home -> Unik -> 10 Bunga Beserta Maknanya Dalam Asmara
16 September 2019 07:03

10 Bunga Beserta Maknanya Dalam Asmara

Oleh serba_tahu dalam Unik pada September 10, 2019

Bunga dikirim kepada seseorang sebagai tanda hadiah atau ungkapan perasaan. Ada begitu banyak jenis bunya dan warnanya yang berbeda, ternyata ada makna atau arti yang terkandung dalam bunga. Agar tidak salah dalam memberikan hadiah, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bunga dan artinya. Berikut TahuPedia tampilkan sejumlah bunga cantik dan umum beserta makna tersembunyinya.

10. Chrysanthemum

chrysanthemum

Di Indonesia, bunga chrysanthemum disebut juga dengan nama bunga krisan atau seruni. Bunga ini banyak disukai oleh orang karena chrysanthemum tidak hanya memiliki warna yang indah, tapi juga juga aroma yang khas. Aroma unik dari chrysanthemum ini yang membuatnya sering dipadukan di dalam minuman teh.

Membahas tentang makna bunga, chrysanthemum memiliki arti optimis, kesetiaan, umur panjang, kekaguman, dan pujian. Di Cina, bunga chrysanthemum begitu dihormati karena bunga ini dianggap sebagai simbol raja. Tidak hanya hanya sebagai lambang kesetiaan dan dapat ditambahkan dalam teh, manfaat lain dari chrysanthemum adalah, bunga ini memiliki senyawa yang beracun terhadap serangga seperti nyamuk.

9. Lavender

Lavender

Salah satu manfaat bunga chrysanthemum adalah bunga ini dapat digunakan sebagai pengusir serangga alamai. Tapi chrysanthemum bukanlah satu-satunya tanaman pengusir serangga. Lavender juga memiliki aroma khusus yang dibenci oleh serangga. Tapi bukan itu manfaat yang ingin kalian ketahui dari lavender bukan?

Lavender adalah bunga yang sangat indah dengan warna ungunya. Bunga lavender digunakan sebagai lambang kesetiaan. Jikalau kalian memiliki pasangan dan ingin membuktikan kesetiaan, kalian bisa hadiahkan bukan satu tapi sebuah karangan bunga yang ditambahkan dengan kalimat mesra atau puisi.

8. Pansy

pansy

Pansy adalah kata yang diambil dari bahasa Perancis, pansee yang berarti perhatian dan kenangan. Bunga pansy termasuk bunga yang cukup unik. Mereka seperti memiliki wajah yang selalu tersenyum. Di bagian tengah mahkota bunga terdapat 2 mata, mulut, dan hidung kecil. Bunga ini sangat populer untuk menghias taman dan kebun.

Di Indonesia, bunga pansy sangat sulit ditemukan. Makanya, jika ada orang yang bisa mendapatkan bunga pansy, orang ini patut diacungi jempol atas kerja kerasnya. Kalau ternyata bunga pansy ini diberikan untuk seseorang, pastinya orang tersebut sangat berarti. Mengingat maknanya yang dalam serta mencarinya yang susah, sulit rasanya untuk menolak hadiah bunga dari orang tersebut.

7. Magnolia

Magnolia

Memiliki cinta yang amat kuat? Jika iya, maka tidak ada bunga lain selain magnolia untuk dijadikan sebagai hadiah. Bunga magnolia dikenal sebagai bunga yang melambangkan cinta yang amat kuat. Tidak perduli terpisah jarak ribuan kilometer atau bahkan sudah berbeda alam, bunga magnolia adalah bunga yang digunakan untuk melambangkan cinta yang sangat kuat tersebut.

Termasuk di dalam jenis magnolia adalah bunga cempaka dan kantil. Magnolia sendiri memiliki lebih dari 300 spesies yang berbeda ukuram, bentuk, warna, dan habitat. Selain dapat digunakan sebagai lambang cinta yang kuat, kulit pohon magnolia officinalis juga dapat digunakan dalam dunia medis untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

6. Gardenia

gardenia

Memiliki warna putih yang bersih dan indah, itulah bunga gardenia. Kalau tidak familiar dengan nama gardenia, bunga cantik ini memiliki nama lain yakni kaca piring. Bunga gardenia atau kaca piring masih memiliki hubungan dengan tanaman kopi. Gardenia berasal dari negara-negara iklim tropis seperti Afrika, Asia, Australia, dan Hawaii.

Gardenia menjadi simbol dari kemurnian, cinta, dan kebaikan. Dengan makna seperti itu, tidak jarang orang menggunakan bunga gardenia sebagai hadiah untuk orang mereka anggap cantik, murni, dan baik. Bunga ini juga sering dijadikan rangkaian bunga untuk acara pernikahan. Mungkin kalian ada rencana pernikahan kalian yang sakral nanti ingin dihias dengan bunga gardenia?

5. Orchid/Anggrek

Orchid

Orchid adalah nama lain untuk bunga anggrek. Bunga satu ini memiliki jenis dan warna yang sangat banyak. Namun TahuPedia akan bahas bunga anggrek dengan warna yang paling umum saja yakni ungu. Bunga anggrek khususnya warna ungu ini memang paling sering ditemukan dan digunakan orang sebagai hadiah.

Bunga anggrek ungu ini merupakan simbol dari kesuburan. Percaya atau tidak, makna ini sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Cuma saja, sekarang ini maknanya semakin meluas. Bukan hanya sebagai simbol kesuburan, anggrek juga dijadikan simbol kekuatan. Beberapa orang juga ada yang menggunakan anggrek sebagai simbol kemewahan, dan kecantikan. 

4. Tulip

tulip

Di dunia percintaan, bunga mawar merah bukanlah satu-satunya bunga yang melambangkan cinta. Ada banyak bunga lain yang juga memiliki warna merah yang juga menjadi lambang cinta. Bunga itu adalah bunga tulip. Kalau kalian menganggap bahwa bunga mawar merah terlalu mainstream, bisa gunakan bunga tulip.

Bunga tulip memiliki tempat asal Asia Tengah. Kalian ingat bahwa ada satu negara yang dikenal karena tulip? Negara tersebut adalah Belanda. Tulip memiliki ciri-ciri bentuk daun memanjang seperti lilin. Merah bukanlah satu-satunya warna yang dimiliki oleh tulip. Masih ada warna lain seperti oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu.

3. Daisy/Aster

daisy

Memiliki bentuk bunga mirip bunga matahari dan terdiri dari berbagai macam warna. Mulai dari putih, biru, ungu, dan kuning. Namun yang paling sering dijumpai adalah aster warna putih. Bunga aster putih ini sering kali digunakan oleh orang untuk sebagai hadiah pada orang yang meraka suka. Selain indah, memang aster memiliki makna yang dalam.

Daisy atau aster warna putih digunakan sebagai lambang cinta setia, kesucian, dan kepolosan. Kalau kalian ada seseorang yang kalian cintai atau ingin menunjukkan kecintaan kalian, kalian bisa gunakan bunga aster sebagai perwujudan cinta kalian. Mencari bunga aster juga sangat mudah mengingat bunga ini tumbuh tidak mengenal musim.

2. Carnation/Anyelir

carnation

Ingin memberikan hadiah kepada seseorang yang kita suka tapi bingung mau memberikan apa? Daripada pusing, kalian bisa berikan bungan. Namun bunga sendiri ada banyak jenis serta warna yang masing-masing memiliki arti yang berbeda. Kalau orang yang ingin kalian kasih bunga ternyata adalah orang yang kalian cinta, kalian bisa berikan mereka bunga carnation.

Bunga carnation atau nama lainnya anyelir adalah buang yang menandakan rasa cinta dan kagum. Arti bunga carnation atau anyelir memang sama seperti bunga mawar. Ada 3 warna umum dari anyelir yakni pink, putih, dan kuning. Putih menandakan kesucian dan cinta sejati. Kuning menandakan kekecewaan dan penolakan. Pink melambangkan cinta. Ungu melambangkan ketidakteraturan.

1. Mawar Merah

red rose

Bunga mawar merah menjadi bunga yang sangat umum diberikan pada orang yang kita suka. Banyak orang yang mengatakan bahwa bunga ini menandakan cinta dan kasih sayang, tapi apakah benar demikian artinya? Ternyata memang benar bahwa bunga mawar merah memiliki arti cinta dan kasih sayang.

Sebenarnya bukan hanya merah saja, ada warna lain dari mawar seperti putih dan juga kuning. Mawar putih digunakan untuk melambangkan kesucian dan mawar kuning sebagai tanda persahabatan. Tidak hanya warna, banyaknya mawar yang diberikan juga memiliki artinya tersendiri. 25 mawar menandakan selamat, 50 mawar menandakan cinta tanpa syarat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas