home -> Unik -> 10 Hewan Kecil Namun Dapat Membunuh Manusia
14 Oktober 2019 16:13

10 Hewan Kecil Namun Dapat Membunuh Manusia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada October 03, 2019

Meski kecil, bukan berarti hewan atau binatang tersebut tidak berbahaya. Kalau kalian meremehkan hewan kecil ini, bisa jadi nyawa kalian malah terancam. Bukan cuma satu, tapi ada banyak hewan yang memiliki ukuran tubuh kecil, bahkan seukuran tangan atau ada yang lebih kecil lagi, tapi sekali hewan tersebut menyerang bisa berakibat fatal terhadap nyawa kita. Berikut 10 daftar hewan kecil berbahaya yang musti kalian waspadai bila melihat binatang tersebut di alam liar.

10. Brazilian Wandering Spider

Brazilian Wandering Spider

Kalian berada di Brazil dan secara tiba-tiba bertemu dengan laba-laba yang memiliki ciri-ciri berukuran tubuh 2 inci dan kaki 6 inci, memiliki tubuh berwarna-warni, dan berbulu, disarankan untuk kalian untuk segera menjauh dari laba-laba tersebut. Ciri-ciri tersebut adalah ciri-ciri dari Brazilian wandering spider, salah satu jenis laba-laba paling berbahaya yang ada di dunia.

Dinamakan Brazilian wandering spider karena laba-laba lebih cenderung berkeliling atau jalan mencari mangsa ketimbang membuat sarang. Sangat agresif, Brazilian wandering spider memiliki racun campuran protein dan peptida. Kombinasi racun yang sangat kuat untuk membunuh manusia, apalagi jika itu adalah anak-anak.

9. Deathstalker Scorpion

deathstalker scorpion

Ada banyak jenis kalajengking yang hidup di Bumi. Dan banyak di antara mereka yang beracun. Salah satu kalajengking yang memiliki racun sangat kuat adalah kalajengking jenis deathstalker. Dari namanya saja sudah bisa tergambarkan seberapa menakutkan dan berbahayanya kalajengking ini. Ukurannya sekitar 4 inci dan bisa menyengat sangat cepat.

Senjata utama dari kalajengking deathstalker adalah racun yang disuntikan melalui ekornya yang melengkung. Racun tersebut adalah campuran neurotoksin yang cukup kuat. Untuk manusia yang sehat, racun tersebut tidak bisa membunuh. Namun kalian bisa merasakan rasa sakit yang amat sangat. Meski racun dari kalajengking deathstalker cukup berbahaya, ternyata racun tersebut dapat berguna untuk merekonstruksi jaringan otak manusia.

8. Tasmanian Devil

tasmanian devil

Jika tidak ada hewan satu ini, mungkin tidak akan ada yang namanya Wolverine. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Wolverine merupakan salah satu karakter superhero dari komik Marvel. Sifatnya sangat sulit diatur, pemarah, dan tidak kenal rasa takut. Nama dan sifat tersebut diambil dari karakteristik dari hewan tasmanian devil.

Tasmanian devil bisa dikategorikan dalam keluarga hewan berkantung hanya saja dengan sifat pemarah dan lebih liar. Tasmanian devil banyak ditemukan di wilayah Australia dan Pulau Tasmanian. Dinamakan devil karena sifat mereka yang sangat pemarah. Tidak perduli siapapun dan ukurannya, bila itu mengganggu maka tasmanian devil akan langsung mengejar, menggigit, dan mencakar.

7. Lalat Tsetse

tsetse fly

Ada satu serangga lain selain nyamuk yang sangat menyebalkan dan berbahaya. Dan serangga itu adalah lalat. Dan lalat tsetse adalah satu-satunya jenis yang dianggap sebagai jenis lalat paling berbahaya di dunia. Ukurannya sangat kecil, hanya sekitar 8 sampai 17 mm. Namun di balik tubuh kecilnya, terdapat bahaya besar yang mengancam.

Banyak ditemukan di Afrika, lalat tsetse meneror manusia dengan menyebarkan parasit yang dinamakan Trypanosomes. Parasit ini dapat menyebabkan penyakit yang dinamakan African sleeping sickness. Sebuah penyakit yang membuat korbannya mengalami rasa sakit yang luar biasa, bercak merah, demam, sakit kepala, iritasi, kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nyeri otot. Bila tidak mendapat perawatan serius, korban yang mengalami African sleeping sickness bisa meninggal dunia.

6. Nyamuk

mosquitoes

Tidak ada hal positif yang diberikan oleh nyamuk pada manusia. Yang ada hanyalah penyakit. Ada lebih dari 3.000 jenis nyamuk di seluruh dunia dan semua jenis nyamuk itu membawa virus yang berbahaya. Sebut saja penyakit yang sering ditularkan dari nyamuk adalah demam berdarah, malaria, dan zika.

Di dunia, sudah jutaan orang meninggal dunia akibat penyakit yang ditularkan dari nyamuk. Hal ini jelas membuat organisasi kesehatan dunia (WHO) menjadi khawatir. Sangat sulit memberantas nyamuk dari Bumi ini. Hampir semua negara di dunia diganggu oleh nyamuk. Namun hanya Antartika saja yang tidak terdapat nyamuk.

5. Cone Snail

cone snail

Ada banyak makhluk laut yang berbahaya dan salah satunya adalah cone snail. Cone snail adalah salah satu jenis siput yang memiliki bentuk seperti kerucut. Hewan ini sangat agresif dan tidak akan ragu untuk menyuntikan racunnya ke dalam tubuh mangsanya. Bahkan kita manusia yang memiliki ukuran lebih besar pun ia tidak merasa takut.

Cone snail dapat menembus pakaian renang yang ketat dan menyuntikan racunnya. Tidak ada anti racun untuk racun dari cone snail. Kalian terlambat dibawa ke rumah sakit, ucapkan selamat tinggal pada dunia. Jika dimanfaatkan dengan benar, racun dari cone snail bisa digunakan untuk pereda rasa sakit. Racun cone snail ini 1.000 kali lebih kuat ketimbang morfin namun tidak membuat ketagihan.

4. Lonomia Caterpillar

Lonomia Caterpillar

Berbicara mengenai ulat, salah satu jenis ulat yang sering kita dengar dan temui adalah ulat bulu. Ulat bulu tidak termasuk berbahaya karena bulunya hanya menyebabkan gatal-gatal saja di kulit. Namun ada satu jenis ulat yang bisa membuat kalian menyesal seumur bila menyentuhnya. Itupun kalau kalian masih ada kesempatan untuk menyesal.

Ulat berbahaya yang dimaksud adalah lonomia caterpillar. Meski terlihat kecil, lucu, dan cantik, sekali menyentuh ulat ini kalian bisa mengalami pendarahan dan pembekuan darah di dalam pembuluh darah. Beruntung sekarang ini sudah ada penawar untuk racun lonomia caterpillar. Namun itu tidak serta merta membuat orang jadi tenang karena ulat ini sangat mudah ditemukan dimana-mana.

3. Irukandji Jellyfish

Irukandji Jellyfish

Masih belum cukup dengan cone snail, bermain-main di wilayah perairan terutama di pantai di Australia, maka ada kemungkinan kalian akan berjumpa dengan irukandji jellyfish. Irukandji jellyfish merupakan salah satu jenis ubur-ubur yang berukuran sangat kecil seperti kuku jari kelingking. Tidak hanya kecil namun hampir transparan.

Kecil, tranparan, dan juga mematikan. Irukandji jellyfish bisa saja ikut berenang di dekat kalian tanpa kalian sadari. Hanya sedikit sentuhan dari tentakelnya bisa mengirim kalian ke rumah sakit dengan cepat. Sengatan dari tentakel irukandji jellyfish dapat menyebabkan pendarahan di otak, otot lumpuh, hipertensi, dan gagal jantung. Biasanya efek racunnya baru terasa kira-kira 20-30 menit kemudian.

2. Blue-ringed Octopus

Blue-ringed Octopus

Hewan berbahaya tidak hanya ada di darat dan udara saja, tapi di daerah berair juga ada. Tadi sudah diberi contoh dengan cone snail, dan irukandji jellyfish, kini ditambah lagi dengan hewan yang dinamakan blue-ringed octopus. Gurita jenis ini berukuran sangat kecil, hanya sekitar 5 cm dan memiliki lingkarang biru yang cukup terang di sekujur tubuhnya.

Ukurannya boleh kecil, tapi gurita satu ini sangat berbahaya bagi manusia. Blue-ringed octopus memiliki racun yang sangat kuat. Kekuatannya 1.000 kali lebih kuat ketimbang sianida. Celakanya, pakaian renang yang kalian pakai tidak bisa menjamin kalian aman dari gigitan gurita ini. Jika kalian sampai tergigit oleh gurita ini, tubuh kalian akan mengalami kelumpuhan dan sesak nafas.

1. Golden Poison Dart Frog

Golden Poison Dart Frog

Berada di dalam alam liar haruslah hati-hati. Setiap hewan harus kalian perlakukan dengan extra hati-hati, anggaplah mereka berbahaya betapa pun ukuran, warna, serta kelucuan mereka. Terkhusus untuk warna, biasanya hewan yang memiliki warna terang atau mencolok menandakan bahwa mereka adalah hewan yang berbahaya. Golden poison dart frog salah satu contohnya.

Kalau kalian tidak mau mendapatkan masalah, jauhilah katak ini. Kalau bisa juga jangan sampai kalian menyentuhnya. Katak ini sangat terkenal karena racunnya yang amat sangat kuat. Racunnya berasal dari kulit. Hanya 2 mikrogram saja sanggup membunuh 10 orang dewasa. KAtak ini banyak ditemukan di dalam hutan hujan di Pantai Pasifik Kolombia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas