home -> Unik -> 10 Hewan Dengan Penglihatan Tajam Melebihi Manusia
14 Oktober 2019 15:33

10 Hewan Dengan Penglihatan Tajam Melebihi Manusia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada September 30, 2019

Manusia memiliki mata yang berbeda dengan hewan, itu adalah hal yang jelas. Mata hewan sudah berkembang sangat jauh sehingga melebihi ketajaman dari manusia. Bila manusia tidak bisa melihat dalam gelap, hewan bisa. Manusia tidak bisa melihat jauh, hewan bisa. Di dunia hewan, ada banyak hewan dengan indera penglihatan yang mengagumkan, melebihi manusia. Sepuluh diantaranya akan dibahas di bawah ini.

10. Cuttlefish

cuttlefish

Cuttlefish adalah hewan laut yang termasuk dalam jenis moluska. Mereka memiliki kerabat dengan cumi-cumi dan gurita. Dari banyak jenis hewan, cuttlefish adalah salah satu jenis hewan yang berevolusi cukup unik, terutama di bagian penglihatan. Mata mereka kecil, pupilnya berbentuk huruf W, dan sangat tajam.

Mata unik yang mereka memiliki membuat penglihatan mereka menjadi sangat berwarna. Meski mereka berenang di bawah laut yang gelap, cuttlefish tetap bisa melihat polarisasi dari cahaya. Ketika manusia harus mengubah bentuk lensa mata untuk melihat dengan fokus, cuttlefish justru mengubah seluruh bentuk mata mereka. Ditambah dengan sensor unik yang dimiliki cuttlefish membuat mereka bisa melihat objek di depan dan belakang mereka sekaligus.

9. Hiu

sharks

Jika kalian berpikir bahwa hiu bergantung pada penciuman yang tajam untuk mencari mangsa, kalian salah besar. Memang benar penciuman hiu sangat tajam. Mereka dapat mencium bau darah meski hanya sedikit di dalam laut. Tapi bukan cuma itu saja yang menjadi senjata hiu dalam berburu makanan. Mata hiu juga sangat tajam.

Bila dibandingkan dengan manusia, mata hiu jauh lebih sensitif terhadap cahaya. Kira-kira 10 kali lebih sensitif. Kesensitifitas ini membuat mereka dapat berburu makanan di dalam laut yang gelap. Kita tahu bahwa hiu berburu tidak hanya di permukaan tapi juga di laut dalam dimana cahaya matahari tidak mampu menembus laut..

8. Mantis Shrimp

Mantis shrimp

Cantik mungkin satu kata yang tepat untuk disematkan pada hewan mantis shrimp. Dinamakan mantis shrimp karena mereka punya kaki depan yang sangat kuat untuk mencengkram mangsa layaknya belalang mantis. Cantik karena tubuh mereka yang penuh dengan warna. Tak hanya itu, mantis shrimp juga memiliki mata unik yang sangat tajam.

Jika biasanya serangga yang memiliki sususan mata yang banyak dan kompleks, mantis shrimp ini ternyata juga sama. Mantis shrimp memiliki mata yang banyak dan juga kompleks. Masing-masing mata ini mampu bergerak secara independen. Selain sensitif terhadap cahaya, mantis shrimp juga dapat melihat dunia dalam 12 pita warna. Ini sama seperti kita menggunakan kacamata 3D.

7. Bunglon

chameleon

Jika ingin mencari hewan unik untuk dipelihara, kalian bisa pilih bunglon. Bunglon dikenal sebagai hewan unik yang bisa menirukan warna lingkungan sekitar mereka. Ini membuat bunglon sulit dimangsa tapi juga bisa mengelabui mangsa mereka. Tapi bukan cuma kemampuan berubah warna saja yang membuat bunglon unik.

Salah satu hal unik lain dari bunglon adalah mata. Tahukah kalian bahwa bunglon memiliki 2 buah mata yang bisa bergerak ke arah yang berbeda? Kalau manusia tidak mungkin bisa menggerakan matanya ke arah yang berbeda. Kemampuan unik ini membuat bunglon bisa melihat sekitar mereka dengan mudah.

6. Kambing

goats

Kebanyakan hewan predator dibekali penglihatan yang tajam untuk bisa memburu mangsanya. Sebut saja elang, singa, hiu, burung hantu, dan predator lainnya di alam liar. Ini membuat hewan yang menjadi mangsa predator harus berkembang juga untuk bisa mempertahankan diri. Kambing adalah salah satu contoh hewan mangsa yang berevolusi untuk bisa selamat dari serangan predator.

Jika kalian melihat kambing, kalian bisa melihat bahwa mereka memiliki mata yang sangat unik. Mata mereka bulat namun pupilnya berbentuk seperti persegi empat. Mata unik ini membuat mereka bisa melihat 3600. Dengan penglihatan 3600 ini, kambing jadi bisa melihat sekitar mereka termasuk belakang tanpa harus memutar kepala.

5. Capung

dragonflies

Sangat disayangkan sekarang ini sangat sulit untuk menemukan capung. Gedung bertingkat sudah dimana-mana, keberadaan manusia, serta semakin berkurangnya area hijau menjadi salah satu penyebab kenapa populasi capung semakin menipis. Padahal, serangga satu ini sangatlah cantik dan unik. Salah satu keunikan capung adalah di bagian matanya.

Di dunia serangga, capung adalah predator yang cepat dan handal. Mereka dibekali bukan cuma satu, melainkan banyak sekali mata. Didudukung dengan 3 mata terpisah yang disebut dengan ocelli. Ocelli membantu capung untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap lingkungan sekitar mereka. Kalau ada sesuatu yang berbahaya, capung bisa dengan sigap terbang menghindar.

4. Prosimian

Prosimian

Hewan yang termasuk prosimian adalah lemur, tarsier, bushbabies, dan lorises. Mereka adalah kelompok primata yang memiliki hubungan kerabat dengan kera dan manusia. Ciri-ciri mereka yang paling kentara adalah mata mereka yang besar. Bukan tanpa alasan, mata besar mereka ini dibutuhkan untuk membantu mereka dalam mencari makanan.

Dampak dari mata besar yang dimiliki oleh prosimian adalah mereka mendapatkan penglihatan yang sangat tajam. Penglihatan tajam yang mereka miliki ini dimanfaatkan untuk mencari makanan di kegelapan malam. Kebanyakan prosimian kecuali tarsier, dilengkapi dengan lapisan khusus di belakang retina yang berguna untuk meningkatkan jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

3. Keluarga Kucing

big cats

Kucing termasuk dalam salah satu hewan yang penglihatannya sangat tajam, melebihi manusia. Jika manusia kesulitan ketika melihat dalam gelap, kucing tidak. Di tempat gelap, kucing masih dapat melihat dengan jelas sekeliling mereka. Ini dikarenakan mata mereka sangat efektif seperti night vision. Mata ini menjadi salah satu senjata mereka untuk berburu di balik kegelapan.

Sebenarnya tidak hanya kucing rumahan, kucing ras, atau jenis kucing kecil lainnya yang dibekali dengan penglihatan tajam. Jenis kucing besar dan liar juga memiliki penglihatan yang tak kalah tajamnya. Sebut saja leopard, singa, cheetah, macan, harimau, dan kucing besar lainnya. Mata mereka memiliki membran khusus yang bisa membuka dan menerima cahaya sebanyak apapun ketika pencahayaan kurang.

2. Burung Hantu

owl

Sekarang ini banyak orang yang mulai menggemari memelihara hewan eksotis. Salah satu hewan eksotis yang dipelihara adalah burung hantu. Burung hantu termasuk hewan eksotis, dilindungi, dan juga burung predator. Sebenarnya, memelihara burung hantu bisa-bisa saja asal memiliki izin. Lagipula, burung hantu juga cukup sulit untuk dijinakkan.

Di dunia hewan, burung hantu termasuk hewan yang memiliki mata yang cukup besar dan tajam. Mata yang tajam ini sangat diperlukan oleh burung hantu karena mereka adalah hewan nokturmal. Burung hantu biasa berburu makanan seperti tikus, kelinci, dan hewan kecil lainnya di malam hari. Selain matanya yang tajam, mekreja juga punya pendengaran yang tajam pula.

1. Elang

eagle

Setiap tempat memiliki penguasa tersendiri. Bila di darat ada singa, di laut ada hiu, maka di angkasa ada elang. Elang menjadi burung pemangsa atau predator yang memangsa hewan apa saja yang lebih kecil dari mereka. Tidak hanya hewan kecil di darat, tapi burung-burung kecil juga menjadi target incaran mereka.

Menjadi pemuncak rantai makanan di angkasa, burung predator seperti elang tentu harus dilengkapi dengan berbagai faktor agar bisa memburu mangsanya. Selain tubuh kuat, cakar serta paruh yang tajam, elang juga dibekali dengan penglihatan yang sangat tajam. Mata elang sangatlah tajam, ia bahkan bisa melihat kelinci ketika terbang di ketinggian 1 mil jauhnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas