home -> Unik -> 10 Tempat Unik Melawan Gravitasi
16 September 2019 07:04

10 Tempat Unik Melawan Gravitasi

Oleh serba_tahu dalam Unik pada September 02, 2019

Berkat gaya gravitasi yang ada Bumi kita jadi bisa berjalan. Bila tidak ada gravitasi, maka kita akan bisa melayang tanpa arah seperti yang dialami oleh para astronot ketika berada di luar angkasa. Kalian semua pasti mengira bahwa semua tempat di Bumi ini terikat dengan gaya gravitasi. Tapi, ada sejumlah tempat dimana hukum gravitasi tidak berlaku disana. Kalian pasti penasaran bukan? Berikut TahuPedia bahas 10 tempat di dunia yang dimana hukum gravitasi tidak berlaku.

10. Magnetic Hill, Australia

Magnetic Hill

Ada sebuah bukit di Australia Selatan bernama Black Rock yang bisa membuat logika kalian berputar tujuh keliling. Apabila kalian membawa mobil ke Black Rock, berhentilah di sebuah jalan yang menanjak lalu pindahkan transimisi ke posisi netral. Bukannya mobil bergerak menuruni bukit, mobil malah bergerak menaiki bukit.

Jalanan berbukit di Black Rock ini memang tidak masuk di akal sehat. Hukum gravitasi seolah tidak berfungsi sama sekali. Penemuan area aneh ini terjadi di tahun 1930an dimana ada seorang pengendara mobil yang mengalami bocor ban mobil. Berhenti di sebuah tanjakan, ia mengganjal mobilnya dengan batu agar tidak bergerak turun. Memang mobilnya tidak bergerak turun, melainkan bergerak menaiki bukit. Membuat pengendara tersebut terkejut.

9. Mysterious Road, Pulau Jeju

Mysterious Road

Tidak perlu repot mencari tempat yang melawan gravitasi sampai jauh ke Eropa atau Amerika. Di Asia sendiri ada kok sebuah tempat yang juga memiliki keanehan dalam hal gravitasi. Tempat tersebut bisa kalian jumpai di sebuah pulau wisata yang sangat populer di Korea Selatan yakni Pulau Jeju. Di pulau tersebut ada sebuah jalan dimana gravitasi tidak bekerja sama sekali.

Di jalanan yang terlihat menanjak, sebuah kaleng bisa bergerak sendiri ke arah atas jalan. Padahal tidak ada angin atau dorongan apapun. Bukan cuma kaleng kecil, bahkan mobil dengan mesin dimatikan pun bisa berjalan sendiri menaiki jalanan yang menanjak tersebut. Keanehan tersebut itu membuat warga lokal menamai jalan tersebut Mysterious Road atau Jalan Misterius.

8. Hoover Dam, Amerika Serikat

Hoover Dam

Bila mendengar kata dam, mungkin kalian berpikir bahwa sebuah dam memangnya apa yang unik? Memang dam atau bendungan hanyalah sebuah bangunan yang berguna untuk menahan laju air, tapi dam bernama Hoover Dam ini sangat berbeda dari dam pada umumnya. Perbedaan yang sangat ekstrim ini yang membuat Hoover Dam di Amerika Serikat sering dikunjungi orang.

Hoover Dam adalah salah satu objek wisata populer di Amerika. Bukan urusan ukurannya yang sangat besar, tapi yang menjadi bahan pembicaraan adalah kekuatan gravitasi misterius yang ada disana. Bila kalian berdiri di pinggir dan membuang air dalam botol, air dari botol akan bergerak ke atas, bukan ke bawah. Para peneliti meyakini bahwa yang menyebabkan keanehan ini adalah adanya tekanan udara yang sangat kuat ke atas.

7. Oregon Vortex, Oregon

Oregon Vortex

Dari pertama kai ditemukan pada tahun 1930 hingga sekarang, Oregon Vortex telah menjadi pusat destinasi turis dalam dan mancanegara. Berlokasi di Oregon, Amerika, tempat yang berupa sebuah kabin ini bisa membuat siapapun merasakan bagaimana hukum gravitasi yang selama ini kita pelajari di sekolah, tidak berlaku sama sekali.

Kabin yang terletak jauh di dalam hutan dinamakan oleh penduduk asli Amerika sebagai Forbidden Ground yang sangat dihindari. Tapi bagi orang lain, tempat ini malah justru menjadi magnet bagi mereka. Ketika masuk ke dalam kabin, seketika kita bisa merasakan hal yang berbeda seperti sulit berjalan. Bukan cuma itu saja, selama berada di kabin, tinggi badan juga dirasakan berubah. Bergerak lebih ke dalam, kita bisa menyaksikan sendiri bola bergerak naik ke atas tanpa bantuan apapun.

6. Lake Wales Spook Hill, Florida

Lake Wales Spook Hill

Bila dilogika, sebuah mobil tidak akan bisa bergerak menaiki bukit atau jalan menanjak bila mesin mobil tidak dinyalakan. Atau, dibantu bergerak naik dengan didorong atau ditarik. Logika ini akan buyar dengan segera begitu kalian menyaksikan sendiri sebuah mobil bergerak naik di jalanan menanjak di Spook Hill, Florida.

Spook Hill terletak di Lake Wales Ridge, Florida. Jalanan yang menanjak disini memiliki keanehan dimana mobil tanpa bantu apapun bisa bergerak menaiki bukit yang tinggi. Tidak ada penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskan kenapa fenomena ini bisa terjadi. Maka dari itu tempat ini diberi nama Spook Hill oleh penduduk sekitar.

5. Cosmos Mystery Area, Dakota

Cosmos Mystery Area

Sepintas tidak ada yang menarik dari kota Dakota sampai akhirnya kalian mendengar nama Cosmos Mystery Area. Tempat ini memiliki kekuatan misterius dimana orang bisa memposisikan diri mereka sangat aneh namun tidak jatuh sama sekali. Setelah ditelisik, ternyata memang gravitasi bekerja dengan caranya sendiri di daerah tersebut.

Keunikan gravitasi di daerah tersebut ditemukan oleh 2 orang remaja pada tahun 1952. Niat ingin membangun kabin jadi batal karena mereka merasa adanya keanehan ketika berdiri di tempat tersebut. Akhirnya, area tersebut dijadikan sebagai atraksi turis. Sudah ratusan hingga ribuan turis berkunjung ke Cosmos Mystery Area untuk merasakan keanehan gravitasi di tempat tersebut.

4. St. Ignace Mystery Spot, Michigan

St Ignace Mystery Spot

Amerika sepertinya memiliki banyak tempat unik yang melawan logika manusia dan gravitasi. Tempat anti gravitasi berikutnya berada di Michigan dan dinamakan St. Ignace Mystery Spot. Tempat ini pertama kali ditemukan pada tahu0 1950 oleh sekumpulan orang. Setelah melakukan eksplorasi, ada satu area dimana mereka merasakan kejanggalan.

Di sebuah area dengan diameter sekitar 90 meter, sekumpulan orang ini merasakan bahwa gravitasi di area tersebut sangat berbeda dengan area di luarnya. Keanehan tersebut terbukti dimana mereka bisa berdiri tegak di sebuah tembok. Mereka mencoba hal lain dengan menaruh kursi di dinding dan coba duduk di atas kursi tersebut.

3. Mystery Spot, Santa Cruz California

Mystery Spot Santa Cruz California

Tanpa sengaja ditemukan sebuah tempat unik pada tahun 1939 oleh sekumpulan orang. Tempat unik berada di Santa Cruz California. Tempat ini begitu membuat orang ini terkejut karena hukum gravitasi seolah tidak berlaku disana. Segera setelah tempat tersebut ditemukan, oleh mereka, tempat tersebut dijadikan sebuah objek wisata baru.

Tahun 1940 menjadi tahun dimana tempat tersebut dibukan untuk umum oleh George Prather. Olehnya, tempat tersebut disebut dengan Mystery Spot. Disebut demikian karena ada titik khusus dimana gravitasi terasa aneh. Bila kalian coba menuangkan air ke gelas, air tersebut bukannya jatuh ke bawah tapi malah mengalir ke atas. Bahkan ada spot dimana kalian bisa berdiri sangat miring tapi tidak akan terjatuh.

2. Mount Aragats, Turki

Mount Aragats

Berlibur ke gunung adalah salah satu hal menyenangkan yang bisa kalian lakukan setelah stres dengan sekolah atau pekerjaan di kantor. Selain bisa melihat pemandangan indah, kita juga bisa menghirup udara segar yang tak bisa kita dapatkan di perkotaan. Namun ada hal berbeda bila kalian pergi ke Mount Aragats.

Mount Aragats yang berlokasi di dekat perbatasan Turki ini memiliki sebuah keunikan dimana hukum gravitasi tidak berlaku disana. Di tanjakan, seharusnya mobil tidak akan bisa naik bila tidak dijalankan bukan? Di Mount Aragats beda, tanpa bantuan apapun, sebuah mobil bisa bergerak menaiki jalan yang menanjak. Seperti ada yang menarik atau mendorongnya, sungguh ajaib.

1. Reverse Waterfall, India

Reverse Waterfall

Apakah wajib memasukan India ke dalam daftar tujuan liburan? Jawabannya adalah wajib. Ada banyak hal menarik yang bisa dilihat dari India. Negara ini memiliki kuliner yang khas, kebudayaan yang sangat kental, dan tentunya banyak tempat wisata menarik dan juga unik. Salah satunya adalah Reverse Waterfall.

Reverse Waterfall atau air terjun terbalik di India yang patut kalian kunjungi adalah Kavlesad Waterfall. Lokasinya berada di Maharashtra dekat Sinhagad Fort. Kalau air terjun pada umumnya airnya jatuh ke bawah, yang ini berbeda. Air terjun di Kavlesad Waterfall justru tidak jatuh ke bawah melainkan bergerak naik seolah melawan gravitasi Bumi. Banyak orang beranggapan bahwa ini dikarenakan adanya tekanan yang berlawanan dengan gravitasi. Sedangkan versi ilmuwan adalah karena adanya tekanan air yang sangat tinggi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas