home -> Entertainment -> 10 Artis Terkenal Yang Jago Beladiri
13 November 2019 18:57

10 Artis Terkenal Yang Jago Beladiri

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada October 14, 2019

Film dengan tema action berisikan banyak adegan berkelahi yang brutal sekaligus keren. Meski ada artis pemeran film action menggunakan pemeran pengganti ketika dalam melakukan adegan berkelahi, namun ada beberapa artis yang memang ahli dalam beladiri sehingga tak perlu melakukan pergantian pemain. Film-film mandarin zaman dulu misalnya. Ada aktor Bruce Lee serta Chuck Norris yang memang memiliki latar belakang beladiri. Namun selain mereka berdua, masih ada banyak aktor serta aktris laga yang juga memiliki keahlian beladiri yang tinggi. Siapa saja mereka?

10. Iko Uwais

iko uwais

Sepuluh tahun yang lalu mungkin tak banyak orang yang tidak tahu dengan sosok Iko Uwais. Ketika dirinya bermain dalam film Merantau di tahun 2009, orang berpikir bahwa Iko Uwais hanya aktor laga biasa saja. Namun, setelah kemunculan di The Raid, barulah orang sadar bahwa Iko bukan hanya aktor biasa namun memang ahli di ilmu beladiri.

Iko Uwais adalah ahli beladiri tradisional Indonesia yakni silat. Memiliki latar belakang silat membuat Iko mendapatkan banyak peran di film action. Namanya pun mulai dikenal oleh Hollywood. Beberapa film Hollywood yang pernah melibatkan Iko antara lain seperti Man of Tai Chi, Beyond Skyline, Mile 22, Triple Threat, dan yang terbaru adalah Stubber. Bukan cuma sebagai aktor laga yang memiliki keahlian di silat, Iko juga bisa menjadi pengarah koreo untuk adegan fighting. Hasilnya? Sudah pasti keren.

9. Steven Seagal

Steven Seagal

Steven Seagal, nama aktor laga yang begitu populer di tahun 90 sampai 2000an. Karakter yang Steven Seagal mainnkan di tiap filmnya adalah seorang pria yang sangat tenang dan jago beladiri. Padahal bila dilihat, Steven Seagal memiliki tubuh yang sedikit besar dan tidak lincah. Tapi ia selalu bisa menumbangkan lawan-lawannya yang terlihat lebih sangar dan kuat.

Steven Seagal beraksi dalam film action tidaklah asal-asalan. Ia memiliki keahlian beladiri dengan salah satu ilmu beladiri yang ia andalkan adalah aikido. Aikido adalah suatu ilmu beladiri yang memanfaatkan tenaga lawan. Bukan cuma aikido, Steven Seagal juga menguasai beladiri lain seperti kendo, judo, karate, dan jiu-jitsu.

8. Jean-Claude Van Damme

Jean-Claude Van Damme

Helicopter kick atau tendangan helikopter atau tendangan memutar adalah tendangan khas yang biasa dilakukan oleh Jean-Claude Van Damme. Ia melakukan tendangan tersebut dengan sangat mudah. Dengan melompat tinggi lalu membuka kedua kaki selebar-lebarnya dan menendang musuh, Jean-Claude Van Damme benar-benar terlihat seperti terbang ketika melakukannya.

Aksi heroik yang dilakukan Jean-Claude Van Damme di film bukanlah omong kosong. Selain memiliki tubuh yang sangat lentur, Jean-Claude Van Damme juga merupakan seorang master beladiri. Ia menguasai karate, kickboxing, taekwondo, dan muay thai. Dengan ilmu beladiri yang ia kuasai, tidak mungkin ada yang berani melawannya.

7. Donnie Yen

donnie yen

Kemampuan beladiri Donnie Yen sudah tidak perlu ditanya lagi. Terkenal dalam film Ip Man dimana ia berperan sebagai guru dari Bruce Lee, Donnie Yen melakukan apa yang seharusnya seorang aktor lakukan agar bisa lebih menjiwai karakter yang dimainkan. Maka dari itu, Donnie Yen pun belajar ilmu beladiri wing chun.

Selain bermain dalam film Ip Man, masih ada banyak lagi film yang melibatkan Donnie Yen. Bukan cuma sekedar sebagai aktor, tapi ada momen dimana Donnie Yen juga berposisi sebagai koreografer laga dan stuntman. Lagi-lagi itu karena memang Donnie Yen memang jago dalam beladiri dan punya kemampuan dalam mengarahkan para artis untuk melakukan adegan laga dengan baik. Sebagai catatan, Donnie Yen tidak hanya menguasai satu beladiri saja. Ia juga menguasai tai chi, tinju, kickboxing, jeet kune do, hapkido, taekwondo, karate, muah thai, gulat, jiu-jitsu, judo, wushu, dan hung ga.

6. Jet Li

Jet Li

Jet Li yang sekarang memang tidak seperti dia yang dulu. Sekarang, Jet Li tengah bertarung dengan penyakit hipertiroid yang ia alami. Sebagai informasi, hipertiroid adalah sebuah penyakit yang bisa membuat penderitanya menderita kelelahan dan menurunkan berat badan penderitanya. Meski begitu, orang tidak bisa lupa dengan sosok Jet Li yang lincah dan kuat, terlihat dari film laga yang pernah ia mainkan.

Latar belakang beladiri yang dikuasai oleh Jet Li adalah wushu. Jet Li bukanlah orang yang mudah puas begitu saja. Meski sudah menguasai wushu, ia masih mencoba beladiri lainnya. Akhirnya ia pun menguasai baguazhang, taijiquan, xing yi quan, zui quan, ying zhao quan, dan tanglangquan. Beladiri yang ia kuasai sangat membantunya dalam melakukan aksi laga di film.

5. Tony Jaa

Tony Jaa

Muay thai adalah salah satu cabang beladiri yang berasal dari Thailand. Beladiri yang termasuk dalam beladiri brutal ini memanfaatkan tubuh sendiri sebagai senjata. Memukul dengan kepalan tangan, siku, tendangan, dan juga lutut, semua bagian keras di tubuh dimanfaatkan sebagai senjata yang sangat ampuh untuk melumpuhkan lawan.

Dan salah satu aktor yang terkenal dengan muay thai, tidak lain tidak bukan adalah Tony Jaa. Aktor asal Thailand ini mendobrak industri film dunia di tahun 2003 dengan film Ong-Bak: The Thai Warrior. Di film-filmnya, Tony Jaa selalu menampilkan adegan berkelahi yang menggunakan gaya bertarung muay thai. Terkhusus untuk Tony Jaa, ia membuat pernyataan bahwa dirinya bisa seperti sekarang karena mengagumi Bruce Lee, Jackie Chan, dan Jet Li.

4. Jason Statham

jason statham

Film action dan Jason Statham seperti tidak bisa dilepas. Coba saja kalian cari film mana yang tidak ada adegan Jason Statham berkelahi, pasti tidak ada. Memang saat ini gambaran dari Jason Statham adalah pria botak yang badass. Tidak sembarangan, Jason Statham memang seorang ahli beladiri di dunia nyata.

Dulu sebelum menjadi aktor, Statham adalah seorang atlet renang. Model adalah pekerjaan yang mengantarkan Statham ke dunia perfilman Hollywood. Karena keahliannya di bidang beladiri, Statham sangat percaya diri untuk melakoni adegan berbahaya tanpa menggunakan pemeran pengganti. Oh iya, beberapa ilmu beladiri yang ia kuasai adalah wing chun, karate, kickboxing, dan jiu-jitsu.

3. Jackie Chan

jackie chan

Jika berbicara tentang Jackie Chan, kita tidak bisa lupa dengan berapa banyak adegan gila yang ia lakukan. Setiap adegan berbahaya ia lakukan sendiri. Tentu saja Jackie paham bahwa salah melakukannya bisa berakibat cidera. Dan sudah banyak cidera yang ia alami dari ujung rambut sampai kaki. Aksinya dalam mengalahkan lawan juga sangat unik. Bila aktor laga ingin terlihat sekeren mungkin, Jackie malah membuatnya menjadi lucu.

Tapi jangan kira kelucuan Jackie hanya sekedar lucu-lucuan saja. Jackie Chan memiliki latar belakang beladiri yang sudah sangat kuat. Dia belajar ilmu beladiri sejak kecil di sebuah sekolah opera. Dirinya diketahui menguasai hapkido, karate, judo, taekwondo, dan jeet kune do. Ia pun menciptakan satu ilmu beladiri yang disebut dengan wu da pian. Beladiri ciptaannya ini merupakan gabungan dari beladiri, akrobat, dan komedi.

2. Chuck Norris

chuck norris

Banyaknya meme mengenai Chuck Norris sebenarnya sudah menggambarkan betapa seramnya sosok aktor satu ini. Carlos Ray Norris, begitulah nama lengkap dari Chuck Norris. Chuck Norris adalah aktor laga lawas yang berada di era yang sama dengan Bruce Lee. Tentu saja keduanya adalah sama-sama legenda di film laga.

Baik Chuck Norris dan Bruce Lee, keduanya bukan cuma aktor laga biasa. Mereka berdua sama-sama jago beladiri. Chuck Norris menguasai banyak beladiri seperti tang soo do, jiu-jitsu, karate, dan judo. Norris pun membuka sekolah beladiri sendiri dan mengembangkan aliran beladiri baru yang disebut dengan chun kuk do.

1. Bruce Lee

bruce lee

Sudah dapat ditebak dengan jelas siapakah aktor yang menjadi urutan teratas dalam urusan beladiri. Siapa lagi dia kalau bukan Bruce Lee. Lagi pula, apalah jadinya artikel ini bila tidak ada namanya. Meski sudah tiada, untuk selamanya Bruce Lee akan tetap menjadi sosok ikonik dan legendaris di dunia film action atau laga.

Meski ia meninggal dunia terlalu cepat di usia 32 tahun, prestasi yang sudah ia capai bukanlah yang mudah untuk diraih oleh siapapun. Sudah jelas bahwa ia pernah mempelajari wing chun dari gurunya yang bernama Ip Man. Selain itu, Bruce Lee juga menguasai jun fan gung fu atau yang biasa kita kenal dengan kung fu. Setelah menguasai banyak ilmu beladiri, Bruce Lee mengembangkan satu beladiri lagi yakni jeet kune do.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas