home -> Lainnya -> 10 Negara Dimana Mudah Mendapatkan Senjata Api
14 Oktober 2019 16:06

10 Negara Dimana Mudah Mendapatkan Senjata Api

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada September 16, 2019

Senjata bisa berguna atau tidak tergantung siapa yang memegangnya. Di beberapa negara contohnya, ada negara yang memperbolehkan dan memudahkan warganya untuk memiliki senjata untuk menjaga keamanan diri. Tapi ada juga negara yang melarang warganya untuk memiliki senjata untuk memiliki senjata. Atau setidaknya harus memiliki izin khusus untuk membeli dan menggunakan senjata api. Indonesia adalah salah satu negara yang mewajibkan orang untuk memiliki izin untuk kepemilikan senjata dan menggunakannya. Tapi ada banyak negara di luar sana yang warganya dapat dengan mudah membeli dan menggunakan senjata api. Di mana saja?

10. Honduras

honduras

Di Indonesia, untuk bisa memiliki sebuah senjata diperlukan persyaratan yang cukup merepotkan. Namun bila kalian penduduk Honduras atau pernah mengunjungi Honduras, kalian bisa mendapatkan senjata api dengan sangat mudah. Di negara ini, dimana kebebasan dibatasi, hanya satu hal yang tidak dibatasi yakni kepemilikan senjata api.

Muncul pertanyaan, apakah aman bila melakukan perjalanan liburan ke Honduras. Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Dengan kemudahan mendapatkan senjata api kemudian berdampak pada meningkatnya angka kejahatan di salah satu negara di Amerika Tengah tersebut. Meski ada peraturan tertulis mengenai izin memiliki senjata, peraturan hanya menjadi hiasan di Honduras.

9. Finlandia

finland

Finlandia merupakan salah satu negara yang dianggap paling aman di dunia. Selain itu, Finlandia memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Tak heran banyak turis asing datang berlibur ke negara tersebut. Meski dianggap sebagai salah satu negara aman, keberadaan senjata api di Finlandia cukup mudah untuk didapatkan.

Meski senjata api mudah didapat, bukan berarti warga Finlandia bisa dibebaskan begitu saja membawa senjata api ke luar rumah. Ada regulasi yang musti ditaati. Beberapa senjata memiliki regulasi yang ketat, contohnya adalah senjata tipe semi-otomatis. Sekedar memiliki senjata api untuk pertahanan diri, koleksi, atau berburu itu sangat mudah. Akan butuh izin khusus bila kalian ingin membawa senjata ke ruang publik.

8. Norwegia

norway

Ada banyak negara di Eropa yang mengizinkan penduduknya untuk memiliki senjata api. Salah satu negara tersebut adalah Norwegia. Meski senjata api sangat mudah didapat, hal ini tidak berdampak pada tingkat kejahatan di Norwegia. Kekerasan rendah, agresi rendah, membuat Norwegia termasuk dalam salah satu negara yang sangat aman di dunia.

Lalu untuk apa pemerintah Norwegia membebaskan penjualan senjata api bila negaranya aman-aman saja? Penduduk Norwegia adalah orang yang cinta damai. Senjata api hanya mereka gunakan ketika musim berburu tiba. Bahkan, polisi Norwegia pun tidak dibekali senjata api karena Norwegia terbilang cukup aman dan minim angka kejahatan.

7. Israel

israel

Israel tidak berada dalam keadaan perang yang konstan. Meskipun begitu, ada banyak hal tak terduga yang bisa terjadi di negara tersebut dan itu adalah hal yang biasa di Israel. Maka dari itu, pemerintah membebaskan warganya untuk memiliki senjata api. Syaratnya hanya satu, ia adalah warga asli Israel.

Untuk bisa menjadi warga negara Israel, wajib untuk tinggal di Israel minimal 2 tahun. Setelah menjadi warga negara Israel, barulah diperbolehkan untuk memiliki senjata api. Siapapun itu, orang tua, anak muda, boleh untuk memiliki senjata api untuk proteksi diri. Bagi kalian yang warga asing tapi ingin tidak mendapatkan masalah, disarankan untuk menjauhi area yang ramai seperti aksi demonstrasi dan protes.

6. Serbia

serbia

Kemudahan untuk mendapatkan senjata api di Serbia bukanlah isapan jempol. Jatuhnya Yugoslavia di thaun 1990an, diikuti dengan keterlibatan Serbia dalam perang antara Slovenia, Kroasia, Bosnio, dan Kosovo membuat negara ini dibanjiri dengan senjata api. Meski begitu, pemerintah Serbia sebenarnya sudah berusaha keras membuat regulasi untuk membatasi kepemilikan senjata api. Tapi usaha itu tidak 100% efektif.

Warga Serbia yang ingin memiliki senjata api tetap diharuskan untuk memiliki izin. Namun izin tersebut dapat diperoleh dengan mudah. Ada beberapa aturan lain yang dibuat untuk memperketat penggunaan senjata api seperti butuh izin khusus bila ingin membawa senjata api di jalanan, itu pun demi alasan alat membela diri. Ditambah dengan pembatasan individu dalam pembelian amunisi dalam setahun.

5. Panama

panama

Siapa juga yang bisa tahan tinggal di Honduras setelah mengetahui angka kejahatan tinggi dan orang-orangnya dapat dengan mudah memperoleh senjata api. Berbeda dengan Honduras, Panama meski sama-sama menjadi negara yang mudah memperoleh senjata api, negara ini jauh lebih aman ketimbang Honduras. Ditambah lagi negaranya beriklim tropis.

Sudah sejak lama Panama mendapat predikat sebagai salah satu negara di Amerika Tengah yang paling aman meski sangat mudah mendapatkan senjata api disana. Selain jenis senjata otomatis, kalian dapat dengan mudah mendapatkan senjata api jenis apapun di Panama. Hal menarik lainnya, meski sangat mudah mendapatkan senjata api, sangat sedikit warga Panama yang memiliki senjata api di rumahnya.

4. Kanada

canada

Di urutan 4 besar negara yang dimana penduduknya dapat dengan mudah mendapatkan senjata api adalah Kanada. Saking mudahnya mendapatkan senjata api, pemerintah Kanada sampai membuat banyak peraturan untuk mengontrol jumlah senjata api yang tersebar di negaranya tersebut. Peraturan tersebut terus diperketat hingga sekarang ini.

Beberapa jenis senjata yang mulai dibatasi penggunaannya adalah senjata jenis semi-otomatis dan senjata api berukuran kecil. Butuh izin khusus untuk memperbolehkan membawa senjata jenis tersebut di tempat umum. Namun, untuk senjata jenis rifle yang biasa digunakan untuk berburu, penyebarannya masih tidak terkontrol. Orang dapat dengan mudah mendapatkan senjata jenis rifle hanya dengan bertukar dengan sesama teman atau ada orang yang punya dan memberikan senjatanya untuk temannya.

3. Swiss

switzerland

Tak banyak orang yang tahu bahwa kepemilikan senjata api di Swiss itu diperbolehkan. Ini mengingat betapa amannya negara tersebut. Namun, kepemilikan senjata api ternyata sudah ada sejak lama dan malahan sudah menjadi budaya. Di tahun 2010, bila kalian adalah pria dewasa dan sehat, malah diwajibkan untuk memiliki minimal satu senjata api.

Kepemilikan senjata api di Swiss sudah ada sejak tahun 1997. Tercatat sebanyak 30% warga Swiss yang kedapatan memiliki senjata api. Warga Swiss bisa membeli senjata api tanpa izin apapun. Tapi apabila orang tersebut kedapatan melakukan tindakan kriminal atau senjata apinya digunakan oleh orang lain untuk berbuat kriminal, si pemilik harus dihukum.

2. Republik Ceko

czech republic

Ceko adalah negara nomor dua di dunia dimana warganya diperbolehkan untuk memiliki senjata api. Toko senjata ada dimana-mana dan warganya diperbolehkan untuk membeli senjata api jenis apapun. Luar biasa bukan? Yang lebih luar biasa lagi, pemerintah Ceko bahkan memberikan hak pada warganya untuk menembak orang-orang yang diyakini sebagai teroris.

Meski senjata api diperjual belikan dengan sangat mudah dan warganya diperbolehkan membawa senjata di area publik, angka kejahatan di Ceko termasuk rendah. Pemerintah mengatakan bahwa warganya diperboleh menembak orang yang diyakini sebagai teroris. Bahkan negara ini saja jarang menjadi target serangan teroris.

1. Amerika Serikat

america

Bukan hal yang baru dan aneh lagi bahwa Amerika menjadi negara di dunia yang sangat mudah untuk mendapatkan senjata api. Kebebasan yang diberikan oleh pemerintah terhadap warganya benar-benar dimanfaatkan betul oleh warganya untuk melakukan apa saja. Termasuk di dalamnya adalah membeli, memiliki, dan menggunakan senjata api.

Bila negara lain masih membatasi senjata api yang boleh digunakan adalah yang memiliki nomor registrasi, Amerika benar-benar tidak ada peraturan seperti itu. Senjata api tak terdaftar pun ada dan dapat diperoleh dengan mudah. Tentu saja kebebasan memiliki senjata api ini bukan tak ada dampak. Beberapa kasus penembakan massal yang terjadi adalah salah satu akibat dari begitu mudahnya warga Amerika dalam memiliki senjata api.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas