakultas dan sekolah pasca sarjana yang menaungi berbagai macam program studi.

5. Universitas Airlangga

universitas airlangga

Tepat pada 10 November 1954, didirikanlah sebuah universitas bernama Universitas Airlangga. Dari tahun 1954 hingga 2019, Universitas Airlangga terus bertumbuh dan berkembang melahirkan generasi-generasi muda pintar dan berkualiatas. Lokasi dari Universitas Airlangga berada di kota Gubeng, Surabaya.

Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan dari tingkat SMA ke universitas, Unair memberikan banyak sekali mata kuliah menarik yang bisa dipilih. Setelah lulus mendapatkan gelar S1, para mahasiswa tetap bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi di Unair karena mereka menyiapkan program studi untuk master, dan doktor.

4. Institut Pertanian Bogor

institut pertanian bogor

Tidak mungkin orang Indonesia, terkhususnya orang Bogor tidak kenal dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Ini adalah satu dari sekian banyak universitas populer yang ada di Tanah Air. Lokasinya tidak perlu ditanya lagi karena sudah jelas berlokasi di Bogor. IPB ini sudah didirikan pada 1 September 1963 dan sekarang masih aktif berfungsi.

Sebelum diresmikan menjadi IPB, dulunya IPB hanya memiliki satu fakultas yakni fakultas pertanian. Setelah diresmikan menjadi Institut Pertanian Bogor oleh Presiden Soekarno, barulah IPB menjadi perguruan tinggi mandiri. Setelahnya, semakin banyak fakultas yang muncul di IPB. Hal ini dilakukan agar calon mahasiswa Bogor tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke luar kota Bogor untuk mencari universitas yang bagus.

3. Universitas Gadjah Mada

universitas gadjah mada

Universitas Gadjah Mada merupakah sebuah kampus yang berlokasi di Yogyakarta. Universitas ini pertama kali didirikan pada 19 Desember 1949. Membuatnya menjadi salah satu universitar terbesar dan tertua di Indonesia pada masa itu. Seiring berjalannya waktu, Universitas Gadjah Mada terus berkembang tidak hanya bangunannya, melainkan juga fakultasnya.

Saat pertama kali didirikan pada tahun 1949, total hanya 6 fakultas yang diajarkan di kampur tersebut. Sekarang, total ada 18 fakultas yang bisa bebas dipilih oleh para calon mahasiswa. Program belajarnya pun memiliki rentang yang jauh, mulai dari S1, S2, S3, dan spesialis. Landasan kuat Universitas Gadjah Mada adalah Tri Dharma dimana didalamnya terkandung pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

institut teknologi bandung

Di tiga peringkat atas universitas terkenal Indonesia selanjutnya adalah Institut Teknologi Bandung. Dengan slogan "Kemajuan dalam keselarasan", Institut Teknologi Bandung resmi berdiri pada 2 Maret 1959. Berlokasi di Bandung, ITB memiliki banyak program studi menarik bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan disana.

Tercatat ada sebanyak 27 program studi yang setiap program studi telah mendapatkan akreditasi dalam level internasional. Ini sungguh jelas adalah hal yang sangat luar biasa. Karena Institut Teknologi Bandung bukanlah universitas biasa, tes untuk bisa masuk ke ITB bukanlah hal yang mudah. Seleksi yang dilakukan sangat ketat dan lulusan dari ITB sudah pasti mendapatkan nilai plus di mata para perusahaan.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Membahas universitas terkenal di Indonesia tidak mungkin tidak menyebut nama Universitas Indonesia. Didirikan pada 1849 dengan nama awal Dokter-Djawa School Batavia. Di tahun 1954 berganti nama menjadi Universias Indonesia. Bersama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada, ketiga universitas ini adalah universitas paling top yang ada di Indonesia.

Universitas Indonesia berlokai di Depok dengan cabang lain di daerah Jakarta Pusat. Fakultas yang menjadi unggulan dari UI adalah fakultas kedokteran. Ini disebabkan karena zaman penjajahan Belanda dulu membutuhkan tenaga bantuan di bidang kesehatan yang memiliki sertifikasi khusus. Maka dari itu didirikanlah Universitas Indonesia. Selain program kedokteran, UI juga menambahkan beberapa fakultas lain seperti ekonomi dan bisnis, hukum, teknik, psikologi, dan masih lain sebagainya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas