home -> Unik -> 10 Etika Makan Dari Berbagai Negara Di Dunia
13 November 2019 18:57

10 Etika Makan Dari Berbagai Negara Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada October 16, 2019

Bukan cuma di Indonesia, tapi tiap negara di dunia memiliki tata cara atau etika yang berbeda ketika berada di meja makan. Melanggarnya tentu saja bisa membuat kita dicap buruk dan tidak tahu sopan santun. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya kita mencari tahu etika makan apa yang berlaku di suatu negara. Ini bukan cuma untuk menghormati orang lain tapi juga agar kita mendapatkan perlakuan yang baik juga dari mereka. Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai bukan? Berikut 10 etika makan dari berbagai negara di dunia yang wajib kalian ketahui.

10. Minta Tambahan Keju di Pizza - Italia

pizza

italia, sebuah negara di Eropa yang bukan cuma terkenal karena banyaknya tempat wisata serta gudangnya maestro seni ternama. Kuliner Italia juga menjadi daya tarik sendiri dari negeri tempat asalnya Menara Pisa yang terkenal akan kemiringannya. Jika ada waktu untuk berlibur ke Italia dan ingin mencicipi kuliner disana, kalian perlu tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di restoran.

Koki di Italia adalah koki yang rata-rata handal dan sangat sensitif. Makanan yang mereka sudah diperhatikan dengan benar kombinasi bumbunya. Satu hal yang bisa membuat para koki di Italia tersinggung adalah ketika ada seorang pembeli yang meminta tambahan keju di makanan yang dipesannya. Contohnya pizza atau spagetti. Dengan meminta atau menambahkan keju, itu tandanya kalian tidak suka dengan makanannya sehingga meminta tambahan toping untuk mengubah rasa.

9. Dilarang Mengisi Gelas Sendiri - Mesir

pouring wine

Suatu saat kita berlibur ke Mesir dan mendapatkan undangan makan bersama dengan warga lokal, kita perlu memperhatikan sejumlah etika makan yang berlaku di negara tersebut. Ini perlu dilakukan agar kita tidak mendapatkan nilai buruk dan tidak sopan oleh warga Mesir. Salah satu etika makan yang perlu diperhatikan adalah ketika minum air atau semacamnya yang menggunakan gelas.

Di Mesir, kita tidak bisa sembarangan untuk menuang air ke gelas sendiri. Kita harus menunggu orang lain untuk mengisikan air ke gelas kita. Patokan gelas butuh diisi ulang adalah ketika air di gelas tersebut sudah tinggal setengah. Melihat itu, akan ada orang yang akan refill gelas kita. Jikalau lupa, kita bisa mengingatkan dengan cara menuangkan air ke gelas orang lain. Pokoknya sangat tidak disarankan untuk kita menuangkan air ke gelas sendiri.

8. Makan Berantakan - Cina

china

Kita semua tentu ingat dengan ajaran orang tua yang mengatakan bahwa makanan jangan dibuang-buang. Katanya itu sama saja dengan tidak menghargai makanan, tidak menghormati berkah yang sudah diberikan Tuhan, dan bisa meyinggung orang-orang yang ekonomi susah. Inilah yang menjadi alasan kenapa makanan yang sudah disediakan harus dihabiskan sampai bersih.

Berbeda di Cina, justru kita sebaiknya tidak menghabiskan makanan di piring sampai benar-benar habis, Ada baiknya kita menyisakan beberapa makanan di piring atau membuat piring kita terlihat sedikit berantakan. Bukan maksud ingin membuang-buang makanan, tapi inilah salah satu etika makan yang diterapkan oleh masyarakat Cina. Makanan yang dihabiskan sampai tak bersisa justru menandakan bahwa makanan yang diberikan tidak cukup. Dan itu menjadi penghinaan bagi orang yang sudah memberikan makanan.

7. Gunakan Peralatan Makan - Chile

chile

Ada beberapa momen yang membuat kita makan harus menggunakan tangan di Indonesia. Ketika makan daging ayam, kentang goreng, atau makanan lainnya. Meski ada juga beberapa orang yang tetap enggan makan menggunakan dan lebih memilih menggunakan peralatan makan yang disediakan. Alasannya adalah agar tangan tidak kotor.

Orang-orang Chile memiliki satu etika makan yang unik. Mereka sangat ketat perihal penggunaan peralatan makan. Misalnya sendok, garpu, pisau untuk memotong daging, pisau untuk memotong roti, dan lain sebagainya. Bagi mereka, peralatan makan ini diciptakan bukan untuk sebagai pajangan saja. Menggunakan peralatan makan adalah suatu kewajiban, makan menggunakan tangan dianggap sebagai hal yang kotor dan dilarang.

6. Datang Terlambat - Kanada

kanada

Selalu datang tepat waktu adalah kebiasaan yang semestinya diterapkan oleh orang-orang zaman sekarang. Kenyataannya, banyak orang yang tidak bisa datang tepat waktu. Alasan yang dibuat selalu ada saja. Mulai dari jalanan macet, kecelakaan, kendaraan bermasalah, kesiangan, dan lain sebagainya. Orang yang suka ngaret ini mungkin di negara kita akan dianggap orang yang tidak sopan, tapi di Kanada berbeda.

Di Kanada, tidak setiap momen yang mengharuskan kita untuk datang tepat waktu. Kalau itu soal bisnis dan pekerjaan memang harus tepat waktu, tapi kalau soal makan tidak. Di Kanada, kalian justru dibiarkan untuk datang dengan terlambat karena memang itu etika makan yang berlaku disana. Justru datang lebih awal dianggap tidak sopan.

5. Makan Taco dengan Tangan - Meksiko

taco

Taco merupakan salah satu makanan khas asal Meksiko. Taco dibuat dari gulungan tortila, lalu di dalamnya diberi isian berbagai macam masakan. Jagung, wortel, kentang, daging ayam, tomat, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, kita bisa menambahkan saus tomat atau sambal di atasnya. Namun, jika berada di Meksiko, makan taco ternyata tidak boleh sembarangan

Meksiko memiliki aturan makan taco yang baik dan benar. Ketika ingin menikmati taco, kita harus memegang bagian bawah taco dengan menggunakan tiga jari yakni jempol, telunjuk, dan tengah. Ketiga jari ini diposisikan seperti ingin mencubit seseorang. Barulah setelah itu kalian bisa makan taco dari atas.

4. Gunakan Tangan Untuk Makan Asparagus - Inggris

asparagus

Mungkin beberapa di antara kalian ada yang malas makan menggunakan tangan karena bisa membuat tangan kotor. Kalau kotor, harus ke kamar mandi untuk mencuci tangan. Misalnya ketika makan ayam, mau tidak mau kita harus menggunakan tangan untuk mengupas daging ayam agar lebih mudah untuk dimakan.

Di Inggris, tidak semua makanan boleh dimakan dengan menggunakan peralatan makan seperti pisau, garpu, atau sendok. Terkhusus untuk asparagus, orang-orang harus makan asparagus menggunakan tangan. Cara makannya, pegang bagian ujung batang dari asparagus lalu masuk atau celupkan ke saus yang sudah disediakan. Bagian ujung batang yang keras boleh diletakkan lagi di atas piring.

3. Sobremasa - Spanyol

sobremasa

Acara makan bersama menjadi momen penting dalam keluarga. Di saat seperti inilah orang tua dan anak tidak hanya makan bersama tapi juga berbincang tentang apapun. Dulu, kita sering melakukan hal ini. Ini wajar mengingat orang tua zaman dulu sangat ketat dengan yang namanya peraturan. Namun sekarang, momen makan sekaligus berbincang bersama keluarga sudah sangat jarang dilakukan. Selesai makan biasanya anak-anak langsung kabur ke kamar masing-masing dan melakukan aktivitas mereka.

Ternyata, di Spanyol juga menerapkan aturan tersebut. Setelah makan, kita tidak diperbolehkan untuk pergi meninggalkan meja makan begitu saja. Yang harus dilakukan adalah duduk sebentar untuk berbincang dan membiarkan tubuh memproses makanan yang sedang masuk. Orang-orang Spanyol menyebut kebiasaan ini dengan sebutan sobremasa.

2. Gunakan Garpu Untuk Makan Kentang - Jerman

german

Bila kalian menganggap bahwa hanya di wilayah Asia saja yang memiliki etika makan yang ketat, maka Anda salah. Tiap negara memiliki etika makan yang berbeda satu dengan yang lain. Makan makanan yang terlihat simpel saja ada aturannya. Dan Jerman adalah salah satu negara yang memiliki aturan makan kentang yang cukup unik.

Perlu kalian sadari bahwa apabila kalian diberikan piring berisikan kentang yang sudah direbus dan di sampingnya disediakan garpu serta pisau, jangan pernah menggunakan pisau untuk memotong kentang tersebut meski kentang tersebut berukuran cukup besar. Kalian harus menggunakan garpu untuk memakan kentang tersebut. Cara makannya adalah dengan menghancurkan kentang tersebut dengan garpu. Dengan demikian, kalian akan mendapatkan rasa gravy yang muncul dari campuran kentang, lemak, dan air.

1. Bersuara Saat Makan - Jepang

japan

Salah satu negara di Asia yang sangat direkomendasi untuk menjadi tujuan liburan adalah Jepang. Kenapa Jepang? Itu karena Jepang memiliki banyak hal menarik dan gila yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Sebelum packing dan terbang ke Jepang, penting bagi kalian untuk memperhatikan do's and don'ts yang ada di Jepang. Ini mengingat Jepang adalah negara yang sangat menjunjung tinggi peraturan dan etika.

Contohnya dalam soal makan. Ada banyak etika yang perlu diketahui saat makan. Seperti tidak boleh menancapkan sumpit di atas mangkuk nasi, dilarang menjilat sumpit, tidak boleh memberikan tip pada koki, dan salah satunya adalah makan bersuara. Di Jepang, sangat diperbolehkan malah harus dilakukan makan bersuara ketika makan ramen dan sup. Membuat suara seperti "slurpp" itu harus dilakukan untuk menghormati koki. Bersuara seperti itu menandakan kita menikmati makanan yang disajikan oleh koki.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas