home -> Unik -> 10 Perang Tersingkat Sepanjang Sejarah
13 November 2019 01:21

10 Perang Tersingkat Sepanjang Sejarah

Oleh serba_tahu dalam Unik pada September 18, 2019

Semua orang tidak ingin ada perang terjadi. Banyak korban berjatuhan, kerugian tak terhitung menjadi alasan kenapa perang begitu dihindari. Meski begitu, perang bisa saja terjadi dengan pemicunya bisa bermacam. Di zaman dulu, ada banyak perang terjadi. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena perebutan wilayah, kekuasaan, perang antar suku, dan lain sebagainya. Kalian mungkin berpikir bahwa perang berlangsung dalam waktu yang lama. Sebenarnya tidak juga, ada 10 perang yang terjadi dalam waktu yang singkat. Yang paling singkat terjadi dalam durasi 38 menit. Berikut 10 perang tersingkat yang pernah terjadi sepanjang sejarah.

10. Serbo-Bulgarian War, 1885 - 14 Hari

Serbo-Bulgarian War

Jika biasanya perang terjadi bila ada negara yang memisahkan diri, Serbo-Bulgarian War justru berbeda. Perang ini terjadi karena ada banyak negara kecil yang ingin menyatu menjadi satu negara yang sekarang ini dikenal dengan nama Bulgaria. Namun niat persatuan ini ditolak mentah-mentah oleh satu negara yaitu Serbia.

Serbia sangat tidak suka ide penyatuan negara ini. Alasannya satu, mereka takut nantinya negara Bulgaria ini menjadi ancaman bagi Serbia. Untuk mencegah hal ini terjadi, pasukan Serbia melancarkan serangan menuju Bulgaria. Serbia berhasil mengalahkan Bulgaria karena Bulgaria tidak memiliki kekuatan militer dan tidak siap untuk berperang menghadapi Serbia.

9. Indo-Pakistani War, 1971 - 13 Hari

Indo-Pakistani War

Meski namanya adalah Indo-Pakistani War, bukan berarti ini adalah perang antara negara kita Indonesia dengan Pakistan. Perang ini justru terjadi melibatkan 2 negara yakni India dan Pakistan. Terjadi di tahun 1971, Perang India-Pakistan ini dimulai karena Bangladesh ingin berpisah dan menjadi wilayah yang merdeka dari Pakistan.

Hubungan antara India dan Pakistan sendiri tidaklah begitu baik. Perang beberapa kali pecah antara kedua negara tersebut. Sampai tiba saatnya Bangladesh ingin merdeka. Pakistan yang takut India akan ikut campur, membuka serangan terhadap pangkalan militer India. Niat ingin menghancurkan pangkalan militer India dengan tiba-tiba, pasukan Pakistan malah dipukul mundur oleh tentara India. Hasil dari perang ini adalah Bangladesh meraih kemerdekaannya setelah 13 hari perang.

8. First Franco-Morrocan War, 1844 - 11 Hari

First Franco-Moroccan War

First Franco-Morrocan War terjadi pada tahu 1844, tepatnya pada tanggal 6 Agustus 1844 dan berlangsung lumayan singkat, hanya 11 hari. Perang singkat ini terjadi antara Perancis dan Abd al-Qadir yang merupakan pemimpin dari resistensi Aljazair. Para resisten ini melarikan diri ke Morocco dan perang pun meletus antara resisten Aljazair didukung oleh Morocco melawan Perancis.

Sebenarnya, yang mendukung para resisten Aljazair ini adalah suku Alawi yang tinggal di Morocco. Namun Perancis tidak perduli dan menganggap pemerintah Morocco tetap mendukung para resisten Aljazair. Perang pun tak terhindari dan kemenangan sudah jelas menjadi milik Perancis karena di tahun 1840an, kekuatan militer Perancis sangat sulit untuk dikalahkan.

7. War of The Stray Dog, 1925 - 11 Hari

War of The Stray Dog

Perang ini sebenarnya terjadi antara Yunani dan Bulgaria dan dikenal dengan nama Bulgaria-Greece War. Namun orang-orang lebih mengenal perang ini dengan sebutan War of The Stray Dog. Dinamakan demikian karena tentara Bulgaria yang menembak mati seorang tentara Yunani yang tengah berusaha mengejar anjingnya yang berlari ke arah perbatasan.

Perang ini terjadi pada tahun 1925 dan berlangsung selama 11 hari. Dalam waktu 11 hari itu, terjadi banyak hal antara Yunani dan Bulgaria. Dari pemerintah Yunani yang melakukan balasan terhadap pemerintah Bulgaria. Lalu pemerintah Bulgaria meminta bantuan dari Liga Bangsa-Bangsa untuk menyelesaikan perang. Sampai akhirnya didapatkan hasil dimana Yunani harus membayar ganti rugi terhadap Bulgaria dan menghentikan perang.

6. Slovenian War of Independence, 1991 - 10 Hari

Slovenian War of Independence

Tahun 1991 menjadi tahun yang cukup mencekam bagi Slovenia. Perang ini terjadi tepat setelah Slovenia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia. Alhasil, perang pun terjadi antara tentara Slovenia melawan tentara Serbia yang didominasi oleh Yugoslavia. Perang ini berlangsung kurang lebih selama 10 hari.

The Ten-Day War ini berlangsung dari tanggal 27 Juni 1991 sampai 7 Juli 1991. Perang diawali ketka Yugoslavia yang merupakan negara komunis sedang dilanda masalah. Masalah ini membuat sejumlah negara yang bergabung dengan Yugoslavia ingin merdeka dan memisahkan diri. Perpecahan yang terjadi dalam Yugoslavia membuat kekuatan militer mereka menjadi lemah sehingga Slovenia bisa mengalahkan Yugoslavia. Peperangan lain terus menyusul mengingat ada banyak negara bagian Yugoslavia yang juga ingin merdeka. Ujung-ujungnya, negara Yugoslavia akhirnya menghilang.

5. Russo-Georgian War, 2008 - 6 Hari

russo-georgian war

Tahun 2008 menjadi tahun panas antara 2 negara yaitu Rusia dan Georgia. Padahal, sebelumnya 2 negara memiliki relasi yang baik-baik saja, sampai akhirnya Georgia ingin memiliki hubungan yang dekat dengan Barat. Rusia jelas tidak setuju dengan hal tersebut, makanya mereka melakukan penyerangan terhadap Georgia.

Peperangan pun meletus dengan hasil yang sudah dapat dipastikan yaitu kemenangan untuk Rusia. Ini sudah jelas mengingat Georgia adalah sebuah kota kecil yang hampir tidak memiliki kekuatan militer yang cukup memadai untuk melawan Rusia. Namun meski begitu, perang berlangsung dalam waktu 6 hari.

4. Six-Day War, 1967 - 6 Hari

Six-Day War

Sesuai dengan namanya, Six-day war terjadi selama 6 hari saja. Tidak terlalu lama, tidak terlalu singkat. Perang singkat ini melibatkan sejumlah negara di Timur Tengah yakni Israel yang melawan Mesir, Syria, Jordan, dan Irak. Perang terjadi di tahun 1967 dengan kemenangan yang cukup membanggakan bagi pemerintah Israel karena telah menundukan banyak negara.

Awal perang ini terjadi bermula dari negara-negara Arab yang berniat melakukan penyerangan terhadap Israel. Tidak mau duduk berdiam diri menunggu serangan, pemerintah Israel melakukan langkah kontroversial dengan terlebih dahulu menyerang Mesir. Langkah ini jelas mengejutkan pihak lawan. Setelah itu, barulah Israel mencaplok beberapa negara Arab lainnya.

3. Football War, 1969 - 100 Jam

Football War

Peperangan bisa terjadi dengan alasan apapun, bahkan karena sepakbola pun bisa perang. Di Indonesia saja, rusuh di sepakbola sudah menjadi hal yang biasa. Di luar negeri pun demikian. Sama seperti yang terjadi ketika pertandingan sepakbola antara El Salvador dan Honduras. Pertandingan yang seharusnya berjalan damai malah berujung dengan peperangan.

Perang yang terjadi antara El Salvador dan Honduras ini terjadi pada tahun 1970. Football War, begitulah nama perangnya. Perang terjadi karena kerusuhan yang pecah ketika pertandingan babak penyisihan Piala Dunia antara El Salvador dan Honduras yang dimana El Salvador menang 3-2 setelah melewati babak perpanjangan waktu.

2. Overthrow of The Kingdom of Hawaii, 1893 - 1 Hari

Overthrow of The Kingdom of Hawaii

Perang bertajuk Overthrow of The Kindom of Hawaii ini menjadi perang dengan durasi terpendek urutan 2 dalam daftar. Perang singkat ini hanya berlangsung dalam waktu satu hari saja. Perang ini melibatkan Amerika Serikat dan Hawaii. Disini, Amerika Serikat ingin melakukan ekspansi besar-besaran, termasuk salah satunya adalah Hawaii.

Jadi di masa itu, Hawaii masih menjadi area bebas yang tidak berkaitan dengan negara manapun, termasuk Amerika Serikat. Orang-orang Amerika pun langsung melakukan penyerangan ke Hawaii dengan dibantu dengan pemerintah Amerika. Hawaii sendiri kala itu tidak memiliki pertahanan apa-apa, sehingga membuat Amerika dengan sangat mudah menundukan Hawaii.

1. Anglo-Zanzibar War, 1896 - 38 Menit

Anglo-Zanzibar War

Sangat sulit dipercaya bahwa ada perang yang terjadi sangat singkat yakni dalam kurun waktu 38 menit. Tidak percaya? Coba kalian cari yang namanya Anglo-Zanzibar War. Perang ini benar terjadi antara Kerajaan British melawan Zanzibar, terjadi pada tahun 1896. Hasil peperangan ini adalah kemenangan untuk pihak British.

Perang terjadi setelah Sultan Hamad bin Thuwaini yang punya niat bekerja sama dengan British meninggal dunia pada 25 Agustus 1986. Tahta tersebut kemudian jatuh pada keponakan Thuwaini yang bernama Khalid bin Bargash. Inggris yang menolak, lebih memilih Hamud bin Muhammed sebagai pemimpin Zanzibar. Dan perang pun terjadi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas