home -> Lifestyle -> 10 Tips Untuk Bisa Menjadi Morning Person
11 Desember 2019 21:44

10 Tips Untuk Bisa Menjadi Morning Person

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada August 16, 2019

Akan sangat merepotkan apabila kita susah bangun pagi. Semua pekerjaan kita bisa jadi terburu-buru karena kita bangun kesiangan. Padahal, dengan menjadi morning person atau bangun pagi, kita bisa melakukan banyak hal yang berguna mulai dari olahraga, sarapan, dan membereskan rumah sebelum berangkat beraktivitas. Kenyataannya, ada banyak orang yang sulit sekali menjadi morning person. Padahal hal tersebut sangat mudah bila kalian ketahui caranya. Beberapa cara mudah menjadi morning person bisa kalian simak di bawah ini.

10. Buat Rencana

make a plan

Semua hal bila dilakukan tanpa yang namanya rencana akan berantakan. Sesimpel apapun hal tersebut, usahakan untuk buat perencanaan yang matang agar lebih jelas dan rapih. Bagun pagi misalnya, terkesan sebuah aktivitas yang sangat simpel tapi bila tak dibuat perencanaannya, bisa jadi gagal juga.

Pertama jelas yang dilakukan adalah membuat rencana ingin bangun pagi jam berapa. Usahakan sebisa mungkin bangun jam segitu. Buat juga rencana apa yang ingin dilakukan setelah bangun pagi. Bisa lakukan olahraga, beres-beres ranjang, rumah, dan lain sebagainya. Kalau kalian orang yang ingin santai, masukan pekerjaan yang ringan tapi menyenangkan untuk dilakukan ketika bangun pagi. Ini supaya memudahkan kalian untuk kalian semangat bangunnya.

9. Lakukan Secara Rutin

routines

Pertama mungkin memang sulit untuk bisa menjadi morning person. Namun kalian tidak boleh menyerah. Kalau orang lain ada yang bisa bangun pagi, kalian juga pasti bisa. Yang terpenting adalah adanya niat dan berusaha melakukannya secara rutin, lama tapi pasti kalian pasti akan terbiasa untuk bangun pagi.

Dengan melakukan bangun pagi secara rutin, tubuh akan perlahan namun pasti akan mulai terbiasa untuk bisa bangun pagi. Yang awalnya kalian membutuhkan alarm untuk bisa bangun pagi, lama kelamaan kalian bisa bangun pagi sendiri tanpa bantuan alarm. Bila itu terjadi, anggaplah ini salah satu kesuksesan yang patut kalian banggakan dan rayakan.

8. Matikan/Redupkan Lampu Kamar

turn lights off

Segala sesuatu yang gelap tidak selalu berarti menyeramkan dan buruk loh. Bagi mereka yang memiliki masalah sulit tidur, mereka biasanya akan susah bangun pagi karena jam tidur malam mereka berbeda dengan orang pada umumnya. Salah satu hal yang bisa kalian lakukan supaya bisa tidur adalah dengan mematikan atau meredupkan lampu kamar.

Dari percobaan yang dilakukan, dengan mematikan atau meredupkan lampu kamar bisa memudahkan seseorang untuk tidur. Bila belum waktunya tidur, coba saja matikan/redupkan lampu untuk mengusahakan tubuh agar tidur lebih awal. Ketika bangun juga usahakan untuk menyalakan lampu karena cahaya lampu biasanya akan membuat orang mau tidak mau pasti akan bangun dari tempat tidur.

7. Segera Bangun dan Olahraga

workout

Pagi hari bukan waktunya untuk bermalas-malasan. Kalau kalian ingin menjadi orang yang bisa bangun pagi, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Salah satunya adalah dengan segera bangkit dari tempat tidur dan berolahraga. Biar kalian masih merasa ngantuk, abaikan rasa kantuk tersebut. Bukankah kalian telah membuat target untuk bisa menjadi morning person?

Bangun pagi dan melakukan olahraga ringan seperti joging bisa membuat kalian menjadi segar dan sehat. Kalau kalian lakukan secara rutin, tanpa kalian sadari nanti berat badan kalian akan turun dan pakaian lama kalian bisa akan muat kembali. Tapi mungkin yang perlu kalian waspadai sekarang adalah tingkat polusi udara yang tengah tinggi. Kalau mau olahraga di luar disarankan menggunakan masker.

6. Cari Sinar Matahari

sunlight

Tips bangun pagi berikutnya mungkin cukup sulit dilakukan bagi mereka yang kamar tidurnya jauh dari jendela dan juga sinar matahari. Kalau kalian yang kamarnya memiliki akses langsung dengan sinar matahari pagi, usahakan untuk langsung membuka jendela dan biarkan sinar matahari pagi menyinari tubuh kalian.

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsum, meningkatkan pertumbuhan, dan imunitas. Salah satu sumber vitamin D adalah dari sinar matahari pagi. Segera buka jendela dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Tak bisa mendapat cahaya matahari, tidak masalah. Kalian bisa langsung ke luar rumah dan olahraga.

5. Pasang Alarm

alarm

Kami tahu bahwa bangun pagi bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa melakukannya. Kalau ada orang yang bisa bangun pagi, kenapa kalian tidak? Yang kalian perlu lakukan adalah mencari tahu apa saja yang bisa membuat kalian bangun pagi. Entah itu dengan paksaan atau kesadaran diri sendiri.

Alarm, benda satu ini diciptakan untuk kalian yang merasa kesulitan bangun pagi. Setel alarm kalian di jam berapa kalian bangun. Paginya ketika alarm bunyi, kalian pasti akan terbangun karena suara alarm kalian. Andaikan kalian tidak bangun, setidaknya ada orang lain yang terbangun karena alarm yang kalian pasang dan membuat mereka membangunkan kalian juga.

4. Hentikan Kebiasaan Menekan Tombol Snooze

snooze

Ternyata, memasang alarm saja masih belum cukup efektif untuk bisa membuat seseorang bangun. Di alarm biasanya ada tombol snooze yang bisa memundurkan lagi alarm hingga beberapa menit. hal ini merupakan kebiasaan buruk dan harus dihentikan. Tujuan alarm berbunyi adalah untuk membuat kalian bangun, bukan untuk menambah jam tidur.

Usahakan untuk tidak menekan tombol snooze ketika alarm bunyi. Segera bangun dan lakukan aktivitas seperti biasa yang telah kalian rencanakan. Bisa itu olahraga, beres-beres tempat tidur atau juga membuat sarapan. Biasanya, bila menekan tombol snooze dan kalian kembali tidur, kecenderungan yang terjadi adalah tidur kebablasan atau bangun jadi kesiangan.

3. Matikan Semua Peralatan Elektronik

gadget

Majunya dunia teknologi zaman sekarang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Kalian tentu tahu dengan meme yang menggambarkan toilet ditambahkan dengan smartphone, colokan listrik, dan internet, bisa membuat seseorang tahan berjam-jam di toilet. Bayangkan, nongkrong di tempat yang tidak seharusnya digunakan untuk nongkrong karena smartphone ataupun gadget lainnya.

Kebanyakan kita sebelum tidur selalu mengecek smartphone kita. Instagram, facebook, twitter, youtube, ataupun juga bermain video games, membuat kita jadi semakin sulit untuk tidur. Dan jika sudah demikian, kita juga semakin sulit untuk bangun pagi. Untuk mencegah hal tersebut, keraskan niat kalian untuk menyingkirkan semua peralatan elektronik yang bisa membuat kalian tidur larut. Matikan cahayanya, atur suara jadi mode silent, apapun itu kalian lakukan agar tidak terpengaruh untuk mengakses gadget kesayangan kalian.

2. Atur Tempat Tidur Senyaman Mungkin

bed

Adalah hal yang pasti dilakukan adalah kita istirahat atau tidur di ranjang atau tempat tidur. Percaya atau tidak, kondisi ranjang atau tempat tidur bisa mempengaruhi keinginan dan kualitas tidur kita. Kalau kondisi ranjang tidak terawat, berantakan, malas rasanya untuk segera berbaring. Tapi coba bayangkan kalau ranjang kita terlihat rapih, rasanya begitu menggoda sekali untuk segera tidur. Apalagi setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Masalah nyaman atau tidak itu tergantung. Setiap orang punya gambaran tersendiri akan seperti apa tempat tidur yang nyaman. Tidak apa-apa tidak perlu mengikuti gaya orang, kalian buat saja tempat tidur dengan gaya kalian sendiri yang terlihat lebih menggoda dan nyaman untuk tidur. Atur juga suhu kamar serta pencahayaan agar tubuh kalian bisa lebih cepat masuk ke mode istirahat.

1. Tidur Lebih Awal

sleep earlier

Mau tahu cara bisa menjadi morning person? Cobalah untuk tidur lebih awal. Waktu normal istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 7-8 jam tidur. Bisa lebih kalau mereka yang masih anak-anak. Setelah mendapatkan tidur berkualitas 7-8 jam, tubuh otomatis akan bangun. Tapi karena kita merasa masih belum waktunya untuk beraktivitas, maka kembali lagi tidur.

Masih berpatokan dengan tidur berkualitas 7-8 jam, kalau kalian pekerja malam, pastinya akan sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang diharapkan. Tapi seandainya kalian bisa pulang ke rumah lebih awal, kalian sebenarnya bisa mendapatkan waktu 7-8 jam istirahat tersebut. Masalahnya adalah, kalian lebih sering untuk menghabiskan waktu untuk membuka smartphone atau menonton televisi. Membuat waktu tidur kalian menjadi semakin maju. Kalau ingin bangun pagi, tidurlah lebih awal. Bila tubuh sudah mendapatkan waktu istirahat yang ideal, otomatis tubuh akan bangun. Jika sudah bangun, jangan langsung tidur lagi melainkan lakukan aktivitas seperti biasa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas