home -> Unik -> 10 Hewan Unik Yang Tidak Memiliki Mata
12 November 2019 08:21

10 Hewan Unik Yang Tidak Memiliki Mata

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 19, 2019

Mata adalah salah satu indra yang sangat penting. Tanpa mata, kita tak bisa melihat sekeliling kita. Mencari barang susah, mau makan susah, mau melakukan apa saja susah. Begitu pentingnya mata, kita jadi membayangkan bagaimana mereka yang tidak bisa melihat bisa menjalani hidupnya? Di dunia hewan ternyata ada beberapa yang lahir tanpa organ mata. Meski tidak bisa melihat, nyatanya hewan-hewan ini masih bisa mencari makan dan bertahan hidup. Inilah 10 binatang mengagumkan yang tidak memiliki mata.

10. Widemouth Blindcat

Widemouth Blindcat

Tidak seperti lele yang kita temui di sekitar kita, Widemouth blindcat memiliki warna putih atau albino dan juga tidak memiliki mata. Menurut para ahli, hewan yang memiliki nama ilmiah Satan eurystomus ini ada memiliki sistem penglihatan atau saluran optik., tapi itu tidak terhubung ke otak si ikan. Membuatnya tidak bisa melihat.

Ikan lele jenis ini banyak ditemukan di perairan tawar yang minim cahaya di wilayah Amerika Utara dan Texas. Seperti lele pada umumnya, Widemouth blindcat adalah hewan omnivora dan rakus. Apapun yang ada di hadapan mereka akan mereka sikat habis. Dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 5,5 inci, Widemouth blindcat termasuk hewan yang terancam. Ancaman terbesar mereka adalah polusi air.

9. Freshwater Hydra

Freshwater Hydra

Tidak memiliki mata bukanlah suatu hal yang aneh. Meski ketiadaan satu indera, biasanya hewan akan diberikan keunggulan di indera yang lainnya. Freshwater hydra adalah salah satu hewan yang tidak dibekali dengan indera penglihatan, namun tetap bisa bertahan hidup dan memburu mangsanya di dalam air.

Mereka memanfaatkan tentakel mereka yang sangat sensitif untuk menangkap makanan. Menu diet mereka adalah kutu air. Kutu air yang terjebak di tentakel Freshwater hydra akan segera dimakan hidup-hidup. Keunikan lain dari Freshwater hydra adalah, mereka tidak bertambah usia atau bisa dikatakan bisa hidup selamanya. Meski dianggap sebagai hama, tapi Freshwater hydra memiliki kemungkinan untuk membantu manusia menyembuhkan Huntington dan Alzheimer.

8. Blind Albino Cave Crab

Blind Albino Cave Crab

Nama memang bisa menipu. Meski dinamai dengan Blind albino cave crab atau Munidopsis polymorpha, sebenarnya hewan ini bukanlah kepiting melainkan lobster. Binatang satu ini sebenarnya adalah binatang yang sulit untuk ditemui. Mereka tinggal di dalam goa yang gelap yang berada di Canary Island.

Meski termasuk hewan yang misterius, tidak membuat ciut para peneliti untuk menggali informasi lebih dalam mengenai hewan satu ini. Satu hal yang membuat hewan ini menarik adalah mereka tidak memiliki mata sama sekali. Selain informasi mengenai mata, sisanya masih belum diketahui. Contohnya seperti bagaimana bentuk telur mereka dan bagaimana cara mereka makan masih belum diketahui.

7. Speleonectes

Speleonectes

Di dalam lubang lava di dalam air, tinggalah beberapa hewan crustacean seperti kepiting, lobster, crayfish, udang, dan lain sebagainya. Tempat yang gelap tersebut menjadi tempat tinggal sempurna bagi hewan crustacean, apalagi di lubang vulkanik yang berada di Pulau Canary. Disana dijumpai sebuah hewan yang sangat unik bernama Speleonectes.

Speleonectes dalah spesies crustacean yang tidak memiliki mata. Yang ditemukan pada tahun 2009 di Tunnel de al Atlantida adalah jenis Speleonectes berbeda yang diberi nama Speleonectes atlantida, sebuah lubang lava terpanjang di dunia yang ada di Pulau Canary. Penemuan mengejutkan ini kemudian dirilis dalam Marine Biodiversity

6. Brazilian Blind Characid

brazilian blind characid

Brazilian Blind Characid dikenal juga dengan sejumlah nama seperti Stygichthys typhlops dan blind tetra. Ikan ini dianggap unik karena ia tidak memiliki mata seperti kebanyakan ikan lainnya. Jadi, membuat orang bertanya-tanya bagaimana cara hewan air satu ini bisa melihat di dalam air dan mencari makanan.

Dulu, orang sudah pernah menemukan ikan satu ini, lalu pada tahun 2010 baru ditemukan lagi dan diteliti lebih mendalam. Ditemukan di dalam goa yang berada di wilayah Minas Gerais, Brazil. Ikan ini tidak memiliki mata dan pigmen di kulitnya. Menurut ahli hewan, populasi ikan Brazilian Blind Characid tergolong terancam karena jumlah air yang berkurang dengan drastis.

5. Blind Spider

Blind Spider

Laba-laba biasa saja sudah bisa membuat siapapun lari terbirit-birit begitu melihatnya. Ini ada lagi spesies laba-laba yang tidak memiliki mata. Dengan ketiadaan mata, membuat laba-laba ini semakin mengerikan karena bisa lari kemana saja, termasuk ke arah Anda. Laba-laba unik tak bermata ini dinamakan Blind spider dan masih termasuk dalam spesies Huntsman spider.

Adalah seorang ilmuwan asal Jerman bernama Peter Jager yang berhasil menemukan keberadaan laba-laba tak bermata ini. Laba-laba ini ditemukan di salah satu goa yang ada di Laos pada tahun 2012. Meski tidak memiliki mata, Blind spider masih bisa merasakan pergerakan mangsanya yang berada di kegelapan. Mengerikan bukan?

4. Star-Nosed Mole

Star-Nosed Mole

Selain memiliki bentuk wajah yang aneh dan menyeramkan, ternyata star-nosed mole juga termasuk hewan yang tidak dibekali dengan indera penglihatan. Di Indonesia memang sangat mustahil untuk menemukan hewan mengerikan satu ini, tapi bila kalian berada di Kanada dan Amerika Serikat, kalian bisa menemukan mereka.

Star-nosed mole tinggal di bawah tanah dan berburu makanan disana. Tidak memiliki mata tidak membuat star-nosed mole mati kutu. Di bagian wajahnya terdapat banyak tentakel yang di dalamnya terdapat banyak sensor kecil yang dinamakan Eimer's organ. Tentakel ini sangat sensitif sehingga bisa merasakan gelombang energi yang ada di bawah tanah.

3. Olm

Olm

Olm atau Proteus anguinus merupakan satu-satunya spesies chordate di Eropa yang mampu beradaptasi dengan lingkungna goa. Bukan cuma itu, keunikannya pun lain daripada amfibi pada kebanyakan. Olm tidur, mencai makan, dan bereproduksi di dalam air. Ia mampu tumbuh sepanjang 30 cm dan menu dietnya adalah siput, serangga, dan kepiting kecil.

Sama seperti hewan lain yang ada dalam daftar ini, Olm itu buta. Meski dia buta, Olm dilengkapi dengan reseptor yang sangat sensitif. Membuatnya mampu mendeteksi bahan kimia dan pergerakan di dalam goa yang gelap gulita. Di tahun 1689, Olm sempat muncul ke permukaan dikarenakan hujan deras. Orang zaman dahulu mengira Olm adalah bayi naga.

2. Florida Worm Lizard

Florida Worm Lizard

Ketika mendengar hewan kadal, yang terlintas di pikiran kita adalah hewan hijau berkaki empat, dan memiliki ekor yang panjang. Itu adalah gambaran kadal pada umumnya, tapi ada juga jenis kadal yang bentuknya jauh dari kadal, malah lebih menyerupai cacing. Kadal yang mirip dengan cacing tersebut diberi nama Florida Worm Lizard.

Florida Worm Lizard atau Rhineura floridana tidak memiliki telinga, tidak memiliki mata, dapat tumbuh hingga sepanjang 11 inci, dan tinggal di dalam tanah. Melihat tempat tinggalnya yang berada di dalam tanah yang gelap, keberadaan telinga dan mata sangatlah tidak berguna. Sebenarnya para ahli hewan juga kesulitan mau menggolongkan hewan ini ke dalam golongan apa. Disebut reptil tapi tidak memiliki ciri-ciri reptil, disebut cacing juga tidak bisa.

1. Martialis Heureka

Martialis Heureka

Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui di dunia semut. Salah satunya adalah semut jenis Martialis heureka. Kenapa semut ini dianggap unik? Itu dikarenakan semut ini berbeda dari spesies semut lainnya. Jika semut pada umumnya memiliki indra penglihatan, Martialis heureka ini sama sekali tidak memiliki indra penglihatan.

Banyak biologis yang begitu tertarik dengan semut unik ini. Martialis heureka adalah spesies semut tak bermata yang berasan dari hutan hujan Amazon yang ada di Brazil. Meski tidak memiliki mata, Martialis heureka dibekali dengan hal lain yang membuat mereka bisa mencari makanan di kegelapan. Mereka memiliki rahang bawah yang panjang untuk bisa mengangkut makanan dari tempat gelap.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas