home -> Teknologi -> 10 Alasan Orang Beralih Ke Podcast
13 November 2019 19:01

10 Alasan Orang Beralih Ke Podcast

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada October 15, 2019

Podcast sebenarnya adalah salah satu platform yang berguna sebagai sarana membuat konten. Podcast juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis yang sedang kita buat. Sebenarnya podcast sendiri sudah ada sejak lama, namun baru akhir-akhir ini mulai meningkat popularitasnya. Layaknya platform lain, ada alasan kenapa orang-orang sekarang begitu tertarik mendengarkan podcast ketimbang menonton video atau membaca artikel. Ada juga orang yang mulai membuat podcast untuk membagikan konten atau tujuan lainnya. Jelas ini semakin membuat podcast meningkat popularitasnya. Inilah sejumlah alasan yang membuat podcast bisa begitu populer.

10. Menjalin Hubungan dengan Para Pengusaha/Influencer

influencer

Penting bagi seorang konten kreator untuk melakukan kolaborasi dengan para pengusaha atau influencer. Dengan kerja itu akan muncul hubungan mutualisme dimana masing-masing pihak akan mendapatkan keuntungan. Konten kreator bisa mendapatkan viewer, serta yang diajak kolaborasi bisa mendapatkan audience, penonton, atau fans.

Sekarang, platform podcast tengah digemari para konten kreator karena masih fresh dan sedikit orang yang familiar. Meski begitu, tidak bisa dianggap sebelah mata bahwa tetap ada penikmat podcast. Ya mungkin jumlahnya masih belum sebanyak platform lain, tapi jumlah tersebut akan terus berkembang. Dengan mengundang influencer atau pengusaha untuk berbincang di podcast, tidak hanya kita juga akan menambah jumlah pendengar podcast kita, tapi para influencer dan pengusaha ini juga bisa memperkenalkan siapa mereka sebenarnya. Dengan kata lain, kita memberikan mereka panggung untuk melebarkan sayap mereka. Sama-sama menguntungkan bukan?

9. Irit Kuota Internet

kuota internet

Sekarang ini semuanya serba menggunakan internet. Telpon, Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, membaca artikel berita, semua membutuhkan internet. Aktivitas yang membutuhkan internet banyak, namun kuota internet kecil. Kalau harus mengisi lagi harus mengeluarkan uang lagi. Dan tidak semua orang diberikan ekonomi yang cukup.

Sekarang ini memang menonton video di YouTube sedang populer, tapi konsumsi data untuk bisa menonton satu video YouTube dengan kualitas HD itu lumayan besar. Semakin lama durasi video, semakin banyak juga kuota internet kita yang akan habis. Podcast hadir dengan kelebihan lebih irit kuota internet. Ini disebabkan karena di podcast kita hanya mendengarkan audio saja. Apa itu membosankan? Tidak juga. Karena ada banyak podcast seru yang tidak ada di platform lain. Tentu dengan pembawaan yang lebih santai dan juga aturan yang lebih longgar ketimbang platform lain.

8. Membantu Membentuk Komunitas

community

Tidak ada yang lebih seru dan mengasyikan daripada berkumpul dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Komunitas bisa terbentuk karena didasarkan karena banyak orang yang memiliki kesukaan yang sama terhadap suatu hal, berkumpul, dan kemudian membentuk sebuah komunitas. Peran komunitas pun juga sekarang sangat penting. Tidak ada komunitas, suatu event akan sulit diselenggarakan.

Di dunia podcast ada banyak sekali podcaster yang memiliki topil berbeda satu dengan yang lain. Masing-masing podcast pastinya ada pendengar setia. Dari pendengar setia tersebut yang nantinya bisa dikumpulkan dan membentuk sebuah komunitas. Dari komunitas tersebut bisa juga saling bertukar informasi, pendapat, dan juga hobi. Intinya adalah, pergaulan kita akan semakin luas dan berkembang.

7. Menambah Kemampuan Berkomunikasi

communication skill

Bagi mereka yang ingin merambah dunia podcast, bukan cuma bisa mendapatkan uang, kenalan, dan informasi baru, kita juga bisa menambah kemampuan berkomunikasi kita. Tidak mungkin juga kan podcast hanya berisikan satu orang saja. Semakin sering melakukan perbincangan dalam podcast, otomatis kemampuan berkomunikasi kita juga akan bertambah. Apalagi jika ditambah dengan mereka-mereka yang jago berbicara.

Manfaat tersebut bukan cuma bisa dirasakan oleh mereka yang membuat podcast. Kita pun bisa merasakan manfaat tersebut. Mendengar bagaimana cara podcaster berbicara di podcast, kita pun jadi bisa tahu bagaimana caranya untuk beragumen dan membalas argumen orang lain. Ini bisa menjadi salah satu cara bagi mereka yang mengalami kesulitan berbicara di depan orang banyak, bisa memulainya dengan belajar mendengarkan podcast.

6. Mudah Membuat Podcast

mudah

Siapapun bisa menjadi konten kreator dan memilih ingin membagikan kontennya di platform manapun. Sekarang ada 2 platform yang lagi digemari oleh banyak orang. Pertama adalah YouTube dan kedua adalah podcast. YouTube bisa dibilang membutuhkan modal, alat, dan tempat. Kalau tidak ada kamera, bisa menggunakan kamera smartphone. Mic pun bisa didapat dengan mudah dan murah. Tempat pun harus dicari yang sebisa mungkin mendukung konten kalian.

Di podcast, yang kalian butuhkan tidak sebanyak itu. Kalian hanya butuh alat perekam dan mic saja. Itupun tidak perlu dicari karena smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan audio recorder dan micropohne. Masalah tempat, karena kita hanya berbicara saja, cukup mencari tempat yang sunyi dan tidak banyak orang agar suara kita dapat terdengar dengan jelas. Sangat mudah bukan?

5. Minim Kompetitor

competitor

Ada quote yang mengatakan bahwa semakin banyak saingan maka akan semakin seru. Quote itu lebih cocok ditujukan pada kita yang hanya berposisi sebagai konsumen. Tapi bagi seorang produsen, banyaknya saingan bisa membuat kondisi jadi semakin repot. Bagi seorang konten kreator pun juga berlaku hal yang sama. Semakin banyak konten kreator yang muncul dan menggunakan platform yang sama, mereka harus berpikir bagaimana menciptakan suatu konten yang menarik agar mendapatkan viewer. Jika tidak, tidak akan mendapatkan adsense, tidak ada income, alhasil tidak mendapatkan keuntungan.

Di podcast, jumlah konten kreator yang menggunakan platform ini terbilang masih sedikit. Sedikitnya para konten kreator di ranah podcast membuat peluang membuat konten yang menarik semakin terbuka lebar. Misalkan seorang host ingin membuat podcast tentang topik A, belum tentu ada podcast lain yang akan membahas topik tersebut. Jika ingin beralih ke podcast, maka inilah saat yang tepat bagi para konten kreator. Jika sudah benar-benar melonjak, maka saingan akan semakin banyak dan akan semakin sulit mencari topik pembicaraan yang sedang trending.

4. Durasi Mendengarkan Podcast Yang Lebih Lama

duration

Dulu orang bisa tahan berlama-lama membaca artikel. Sehari mungkin saja bisa belasan atau puluhan artikel dengan durasi baca satu artikel bisa 5 sampai 10 menit. Lalu karena bosan, orang mulai bearlih dengan yang namanya video. Dengan durasi yang kurang lebih sama, menonton video lebih menarik ketimbang hanya membaca artikel di blog.

Ketika orang mendengarkan podcast, durasinya berbeda dibandingkan dengan membaca blog atau menonton video. Orang-orang bisa mendengarkan podcast jauh lebih lama. Padahal kita tahu bahwa kebanyakan podcast memiliki durasi yang sangat panjang, bisa lebih dari 15 menit bahkan ada yang bisa sampai satu jam. Tapi orang bisa betah mendengarkan podcast dalam waktu yang lama, apalagi jika topik yang dibicarakan adalah topik yang berhubungan langsung dengan kehidupan mereka atau menarik.

3. Konten Yang Lebih Menarik

channel

Di saat televisi muncul, banyak orang mulai berpindah dari radio ke televisi. Alasannya karena tidak hanya menampilkan audio tapi juga video. Namun, seiring berkembangnya zaman dan munculnya banyak aturan, tidak semua hal bisa ditayangkan di televisi. Makanya orang berpindah lagi ke YouTube. Dan lagi-lagi, di YouTube pun ada batasan-batasan yang membatasi para kreator untuk membuat konten.

Ketika podcast muncul, orang langsung menyukai podcast karena konten yang tidak bisa ditemukan di televisi dan YouTube, dapat ditemukan di podcast. Jika berbicara masalah peraturan, sampai sekarang belum ada aturan khusus yang membatasi para pembuat konten untuk berbicara di podcast. Jadi orang bisa bebas berbicara apa saja seperti misalnya mengumpat atau berkata kasar.

2. Efek Intim

intimacy

Ada suatu hal yang ada pada podcast yang tidak bisa ditemukan pada video yaitu rasa intim atau kedekatan personal antara pendengar dan host podcast. Setelah ditelusuri lebih dalam, rasa kedekatan atau intim ini sudah ada sejak lama berkat adanya audio. Ini dikarenakan audio telah ada lebih dulu ketimbang video. Buktinya, lebih dulu ada radio ketimbang televisi.

Ada hal lain juga yang menambah rasa intim antara pendengar dan host podcast. Di podcast, kita sebagai pendengar bebas memilih konten mana saja yang ingin kita dengar. Adanya diskusi menarik tanpa batasan, cara host membawakan materi, cara berita, dan lain sebagainya menjadi alasan tambahan kenapa para pendengar zaman sekarang lebih memilih podcast ketimbang platform lainnya.

1. Bisa Didengarkan Kapan dan Dimana Saja

listening

Menonton video memang menarik karena kita tidak hanya bisa mendengarkan pesan yang ingin disampaikan, tapi juga ekspresi dari pembicara selama membuat video. Namun, tidak ada hal yang tidak memiliki sisi negatif. Ketimbang mendengarkan audio, menonton video membutuhkan waktu lebih lama karena tidak hanya mendengar, tapi kita juga harus melihat dari si pembicara. Apa yang dilihat? Itu bisa bahasa tubuh, ekspresi, apa yang mereka lakukan, atau juga momen lucu yang sengaja ataupun tidak.

Jika dibandingkan dengan mendengarkan percakapan melalui podcast, yang dimana kita tahu bahwa podcast hanyalah berisikan audio saja, mendengarkan podcast bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sembari melakukan aktivitas lain, kita tetap bisa mendapatkan informasi dari podcast tersebut meski kita tidak melihat video.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas