home -> Unik -> 10 Negara Yang Memiliki Hukum Sangat Ketat
13 November 2019 19:43

10 Negara Yang Memiliki Hukum Sangat Ketat

Oleh serba_tahu dalam Unik pada October 21, 2019

Hukum atau peraturan dibuat untuk dipatuhi. Lagipula, jika tak ada hukum, maka kehidupan bermasyarakat dan bernegara bisa menjadi kacau. Hukum yang dibuat pun disesuaikan dengan kondisi negara yang bersangkutan. Di sejumlah negara di dunia, ada negara yang menerapkan hukum sangat ketat. Bagi orang yang melanggarnya bisa mendapatkan hukum yang sangat berat. Terkesan kejam dan tidak adil, tapi tiap negara punya cara dan hukumnya sendiri yang musti ditaati. Berikut sejumlah negara di dunia yang memiliki hukum sangat ketat.

10. Cina

china

Sebagai salah satu negara yang industrinya sangat maju, Cina harus membuat peraturan seketat mungkin agar warganya taat. Ini pun bisa berdampak pada penilaian negara luar terhadap Cina. Tidak ada manfaatnya jika industri maju tapi negaranya hidup berantakan. Makanya jangan heran Cina sekarang bisa begitu maju dan menjadi salah satu penantang Amerika untuk menjadi negara super power atau adidaya.

Cina merupakan salah satu negara di dunia yang masih menerapkan pemerintahan komunis. Seperti yang kita semua tahu, komunisme adalah paham yang tujuan utamanya menciptakan kehidupan sosial yang sama rata di segala bidang. Pemerintah sudah bagaikan dewa, dimana warganya harus patuh pada pemerintah. Segala propaganda yang anti pemerintah bisa segera dideteksi. Pelakunya bisa segera ditangkap dan dihukum. Penggunaan produk selain produk lokal adalah hal terlarang. Ini berlaku juga dengan sosial media. Makanya Cina menciptakan sosial medianya sendiri seperti Weibo, QQ, Youku, dan Baidu.

9. Kuba

cuba

Berbicara soal Kuba tidak akan bisa lepas dari sosok Fidel Castro dan rokok. Berbicara soal Kuba dan Fidel Castrol, Kuba adalah salah satu negara di dunia yang masih menggunakan sistem komunis. Sistem komunis ini diterapkan sudah sejak lama oleh Fidel Castro. Sebagai negara komunis, ada banyak aspek kehidupan masyarakat yang sangat dibatasi oleh negara.

Sebagai contoh, berbicara mengenai pemerintah bisa mendatangkan masalah. Bukan hanya warga lokal, tapi turis juga harus mematuhi hukum tersebut. Segala macam aktivitas di internet sangat dipantau oleh pemerintah. Berbicara dan menulis hal-hal yang bersifat anti pemerintah akan ditangkap dan dipenjara. Meski begitu, Kuba tetap menjadi magnet bagi para turis, dimana pesta bebas dilakukan dan minum minuman beralkohol sangat dibolehkan.

8. Syria

syria

Berbicara mengenai Syria, orang-orang langsung berpikir tentang negara mayoritas muslim yang dimana sering terjadi peperangan. Memang benar bahwa Syria saat ini adalah negara yang tengah dilanda konflik. Kekerasan adalah hal biasa dan hampir terjadi setiap hari dan dimana saja. Konflik ini terjadi antara pemerintah dan juga pemberontak.

Alasan pemberontakan terjadi karena para pemberontak ini sangat tidak suka dengan tindakan pemerintah yang terlalu mengatur kehidupan masyarakatnya. Sejumlah peraturan dibuat untuk mengekang kebebasan masyarakat dalam berkehidupan. Komunikasi dibatasi, internet dimatikan, serta media informasi juga dibatasi untuk kepentingan pemerintah. Mereka para jurnalis berita yang ingin menyampaikan fakta, ditangkap, disiksa, dan dihukum mati oleh pemerintah.

7. Rusia

russia

Sudah dijelaskan sebelumnya tentang komunisme. Dari sekian banyak negara di dunia, beberapa ada yang masih menerapkan paham tersebut. Salah satunya adalah Rusia. Berbicara soal komunisme tidak akan pernah lepas dari peraturan. Paham komunisme sangat terkenal akan peraturannya yang ketat dan semua hal di negara serta kehidupan bersosial, diatur penuh oleh pemerintah.

Rusia yang menganut komunisme memiliki peraturan ketat yang mengikat warganya. Dipimpin oleh presiden Vladimir Putih, beliau adalah sosok central di Rusia. Peraturan ketat dibuat oleh Putin untuk mengikat rakyatnya. Sampai mana pemerintah terlibat dalam kehidupan warganya, tidak begitu jelas diketahui karena tidak ada satu media yang berani mengungkap. Tapi sudah menjadi rahasia umum bahwa Putin menciptakan pemerintah dan suasana yang sesuai dengan kehendaknya.

6. Jepang

japan

Bagi yang sudah pernah jalan-jalan atau menetap di Jepang pasti tahu bahwa negara ini memiliki peraturan yang sangat ketat, apalagi soal kebersihan. Ini terlihat dari beberapa momen yang berhasil ditangkap oleh kamera dimana memperlihatkan seberapa bersih dan tertibnya warga Jepang. Ditambah dengan peraturan daerah yang juga sangat ketat, tidak kalah dengan peraturan negaranya.

Dibalik ketatnya peraturan di Jepang, ada sisi positif yang diperoleh. Jepang menjadi salah satu negara di dunia yang sangat bersih, rapih, dan tertib. Banyak negara yang menjadikan Jepang sebagai contoh negara yang tertib dan bersih. Peraturan yang dibuat tidak sampai mengekang kebebasan masyarakatnya dalam menjalani hidup.

5. Singapura

singapore

Masalah keteraturan, kebersihan, dan ketatnya hukum, Singapura tidak kalah dengan Jepang. Sama-sama masih di wilayah Asia, Singapura sangat menjunjung tinggi peraturan dan kebersihan. Peraturan yang dibuat oleh pemerintah tidak hanya berlaku bagi warga negaranya, tapi turis asing yang berlibur ke Singapura juga harus mentaatinya.

Cukup menarik melihat bagaimana negara sekecil Singapura tapi bisa membuat peraturan yang begitu ketat dan warganya dengan patuh mengikuti peraturan tersebut. Hasilnya sudah jelas terlihat betapa rapih dan tertibnya warga Singapura. Simplenya, merokok, meludah, dan membuat sampah sembarangan bisa membuat pelakunya ditangkap dan mendapatkan denda hingga belasan juta Rupiah.

4. Iran

iran

Iran termasuk salah satu negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Karenanya, hukum yang berlaku di negara tersebut adalah hukum syariah. Dan berbicara mengenai hukum syariah, banyak orang sudah tak asing tentang betapa ketatnya hukum tersebut. Bisa dibilang, ketatnya hukum di Iran ini 11-12 dengan yang ada Korea Utara.

Banyak aspek kehidupan masyarakatnya diatur langsung oleh pemerintah. Bersosial media adalah hal yang dilarang di Iran. Ketahuan mengakses seperti Google bisa membawa masalah. Menurut kalian masih kurang ketat? Tunggu hingga kalian tinggal dan menjadi warga negara sana, dimana kalian tidak boleh memotong rambut dengan model sembarangan kecuali yang sudah diatur oleh hukum Islam. Perempuan kemana-mana harus menggunakan pakaian yang serba tertutup. Musik seperti rap, jazz, dan rock adalah hal yang terlarang.

3. Korea Utara

north korea

Di saat orang zaman sekarang semakin ingin hidup bebas, sangat sulit sepertinya untuk mencari sebuah negara yang masih menganut sistem pemerintahan komunis. Sistem pemerintah komunis mewajibkan semua warga negara untuk taat dan tunduk pada pemerintah yang berkuasa. Tidak ada yang kaya, tidak ada yang miskin, semua sama rata. Tapi minusnya adalah, tak ada kebebasan.

Korea Utara adalah salah satu negara yang masih memakai sistem tersebut. Di bawah pemerintahan presidennya, Kim Jong Un, pemerintah mengatur segala hal di negara dan juga kehidupan warganya. Warga negaranya dilarang untuk menyebarkan berita miring tentang pemerintah, tidak boleh membocorkan rahasia negara. Media pun harus taat dengan pemerintah kalau ingin masih tetap bertahan hidup.

2. Arab Saudi

Saudi Arabia

Kalau Arab Saudi, orang-orang sudah tidak kaget lagi bahwa negara ini termasuk adalah salah satu negara di dunia dengan hukum atau peraturan yang sangat ketat. Hukum yang berlaku di Arab Saudi sudah berakar dengan sangat kuat. Hukum ini diambil berdasarkan dari tradisi dan juga agama. Bagi yang masih belum tahu, agama mayoritas disana adalah Islam. Jadi, hukum dari agama Islam banyak diterapkan di Arab.

Sudah disebutkan bahwa Arab Saudi adalah negara yang memiliki hukum sangat ketat, hukum yang sangat ketat ini begitu terasa apabila kalian adalah wanita. Terkhusus untuk wanita, mereka dilarang keluar rumah dengan menggunakan pakaian casual. Jadi, mereka harus menggunakan pakaian serba tertutup dari ujung kaki sampai kepala. Aktivitas warganya di sosial media juga sangat diawasi dengan ketat. Belum ditambah dengan media informasi yang sangat dikontrol penuh oleh pemerintah. Nyaris tidak ada media yang berani memberitakan berita miring tentang pemerintah Arab Saudi.

1. Equatorial Guinea

equatorial guinea

Negara dengan peraturan paling ketat sedunia adalah Euqtorial Guinea. Negara ini tak begitu familiar di telinga karena negaranya yang kecil dan berada di Afrika Tengah. Meski begitu, peraturan di Equatorial Guinea bukan yang bisa dianggap remeh. Tidak percaya? Coba lah sekali-kali berlibur kesana dan tanyakan pada warga lokal bagaimana kerasnya hidup di Equatorial Guinea. Itu juga kalau Anda mendapat izinnya.

Warga negara Equatorial Guinea dilarang untuk belajar membaca dan menulis. Hal ini terlihat dari tidak adanya toko buku yang buka di negara tersebut. Pariwisata mereka tidak dikenal oleh orang luar karena memang turis dilarang masuk ke Equatorial Guinea. Semua peraturan ketat tersebut dimulai dari sebuah pemberontakan yang terjadi pada tahun 1973. Dimana presiden yang terpilih saat itu adalah Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, membuat peraturan baru dimana stasiun radio dan televisi dikontrol sepenuhnya oleh pemerintah. Turis yang diizinkan masuk tidak boleh melakukan foto atau merekam apapun yang ada di negaranya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas