home -> Lainnya -> 10 Tempat Wisata Sejuk Di Dekat Jakarta
19 November 2019 20:19

10 Tempat Wisata Sejuk Di Dekat Jakarta

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 23, 2019

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas udara di Jakarta kini masuk dalam level mengkhawatirkan. Polusi tinggi disebabkan jumlah kendaraan yang sangat banyak serta industri yang tiada henti berproduksi dan menghasilkan gas buang yang mencemari udara. Berlama-lama tinggal di kota yang penuh dengan polusi bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Boleh sesekali untuk melakukan liburan ke tempat-tempat yang sejuk untuk mencari udara segar. Di dekat Jakarta sebenarnya ada banyak tempat wisata menarik dan sejuk yang bisa dikunjungi. Mana saja lokasinya?

10. Taman Wiladatika, Cibubur

taman wiladatika

Untuk mencari tempat yang seru, indah, dan sejuk tidak perlu pergi jauh-jauh. Di Cibubur juga ada tempat seperti itu. Nama tempat tersebut adalah Taman Wiladatika. Taman ini berada di kecamatan Cimanggis. Terbuka untuk umum dan dibuka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 5 sore. Terserah kalian mau datang kapan dan ajak siapa.

Taman Wiladatika memiliki banyak sekali fasilitas. Ada lapangan bermain, aula pertemuan, kolam renang, dan area taman yang dipenuhi dengan bunga indah. Cocok sekali untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, teman, dan juga pacar. Taman yang menjadi ikon dari daerah Cibubur ini bahkan pernah dijadikan lokasi syuting film karena saking indahnya.

9. Kepulauan Seribu

kepulauan seribu

Kepulauan Seribu bukan tempat baru lagi bagi telinga kita. Kepulauan Seribu memang sudah menjadi salah satu destinasi pilihan wajib tidak hanya untuk warga Jakarta, tapi juga warga pulau lain di Indonesia serta turis mancanegara untuk berlibur. Ada banyak pulau dengan berbagai macam kegiatan unik yang bisa dilakukan disana.

Beberapa pulau yang cukup terkenal seperti Pulau Pari, Bidadari, Tidung, Bira, Tidung, Semak Daun, dan masih banyak lagi pulau kecil dan seru lain yang ada di Kepulauan Seribu. Masing-masing pulau tersebut juga memiliki beragam kegiatan seru yang bisa dilakukan tergantung dari fasilitas yang ada. Karena lokasinya agak jauh dari Jakarta, polusi dari Jakarta sudah pasti tidak tercium disini.

8. Taman Safari, Bogor

Taman Safari

Siapa juga yang tak kenal dengan Taman Safari? Taman Safari adalah tempat wisata yang sudah ada sejak tahun 1990 dan kini masih beroperasi. Lokasinya berada di kota hujan, Bogor. Hanya dengan masuk tol, kalian bisa rehat sebentar dari kota Jakarta sembari mempelajari karakteristik hewan dan menghirup udara segar.

Di Taman Safari terdapat lebih dari 2000 jenis hewan yang bisa kalian temui. Kebanyakan hewan dibiarkan bergerak bebas di luar kandang. Selain itu, kalian juga bisa melakukan beberapa hal seperti berfoto bersama harimau, memberi susu pada bayi hewan, dan lain sebagainya. Belum lama juga Taman Safari menghadirkan hewan panda untuk meramaikan penghuni Taman Safari.

7. Setu Babakan, Jakarta

Setu Babakan

Ada satu tempat keren yang juga masih berada dekat di Jakarta yakni Setu Babakan. Setu Babakan atau Danau Babakan berada di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempat ini merupakan pusatnya perkampungan budaya Betawi. Kalian yang ingin jalan-jalan santai sekaligus mempelajari kebudayaan Betawi, Setu Babakan adalah pilihan yang pas.

Setu Babakan didirikan pada 18 Agustus 2000 dan kini masih beroperasi dengan baik. Banyak kebudayaan Betawi yang bisa kalian pelajari disana mulai dari pakaian dan tariannya. Tak perlu khawatir kalau kalian lapar karena disana juga terdapat jajanan khas Betawi yang mungkin tidak bisa kalian temukan bila berada di pasar atau mall-mall kekinian.

6. Taman Wisata Mekarsari, Bogor

taman wisata mekarsari

Tak ada yang lebih menyenangkan daripada jalan-jalan ke daerah yang dipenuhi dengan pepohonan. Udara segar yang diberikan benar-benar tidak ada duanya, apalagi bagi mereka yang tinggal di Jakarta yang setiap hari harus berhadapan dengan polusi yang tinggi. Nah, dekat dari Jakarta yakni di Bogor, kalian bisa menemukan tempat wisata teduh yakni Taman Wisata Mekarsari.

Taman Wisata Mekarsari berada di daerah Mekarsari, Cileungsi. Taman ini dipenuhi dengan banyak sekali tanaman yang memang sengaja dikembangbiakkan disana. Tempat wisata ini juga sedang marak diperbincangkan lantaran banyaknya spot foto yang instagramable. Cocok bagi kalian yang ingin berfoto ria dikelilingi dengan tanaman rindang.

5. Cibubur Garden Dairy, Cibubur

Cibubur Garden Dairy

Selain bisa merasakan udara sejuk, kita juga bisa mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara beternak hewan bila berkunjung ke Cibubur Garden Dary. Dari nama tempatnya sudah bisa ditebak bahwa lokasi tempat wisata ini berada di Cibubur. Tempat ini buka tiap setiap hari mulai jam 9 pagi sampai 5 sore. Kecuali untuk Sabtu dan Minggu, buka dari jam 2 siang sampai jam 5 sore.

Di Cibubur Garden Dairy kita bisa belajar banyak hal tentang dunia peternakan. Bagaimana cara merawat sapi, memerah susu sapi secara langsung, dan bagaimana menjaga produk olahannya. Kita juga bisa menikmati langsung hasil olahan dari perahan susu sapi. Tempat ini menyediakan area bermain yang membuatnya sangat cocok untuk menjadi tempat berlibur bersama keluarga.

4. Kandang Godzilla, Tangerang

kandang godzilla

Film Jurassic Park arahan sutradara Stephen Spielberg menimbulkan kesan yang mendalam di benak para penontonnya. Kalian yang menonton Jurassic Park pastinya masih ingat bagaimana suasana Bumi ketika para hewan raksasa tersebut masih berkuasa di muka Bumi ini. Tempat bernuansa zaman dinosaurus ternyata benar-benar ada dan berlokasi tidak jauh dari Jakarta.

Kandang Godzilla, begitulah nama lokasi yang dimaksud. Tempat wisata alam ini bisa kalian datangi dengan pergi ke Desa Cisuka di wilayah Tangerang. Disana kalian bisa melihat pemandangan berupa tebing raksasa dan padang rumput mirip dengan suasan di zaman dinosaurus. Buka setiap hari, kalian tinggal pilih mau datang di hari apa dan bersama siapa.

3. Danau Cibeureum, Bekasi

danau cibeureum

Banyak orang mengejek Bekasi karena tempatnya yang jauh, panas, dan biang macet. Tapi untuk kesempatan kali ini, nampaknya orang-orang Bekasi patut bangga karena setidaknya ada satu tempat di Bekasi yang bisa dijadikan solusi wisata untuk melarikan diri sejenak dari polusi Jakarta yang sudah parah.

Tempat wisata yang dimaksud adalah Danau Cibeureum. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang cocok bagi kalian yang sudah bosan dengan hingar bingar kehidupan kota Jakarta. Udaranya bisa dibilang lebih segar ketimbang Jakarta, dan lagi kalian bisa menghabiskan waktu dengan jalan kaki, berlari, atau juga bersepeda.

2. Curug Ciherang, Bogor

curug ciherang

Didominasi oleh Bogor, tempat wisata sejuk lain yang bisa ditemukan di Kota Hujan tersebut adalah Curug Ciherang. Curug Ciherang adalah sebuah tempat wisata berupa air terjun yang berlokasi di Desa Sirnajaya, Sukamakmur. Untuk bisa ke air terjun tersebut tidak memerlukan waktu yang lama. Hanya perlu waktu sekitar 2 jam dari Bogor untuk bisa ke curug.

Curug Ciherang masih memiliki alam yang asri. Kalian warga Jakarta yang bosan dengan pemandangan kota Jakarta, akan bisa menemukan ketenangan apabila pergi ke Air Terjun Ciherang. Curug Ciherang memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan di bawahnya terdapat kolam air yang bisa digunakan untuk bermain. Untuk tiket masuk hanya perlu membayar sebesar 20.000 Rupiah.

1. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

hutan pinus gunung pancar

Sangat beruntungnya Bogor karena memiliki banyak tempat wisata menarik dan juga sejuk. Jika sebelumnya sudah disebutkan bahwa di Bogor ada Curug Ciherang, Taman Wisata Mekarsari, dan Taman Safari, kini adalah giliran Hutan Pinus Gunung Pancar. Beruntung bagi Bogor, beruntung juga untuk warga Jakarta.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa kualitas udara di kota Jakarta kini sedang buruk. Pergi ke daerah yang sejuk adalah salah satu cara untuk menyegarkan pikiran dan juga tubuh, Hutan Pinus Gunung Pancar adalah salah satu solusi tempat wisata yang cukup dekat dengan Jakarta. Hutan ini berlokasi di kampung Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang. Banyak hal bisa dilakukan disana seperti berfoto, bersepeda, jalan kaki, dan juga berkemah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas